Monday, March 13, 2017

Mudahnya Membayar Zakat Lewat KalkulatorZakat.com


Assalamu'alaikum Wr.Wb Sobat semua..
Jum'at (10/3), saya berkesempatan hadir dalam acara Launching KalkulatorZakat.com, yang diselenggarakan Dompet Dhuafa (DD) Jateng, di D'COST Seafood Semarang. Selain KalkulatorZakat.com, DD juga meluncurkan gerakan One Month One Care, satu kepedulian sejuta manfaat. Apa itu KalkulatorZakat.com? apa itu One Month One Care?

Pak Haris Menjelaskan KalkulatorZakat.com
KalkulatorZakat.com
KalkulatorZakat.com merupakan Landing page atau halaman yang khusus untuk memberikan edukasi, penyadaran dan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar zakat, cara menghitungnya sekaligus melakukan pembayaran zakat secara online. Dari situs online ini kita akan mendapatkan edukasi all about zakat seperti definisi zakat, manfaatnya, siapa yang berhak menerima, zakat mal, dll. Disitus ini juga terdapat galeri program DD Jateng, program apa saja yang sudah dilakukan oleh DD kepada masyarakat. 

Kemudahan yang lainnya, dari website KalkulatorZakat.com, kita bisa menghitung berapa zakat penghasilan atau zakat simpanan yang wajib kita keluarkan. Kita akan tau apakah penghasilan atau simpanan kita sudah memenuhi nishab (batas) atau belum. Kalau sudah memenuhi nishab berarti wajib dikeluarkan, kalau belum berarti tidak wajib untuk dikeluarkan.

Perhitungan Untuk Zakat Penghasilan (Sumber: KalkulatorZakat.com)
Perhitungan  Zakat Simpanan (Sumber: KalkulatorZakat.com)
Sobat cukup mengisi isian yang sudah tersedia, selanjutnya akan ada pemberitahuan via email terkait proses pembayaran zakat dan verifikasinya. Zakat pun secara otomatis sudah terbayarkan dengan sangat mudah. Bagi sobat yang dalam kesehariannya memiliki kesibukan yang luar biasa, KalkulatorZakat.com ini sangat recommended untuk dicoba.

One Month One Care
Tahun 2017 ini, Dompet Dhuafa juga menginisiasi gerakan kepeduliaan dengan tema "One Month One Care-Satu Kepeduliaan Sejuta Manfaat". Gerakan ini bertujuan untuk menyeru  kepedulian pada sesama yang membutuhkan. Caranya dengan berdonasi setiap bulannya secara sukarela baik secara individu,  komunitas atau kelembagaan. Hasil penghimpunan ini akan disalurkan melalui program-program DD Jateng  dalam bidang kemanusiaan, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Dibidang kesehatan, ada sekitar 4.508 penerima manfaat. Dibidang Ekonomi ada 7.350, dibidang kemanusiaan ada 2.319 dan dibidang sosial pendidikan ada 9.362 penerima manfaat. 
Beberapa Program Dompet Dhuafa (sumber: jateng.dompetdhuafa.org)
Menurut Pak Satriyo selaku koordinator fundrising DD Jateng, One Month One Care merupakan program penguatan dari program yang selama ini sudah ada di Dompet Dhuafa. Saat ini DD sedang membantu menyediakan alat bantu dengar (ABD) bagi anak-anak tuna rungu, supaya mereka bisa meraih mimpi-mimpi seperti anak-anak normal lainnya. Selain itu juga ada program pemberdayaan untuk anak-anak tuna rungu ini, seperti pelatihan desain grafis dan komputer.
Pak Satriyo Menjelaskan One Month One Care
Yuk ikut gabung sob, InsyaAllah kebaikan sekecil apapun, ada balasannya dari Allah S.W.T. Sobat bisa berdonasi berapapun setiap bulannya melalui http://bit.ly/1month1care, atau lebih lanjut bisa hubungi (024) 7623884/ 08157798783.

Tentang Dompet Dhuafa (DD) 
Saat Launching KalkulatorZakat.com kemarin, Imam Baihaqi selaku pimpinan cabang DD Jateng, memaparkan sekilas tentang Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat yang berdiri sejak tahun 1993. Lembaga ini memiliki visi misi untuk berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf serta dana sosial lainnya yang berasal dari individu, kelompok maupun perusahaan.

Potensi zakat itu besar yaitu mencapai 12 Triliun, dan ini harus dikelola dengan baik supaya kekayaan itu tidak termonopoli pada orang-orang tertentu saja. Dompet Dhuafa juga hadir untuk membantu masyarakat dalam menegakkan rukun islam yang ke-3, karena zakat ini hukumnya wajib. Untuk memudahkan masyarakat dalam menunaikan zakat maka DD melaunching situs online KalkulatorZakat.com.
 
Pemaparan Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa memiliki jaringan pelayanan di 21 provinsi Indonesia dan 5 negara di manca negara (Hongkong, Australia, Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan). Saat ini Dompet Dhuafa telah menjadi organisasi Filantropi Islam, yang menghimpun dana masyarakat terbesar di Indonesia. Di Jawa Tengah sendiri, cabang DD Jateng berkantor di Semarang dan Purwokerto dengan cakupan wilayah kerja seluruh area Jawa Tengah.


Dompet Dhuafa saat ini sudah memiliki 1 Rumah Sakit lengkap dan 10 Klinik, serta Sekolah Gratis yang terletak di Parung Bogor. Dompet Dhuafa juga memiliki program pemberdayaan masyarakat salah satunya pemberdayaan petani kopi di Temanggung dan kripik pisang di Rowosari Semarang.

Dalam keberjalanannya, proyek besar yang diusung oleh Dompet Dhuafa memerlukan kerjasama dari banyak pihak. Makanya pada kesempatan Launching KalkulatorZakat.com kemarin, DD mengundang beberapa komunitas dan media. Beberapa komunitas yang sudah bergabung dengan Dompet Dhuafa diantaranya ada KOJEK Semarang, Komunitas Mahasiswa Berbagi, Komunitas 1000 Guru Semarang, Komunitas Semarang Runners, dll. Alhamdulillah kami pun dari komunitas blogger perempuan semarang "GandjelRel", berkesempatan hadir pada acara ini.
Beberapa Komunitas yang Sudah Bergabung dengan DD
 
Sumber IG: @ddjateng
Proyek Kebaikan ini merupakan proyek bersama, mari kita saling bahu membahu satu sama lain. Yuks bantu menyebarluaskan informasi ini, Terimakasih. Keep Spirit Sob!.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb..
Ayo Bergabung dengan Dompet Dhuafa

Informasi lebih lanjut, sobat bisa hubungi:
 Dompet Dhuafa Jawa Tengah
Jl. Abdulrachman Saleh Blok D No. 199 Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7623884/ SMS Center: 0811275335


24 comments:

  1. Alhamdulillah, makasih mba Aprisa atas dukungannya. semoga berkah

    ReplyDelete
  2. Waah..menarik sekali niih.. Ke TKP aah...

    ReplyDelete
  3. Wah ada kalkulator zakat, memudahkan kita yaa menghitung zakat dengan benar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mb, bener banget mb..jd mudah semuanya :)

      Delete
  4. Mbak.. Ijin share postingan ini buat suamiku yang ngajar di SLB yaa.. Makasiihhh

    ReplyDelete
  5. Postingannya lengkap Mba, tertarik sama yg one month one care nya juga saya semoga bisa ajak komunitas untuk ikut gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, Aamiin..smg banyak yg akan ikut gerakan kebaikan ini yaa mb

      Delete
  6. Aku belum nyoba kalkulator zakat, buka web nya dulu deh. Menarik ya mba, bisa ngitung sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mb, buka dulu aja web nya, baca2, biar semakin paham :)

      Delete
  7. Dengan adanya dompet dhuafa dan kalkulator zakat memudahkan kita bayar zakat dan bisa membantu kaum dhuafa biar tercipta keadilan sosial ya mbak 😊

    ReplyDelete
  8. Cuuzz ke tekape pengen ngitung zakat yg harus aku bayarkan

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, jadi semakin di berikan kemudahan untuk menunaikan kewajiban sebagai umat islam ....
    Semoga barokah, Amin

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah nyenengin ya mb klo bisa hitunf zakat sendiri

    ReplyDelete
  11. Baru tahu tentang kalkulator zakat ini Mbak. Bagus ya programnya, moga berkah dan pahalanya berlipat. AMin...

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, sedikit banyak jadi tahu soal zakat. InsyaAllah tidak lupa membayarkannya. Apalagi ada kalkulator zakat yg memudahkan kita membayar zakat, ya

    ReplyDelete
  13. Semoga dengan kemudahan2 itu makin banyak masyarakat sadar zakat. Aamiin..

    Btw kalo ngomongin DD aku ingat waktu study banding kesana. Kereeeen banget tempatnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.