Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

THERAGRAN-M: Dari Sakit Ku Belajar, Nikmat Sehat Itu Sangatlah Berharga

 


“Dua Nikmat, Kebanyakan Manusia Tertipu Dengan Keduanya, Yaitu Kesehatan dan Waktu Luang.” (HR. AL-Bukhori)

Temans, menurutmu nikmat apa yang paling berharga dalam hidup ini? Harta, kekuasaan, lawan jenis, popularitas atau apa? Bagi saya pribadi, setelah iman dan islam, kesehatan adalah nikmat yang paling berharga dalam hidup. Apalah arti kaya, berkuasa, popularitas tapi sakit-sakitan? Kita semua bisa menikmati keindahan hidup, ya dikala kita sehat. Kita bisa merasakan nikmatnya menimba ilmu, bisa merasakan enaknya makanan, bisa travelling menikmati keindahan alam, bisa shopping beli ini dan itu , menikmati indahnya berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga, semua tidak lain dan tidak bukan karena Allah masih memberi kita nikmat sehat ini. Tidakkah kita merasa bahwa nikmat sehat ini sangatlah berharga temans?

Saya benar-benar merenungi nikmat sehat ini, ketika kemarin-kemarin saya diberi kesempatan oleh Allah untuk menengok sodara yang sakit di Rumah Sakit. Saya sempat bertemu dan berbincang dengan beberapa orang baru disana. Ditempat tersebut ada seorang ibu yang di vonis dokter terkena kanker leher rahim (kanker serviks), ada lagi yang sakit tumor disaluran pencernaan, ada yang sakit kanker payudara dan bahkan ada beberapa diantara mereka yang harus kehilangan organ tubuhnya karena penyakit ini. Spontan saya pun termenung dan bergumam "Ya Rabb, nikmat sehat itu sungguh sangat berharga dan mahal harganya". Namun terkadang kita sebagai manusia lupa untuk bersyukur dan lalai. Lalai, saat sehat kita tidak berusaha optimal untuk melakukan kebaikan untuk orang-orang disekitar kita, malah terkadang berbuat sebaliknya. Kita lalai, dengan tidak menjaga nikmat sehat yang telah dianugerahkan kepada kita. Dikala sehat, kita semaunya sendiri. Makan ini dan itu, begadang yang tak ada artinya, memeras pikiran terus menerus, dan berbagai gaya hidup tidak sehat lainnya. Setelah sakit, baru deh nyesel kenapa kemarin begini, kenapa kemarin begitu, bla bla bla. Setelah tak bisa apa-apa, tubuh hanya bisa terbaring di tempat tidur, baru deh nyadar bahwa sehat itu sangat berharga. 

Teringat Ramadhan kemarin, saat saya sakit perut dan diare sampe harus bolos puasa selama enam hari, sedih banget rasanya :(.  Puasa yang benar-benar saya niati dan saya perjuangkan, karena puasa tahun ini saya sedang menyusui si kecil, jadi perjuangannya lebih-lebih dibandingkan saat saya tak menyusui. Awalnya saya berbuka puasa dengan gulai kambing, kemudian lanjut sahur dengan menu yang sama karena gulainya masih lumayan banyak. Eh siang harinya, ni perut sakit dibarengi diare. Saat itu saya memutuskan untuk tidur sembari menyusui anak. “Ah, sakit seperti ini bentar juga sembuh”, pikir saya. Namun ternyata tidak seperti yang dibayangkan, semakin sore badan semakin panas dan menggigil. "Ya Allah..ko jadi kaya gini?". Suami yang saat itu masih di kantor, langsung telpon dan memintaku untuk segera berbuka . Namun  eman-eman rasanya kalau harus batal, karena udah 1/2 hari aku berpuasa. Akhirnya saya berusaha bertahan sampe maghrib dan berbuka. Alhamdulillah..

Malam itu, untuk meredam rasa sakit, suami mengompres saya dengan air hangat supaya panas tubuh segera turun, kemudian meminta saya untuk minum madu yang dicampurkan air hangat. Namun semakin malam bukannya semakin reda, perut semakin sakit, bab semakin sering, panas pun tak kunjung turun. Sungguh kondisi seperti ini membuat saya semakin sedih, karena saat sakit tidak hanya saya yang sakit tapi si kecil juga turut merasakannya. Apalagi saat malam hari, si kecil tiap berapa menit minta mimi. Malam itu, si kecil rewel tidak seperti malam-malam biasanya, mungkin ia merasakan, apa yang dirasakan ibunya.

Akhirnya, keesokkan harinya, suami mengantar saya berobat ke klinik dekat rumah. Setiba disana, saya hanya ditanyai dokter terkait keluhan yang dirasakan, kemudian beliau memberi resep. Sepulang dari dokter saya bertanya sama suami “mas, ko neng ndak diperiksa yaa tadi, ko hanya ditanya-tanya bak wawancara saja?". "Baru kali ini deh sakit ndak diperiksa apa-apa”, suami hanya tersenyum menanggapi pertanyaan saya. Hari itu saya tidak berpuasa, suami pun izin kerja karena saya tidak kuat ngapa-ngapain, dan  tidak ada yang jagain anak di rumah. Suami  juga
takut kalau nanti terjadi apa-apa, jika ditinggal pergi. Saat itu, saya hanya bisa berbaring dikasur, bangun kalau pas anak minta mimi. Itupun seringnya saya menyusui anak sambil tiduran karena tidak kuat menahan sakit. Kepala yang berputar-putar, perut sakit melilit, membuat saya hanya ingin memejamkan mata saja saat itu. 
Mengkonsumsi Obat Sesuai Aturan Pakai atau Berdasarkan Petunjuk Dokter
Makan tak enak, mulut rasanya pahit, kalau tak ingat anak karena masih menyusui, rasanya enggan untuk makan. Tapi demi anak, semua saya paksakkan. Saya lihat beberapa item obat dalam kresek yang mesti diminum: ada vitamin, antibiotik, obat diare, obat sakit perut, obat anti mual dan panas, yaa Rabb banyak bangeet yaa :(. Mau tidak mau, sebelum minum obat-obatan ini, saya harus makan dulu, walau harus dipaksakan. 

Alhamdulillahnya suami saya super baik, sabar merawat saya saat sakit. Beliau yang  mengurus anak, mulai dari momong sampai bikin MPASI, beres-beres rumah, beli makan. Semoga Allah memberikan balasan terbaik, buatmu sayang. Hari itu, kondisi tubuh tak segera membaik, tidur tak nyenyak karena mesti bolak balik kamar mandi. Saya banyakin minum air putih saja supaya tidak dehidrasi. Setelah menunggu 24 jam, belum juga ada perubahan yang berarti, akhirnya keesokkan harinya kami pun memutuskan untuk kembali ke klinik yang sama untuk periksa. Saya berharap akan bertemu dokter yang lebih baik dibandingkan yang kemarin. Sebelum diperiksa dokter, saya menyempatkan diri untuk menimbang berat badan, dan subhanallah bb saya hilang 4 kg dalam tiga hari saja. Diare benar-benar sukses membuat badan saya menyusut. Padahal saya termasuk orang yang susah turun bb nya. Alhamdulillah dokter yang memeriksa saya saat itu, lebih baik dari yang kemarin. Saya diminta berbaring untuk diperiksa bagian perut, mata dan dada. Berbeda dengan dokter sebelumnya, kali ini dokternya juga menyarankan saya untuk minum obat diarenya tidak hanya sehari dua kali, tapi setiap habis bab.  

Hari ketiga suami tak lagi menemani saya dirumah, karena tak enak kalau harus izin kerja lagi. Beliau berangkat agak siang pasca mengantar saya berobat. Saya pun berdo’a semoga si kecil anteng hari itu. Alhamdulillah, si kecil mau mengerti kondisi ummi nya yang sedang sakit. Ia hanya bermain dikasur, sambil tiap berapa menit minta mimi, selebihnya tidur bersama saya dalam waktu yang cukup lama. Saya pun hanya beranjak dari tempat tidur saat mengambil makan untuk si kecil, kemudian menyuapinya dikasur. Sungguh sehat itu sangat berharga. Saat sakit,  saya kehilangan Precious Moment bersama keluarga dan sahabat tercinta. Saya tak bisa bermain bersama anak, tak bisa bincang-bincang hangat dengan suami, tak bisa ikut kumpul blogger dan saya tak bisa menjalankan ketaatan dengan sempurna dibulan suci yang penuh barakah yaitu berpuasa ramadhan.

Dua kali bolak balik ke dokter, namun belum juga kesehatan saya membaik. Malah perut semakin melilit dan diare semakin sering. Saking tak tahannya, tangisan pun akhirnya pecah malam itu. Saya takut kalau harus di rawat di R.S. Teringat adek kelas dulu, yang tiba-tiba sakit perut luar biasa, akhirnya dibawa ke R.S dan diminta dokter untuk segera operasi usus buntu saat itu. Padahal ia orang yang super teratur dalam urusan makan dan hidup. Semua perasaan campur aduk ndak karu-karuan.  Takut kalau mesti dirawat, "nanti si kecil mimi nya gimana?", “Perjuangan neng untuk ASI dua tahun bisa berhenti tengah jalan kalau misalnya dirawat”, curhat saya pada suami. “Udah, ndak usah mikir macem-macem, besok kita berobat lagi”, ucap suami. “Tapi, neng minta berobatnya jangan ke klinik yaa, ke dr. Soraya saja, dulu pas masih kuliah seringnya kesitu”, tambah saya lagi. “Iya, terserah neng saja”, jawab suamiku.

Akhirnya pagi itu sekita pukul 08.00, kami menuju tempat praktek dr. Soraya. Setelah beberapa menit menunggu, akhirnya sayapun dipanggil. MasyaAllah, beliau sangat teliti saat memeriksa dan sangat welcome menjawab berbagai pertanyaan saya saat itu. Perut bagian atas, tengah dan bawah ditekan-tekan oleh beliau, “kalau sakit bilang yaa mba”, ucap sang dokter. Setelah dicek, ternyata bagian yang sakit adalah perut bawah. Kata beliau, kalau yang sakit adalah perut bagian bawah, penyebabnya adalah infeksi amoeba. Berbeda dengan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, infeksi oleh amoeba ini menyebabkan perut terasa lebih sakit dan penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama, kata dokternya. Dokter Soraya  juga menyarankan, obat diarenya jangan minum , biarkan diarenya berhenti secara alami. Saat itu saya dikasih resep obat anti amoeba, anti nyeri dan anti mual untuk beberapa hari.

Alhamdulillah pasca mengkonsumsi obat, perlahan kondisi kesehatan saya semakin membaik. Setelah obat-obatan habis, saya inisiatif minum Multivitamin dan Mineral untuk untuk mempercepat masa penyembuhan. Sakit itu sendiri sebenarnya disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral sehingga daya tahan tubuh menurun dan akhirnya menjadi penyebab munculnya penyakit. Berdasarkan penelitian, kekurangan mineral seperti zinc dan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan alergi serta infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Tak bisa dipungkiri, selama satu minggu sakit, tubuh rasanya drop. Saya berharap imunitas saya segera meningkat, sehingga bisa menjalankan puasa ramadhan kembali, bisa mengurus anak dan keluarga serta melakukan berbagai aktivitas bermanfaat lainnya. Multivitamin dan Mineral yang saya pilih saat itu adalah Theragran-M

Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan. Kenapa saya memilih Theragran-M? Karena Theragran-M sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun (sejak 1976). Theragran-M juga sudah ada label halalnya dari MUI lho, jadi saya tenang untuk mengkonsumsinya. Lingkaran biru pada kemasannya, menunjukkan bahwa obat ini dijual bebas terbatas, artinya meski tanpa resep dokter, terdapat aturan pakai dan efek penggunaannya yang jelas jadi terasa kita terasa aman saat mengkonsumsinya. Bagi yang phobia rasa pahit (jadi inget temen), tenang saja tablet Theragran-M terbungkus salut gula, jadi saat kita meminumnya terasa manis. Dan yang terpenting adalah tiap tablet  Theragran-M mengandung Multivitamin dan Mineral yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan, seperti:
Komposisi Tiap Tablet Salut Gula Theragran-M
Manfaat Multivitamin dan Mineral yang terdapat pada Theragran-M:
- Vitamin A
Vitamin A sangat penting untuk sistem daya tahan tubuh. Vitamin larut lemak ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oksidasi karena radikal bebas. Radikal bebas disekitar kita banyak sekali, yaitu berupa bahan makanan yang mengandung pestisida, polutan dari kendaraan, asap rokok yang terhirup, dll. Vitamin A pun dapat meningkatkan produktivitas kerja sel darah putih. Kita tau sel darah putih (leukosit) ini berfungsi untuk melawan bakteri, virus, jamur yang masuk dalam tubuh kita. Sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan karsinogen (1).
- Vitamin D
Selain bermanfaat untuk kualitas tulang kita, juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita lho. Vitamin D dapat mengaktifkan sel T (limposit T) yang dibutuhkan untuk melawan penyakit. Apaan tuh sel limposit T? Sel ini adalah kelompok sel darah putih yang punya peran utama pada kekebalan seluler tubuh. Wah kali ini ndak apa-apa yaa kita belajar agak berat, belajar sistem tubuh kita sendiri (1).
- Vitamin B Kompleks
Vitamin B kompleks ini terdiri dari B1, B2, B3 (Niasinamida), B6 dan B12. Berdasarkan penelitian American Cancer Society, vitamin B mampu melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit. Ketika terjadi defisiensi/ kekurangan pada salah satunya misalnya desifiensi B6, maka dapat menurunkan kuantitas maupun kualitas sel darah putih dan penyusutan kelenjar yang memproduksinya (kelenjar timus). Sedangkan B12 bermanfaat untuk pembelahan dan perkembangan sel. Defisiensi vitamin ini akan menghambat pematangan sel darah putih dan secara otomatis mengurangi jumlahnya. Vitamin B3 (Niacin) membantu fungsi sistem pencernaan manusia yang normal, mempromosikan nafsu makan yang sehat, berfungsi nya saraf, dan kulit bersinar. Selain itu juga
untuk mengubah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi. Vitamin B3 juga bisa menurunkan kolesterol yaitu dengan mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik HDL, yang mencegah penebalan plak dinding arteri dan kondisi seperti aterosklerosis (1).
-  Vitamin C
Tentu kawan semua tidak asing lagi dengan vitamin ini dan sering mengkonsumsinya bukan? Nah Theragran-M juga mengandung Vitamin C lho. Vitamin ini digunakan sel darah putih untuk melawan infeksi dan peradangan. Konsumsi Vitamin C secara berkelanjutan juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Didalam vitamin ini juga terdapat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari oksidasi yang disebabkan radikal bebas (1).
- Vitamin E
Sama halnya dengan vitamin C dan A, vitamin E mampu mengikat radikal bebas yang terbentuk dari oksidasi dan menyebabkan kerusakan genetik serta kematian sel. Kecukupan vitamin E juga dapat melindungi liver dan ginjal dari berbagai masalah. Vitamin E pun bermanfaat bagi penderita diabetes karena membantu mengontrol gula darah. Lebih lanjut, Maryland Medical Center mengungkap bahwa vitamin E dapat menurunkan risiko penyakit jantung (1).
- Besi
Defisiensi zat besi dapat menghambat respon imun dan berkaitan dengan menurunnya fungsi pagositas untuk melawan jamur. Selain itu defisiensi zat besi juga bisa menyebabkan anemia. Namun, penggunaannya harus sesuai dosis yaa karena saat kelebihan zat besi juga membahayakan sistem imun tubuh. Dosis yang tinggi dapat meningkatkan pembentukan radikal bebas intrasel, kerusakan oksidatif, mengurangi produksi sitokin utama, dan memicu perkembangan patogen intrasel (1).

- Tembaga
Defisiensi tembaga dapat mempengaruhi sistem imun dan mengurangi fungsi sel yang menyerang bakteri (1).
- Mangan
Mangan dapat membantu mengaktifkan superoxida dismutase, enzim antioksidan yang penting untuk tubuh. Mangan pun diketahui bisa mengingkatkan aktivitas makrofaga, sel darah putih yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang tidak diinginkan.

- Seng
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seng dapat memulihkan daya tahan tubuh yang melemah. Defisiensi seng pun dapat menurunkan kemampuan sel T dan sel imun lainnya. Seng juga banyak digunakan untuk mengobati flu. Namun, sama dengan zat besi dan mangan, kelebihan seng dapat mengganggu daya tahan tubuh sehingga dosisnya harus diperhatikan dengan baik.

- Magnesium
Manfaat magnesium yaitu untuk mempertahankan saraf tubuh, otot dan tulang. Magnesium juga membantu dalam proses sintesis protein dan metabolisme sel. Magnesium sangat penting untuk mempertahankan detak jantung yang normal dan digunakan oleh dokter untuk mengobati ketidakteraturan irama jantung. Manfaat kesehatan lain dari magnesium adalah mencegah osteoporosis, kejang eklampsia, kadar gula, asma, diabetes, sembelit, nyeri punggung dan gangguan kejiwaan (2). 
Theragran-M: Multivitamin dan Mineral Untuk Mempercepat Proses Penyembuhan Setelah Sakit
Secara umum dapat disimpulkan bahwa manfaat dari Multivitamin dan Mineral yang ada dalam Theragran-M adalah untuk mengembalikan imunitas (daya tahan tubuh) setelah sakit. Walau sebenarnya multivitamin dan mineral masih bisa terpenuhi melalui  asupan/ konsumsi makanan yang berkualitas, sehingga bisa mencukupi  kebutuhan vitamin dan mineral tubuh kita. Namun terkadang dalam pelaksanaannya, kita tidak bisa menjamin asupan gizi kedalam tubuh itu tetap seimbang sehari-harinya. Cara pengolahan bahan makanan yang kurang tepat, juga dapat mengurangi kandungan gizi dari makanan tersebut. Jadi belum tentu juga saat kita mengkonsumsi makanan yang menurut kita gizinya seimbang, dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.  Theragran-M ini bisa menjadi sumber alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Aturan pakainya sudah jelas yaitu untuk orang dewasa 1 tablet sehari atau sesuai dengan anjuran dokter. Harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp. 20.000 untuk 1 strip berisi 4 tablet.

Alhamdulillah setelah satu minggu berjuang melawan sakit, berobat kesana kemari, mengkonsumsi Theragran-M serta do'a, tubuh kembali sehat. Saya bisa menikmati precious moment kembali: melanjutkan puasa ramadhan, bercengrama bersama keluarga dan melakukan aktivitas bermanfaat lainnya. Pelajaran terpenting yang bisa diambil, kesehatan itu sangatlah berharga..karena sejatinya kita bisa menikmati kehidupan ini disaat tubuh kita sehat.
Dikala Sehat, Saya Pun Bisa Beraktivitas Kembali
Sebuah nasihat yang sangat bijak dari dr. Tan Shot Yen, "kesehatan itu haruslah bersifat hakiki". Disaat sakit, carilah penyebabnya jangan hanya gejalanya yang diatasi karena itu bukan penyembuhan tetapi mengulur-ulur permasalahan. Untuk kesehatan yang terjaga, mari kita berhijrah dari pola hidup kita yang kurang sehat menuju yang sehat. Caranya?

-  Mengkonsumsi gula tidak berlebihaan, karena gula merupakan sumber kolesterol. Selama ini sebagian besar orang memahami bahwa kolesterol itu berasal dari lemak dalam daging. Namun sebenarnya kolesterol itu berasal dari gula. Baik gula yang berasal dari sumber alami maupun buatan. Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat dengan kandungan gula cukup tinggi. Setelah melalui proses metabolisme, karbohidrat akan diubah menjadi glikogen selanjutnya lemak. Makanya orang yang sedang diet biasanya mengganti sumber karbohidrat berupa nasi dengan alternatif  lainnya seperti kentang, ubi jalar, gandum, talas, dll. Yang alami saja seperti nasi kandungan gulanya tinggi, apalagi yang buatan seperti gula pasir yaa? Padahal kita sering mengkonsumsinya untuk buat teh anget atau sudah dalam bentuk minuman kemasan, makanan yang kita makan, dll. Baiknya penggunaan gula pasir ini kita batasi dalam sehari-harinya, kalau bisa ganti dengan sumber alternatif lain seperti gula batu atau gula kawung (gula merah).

 
-  Mengkonsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral. Konsumsi sayur dan buah dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) sehingga tubuh kita tidak mudah terkena penyakit. Namun yang harus diperhatikan adalah cara pengolahan dari sayur dan buah itu sendiri supaya kandungan gizinya tetap utuh. Sayur dan buah baiknya dikonsumsi dalam bentuk salad. Sayuran yang telah dimasak, sesungguhnya kandungan gizinya hanya sedikit saja karena memasak (pemanasan), dapat  menyebabkan denaturasi (melarutkan) gizi dalam sayuran.  

Nah saat kita belum bisa menyiapkan atau memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari sumber yang alami, karena mungkin sakit atau dalam masa penyembuhan, kita bisa mencari sumber alternatif lain berupa multivitamin dan mineral dalam bentuk kemasan seperti Theragran-M ini, seperti yang pernah saya lakukan (Aprisa, 2016).

-  Tidak mengkonsumsi susu binatang

Menurut dr. Tan, susu olahan yang berasal dari binatang, entah itu sapi, kambing, dll, merupakan bahan makanan yang susah untuk dipecah oleh tubuh. Dalam proses pemecahannya akan banyak enzim pangkal yang digunakan, sehingga prosesnya banyak mengeluarkan energi dari tubuh. Pendapat yang sama pun dikeluarkan oleh dr. Hiromi Sinya. Qoute yang menohok sekaligus bermanfaat dari mereka:
Anak sapi minum susu sapi, anak kambing minum susu kambing, anak kuda minum susu kuda, tapi kenapa anak manusia minum susu kambing, sapi, kuda liar bahkan penelitian terbaru, ada yang minum susu kecoa.. ?

-  Banyak bergerak, karena sistem limfatik tubuh hanya bisa berfungsi ketika kita bergerak dengan baik. Olah raga ini menjadi bagian yang cukup penting untuk dilakukan, jadi luangkan waktu barang 10 - 15 menit untuk berolah raga yaa.

Lakukan keempat hal ini secara seimbang satu sama lain, karena usaha mati-matian disatu sisi tapi melewatkan sisi yang lain adalah upaya yang kadang tidak membuahkan hasil maksimal. Menjaga makanan tanpa aktif menggerakkan tubuh secara benar, akan membuat vitalitas kita terganggu. Demikian pula sebaliknya. Gimana, susah susah gampang bukan untuk menjalankannya? Saya pribadi masih sangat jauh dari pola hidup sehat, tapi sedikit demi sedikit mari kita mencoba yaa. Quote yang menarik dari beliau:

Tubuh kita itu membangun kebiasaan, bukan hanya memenuhi kebutuhan dan keinginan

...................Karena Sehat Itu Sangat Berharga, Jadi Mari Kita Perjuangkan Temans :)


"Artikel Ini diikutserakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."




Sumber:
(1) http://www.webkesehatan.com/vitamin-untuk-meningkatkan-daya-tahan-imun tubuh
(2) http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-magnesium-bagi-kesehatan-163.html

12 comments for "THERAGRAN-M: Dari Sakit Ku Belajar, Nikmat Sehat Itu Sangatlah Berharga"

  1. semoga tetap sehat ya mba..

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Dalam kondisi sakit itu bukan hanya makanan bergizi, obat-obatan, multivitamin mineral, dan istirahat cukup, namun dukungan keluarga, sahabat, dan orang-orang tercinta juga dapat membantu mempercepat kesembuhan ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener banget, dukungan keluarga juga sangat penting saat sakit

      Delete
  3. Beneran tambah stress ya Icha kalau seorang ibu lagi sakit tuh. Semua urusan rumah jadi berantakan ya.

    ReplyDelete
  4. Aku suka nya minum multivitamin ini nggak ada efek samping nya :)

    ReplyDelete
  5. udah sering baca, kalo susu olahan malah membuat usus rusak tapi tetap aja suka minum susu :D

    ReplyDelete
  6. mau gimanapun tanpa sehat semua percuma :")
    sehat selalu

    ReplyDelete
  7. Theragran M enak di lidah enak di badan :)

    ReplyDelete
  8. Sedih ya Mbak gak bisa puasa di bulan ramadhan
    aku juga mengalaminya sampek 13 hari bolongnya
    Semoga kita selalu bisa bersyukur atas nikmat sehat yang Allah berikan ya Mbak dan menjaga kesehatan yang sangat berharga ini

    ReplyDelete
  9. "kesehatan itu sangatlah berharga..karena sejatinya kita bisa menikmati kehidupan ini disaat tubuh kita sehat." salah satunya ini, kyanya kalo g wrna kuning lbh enak di mata deh Cha.
    Hehehe afwan cm saran si..

    ReplyDelete
  10. Kesehatan terasa sangat berharga ketika kita sakit ya

    ReplyDelete