Monday, July 31, 2017

, , , , , ,

3 Buku Parenting Favorit Yang Menginspirasi



Assalamu’alaikum Sobat semua. Kali ini saya mau sharing tentang buku favorit yang menginspirasi ni. Saya sebenarnya tipe orang yang suka ngumpulin buku tapi kalau baca ndak pernah tuntas, hiks..alias yang pengen dibaca saja. Tapi semenjak menikah dan mulai melahap beberapa buku parenting ternyata ada beberapa yang bisa selesai baca juga secara tuntas, hore!

Secara buku nya sederhana, bahasanya mengalir, mencerahkan dan mampu menjawab kegalauanku sebagai orang tua baru. Yaps, orang tua baru yang masih awam soal dunia pengasuhan. 

Menjadi orang tua dengan tanggung jawab yang besar tentu membutuhkan ilmu yang berkelanjutan. Sayangnya dengan peran besar yang diemban, tak ada sekolah khusus untuk orang tua. Semua dijalani secara alamiah dan biasanya berdasarkan tradisi turun temurun dari keluarga besar. 

Saya pun semula berfikir begitu tapi setelah membaca buku-buku parenting, pemikiran saya akhirnya berubah 180 °, hehe. Ternyata semua butuh ilmu. Buku apa saja si yang telah merevolusi pemikiran saya ini:

1.    5 Guru Kecilku Bagian I, Karya Teh Kiki Barkiah
5 GK 1 (warna abu-abu)
Setelah membaca buku ini, saya jadi belajar banyak hal. Saya diingatkan kembali untuk meluruskan dan menguatkan niat dalam menjalani peran sebagai orang tua. Ya, niat itu hal utama dan pertama yang harus kita tata. Bernilai pahala atau tidaknya amalan kita dalam mengurus anak dan keluarga semua tergantung niat.

Ya memang benar adanya, menikah dan berkeluarga adalah ibadah terpanjang sepanjang hidup. Niatmu adalah kekuatanmu. Niat ini menjadi energi positif bagi kita untuk menjalani peran kita sebagai orang tua. Satu hal juga yang harus diingat bahwa menjadi orang tua, menjadi ibu adalah perjuangan yang akan memuliakan kita. 

Dalam buku ini juga diceritakan bagaimana Teh Kiki mengajarkan anak-anaknya untuk selalu memanfaatkan waktunya dengan produktif dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satu prinsip beliau adl TV chanel no! Video edukasi yes!.

Beliau juga bercerita bagaimana menjalin komunikasi dengan anak, dengan sering mengajak duduk bersama dan berdiskusi. Dari diskusi ini anak-anak akan dipahamkan tentang banyak hal, tentang prinsip hidup yang harus dipegang teguh oleh anak-anaknya. 

Dalam proses belajar di dalam rumah, daya kritis juga senantiasa ditumbuhkan. Teh Kiki berprinsip bahwa sebaik-baik waktu pengajaran adalah saat anak bertanya. Anak-anak dibimbing untuk menemukan hakikat belajar yang sebenarnya. Belajar untuk mencintai ilmu.

Dalam buku ini juga saya menemukan tips pengasuhan anti stress dan anti marah-marah lho. Bermanfaat banget bagi saya yang mudah tersulut ini, hehe.

Pada dasarnya fitrah anak itu suci, sekarang tinggal bagaimana kita sebagai orang tua berupaya menjaga fitrah suci mereka.


2.    5 Guru Kecilku Bagian II, Karya Teh Kiki Barkiah
5 GK 2


Pada bagian 2 ini Teh Kiki kembali bercerita mengenai pengalamannya bersama ke-5 anaknya. Beliau bercerita tentang bocah-bocah akhir zaman. Penting banget ni ilmunya bagi kita yang hidup di akhir zaman ini.

Miris, sedih rasanya melihat perilaku bocah-bocah zaman sekarang. Omongan mereka yang nggak pantas, kekerasan baik bullying, fisik ataupun seksual, pornografi, seks bebas benar-benar sangat membuat khawatir semua orang tua yang melek akan ini.

Walau begitu, kita harus tetap optimis untuk memperbaiki itu semua, berawal dari keluarga kita. Ingatlah selalu Harapan Itu Selalu Ada.

Nah di buku ini diceritakan bagaimana Teh Kiki menjawab kekritisan anak-anaknya yang mulai berfikir matang. Disini Teh Kiki bercerita bagaimana memahamkan Sidiq (anaknya yang baru berumur 5 Th) saat bertanya konsep menikah sampai obrolan LGBT. Menarik bukan?! Anak usia 5 Th obrolannya udah tingkat tinggi.

Nah tugas kita sebagai orang tua harus bisa memberi jawaban yang tepat untuk setiap pertanyaan yang terlontar dari anak-anak kita. Jangan sampai mereka mencari pelarian dari pihak luar. Dan semua butuh ilmu bukan? Yuks ah belajar lagi :)


3.    Happy Little Soul Karya Mbak Retnohening
Happy Little Soul

Buku selanjutnya yang menginspirasi saya adalah bukunya Mbak Retno Hening yang berjudul Happy Little Soul, Belajar Memahami Anak dengan Penuh Cinta. Tentu sobat sudah kenal kan sama Kirana, balita yang cerdas, ceria, lucu nan komunikatif itu. Nah Mbak Retno ini adalah Ibuknya Kirana :)

Kalau sobat belum tahu, bisa dikepoin di akun instagramnya @retnohening. Dalam bukunya, Mbak Retno bercerita pengalamannya saat proses kehamilan sampai punya Kirana ini. Beberapa pelajaran yang saya ambil dari buku ini yaitu
 
- Salah satu hal penting dalam pengasuhan anak yaitu kita sebagai orang tua sejatinya harus menjadi contoh yang baik dulu bagi anak. Bagaimana mungkin kita menyuruh anak A, B, C sedangkan kita tidak menjalankannya? Anak itu akan mengikuti apa yang kita lakukan dibandingkan apa yang kita katakan. Jangan sampai kita menjadi orang tua yang OMDO (Omong Doang) yaa :)

- Biar saling jatuh cinta, sering-seringlah berbicara, merespon dan memahami anak sejak dari kandungan :).

- Jika kita berupaya memahami anak sejak kecil maka InsyaAllah anak juga akan memahami kita. Sering-seringlah mengajak anak bekerjasama dari hal-hal kecil yang mudah, misal: membereskan mainan setelah selesai bermain.

- Mari bersemangat dalam menjalani hari-hari kita bersama anak, karena anak pun sangat bersemangat bermain bersama kita.

Nah itu Mbak Vita Pusvitasari dan Mbak Anita Lusiya Dewi, 3 buku favorit saya yang menginspirasi dan menyemangati saya dalam menjalani aktivitas keseharian saya. Terimakasih yaa buat tema nya, saya jadi belajar kembali ni :). 

Wassalamu'alaikum..

#ArisanBlogGandjelRel  #Part7
Share:  

13 comments:

  1. Sama-sama cha, sudah nulis, saya belum sering baca soal parenting, cuma jadi belajar juga sering baca review buku dan seminar parenting di blog 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mb mulai merambah k buku parenting :)

      Delete
  2. Yang penting dekat dengan anak, kalo salah diajak bicara face to face. Insya Allah anak2 punya empati. Dulu belum ada buku parenting, tapi aku bacanya ayah bunda. Lumayan deh untuk memahami anak2

    ReplyDelete
  3. Saya belum punya ketiga bukunya tapi suka baca tulisan mbak Kiki di FB. Kalau mbak Retno, saya follow IGnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, mmg mereka sangat aktif d medsos :)

      Delete
  4. Wah saya baru tau buku ke 3 ini, mba. Mksh ya rekomendasinya nih

    ReplyDelete
  5. Saya sering baca sharingnya Mbak Kiki di FB tapi belum pernah baca bukunya. Buku Mbak Retno pernah baca reviewnya saja. Terimakasih ulasannya Mbak...:)

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah baca buku-buku tersebut mbak. Iya kita sebagai orang tua harus banyak-banyak baca tentang buku parenting ya mbak, supaya lebih memahami dan bisa mengarahkan anak-anak kita dengan cara yang baik dan benar :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.