Monday, August 7, 2017

Menemani Si Kecil Bereksplorasi di Acara Dancow Explore Your World Semarang

Sabtu (5/8/2017), kami sekeluarga berkesempatan menghadiri acara Nestle DANCOW Explore Your World di Swalayan ADA Setiabudi Semarang. Kebetulan acara ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 5-6 Agustus 2017. 

Nestle DANCOW Eksplore Your World merupakan suatu wahana edukasi untuk mendorong kepercayaan diri orang tua dan mendukung si kecil untuk bereksplorasi. Acara ini mengusung tagline “IYA BOLEH” sebagai kepercayaan diri orang tua untuk melepas si kecil membuka potensi maksimalnya.

Saya dan suami langsung tertarik untuk ikut saat pertama tahu acara ini. Terutama saya yang selama ini secara langsung ataupun tidak terkadang membatasi eksplorasi si kecil. Misalnya saat si kecil mau minum sendiri pake gelas kaca, spontan saya teriak “duh nak, jangan, nanti pecah!, sini bunda saja yang ambilin”. Atau pas si kecil ambil air sendiri dari dispenser dengan jinjit kaki , langsung saya heboh “nak, itu air nya nanti tumpah, licin, nanti jatuh kalau ke injek!”, dan larangan-larangan yang lainnya. 

Secara teori saya tahu kalau terlalu banyak melarang anak saat melakukan sesuatu  kurang baik bagi perkembangannya. Tapi dalam pelaksanaannya ternyata tidak mudah juga ya. Saya tersadar saat  pertama kali membaca tagline acara Nestle DANCOW Explore Your World, “Bunda, Katakan IYA BOLEH untuk EKSPLORASI Si Kecil”.

Selain membuka Mindset saya, acara ini juga ternyata menyajikan kegiatan yang menarik untuk si kecil. Di sana ada tiga area utama untuk anak bereksplorasi yaitu Art Center dengan aktivitas hand painting dan story telling, Central Park yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality dan Play Park dengan aktivitas wall climbing dan mandi bola.

Pas pertama datang, kami sedikit kaget, secara kami datang jam 11 siang pas pertama buka, tapi antriannya sudah panjang sekali. Setelah dapat tiket, kami segera ke area Art Center. Petugas menawari kami mau memilih cat warna apa? Yaps, di sini kami akan bermain Hand Painting! Akhirnya kami memilih warna merah biar meriah, hehe.
Menempelkan Telapak Tangan Ke Cat Warna :)

Lima jari si kecil ditempelkan ke cat warna lalu ditempelkan kertas putih. Jadilah finger painting yang unique. Tak hanya sampai di situ, dari finger painting tadi, petugas kembangkan jadi gambar-gambar yang cantik seperti bunga, hewan.

Bersama Ayah..

Finger Painting ku..

Ini dia hasil nya, cap jariku jadi bunga mawar yang indah :)

Setelah itu, si kecil tertarik untuk mewarnai gambar seperti yang dilakukan teman-temannya. Kami tentu membolehkannya. Walau diusianya yang baru menginjak 22 bulan, ketertarikannya untuk mencoret-coret kertas dengan pensil warna sangat tinggi. Tentunya masih asal-asalan, tak beraturan dan masih semaunya sendiri, hehe. Tidak apa-apa yang penting senang yaa nduk. Toh semuanya juga berproses ya.
Mewarnai Dulu ya Semua..
Sekilas eksplorasi ini sederhana, tapi ternyata bisa mengasah kemampuan si kecil lho dari mulai motorik halus, kefokusan diri hingga bahasa. Sambil mewarnai, kita bisa mengajak dia bercerita banyak hal.
 
Sambil menunggu si kecil asyik bereksplorasi, saya tertarik untuk konsultasi tumbuh kembang anak bersama dokter dan psikolog. Sebagai ibu muda, ada sedikit kekhawatiran saat menemui hal-hal yang tak sesuai dengan semestinya, seperti BB anak yang susah naik.

Konsultasi Nutrisi Dulu sama Bu Dokter
Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, saya langsung mencurahkan apa-apa saja yang saya cemaskan, salah satunya BB anak yang susah naik. Dokter menyarankan saya untuk mengatur kembali keseimbangan gizi makanan anak saya. Sebenernya saya merasa kesulitan untuk membujuk dia setiap kali makan. Mood makan yang tak stabil dan suka pilih-pilih makannya itu yang akhirnya membuat saya memberi makanan yang hanya dia suka. Porsi sayur dan buah memang tak setiap saat diberikan karena dia tak terlalu suka.

Selain itu juga dokter menyarankan saya untuk memberi suplemen tambahan seperti Susu Dancow ini. “iya dok, mungkin nanti setelah saya menyapih anak saya pas 2 tahun, InsyaAllah”. Katanya Dancow ini mengandung Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lipat dari sebelumnya. Bakteri baik ini berfungsi untuk membantu menjaga saluran pernafasan dan pencernaan si kecil.
Konsultasi dengan Psikolog dulu..
Setelah itu saya lanjut konsultasi pola asuh anak dengan psikolog. Beberapa hal yang saya tanyakan adalah terkait rasa mudah takut yang dimiliki anak dan kemampuan bicara anak. Kata psikolog anak kecil itu pada dasarnya tidak memiliki rasa takut, lingkungannya lah yang secara sadar atau tidak menjadikan si kecil begitu. Oke, saatnya kami intropeksi diri :)

Kemudian terkait kemampuan bicara anak, sering-sering lah berlatih untuk merangkai kalimat. Yaps anak saya memang masih belum bisa merangkai kata demi kata menjadi kalimat, dan psikolog minta kami untuk mulai menstimulasinya. Sebenarnya saya tak terlalu khawatir awalnya, karena sudah banyak kosa kata yang dilontarkan anak saya. Tapi ternyata masih harus dilatih yang lain. Oke, terimakasih Mba Psikolog :)
Ada Replika Kelinci ni..
Tak berhenti sampai di situ, kami menjelajahi area eksplorasi yang lain yaitu Central Park. Di sini si kecil dikenalkan dengan beberapa hewan virtual seperti Sapi, Burung Merak, Kelinci, Kupu-kupu. Walau berupa replika tapi Alhamdulillah si kecil cukup terhibur  di sini. Di area ini juga si kecil diajak main hujan-hujanan, wah..basah dong?! Tenang bunda, petugas sudah menyediakan jas hujan ko, haha. Lagian hujannya berupa hujan buatan, hehe.
Lihat Si Mas Main Hujan-hujanan :)
Penting lho mengenalkan anak main hujan-hujanan itu. Menurut ahli, hujan itu membawa berkah, hehe. Tapi sayang pas di area ini si kecil masih takut bermain hujan-hujanan, alhasil hanya bisa lihat mas-mas dan mbak-mbak yang lain main hujan-hujanan :D. Oh iya Area Central Park ini dilengkapi augmented reality, indah banget pokoknya. Kita pun bisa foto-foto di sini.
Foto Keluarga Dulu Di sini

Si Kecil dan Ayahnya
Terahir area eksplorasi yang kami kunjungi adalah Play Park yang dilengkapi wall climbing dan mandi bola. Berhubung usia si kecil masih 22 bulan akhirnya kami memutuskan untuk bermain mandi bola dan perosotan saja. Si kecil memang sangat menyukai kedua eksplorasi ini.

Si Kecil Asyik Main Perosotan dan Mandi Bola
Belum bisa main Wall Climbing karena diperuntukkan untuk anak 5th keatas
Semua eksplorasi ini tentu sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan motorik kasar si kecil bunda. Dan yang terpenting si kecil sangat senang dengan eksplorasi ini.

Selain eksplorasi yang sudah kami lakukan tadi, di Acara Nestle DANCOW Explore Your World juga terdapat ajang bakat bagi anak, salah satunya mewarnai. Hadiahnya juga cukup menggiurkan lho bunda. Ini diperuntukkan anak-anak pra sekolah dan sekolah jadi anak kami belum bisa ikut deh, hehe.
Mengabadikan Moment Keluarga Dulu ah..:)
Terahir, kami pun tak ingin melewatkan moment foto 3D bersama keluarga. Ada fasilitas Photo Booth juga di Acara Nestle DANCOW Explore Your World. Lengkap banget kan keseruan kita di acara ini?! Oh iya Acara Nestle DANCOW Explore Your World tidak hanya ada di Kota Semarang, tetapi juga ada di Kota Medan (29-30 Maret), Surabaya (1-2 April), Jakarta (29-30 April), Solo (9-10 September) dan Makasar (7-8 Oktober). Untuk warga Solo dan Makasar, jangan sampe terlewat yaa, acaranya sangat bermanfaat banget :).

Yuks ah Bunda, jangan takut untuk selalu katakan #IYABOLEH untuk eksplorasi si kecil demi tumbuh kembangnya. Sampai jumpa lagi :).

16 comments:

  1. Ya bener biar si kecil bereksplorasi dan jadi pemberani iya boleh saja jangan banyak tidak dan gak ya 😊

    ReplyDelete
  2. Hoooo aku baru tau kalo wall climbing buat usia 5tahun. hihihi kemarin anakku yang baru 2tahun pengen naik aja berkali-kali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb oky ada tulisannya kemarin. Wah keren, sudah berani brrt kaka :)

      Delete
  3. Asyiknyaa yaa main di acara Dancow..

    ReplyDelete
  4. Tahun depan Kamila pasti udah lari-larian sendiri ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb ika, skrg aja udah mulai seneng :)

      Delete
  5. Waah..seru sekalii... Pasti ini jd pengalaman berkesan, tak hanya bg Si kecil namun jg buat ayah bundanya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, bener banget, pengalaman berkesan bagi kami berdua :)

      Delete
  6. seruu ya mbak...main2 dengan si kecil di event dancow kemaren....smoga kita bisa bertemu di event selanjutnya yak

    ReplyDelete
  7. Mbak, Kak Ghifa lagi ceriwis2nya ngomong ya sebulan terakhir ini Mbak. Tak pikir telat bicaranya. Ternyata pas sudah bisa bicara duh oleh capek jawabnya, opo iki? Opo? Ha-ha-ha.
    Pokoknya diajak ngobrol terus, Mbak. Apapun dibuat obrolan. Aku gitu soalnya dua bulan terakhir ini. Hasilnya ya Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  8. Wah serunyaaa, aku suka acara Dancow gini mba, nambah wawasan soal anak ^^

    ReplyDelete
  9. Aku dulu nggak pernah melarang, yang penting barang di rumah mesti pakai yang aman. Main di luar rumah juga oke aja, tapi tetap dalam pengawasan. Paling kalo jatuh dan sakit dia nangis kalo gak malu, hahhaaa

    ReplyDelete
  10. wah, arkaan gak nyoba mewarnai, nih, kelupaan, cuma hand painting keburu laper dia hehehe

    ReplyDelete
  11. Seru dan asyik ya mbak acaranya, pasti si adek suka sekali tuh. Saya juga setuju untuk lebih membebaskan anak bereksploitasi secara lebih bebas asal tetap diawasi. Kalau sedikit-sedikit dilarang nanti justru kurang berkembang daya pikir dan imajinasinya ya mbak :)

    Hari itu saya juga pas belanja ke ADA dan memang penuh sekali pengunjung diacara DANCOW ini :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.