Sunday, September 4, 2016

Ingin Liburanmu Terjamin Segalanya Dengan Baik ? Pilihlah Sun Life



Temans, seberapa pentingkah liburan itu bagimu ? Adakah rencana berlibur dalam waktu dekat ini ?

Nah, kali ini saya mau sharing bagaimana merencanakan liburan supaya asyik dan menyenangkan. Saya dapat ni ilmu dari Seminar “Fun Talkshow Wujudkan Liburan Terbaikmu”. Seminar ini diselenggarakan oleh Sun Life Financial Indonesia, Ahad 28 Agustus 2016 di Hotel Horison Semarang.

Liburan walaupun tak bisa disejajarkan dengan kebutuhan primer layaknya pangan, papan dan sandang, tapi kehadirannya ternyata cukup penting bagi sebagian orang. Tak heran kalau banyak objek wisata penuh pengunjung saat liburan. Bahkan pemerintah mulai mengembangkan beberapa objek wisata baru untuk memenuhi animo pasar.



Kebutuhan Akan Liburan Selalu Meningkat Dari Tahun Ke Tahun

Liburan memiliki arti penting atau malah sangat penting bagi sebagian besar orang. Iya, karena liburan  mampu memberikan kita kesenangan, menyehatkan jiwa dan mampu menyejahterakan mental kita. Bahkan kabarnya liburan bisa menyembuhkan bad mood, woow!

Menurut para pakar psikologi positif, " bahkan kenikmatan liburan sudah dapat kita rasakan sejak merencanakannya". Kepuasan ini semakin terasa menjelang harinya tiba, dan mencapai puncaknya pada hari pertama liburan. Bener nggak ni ? he..

Nah, berbicara tentang liburan tentu tak akan terlepas dari persiapan dan perencanaan. Salah satunya merencanakan keuangan untuk liburan. Penting ini lho..
.
Jangan malah sebaliknya, liburan yang tujuannya biar jiwa sehat malah jadi sakit karena kondisi keuangan carut marut pasca liburan nanti.
Sumber: @SunLife_ID
Fun Talkshow kali ini, salah satunya sharing mengenai perencanaan keuangan menggunakkan asuransi perjalanan yaitu Sun Life Financial.

Pada sesi pertama, Bp Ahmad Emir Farabi (Fabi), selaku Senior Manager Digital & Social Media Marketing Sun Life membuka acara sekaligus sharing  tentang Sun Life Financial.
Sumber: @SunLife_ID
Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka, yang menyediakan beragam produk proteksi serta pelayanan nasabah baik individu maupun korporasi.

Sudah 150 th Sun Life Berkarya. Pertama kali Sun Life beroprasi di Kanada. Sedangkan di Indonesia, Sun Life sudah berdiri 20 th . 

Kata Bp Fabi, Sun Life sendiri memiliki misi mulia yaitu memberikan kemapanan finansial bagi keluarga indonesia. Sun Life menawarkan aneka produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan, mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan perencanaan pensiun. Untuk lebih jelasnya, temans bisa kunjungi langsung www.sunlife.com
 
Banyak prestasi dan penghargaan yang telah diraih Sun Life Financial Indonesia. Hal ini menunjukkan, Sun Life merupakan perusahaan asuransi yang memiliki integritas yang tinggi.
Sumber: @SunLife_ID
Acara Seminar kali ini merupakan serangkaian acara Pameran dan Seminar Literasi Keuangan Sun Life Financial Indonesia. 

Dengan mengusung tema #IndonesiaLebihBaik, Sun Life berkomitmen kuat untuk membangun Indonesia kearah yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan tingkat literasi keuangan terlebih dahulu untuk menumbuhkan minat masyarakat akan asuransi, investasi dan kewirausahaan. Sehingga masyarakat  sadar akan pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan sejak dini.

Pada kesempatan kali ini pun, Sun Life memperkenalkan portal online resminya yakni Bright Advisor.   Portal ini dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan.
Tampilan Bright Advisor
Pada portal  Bright Advisor  kita bisa merencanakan keuangan kita
Kita juga bisa bertanya apapun tentang asuransi

Dan yang pasti, ketika mengunjungi portal Bright Advisor, pengunjung tidak akan dikenakan biaya ataupun harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dahulu.

Sun Life percaya, akses yang mudah dalam mendapatkan informasi seputar  asuransi dan investasi, akan membantu dan mempercepat masyarakat untuk berkembang secara ekonomi maupun soaial. Sehingga hal tersebut mampu mewujudkan indonesia lebih baik.

Pasca dikenalkan langsung oleh Bp Fabi, saya pun langsung mencoba bertanya di portal on line ini
Pertanyaan yang saya ajukan disittus Bright Advisor
 
Jawaban Dari Konsultan Bright Advisor
Bagaimana bagi yang tidak mantap dengan produk konvensional, karena takut akan riba ? Tenang  saja, PT Sun Life Financial Indonesia pada Desember 2010, telah meluncurkan produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan produk asuransi syariah.
 
Sumber: SunLife_ID

Sesi kedua, Ir. Donna Imelda sharing tentang Merencanakan Perjalanan. Beliau adalah seorang Lecturer, Travel Writer dan co-founder Indonesia Corners.  

Apa sajakah yang perlu direncanakan? Banyak !:)
Sumber: Dokumen Pribadi
Kata mba donna, hal pertama yang harus direncanakan sebelum berlibur adalah kemana kita akan pergi ? Kemudian kapan kita akan kesana, berapa lama kita disana? 

Selanjutnya, gaya perjalanan kita apakah dengan solo travelling, family trip, Tour atau BackPacking? 

Alat transportasi apa yang kita gunakan?

Dihotel mana kita akan menginap?

Ada agenda belanja ndak?

Nah setelah semua pertanyaan terjawab, sekarang saatnya merencanakan dana yang dibutuhkan untuk poin-poin yang disebutkan diatas. Termasuk didalamnya biaya tiket masuk objek wisata, biaya transportasi pulang pergi dan saat di tempat liburan, biaya sewa hotel, biaya belanja, dll. Dan siapkan juga dana tak terduga yaa.

Saat mau liburan menggunakan pesawat, perhatikan harga promonya, apakah pas high season atau low season. Usahakan tiket pesawat dipesan jauh-jauh hari, karena ketika dadakan, harganya bisa jauh lebih mahal. Apalagi Kalau mau LN, paspor dan visa harus disiapkan 3 - 6 bulan sebelum keberangkatan.
 
“Gunakan dana khusus yaa untuk liburan ini, jangan mengambil dari pos lain seperti dana pendidikan atau dana darurat’’, kata Donna Imelda.


Nah, saat perjalanan liburan terkadang terjadi hal-hal yang tak terduga dan tak kita inginkan. Seperti kecelakaan, sakit, kehilangan uang/barang, tindak kejahatan, penundaan penerbangan, dll. Bukannya menakut-nakuti, tapi tak ada salahnya kita antisipasi sedari awal
Berita Kecelakaan Saat Liburan (detik.com)
Dengan membaca berita diatas, kita jadi ngerti pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Karena asuransi perjalanan menjadikan kita tenang. Karena asuransi menjamin perlindungan saat terkena musibah.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita memilih asuransi. Diantaranya berapa besaran asuransi yang dibutuhkan, sejauh mana perlindungan yang diberikan, ada dana talangan atau tidak, tersedia nomor kontak yang bisa dihubungi dalam 24 jam sehingga bisa dihubungi kapan pun ketika dibutuhkan, ada dukungan jaringan internasional dan adanya jaminan bisa kembali ke negeri sendiri.
Sumber: SunLife_ID

So, pastikan kita sudah mengantongi asuransi sebelum liburan yaa. Sebagai proteksi  perjalanan kita.
Asuransi yang recomended buat proteksi perjalanan kita yaa Sun Life. Yuks kepoin Twitternya: @SunLife_ID, Fb: Sun Life Financial Indonesia,Website: www.sunlife.co.id, Ig: @sunlife_id
Sesi Selanjutnya, adalah menikmati Stand Up Comedy, yang dibawakan oleh Mas Fuadfuu

Setelah  jiwa terhibur, lanjut cofee break untuk menghibur  perut :D Jiwa dan perut pun terasa bahagia dan siap mengikuti acara selanjutnya :)

Selanjutnya  ada sharing dari Mb Muna Sungkar tentang “Merencanakan Liburan Keluarga”.
Namun sebelumnya kita kenalan dulu sama mba muna yaa. Mb muna adalah seorang dosen, blogger, traveler dan travel writer lho..
Sumber: Dokumen Pribadi
Kata Mb Muna, "Family Traveling”  sangat penting  untuk menjaga quality time bersama keluarga. Ciptakan memori yang indah dalam diri anak-anak kita. Waktu anak-anak kita sangatlah singkat. Kelak ketika mereka beranjak dewasa, mereka akan disibukkan dengan aktivitas mereka masing-masing. Waktu kita bersama mereka akan berkurang. So, ciptakan moment indah itu sekarang juga yaa.

Liburan bersama keluarga memerlukan perencanaan yang jauh lebih rinci dan matang. Beberapa hal yang harus disiapkan diantantaranya:

Pertama, tentukan waktu dan tempat yang akan dikunjungi sewaktu berlibur. Biasanya liburan akan dilakukan saat libur sekolah dan libur kerja . 

Hampir semua orang mengambil moment libur sekolah dan kerja ini untuk berlibur. So, pesanlah tiket jauh-jauh hari biar ta kehabisan. Begitupun tiket tempat wisata. Tentukan juga apakah kita akan menggunakkan travel agent atau perjalanan mandiri.
Sumber: http://nationalgeographic.co.id
Selanjutnya budgeting, point yang sangat penting yang tak boleh terlupa. Lakukan budgeting sejak awal.  Saat budgeting, upayakan ada satpam yang mengerem si emak dari keinginan ini dan itu yaa :p 

Next manfaatkan asuransi perjalanan, sebagai antisipasi dari hal-hal yang tak diinginkan. 

Tips ngirit ala mba muna: browsing tiket murah jauh-jauh hari. Mba muna sering browsing disela-sela waktu ngajar atau pas waktu luang.
 
Step berikutnya, menyusun Itinerary (rencana perjalanan). Kalau bawa anak, carilah tempat wisata yang ramah anak, misal tidak memilih tempat rafting, gunung atau tempat berbahaya lainnya sebagai tujuan wisata. Jangan terlalu saklek juga saat berlibur dengan anak, misal ketika kita berencana mengunjungi 4 objek wisata namun ternyata anak tak mau beranjak dari objek sebelumnya maka kita mesti fleksibel dengan keinginan anak. Hal penting lainnya, bawa mainan supaya anak betah diperjalanan.

Step terahir, jangan lupa packing sebelum liburan dan pasca liburan yaa.

Oke,  terahir ada prinsip  keren ni dari mba muna: "Liburan itu ta harus jauh dan mahal, yang terpenting adalah liburan tersebut bisa memberikan banyak pelajaran dan menjadikan kita se-keluarga happy :)

Sesi selanjutnya Tanya jawab, serta penyerahan hadiah bagi live twitt terbaik dan penanya terbaik.
Ki-Ka ( Mb Donna, Mb Muna, Bp Fabi )

Sesi Pertanyaan
 
Penyerahan Hadiah Untuk Live Twitt Terbaik

 
Penyerahan Hadiah Untuk Penanya Terbaik
Acara demi acara telah terselenggara dengan baik, acara Talkshow pada kesempatan kali ini ditutup dengan acara foto bersama :)

Ok Temans, pastikan liburanmu terjamin  bersama Sun Life yaa :)
See U next time, Bye Bye....

'Tulisan Ini Disertakan Dalam Lomba Blog Sun Life'













.

8 comments:

  1. Keren acaranya, nanya asuransi gratis dan ndak ribet di bright advisor..

    ReplyDelete
  2. iya, keren..membuka wawasan kita ttg asuransi :)

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen jalan-jalan deh baca postingan mbak Icha :)

    ReplyDelete
  4. Ayo mba jalan2, sebelum si dede lahiir..he

    ReplyDelete
  5. Perlu belajar nulis yg panjang gini kayak tulisannya mba Relita. Aku mah suka ndak sabaran kalo terlalu banyak ketak-ketuk huruf :D

    ReplyDelete
  6. sama bu, saya juga masih belajar..masiih amatiran dan kadang bahasa nya kaku..hihi

    ReplyDelete
  7. Tapi, seringnya liburan lebih sukses terlaksana yang dadakan dripada ug direncanalan,hehe

    Salam kenal
    Mampir ke blog saya kalau minat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya klw turah2 duit ra popo mas dadakan juga:)

      Delete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.