Thursday, July 20, 2017

Traveling bersama Keluarga: Bukan Hanya Sekedar Traveling


Assalamu’alaikum Sobat semua, liburan telah usai tapi masih saja pengen ngomongin traveling. Habisnya bikin nagih sih ya, hehe. Walau terkadang harus merogoh uang lebih banyak untuk ini. Tapi sebenarnya masih bisa ko disesuaikan dengan kantong/ budget kita, pinter-pinternya kita saja untuk atur keuangan, iya nggak?!

"Ngapain si pergi-pergi mulu? Ndak kasian itu anak masih kecil dibawa kemana-mana?". "Dulu waktu ibu masih punya anak kecil, ndak pernah tu pergi jauh dari rumah selain ngajar dan tuntutan pekerjaan." *tanya ibu sama aku yang sukanya pergi keluar rumah, hehe. Walau sebenarnya perginya ndak jauh-jauh amat, seringnya masih dalam kota :D Tapi menurut ibu itu sudah jauh.
 
Menikmati Suasana Malam di Alun-alun Simpang Lima
Ndak tau ni setelah menikah ko pengennya pergi keluar terus, walau sekedar ke taman kecamatan  terus foto-foto, sambil jajan cilok, tahu, es hehe. Atau ke arena bermain anak disalah satu mall di kota ku. Atau sekedar makan di warung tenda tepi jalan, sungguh membuat kami bahagia karena kebersamaannya yang tak ternilai. 

Kami biasanya keluar untuk mecari sesuatu yang berbeda dari biasanya, merefresh diri dan menikmati kebersamaan. Walau sebenarnya menikmati kebersamaan itu tak harus keluar si tapi kadang-kadang diperlukan juga.

Jadi kalau Mba Winda Oetomo pemilik blog  http://www.windaoei.com/ dan Mba Dwi Septia pemilik blog  http://www.dwiseptia.com/ bertanya siapa orang yang paling ingin diajak Traveling? Tentu Jawabannya adalah si kecil (Anak) dan Ayahnya si kecil :).

Tanpa mereka hidup saya hampa mbak *ea :D Tapi beneran nggak bisa lama-lama juga berpisah sama dua orang ini. Jangankan lama, baru setengah jam saja ninggalin ke pasar udah kangen dan kepikiran, apalagi ninggalin berjam-jam atau berhari-hari.

Pernah si berpisah sementara dari suami kalau pas nyari ilmu atau pas pulang ke rumah ortu, tapi rasanya hampa dan pengen segera ketemu, hehehe. Lagian kalau pas Traveling nggak ada suami, saya bisa kelabakan momong si kecil hehe. Tanpanya juga saya bisa tersesat di jalan, soalnya saya tipe orang yang suka nyasar wkwkwk, bisa bahaya kan sob :D. Suami juga orangnya asyik banget buat diajak jalan. Saat  ada dia, saya benar-benar bisa menikmati perjalanan ini, bebas mau ngapain aja, asal terkontrol, haha :D
 
Teman Traveling Terasyik, tak ada dua :D
Jika ada kesempatan dan rezeki, pengen deh ngajak mereka berdua Traveling dalam waktu dekat. Nggak usah jauh-jauh, cukup ke Yogyakarta udah seneng banget. Apa yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih obyek wisata saat Traveling? 

Bagiku, karena sekarang sudah ada anak, maka pertimbangan utama adalah memilih obyek wisata yang ramah anak, bisa bikin anak senang dan banyak belajar. Apalagi diusianya yang menginjak 21 bulan, si kecil Kamila lagi suka banyak tanya. Daya ingin tahunya lagi tinggi. 

Kamila sudah mulai bisa menununjukkan ketertarikan/ kesukaannya apa. Saatnya kami sebagai orang tua mulai mengenalkannya banyak hal, salah satu nya melalui Traveling. Kami tak ingin kehilangan masa emasnya,
 
Si Kecil sedang Memberi Makan Kelinci

Penyayang Binatang
Sejak kecil dia sudah menunjukkan ketertarikan sama dunia hewan, walau ada beberapa hewan yang masih dia takuti. Untuk itu InsyaAllah saat usianya 2 th nanti kami ingin sekali mengajaknya ke Kebun Binatang. Pilihannya jatuh ke..
1. Gembira Loka Zoo yang ada di Yogyakarta



Sebenarnya saya pribadi sudah dua kali ke sini tapi dahulu banget waktu muda, maksudnya sewaktu masih gadis hehe. Lagian sekarang disana sudah banyak perbaikan sana sini dan lebih banyak variasi kata mbah google, hehe. 

Kenapa kesini? Karena disini lengkap binatangnya, dari satwa yang sudah kita tahu sampai satwa liar sekalipun. Banyak hal yang bisa kita pelajari bersama. Biasanya si kecil akan terus bertanya: “itu apa? itu apa?” saat menemui sesuatu yang baru atau sesuatu yang menarik baginya. Semoga ini akan memperkaya wawasan, tak hanya bagi anak tetapi juga kita sebagai orang tuanya.
 
Saat melihat banyak hewan, kita bisa mulai menanamkan nilai keimanan sejak kecil kepada anak. Bahwa yang menciptakan berbagai macam makhluk hidup termasuk binatang dan manusia ini adalah Allah. InsyaAllah walau masih kecil semoga bisa melekat dalam memori dan fitrah sucinya..Aamiin.


Selain beraneka macam hewan, kita juga bisa menikmati berbagai wahana disini seperti Gajah Tunggang, Onta Tunggang, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Perahu Kayuh, Banana Boat Orca, Skuter Air, ATV, Bumper Boat, Speed Boat, Perahu Katamaran (dengan kaca untuk melihat biota air) dan masih banyak lagi. Tentu hal ini akan membuat si kecil betah dan menambah keseruan kita di sini.


2.    Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti)

Selain ke Kebun Binatang, obyek wisata selanjutnya yang ingin kami kunjungi adalah Pantai Indrayanti. Si kecil suka sekali bermain pasir dan air. Tapi dalam sehari-harinya saya sering batasi kalau lagi mainan yang berbau tanah, karena takut banyak kuman dan jadi penyakit hiks. Padahal sakjane bagus juga lho buat perkembangan motorik anak.
http://nginepmana.com/

Di kota saya sendiri, nyari pantai yang bagus belum ada hiks. Nah kalau ada kesempatan pengen nyoba ni Pantai Indrayanti, liat difoto ko bagus 😀

Dulu pernah nyoba ke Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul Yogyakarta dan pantainya masih bersih banget, sampe-sampe kita bisa lihat hewan laut yang ada di bawahnya. Banyak spot bagus buat pepotoan, kami juga bisa menikmati sunset kala itu, indah banget pokoknya. Tapi sayang saat itu belum musim instagram hehe. Semoga Pantai Indrayanti juga tak kalah bagus.

Penting banget lho mengabadikan momen kebersamaan apalagi ditempat yang indah. Suka banget sama pantai. Suka deburan ombaknya, suka lihat hewan-hewan laut dari air yang jernih, suka pasir putih, suka ngambilin cangkang kerang di tepian pantai, ahkkkk..pokoknya suka semuanya.

Selain pasir pantainya yang bewarna putih kecoklatan dan air lautnya yang jernih, di Pantai Indrayanti juga terdapat payung-payung warna warni berjejer disepanjang pantai, tentu ini menambah keindahan pantai..wah serasa ada di Bali ya, eh walau belum pernah ke Bali si hanya lihat difoto-foto *upss.


3.    Taman Pintar Yogyakarta

Obyek wisata selanjutnya yang bikin penasaran adalah Taman Pintar. Saudara yang tinggal di Jogja beberapa kali cerita tentang obyek ini. Niatnya bukan hanya untuk mengedukasi anak saja, ortunya juga bisa teredukasi. Maklum ilmu kami masih lebih kecil dari butiran debu... Walau saat ini mungkin belum pas untuk si kecil tapi bisa jadi ini bekal bagi kami untuk mengajarkannya di kemudian hari pada saat yang tepat tentunya.

Ada apa saja disini?
Berdasarkan informasi yang saya baca, disana ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud dan Kampung Kerajinan. Didalam wahana tersebut terdapat permainan atau kegiatan yang bisa diikuti oleh pengunjung. 

Kegiatannya apa saja si? Ada program membatik, kreasi gerabah, lukis kaos, hand on science, presenter tv, pelatihan robotic, kontes robotic, kontes roket air. Wah menarik yaa? Semoga bisa menjadi inspirasi bagi orang tua dan anak untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Kalau anaknya udah gede, lewat sarana ini kita bisa menstimulasi anak untuk tahu bakat dan minat anak juga lho..iya nggak?

Selain sarana yang sudah disebutkan diatas, di Rumah Pintar juga terdapat kolam renang supaya pengunjung tidak jenuh saat berada disana. Jadi berkunjung ke sini benar-benar all in one yaa.

Bukan Hanya Sekedar Traveling 
Nah itulah sobat, beberapa tempat yang ingin kami kunjungi di tahun ini InsyaAllah, semoga ada rezeki dan kesempatan..Aamiin. Banyak hal kan sob yang bisa kita pelajari saat Traveling? Jadi bukan sekedar untuk seneng-seneng, buang buang uang atau sekedar pamer foto di medsos bukan!?

Dan yang terpenting, dengan Traveling akan bisa memperkuat ikatan hati antara orang tua dan si buah hati. Semoga kita bisa mengukir kenangan indah bersamanya. Memperbanyak memori indah bersama anak sehingga kelak tak ada kata “masa kecil kurang bahagia”. Semoga kita bisa menjadi orang pertama dan utama bagi anak-anak kita. Anak-anak terbuka pada kita dan mereka tidak mudah terpengaruh hal-hal buruk dari dunia luar. Aamiin.

Selain ikatan yang semakin kuat dengan anak, semoga ikatan hati dengan pasangan juga semakin mendalam *Aamiin. Semakin melatih kekompakkan dan saatnya quality time bersama keluarga :).

Wassalamu'alaikum.. 

#ArisanBlogGandjelRel Sesion 6

14 comments:

  1. Setuju mbak, siapa lagi yamg mau kita ajakin jalan-jalan kalau bukan keluarga ya, terutama suami dan anak :)

    Saya dulu pernah ke bonbin Gembiraloka mbak tapi udah lama sekali, kadang pengin kesana lagi tapi anak saya sudah besar jadi nggak mau kalau diajak ke bonbin, mungkin imej bonbin hanya untuk anak kecil aja ya, padahal bisa juga kan untuk edukasi tentang flora fauna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mb, bonbin emg identik buat anak kecil ya :D

      Delete
  2. Asyik nih ada yang mau ngajak dan nraktir traveling ke jogja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50:50 yaa mas
      Kesana nya backpakeran saja :D

      Delete
  3. Saya pernah ke pantai indrayanti yogya sama pok tunggal waktu family gathering outing dari kantor suami 😊

    ReplyDelete
  4. Anak2 waktu kecil kami ajakin ke Jogja, jaman belum musim hape pintar, hihii.. Kita malah fukeran nih, aku belum pernah ke Pok Tunggal, mupeng katanya bagus pantainya

    ReplyDelete
  5. Indrayanti bagus kok.. Pasirnya gak item..hehe.. Oya saya malah blm pernah ke Pok tunggal..lht di foto2 sih bagus ya. Pengen ke sana juga.. Pasti menyenangkan ke sana dg keluarga yaa..

    ReplyDelete
  6. Iyaa asyik main ke jogja, semoga segera piknik bertiga ke yogya yaa..

    ReplyDelete
  7. Mbak, yang di Yogya aku mau dong diajak. hehehe

    ReplyDelete
  8. jalan-jalan ke gembiraloka pas anakku masih kecil dan maunya gendongan mulu, haduuh gempor

    ReplyDelete
  9. Yogya memang selalu ngangenin sebagai tujuan jalan-jalan, apalagi kalau bareng keluarga. Dan jalan-jalan sama si kecil memang perlu banget 'bantuan' bapaknya hehe.

    ReplyDelete
  10. Memang suami dan anak itu partner traveling paling oke. Nggak asyiiiik jalan2 tanpa mereka. Aku juga pengen ke Gembira Loka nih, terakhir ke sana tahun 2008..lamanyoo

    ReplyDelete
  11. Traveling buatku udh kyk kebutuhan primer. Gajiku bisa dibilang 60% nya msk k budget traveling mba. Saking cintanya :D. Travelmate sejati jelas suamilah.. Dr kita blm punya anak, kita udh jalan berdua. Jujur traveling ama anak, aku blm bisa ngerasain excited sama seperti jalan ama suami. Makanya walo suami minta dalam setahun ada jalan bareng anak, aku setuju, tp traveling berdua tnpa diganggu anak hrs tetep ada :).

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.