Wednesday, September 27, 2017

5 Aplikasi Sederhana Yang Mendukung Aktivitas Bloggingku



Assalamu’alaikum. Apa saja si aplikasi yang saya gunakan pas bikin tulisan di blog? Sebenarnya standar-standar saja malah cenderung minim, yang penting masih bisa nulis menyalurkan rasa dan fikiran, hehe. Belajar aplikasi yang langitan juga ko kadang bikin mumet, hehe sepertinya bukan passion buat ini *halah alesan. Padahal sejatinya penting si, blogger yang punya keahlian di sini, ia punya nilai lebih dibanding yang minim seperti saya haha.



Walau begitu, tak apalah ya kalau saya sedikit berbagi tentang aplikasi ini, sesuai dengan request Mba Rahma dan Mba Nyi Penengah Dewanti, semoga ada manfaatnya. Lalu apa saja aplikasi yang saya gunakan? Beberapa aplikasi saya pake di Laptop, beberapa lagi ada di Ponsel.

1. Microsoft Paint 
Simbol Microsoft Paint (sumber: alternativeto.net)
Aplikasi ini terpasang di Laptop saya. Biasanya aplikasi ini saya gunakan untuk edit foto, mau crop, gabungin foto satu dengan lainnya, ngasih tulisan, dll.

2. Mozilla Firefox dan Google Chrome
App Mozilla terpasang di Laptop sedangkan App Chrome saya pasang di ponsel. Kedua aplikasi ini saya pake pas mau akses situs blogger.com, facebook, twitter, blog walking atau sekedar mencari bahan tulisan, dll.
Si Chrome dan Mozilla (sumber: tipsponsel.web.id)
Sobat jangan lupa yaa kalau habis bikin artikel, share artikeknya via fb, twwitter, whatsapp, IG biar dibaca atau minimal dilihat orang lain lah yaa, hehe

3. Snapseed
Sumber: droidadda,com

Aplikasi yang terpasang di ponsel saya ini biasanya saya gunakan untuk mengedit foto seperti mengatur kecerahan gambar, kontras dan saturasi. Bisa juga dipake buat nulis teks. Kalau kata suami si manfaat App ini bisa lebih banyak dari yang saya sebutkan, hanya saja saya belum memahami manfaat dari masing-masing fitur.

Ya minimal saya bisa menggunakan App ini untuk memoles jepretan foto amatiran karya saya sendiri haha. Jadi nggak malu-maluin kalau ditampilin di blog. Tapi kadang kalau hasil jepretannya sudah cukup bagus, saya langsung pasang di blog tanpa saya edit pake app ini.

Bagi sobat yang membutuhkan App ini, silahkan unnguh di Play Store yaa :).

4. Instagram 
Tentu sobat semua tidak asing dengan App yang satu ini. Sama halnya dengan Fb dan Twitter, App ini saya gunakan untuk menshare tulisan yang saya buat. Walau tak sesering Fb si.

5. You Tube
Dari beberapa App yang saya sebut diatas, App You Tube ini paling jarang saya pake. Ya paling pake kalau pas sangat butuh banget misal buat lomba yang saya paling minati, hehe. Padahal sejatinya penting banget yaa untuk mengoptimalkan media ini.

Secara sekarang apa-apa yang visual bisa lebih menarik minat konsumen dibanding membaca artikel, hiks. Btw ini sebuah kemajuan atau kemunduran ya? hm, yaa masing-masing ada sisi kelemahan dan kekurangannya sih. Tapi apadaya, kemampuan bikin video masih minim dan belum ada kemauan lebih untuk belajar lebih hiks. Jangan ditiru yaa sob.

Alhamdulillah dengan App sederhana ini saya masih bisa nulis walau perlu dorongan dulu seperti arisan blogger GandjelRel putaran sebelas ini. Semoga kedepannya bisa meningkatkan skill menulis lagi dari segala bidang termasuk teknologi biar nggak gaptek gitu lho, haha. Do'akan bisa istiqomah yaa sobat semua...:)

Wassalamu'alaikum...

3 comments:

  1. Setuju banget mbak sekarang kita harus kreatif memanfaatkan aplikasi yang ada buat mengoptimalkan kontent blog :)

    ReplyDelete
  2. Ta temenin mba. Aku jg masih gaptek niih. Harus bs cari aplikasi yg mudah dan sesuai dengan gaya kita ya. Semangat terus y mba. Smoga makin sukses terus ngeblognya

    ReplyDelete
  3. Asiiiiikkk.. bagi-bagi ilmu :) eheheheh....
    Banyak yah aplikasi yg berguna banget buat blogging :D
    Aku juga pake snapseep sblm dipos ke instagram :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.