Friday, July 14, 2017

, , ,

Cara Alami Atasi Anyang-anyangan

http://necturajuice.com
Assalamu'alaikum Sobat semua, bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat yaa..Kali ini saya berbagi tentang Anyang-anyangan ni sob. Apa itu Anyang-anyangan? Sobat pernah ngalami pengen buang air kecil terus menerus tapi pas dikeluarin malah sedikit? Atau malah disertai rasa nyeri? Nah itu yang namanya Anyang-anyangan.

Saya pernah ngalami pas hamil anak pertama ditrimester 3, sering bolak balik kamar mandi tapi pas dikeluarin malah sedikit. Tapi Alhamdulillah tidak disertai rasa sakit. Awalnya saya kira normal, karena katanya kalau pas hamil posisi kandung kemih tertekan rahim yang semakin membesar. Tapi lama-lama tidak nyaman juga dan takut berbahaya bagi kehamilan saya saat itu. Saya baca-baca artikel juga Anyang-anyangan merupakan indikasi Infeksi Saluran Kemih (ISK). Duh, semakin takut saya. Tanpa pikir panjang, akhirnya saya ke puskesmas terdekat buat cek urine.

Setelah hasil cek urine keluar, ternyata sel darah putih ku tinggi. Kata petugas kesehatan disitu, ini menunjukkan adanya infeksi. Tapi Alhamdulillah nya masih ringan dan masih bisa ditreatment sendiri di rumah. Waktu itu hanya disarankan jangan suka nahan buang air kecil. Iya si pas hamil kadang suka males-malesan kalau mau BAK, apalagi pas malam hari. 
http://www.kesehatanibuhamil.com
Selain itu disaranin banyak minum air putih dan menjaga kebersihan area kewanitaan dengan sering mengganti celana dalam kalau sudah basah. Iya secara hormonal saat hamil memang terjadi peningkatan pengeluaran cairan dari vagina. Jadi intensitas ganti celana dalam memang harus lebih sering dibandingkan pas hari biasa. Pilih celana dalam yang tidak mudah lembab, karena tempat yang lembab bisa menjadi sarana yang favorit buat bakteri tumbuh. 

Perhatikan juga cara membasuh area kewanitaan secara benar yaitu dengan memakai air bersih dari bagian depan ke belakang. Hindari juga penggunaan produk feminine hygiene yang dapat memicu iritasi pada area kewanitaan. Alhamdulillah setelah secara telaten menjalankan nasihat Bu Bidan, Anyang-anyangan saya bisa teratasi. Saya pun bisa menjalani kehamilan dengan lebih nyaman dan tenang tentunya.

Walau Infeksi Saluran Kemih (ISK) bukan merupakan penyakit serius, jangan sampai kita menganggap remeh penyakit ini yaa sob, apalagi saat hamil. Infeksi Saluran Kemih yang tidak diobati dapat memicu terjadinya infeksi ginjal lho. Hal ini dapat menyebabkan persalinan dini dan berat lahir rendah pada janin yang dikandung. Ih Naudzubillahimindzalik kan sob?! Yuks ah jangan pernah menganggap remeh Anyang-ayangan.

Pertanyaan selanjutnya, apakah Anyang-ayangan  hanya  dialami oleh ibu hamil? Tentunya tidak dong, setiap orang berpotensi terkena Anyang-anyangan, terutama wanita. Berdasarkan penelitian, 5 dari 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang gejala awalnya serasa pengen BAK terus menerus namun hanya sedikit yang keluar atau biasanya disebut Anyang-Ayangan. 

Kenapa wanita? karena wanita secara anatomi mempunyai saluran yang lebih rentan diserang bakteri jahat E-Coli karena jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Bila tidak segera ditangani akan menyebabkan ISK (Infeksi Saluran Kemih). Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun.

Saya juga punya sodara yang pernah terkena Infeksi saluran kemih (ISK) dan akhirnya harus diRawat di Rumah Sakit. Awalnya sodara saya ini sering merasa sakit perut sebelah kiri bagian bawah. Kalau pas buang air kecil tidak pernah tuntas (sedikit demi sedikit) disertai rasa perih. Urine yang dikeluarkan juga berwarna keruh. Akhirnya sodara cek urine dan hasilnya positif terkena infeksi. 
Penyebab Anyang-anyangan
Cerita awalnya gimana bisa terkena infeksi? Ternyata sodara saya sering nahan buang air kecil pas kerja di Telkomsel. Iya, waktu itu sodara bekerja sebagai Customer Center yang kerjaannya tak pernah sepi dari pengaduan konsumen tentunya. Akhirnya kalau mau BAK suka ditunda dulu. Nah itu sob, jadi jangan suka nahan BAK yaa. Saat ada hasrat segera cuss ke tkp saja, hehe.

Menurut dr. I.B Tatwa Yatindra, Sp.U, Anyang-anyangan umumnya terjadi karena sering menahan kencing, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis. Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas. Infeksi saluran kemih bagian bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.
 
Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda sobat bisa jadi mengalami Anyang-anyangan:
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam
Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:
  • Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
  • Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
  • Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih 
Bagaimana cara mengatasi Anyang-anyangan ini? 
Coba dilakukan treatment mandiri dulu dengan banyak minum air putih sekitar 6-8 gelas/ hari dan mengkonsumsi ekstrak buah Cranberry yang di dalamnya mengandung Antioksidan Proantocyanidin. Antioksidan ini dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Pengobatan ini udah dikenal sejak lama di dunia. 

Tanaman Cranberry memiliki banyak kesamaan dengan Blueberry, hanya saja Cranberry mempunyai warna merah tua. Buah Cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Pada awalnya, Cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan dikarenakan kandungannya yang sangat beragam dan bermanfaat bagi kondisi tubuh. Beberapa tahun terahir Cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan dan sebagai antioksidan. 
 
Lah tapi ko jauh amat nyari buah ini mesti harus ke Luar Negeri segala? Tenang sobat, saat ini sudah tersedia ekstrak Cranberry dalam bentuk kapsul dan bubuk pada produk Uricran. Ya! Uricran memiliki kandungan Cranberry yang menjadi solusi alami untuk Penyakit Anyang-anyangan. 
Uricran bentuk kapsul
Uricran bentuk bubuk
Ekstrak ini digunakan sejak bulan April 2014. Lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA mengizinkan penggunaan jus buah Cranberry sebagai antibacteri untuk kesehatan saluran kencing, Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan Jus Cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.
Uricran.co.id
Sobat bisa mendapatkan Uricran ini di Apotik terdekat, mudah kan? Nah sudah tahu kan apa itu Anyang-anyangan dan cara mengobatinya secara alami? Yuks ah jangan pernah menyepelekan Anyang-anyangan dan segera obati yaa jika ada tanda-tanda diatas.

Oke, sekian dulu yaa sharing dari saya terkait Anyang-anyangan, semoga bermanfaat yaa sob.
Wassalamu'alaikum..

Sumber:
http://uricran.co.id/2017/07/10/hamil-sehat-bebas-gejala-anyang-anyangan-berkat-cranberry/
Share:  

8 comments:

  1. Anyang-anyangan memang gak enak banget menurut anak-anak bunda. Bunda, alhamduillah, seingat bunda nih, belum pernah ngalamin yang namanya anyang-anyangan. Tapi karena rasa uricran itu nikmat banget kalau diminum dalam keadaan dingin, jadilah bunda addicted meminumnya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah bunda, tipsnya biar selalu sehat? iya bunda, rasanya mmg uenak..hehe

      Delete
  2. Belum pernah anyang-anyangan tapi saya selalu mengonsumsi Uri-Cran untuk mencegah anyang-anyangan.

    www.ameltami.com

    ReplyDelete
  3. wow, nice info. terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  4. Rata2 wanita kena anyang2an pas hamil ya

    ReplyDelete
  5. Dlu paa hamil sp.og ku jg ngerepin uricran mbak

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah kena, dan gak mau kena anyang2an. Baru aja kemarin sore besuk tetangga yg eawat inap karena ISK, ngeriii. Sampai panas tubuhnya, tapi menggigil juga. Mesti siapin uricran utk pencegahan ya mba

    ReplyDelete
  7. Nggak enak banget anyang2an, apalagi kalau udah kena ISK sampai pipis berdarah, kapok deh. Cuma karena malas minum dan nahan2 pipis jadi susah sendiri. Btw, uricran rasanya seger, aku suka :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.