Thursday, October 27, 2016

Menjadi Blogger, Menjadi Pembelajar Sejati

Assalamu'alaikum..Pagi sobat, Selamat Hari Blogger Nasional yaa!! Sebagai blogger, senang rasanya ternyata blogger juga punya hari kebesaran lho, tepat tanggal 27 oktober 2016 ini :) Jujur, saya pribadi baru tau tentang kabar gembira ini, tepatnya pas saya mengikuti lomba blog yang diadakan oleh Rumah Blogger dengan PT. XL Axiata dengan Tema Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi. Walau belum berkesempatan menang, tapi saya bahagia bisa berpartisipasi untuk memeriahkan Hari Blogger Nasional ini. Tau nggak sob, ternyata Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan Hari Blogger ini sejak tahun 2007 lho..wah semakin bangga ni menjadi blogger :) Dunia Blogger tentunya memberikan sumbangsih yang tidak bisa dipandang sebelah mata, sampai akhirnya pemerintah menetapkannya sebagai salah satu hari nasional. Salah satunya, dalam dunia pariwisata dan kuliner, para blogger lewat tulisannya ikut andil dalam mempromosikan Pesona Indonesia, Pesona Jawa Tengah, Pesona Lombok, dll.

Namun bagi saya pribadi, menjadi blogger menjadikan saya lebih banyak belajar akan banyak hal baru yang sebelumnya saya tak tau. Sebenernya udah lama juga si dibuatkan blog sama temen, pas jaman kuliah dulu, tapi baru diisi bulan februari 2016 kemarin. Awalnya menulis buat dokumentasi pribadi , biar  pas lagi butuh bisa dibuka kembali. Berhubung baru punya baby, tulisan-tulisannya juga seputar itu. Sama ada beberapa opini yang tidak lolos masuk media cetak, akhirnya tak jadikan tulisan diblog. Pernah suatu waktu baca tulisan Mba Arina Mabruroh. Saking asyiknya baca, terus saya ubek-ubek tuh blog beliau, termasuk saya klik logo-logo komunitas yang ada didalamnya. Akhirnya saya coba chat beliau, "mba, mau dong mba ikut komunitas menulis, caranya gimana yaa?", tanyaku ke beliau. Terus beliau menyarankanku untuk follow Fb Page Blogger Gandjel Rel, yang merupakan komunitas blogger perempuan semarang. Mb Arina juga menawarkan untuk ikut grup Whats App nya, dan aku pun meng-iya kan. Setelah lama menunggu, Alhamdulillah akhirnya mimin Gandjel Rell, Mba Uniek mengadd saya ;). Dari sinilah awal mula saya belajar banyak hal. Apa saja yang saya pelajari? Yuks disimak..

1. Belajar Berbagi
Semenjak menjadi blogger, saya mulai berani untuk  berbagi. Selama ini kalau nulis biasanya hanya disimpen diblog tanpa saya share ke medsos seperti fb, twitter, instagram. Bukannya pelit atau gimana, alasannya karena malu jikalau tulisan saya kurang bagus atau kurang diminati oleh pembaca..he..he. E..tapi kesini-kesini, setelah beberapa kali ngikut acara blogger, yaa mau ga mau setelah acara, kita mesti share liputan kita melalui blog. Ditambah akhir-akhir ini saya lagi doyan ikut lomba, yang seringnya mensyaratkan tulisan nya dishare di medsos. Yaa sudah, bismillah diniatkan untuk berbagi, semoga bisa memberi manfaat bagi yang membutuhkan.

Percayalah.. Dengan Berbagi, Engkau Akan Menjadi Lebih Berarti
2. Belajar Menjadi Orang yang UpToDate
Menjadi blogger dan berkumpul dengan para blogger, memacu saya untuk lebih gahoel lagi di era digital ini. Awalnya dimedia sosial, saya hanya aktif difb, itupun berbagi status yang sifatnya Insidental dikala ada kejadian berkesan, kalau tak ada yaa sudah..seringnya menjadi silent reader yang berselancar di dunia maya, dan tak terasa sudah menghabiskan banyak waktu :(. Setelah masuk perbloggeran yang sesungguhnya, mulai tu saya merambah twitter, instagram bahkan You Tube walau isinya video anak, secara belum pede buat nampang :) Semua berawal dari tuntutan pekerjaan *seorang blogger, sekarang malah jadi terbiasa. Inget banget tu pas waktu mau ada kongkow blogger bareng BBlog dan BCA, syaratnya mesti share via fb, twitter dan Ig. Walau sebenernya akunnya udah ada di Twitter dan Ig tapi gagap make nya karena jarang banget pake, akhirnya sehari sebelum acara , saya minta diajari deh sama misua, Alhamdulillah sekarang mulai terbiasa. Menjadi blogger, saya jadi tau istilah-istilah baru kaya Domain Authority (DA), Page Authority (PA), Alexa, Diagram Analityc (DA), dan masih banyak lagi yang lainnya. Padahal awalnya saya adalah orang yang ndak terlalu suka ngutak ngatik yang beginian, secara ruwet plus mumet..hihi. Ternyata jadi blogger itu bukan hanya sekedar belajar tulis menulis yaa. MasyaAllah

3. Belajar untuk Gemar Membaca 
Menjadi blogger juga seharusnya menjadikan kita menjadi orang yang gemar membaca. Bagaimana mau menghasilkan tulisan yang menarik plus bermanfaat kalau kita tak pernah membaca? Kecuali kalau blognya isinya curhatan pribadi si, lain cerita yaa.  

Kalau kata seseorang, seorang penulis itu ibarat teko, kalau mau menghasilkan minuman yang enak, yaa isi tekonya dengan dengan sesuatu yang enak pula.
Jadi kualitas sebuah tulisan, ditentukan oleh isi kepala penulisnya. Penulis yang rajin baca, ia kaya akan diksi, wawasan, sehingga tulisan yang dihasilkan pun oke tentunya. Pernah suatu waktu saya mengikuti Writing Class dengan Tema How To Write Viral Content dengan pembicara Mba Ollie Salsabila, Owner Zetta Media, Penulis Buku. Beliau bertanya, "Setiap harinya, berapa artikel, berapa buku yang teman-teman baca?". Sebagian dari kami tertunduk malu..hihi. Beliau pribadi, seringnya menamatkan bacaan puluhan hingga ratusan atikel dan beberapa buku setiap harinya. MasyaAllah..keren, memang seharusnya kita meluangkan waktu untuk ini. Tapi saya pribadi ngerasa banget, kalau nggak baca, kepala serasa tak ada isi, pas mau nulis bingung, awalannya gimana yaa? judulnya apa yaa? isinya gimana yaa?, beneran mumet yang ada..he..he
Membaca, Membaca & Membaca
4. Belajar Menjadi Orang Kreatif, Inovatif  serta Produktif.Menjadi blogger itu secara tidak sadar, kita belajar menjadi orang yang kreatif, inovatif, produkti. Bagaimana tidak? Sebelum kita nulis, kita mesti mencari ide, sudut pandang, isi tulisan, alur cerita yang menarik, unique dan berbeda dari blogger lainnya.  Karena hal ini akan menjadi ciri dan karakter tulisan atau blog kita sendiri. Hal ini tidak mudah lho sobat, butuh kreatifitas dan inovasi dari diri kita. Jangan sampe aja yaa, kita menjadi blogger yang  Copas alias Copy Paste karena itu melanggar hak cipta orang lain. Lebih-lebih bagi blogger-blogger yang jago design, fotografi, dalam hal kreatifitas dan inovasi, mereka memiliki nilai yang lebih dibanding yang lain. Dan saya bener-bener ngiler dengan blogger-blogger seperti mereka, pengen banget punya keahlian seperti itu. Tapi saat ini, untuk masalah design mendesign saya angkat tangan dulu lah, karena mesti ngabisin banyak waktu untuk ini, sedangkan untuk ngeblog sendiri saya mesti mencuri-curi waktu disela-sela mengurus anak he..he..capaian saat ini, sing penting rajin nulis dulu.

Menjadi blogger juga kita belajar menjadi orang yang lebih produktif. Iya, saya pribadi yang tadi nya hanya bisa mantengin medsos atau paling banter berbagi status pendek, sekarang bisa berbagi sesutu yang lebih lewat tulisan. Tau nggak dengan menjadi blogger, kita juga ikut andil mengisi dunia digital dengan konten-konten positif lho, semoga menjadi amalan tersendiri buat kita. 

Daripada menggalau ga jelas di medsos, bikin banyak dosa karena berpotensi ditiru orang, mending menulis produktif. iya nggak sob?
Selain itu, menjadi blogger produktif juga bisa menjadi sumber rezeki lho sobat. Iya banyak sahabat blogger yang menekuni profesi ini dan akhirnya berbuah manis. Membuat satu artikel bisa meraup ratusan hingga jutaan rupiah lho, belum lagi diundang ke event-event penting, MasyaAllah. Tentu menjadi blogger seperti ini juga nggak mudah dan butuh perjuangan yang extra sob. Kalau saya mah masih pemula dan ecek-ecek yang kadang-kadang dapat recehan sesekali...yang penting berbagi dulu sembari ningkatin kualitas tulisan, InsyaAllah semakin berkualitas blog kita, rezeki juga akan menghampiri. Aamiin. Hal terpenting yang harus kita lakoni sebagai seorang blogger adalah rajin nulis, rajin sharing dan rajin blog walking.

5. Belajar Jujur Pada Diri Kita
Yang nggak kalah penting juga, menjadi blogger menjadikan kita belajar jujur pada diri kita. Iya, tulislah apa-apa yang menjadi passion kita. Tulislah apa-apa yang membuat hati kita bahagia. Tulislah apa-apa yang menjadikan diri kita tenang. Tulislah apa-apa yang menjadikan kita bermanfaat. Jangan paksakan menulis sesuatu yang bertentangan dengan nurani kita, sekalipun tulisan itu diendorse oleh pihak tertentu. Pilihlah yang sesuai dengan jiwa kita. Blog saya pribadi masih campur-campur, tapi  saya lebih suka nulis tentang Bayi, Parenting, Kesehatan. Beberapa ada review kegiatan untuk acara blogger, review produk, review buku. Sobat boleh ko liat-liat blog saya, tapi jangan ninggalin link hidup yaa :)
Jujurlah Pada Nuranimu
6. Belajar Mengabadikan Hidup
Yaps, hidup ini singkat jadi perlu diabadikan, salah satunya dengan menulis. Saya berharap, kelak tulisan ini menjadi ilmu yang bermanfaat saat saya sudah tak ada lagi di dunia. Dan saya berharap, tulisan di blog ini bisa saya wariskan hingga anak cucu saya. Aamiin

Banyak ulama besar, Orang-orang besar yang pemikirannya, ilmu nya, karya nya masih bisa kita nikmati sampai saat ini, meski raga nya sudah tak ada lagi. Semua ini tidak lain dan tidak bukan karena ia menulis..
Terahir, di Hari Blogger Nasional ini, saya bersyukur telah Allah takdirkan menjadi seorang Blogger, dan semoga kedepannya bisa menghasilkan karya-karya besar yang bisa bermanfaat bagi semesta. Aamiin Yaa Rabbal'alamiin..

 Gimana sob, ini cerita saya kenapa saya menjadi blogger, kalau sobat sendiri??

Wassalamu'alaikum..

 

34 comments:

  1. Belajar terus wajib cari ilmu, pe Rosul pun menganjurkan carilah ilmu pe ke negeri cina

    ReplyDelete
  2. Dengan ngeblog banyak jejak yg bisa bermanfaat buat orang lain :)

    ReplyDelete
  3. Ngebloging juga bikin aku belajar poto2 cantik, salam kenal y mba

    ReplyDelete
  4. ngeblog gak hanya bermanfaat buat yang baca ya, buat yang ngeblog juga banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  5. Blogku jg campur2 mb lha wes suka semua

    ReplyDelete
  6. Bener mba, daripada ngegalau, ngegosip bikin stat ga jelas mendingan goblogg (go ngebloog)

    happy national blogger day, ya Mba.

    ReplyDelete
  7. Ish. aku disebut-sebut... *ngumpet ah


    Semoga selalu bisa menebar kebaikan lewat tulisan-tulisan kita ya Cha..

    ReplyDelete
  8. Saya juga jarang share mbak Relita alasannya sama, tapi mulai memberanikan diri sih karena itu untuk keuntungan kita sendiri ya supaya tulisan bisa lebih dikenal orang :)

    Selamat hari bloggee nasional mbak, semoga kita makin peoduktif ya :)

    ReplyDelete
  9. Selamat hari blogger nasional..
    Semoga semangat belajar n ngeblog nya nular ke saya ya mbak

    ReplyDelete
  10. Great motivation. Semangat belajar. Selamat hari Blogger nasional ya

    ReplyDelete
  11. Aku salut dengan semangatnya mbak.
    Keinginan utk majunya sangat tinggi.
    Saling support selalu ya...

    ReplyDelete
  12. Setuju... dgn ngeblog jd gaul..up to date..makin memacu diri utk belajar..belajar yepat waktu. Banyak bgt deh manfaatnya

    ReplyDelete
  13. Ngeblog bikin update para emak-emak ya. Semoga barokah ya mba

    ReplyDelete
  14. Ngeblog bikin update para emak-emak ya. Semoga barokah ya mba

    ReplyDelete
  15. Sukaa deh dgn judulnya,.menjadi pembelajar sejati...semoga sukses dgn blognya ya, Mba. Salam kenal yaa, baru kmrn gabung di GRes biar semangat ngeblog lagi niiy

    ReplyDelete
  16. Kita memang harus terus belajar, karena ilmu di luar sana banyaaak banget.
    Terus menulis ya Mba.

    ReplyDelete
  17. terus belajar.. belajar dan belejar yaa mbak

    katanya kan semakin banyak ilmu justru makin kita terlihat gak ada apa2anya

    ReplyDelete
  18. Suami istri blogger seru yaah kalo kegiatan bisa dateng bareng2 hehe. Ternyata manfaat blogging banyak banget ya mbaa

    ReplyDelete
  19. Sepanjang hayat memangbtentang hidup ya mbak dan paking enak belajarjya sambil ngeblog☺☺☺💞💞💞

    ReplyDelete
  20. lanjutkan... semoga bisa tulisannya selalu memberi manfaat

    ReplyDelete
  21. Cihuyy banget nih bisa blogging bareng pasangan..tetap semangat ya mbak :)

    ReplyDelete
  22. Dengan ngeblog banyak jejak yg bisa bermanfaat buat orang lain :)

    ReplyDelete
  23. Mbak, soal infografis dkk nya itu aku yo ngiler banget pengen belajar. Etapi siapa yang mau ngajarin ya. Photoshop aki nggak bisa. Mentok2nya ya pakai Photoscape.

    ReplyDelete
  24. Setuju soal semua belajardi atas

    ReplyDelete
  25. Wah suami juga blogger ya, mba. Jadi ganti2an ya antara nge-blog dan jaga anak. Kagum dg ibu2 yg udah capek urus anak, masih sempat untuk sharing good things di blog. :)

    ReplyDelete
  26. Selamat hari bloger nasional

    ReplyDelete
  27. pas baca up to date kenapa jadi senyum2 sendiri ya akunya hahaha...

    ReplyDelete
  28. Baru tahu tentang hari blogger nasional ini. Wah kudet juga ya saya. Btw, ngeblog memang mau ngga mau bikin kita belajar juga ya Mbak...

    ReplyDelete
  29. Setuju banget dengan quotesnya : "dengan berbagi, engkau akan lebih berarti."

    ReplyDelete
  30. Dengan berbagi membuat kita makin berarti.... sukak deh sama yg ini :) Terus semangat ngeblognya ya Icha.

    ReplyDelete
  31. Saya juga termasuk salah satu orang yang terkena dampak positifnya blog mbak kalau dulu mah kudet banget tapi sekarang mah alhamdulillah update dan dalam kemampuan menulis juga jadi meningkat.

    ReplyDelete
  32. yes,, setuju semua mbak,, mari kita belajar

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.