Saturday, August 5, 2017

, , , , , , ,

Kalau ke Cilacap, Jangan Lupa Main di 6 Pantai dengan Pemandangan Eksotis Ini

Assalamu'alaikum sob..! Pada tahu nggak sih kalau Kabupaten Cilacap merupakan daerah terluas di Jawa Tengah dan berada di perbatasan Samudera Hindia? Dengan kondisi geografisnya yang demikian, tidak heran jika Cilacap memiliki segudang pantai dengan pemandangan yang indah dan menarik. Keindahannya bahkan tidak kalah dari pantai-pantai yang ada di Bali loh!  

Terus pantai apa saja yang bisa kita kunjungi yang dimiliki oleh kabupaten Cilacap? Sebenarnya banyak sekali Pantai yang ada di Kab. Cilacap karena Kabupaten ini mempunyai garis pantai yang cukup panjang yang berada di daerah pantai selatan, Tapi saya sendiri ngebet banget dengan 6 pantai di Kab. Cilacap yang mempunyai Pemandangan yang eksotis. Berikut 6 Pantai dengan Pemandangan Eksotis di Cilacap.

Pantai Teluk Penyu
Bisa dibilang kalau Pantai Teluk Penyu merupakan pantai yang paling populer di Cilacap. Jaraknya bahkan hanya 2 kilometer dari pusat kota. Letaknya yang berada di Samudera Hindia membuat Pantai Teluk Penyu memiliki ombak yang cukup besar. Namun, hal ini tidak membuat para pengunjung mengurungkan niat untuk berenang, bermain banana boat, bahkan menyelam.

Bagi yang kurang suka main air, kamu juga bisa berjemur di pinggir pantai sambil melihat gulungan ombak. Pantai Teluk Penyu merupakan pantai paling popular. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak hotel di Cilacap yang berada di area ini. Dengan menginap di salah satu hotel yang ada, kamu bisa leluasa main di pantai berulang kali. 
Sumber: ksmtour.com
Pantai Karang Pandan
Ombak di Pantai Karang Pandan memiliki karakter yang sama dengan Pantai Teluk Penyu. Namun, apabila keduanya dibandingkan, Pantai Karang Pandan memang cenderung lebih sepi, jadi cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka suasana ramai. Pasir pantainya berwarna putih, terlihat kontras dengan air laut berwarna biru sehingga menciptakan pemandangan yang benar-benar menyegarkan mata.

Selain itu, Pantai Karang Pandan juga dijadikan sebagai tempat ziarah karena di sini terdapat beberapa tempat yang dianggap keramat oleh warga setempat. Biasanya, pada hari Kamis Wage atau sehari menjelang sedekah laut (larung sesaji), kawasan Pantai Karang Pandan akan ramai oleh masyarakat yang ingin berziarah.

Pantai Permisan
Pantai Permisan terletak di Pulau Nusakambangan. Ya, tempat penjara untuk para narapidana kelas kakap itu! Meski menjadi tempat perasingan narapidana dengan kasus berat, Pulau Nusakambangan ternyata menyimpan pesona alam tersendiri, salah satunya Pantai Permisan ini. Kondisi di Pantai Permisan masih sangat alami sehingga terlihat bersih.

Kalau mau datang ke Pantai Permisan, sobat harus terlebih dulu menyeberang ke Pulau Nusakambangan dari Pelabuhan Lo Manis ke pelabuhan Sodong dengan mengendarai Kapal Feri. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan melalui jalur darat dengan menggunakan angkutan umum seperti bus menuju Pantai Permisan. Dalam perjalanan, sobat bisa minta untuk diturunkan di Goa Ratu dan mampir sejenak. 

Baca juga: Alhamdulillah begitu berwarnanya liburan lebaranku kemarin

Pantai Widarapayung
Bagi kamu yang suka berselancar, maka Pantai Widarapayung adalah destinasi yang wajib sobat tuju saat berada di Cilacap. Karakter ombaknya pas dan juga ada fasilitas penyewaan papan selancar di sini. Sobat juga bisa melakukan tour menggunakan perahu yang disewakan oleh pelayan untuk melihat Pulau Nusakambangan secara langsung. Umumnya, biaya yang dikenakan adalah Rp10.000/ orang.
Sumber: travel.detik.com
Tapi kalau lebih memilih untuk bersantai di Pantai Widarapayung juga tidak masalah, kok. Dengan kondisinya yang landai dan dikelilingi oleh banyak pohon, Pantai Widarapayung pun memiliki hawa yang sejuk. Ditambah dengan angin khas pantai yang menampar-nampar wajah, kamu pasti betah untuk menghabiskan waktu di sini. Terlebih lagi, Pantai Widarapayung juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, kolam renang, restoran hingga hotel di Cilacap yang berada di sekitarnya.

Pantai Jetis
Pemandangan di sini juga tidak kalah dari pantai-pantai lain yang ada di Cilacap. Dengan latar belakang Pegunungan Kapur yang ada di Kebumen, Pantai Jetis menawarkan panorama yang eksotis untuk kamu abadikan. Belum lagi adanya pemandangan Muara Kali Bodo yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Cilacap dengan Kebumen, membuat Pantai Jetis terlihat semakin indah.

Pantai Ranca Babakan
Berada di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Pantai Jetis terletak di ujung timur wilayah Cilacap, yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Cilacap dengan Kebumen. Karena kondisi geografisnya ini, pantai yang membentang sepanjang hampir 3 km ini memiliki pintu timur yang juga berfungsi sebagai pintu masuk untuk tempat pelelangan ikan jetis.

Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Cilacap, bisa dibilang kalau Pantai Ranca Babakan membutuhkan paling banyak perjuangan untuk bisa dijangkau. Karenanya, pengunjungnya tidak terlalu banyak dan situasinya pun cenderung sepi. Jadi, kalau sedang cari tempat sepi dan bersedia mengerahkan tenaga lebih, Pantai Ranca Babakan adalah pilihan yang tepat.

Untuk menuju pantai yang terletak di ujung barat Pulau Nusakambangan ini, kamu bisa menempuh jarak sejauh 35 km dari Dermaga Sodong. Tapi kalau berangkat dari pelabuhan Seleko, kamu bisa naik perahu menuju pantai dekat Plawangan, lalu lanjut berjalan kaki melalui jalan tikus hingga sampai di Pantai Ranca Babakan.  

Kalau mau puas mengeksplor seluruh pantai tersebut, tidak ada cara yang lebih enak selain pesan kamar di salah satu hotel di Cilacap. Dengan begitu, kamu bisa beristirahat untuk memulihkan tenaga dan lanjut lagi keesokan harinya untuk bermain air atau sekadar bersantai di pantai-pantai tersebut.

Nah itu, beberapa pantai yang bisa sobat kunjungi di Cilacap, sangat menarik yaa? Wassalamu'alaikum..

Baca juga: Tana Toraja Tawarkan Wisata Budaya Dan Religi Hingga Keindahan Alam
Share:  

16 comments:

  1. jadi pingin nih ke Cilacap mbak...ke pantai2nya :)

    ReplyDelete
  2. Waah..blom pernah ke Cilacap nih..apalagi ke pantai2 cantik itu... Trims infonya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mb mechta, kalau k cilacap mampir..:)

      Delete
  3. Pas banget kmrn lihat d Tv ada liputan pantai Widarapayung.. kapan ya bs ke cilacap lg, 2x ksana ga ada kesempatan mantai

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata tempat wisata di cilacap banyak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, cilacap menyimpan banyak potensi :)

      Delete
  5. Aah jadi pengen menjelajahi pantai di Cilacap nih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mb vit, saatnya go daerah ngapak :)

      Delete
  6. Kalo ke pantai, jujurnya ga begitu suka pantai yg rame. Lbh milih yg sepi, krn cendrung masih bagus, bersih dr sampah dan jelas lbh bisa nenangin pikiran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu um mb, me too :) coba pilih pantai yg sepi mb, cilacap banyak pilihan :)

      Delete
  7. Aku juga udah denger cerita kalo Cilacap banyak pantainya yang kece. Sayang belum sempat kesana, mupeng bangeeet

    ReplyDelete
  8. Pantai karang pandan enak nih, udah sepi terus tenang
    Jadi enak buat cari inspirasi atau ngegalau hahah

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.