Wednesday, October 18, 2017

5 Hobi Yang Bikin Jiwa dan Fikiran Jadi Sehat

5 Hobi Yang Bikin Jiwa dan Fikiran Jadi Sehat

Assalamu’alaikum Sobat Semua...

Disaat fikiran dan jiwa keruh, apa sih yang biasanya sobat kerjakan untuk mengusir kepenatan ini? Kalau saya, selain ibadah dan mendekatkan diri sama Allah SWT biasanya saya memilih melakukan hobi yang saya suka hehe.

Walau pun hobi yang saya punya belum bisa sepenuhnya produktif, dalam artian bisa menghasilkan sesuatu yang nyata, setidaknya hobi itu bisa menjadikan diri ini positif dalam menjalani hidup, eaa :D.
Apa saja si hobi yang bikin jiwa ini jadi sehat?

1)   Mendengarkan Musik dan Nyanyi
Sejak kecil sudah suka sama yang namanya musik dan berdendang. Dimulai dari lagu kanak-kanak yang didendangkan Trio Kwek-kwek (Leony, Dea Ananda, Alfandy), Joshua, Chikita Meidy, Meisy, Aghnes Monica, dll. Setiap hari ahad pagi agenda wajib yang harus di tongkrongin ya dengerin lagu-lagu ini sambil ikut nyanyi-nyanyi gitu deh hehe.

Lanjut Lagu-lagu yang dibawakan grup band Tahun 1990-an seperti Sheila On 7, Wayang, Dewa 19, Caffein, Element, Padi, Base Jam, Wayang, dll. Beberapa juga saya koleksi kasetnya. Setiap ada waktu luang disela-sela sekolah, biasanya saya setia nyetel kaset-kaset ini atau dengerin radio . Tentu sambil ikutan berdendang ria dong, Alhamdulillah orang rumah tidak ada yang merasa terganggu. Kata sodara suara saya, lumayan lah, hanya tak ada mental buat tampil di depan panggung hihi, jago kandang ceritanya :D.

Saya juga suka lagu-lagunya Ungu, Cokelat, April Lavigne. Lagu-lagu kenangan juga suka, kaya Betaria Sonata, Mayang Sari, Bruri, Krisye, dll. Semuanya pokoknya, asal beraliran pop mellow haha.

Seneng dan puas banget rasanya jiwa ini kalau habis dengerin dan ikutan teriak-teriak nyanyi, serasa tersemangati kembali. Tapi sekarang udah nggak ngikuti perkembangan musik lagi. Tapi masih tetep suka dengerin dan nyanyi-nyanyi saat ngetik tugas hehe. Hampa rasanya tanpa musik. Walau begitu tetap harus diimbangi dengan dengerin dan baca Al Qur’an juga, semoga bisa konsisten :).

2)   Traveling dan Kulineran
Dua hal ini juga saya juga suka banget. Setiap suami ada waktu luang, biasanya langsung saya ajak pergi keluar rumah. Yaa tidak harus jauh-jauh kan Traveling itu. Pergi ke taman kota, naik becak hias sambil foto-foto dan bikin video udah cukup menghibur hati ko J. Pulangnya mampir makan di sepanjang jalan Simpang 5, udah paket lengkap tuh. Traveling memang tidak lengkap tanpa kulineran yaa :D.

5 Hobi Yang Bikin Jiwa dan Fikiran Jadi Sehat
Makan dulu yuks ah :)


Kalau ada rejeki lebih, boleh lah Traveling agak jauh, banyak juga lo manfaat yang diperoleh dari halan-halan ini. Salah satunya, selain semakin mendekatkan ikatan sesama anggota keluarga juga bisa mengenal kuliner daerah setempat :D.

3)   Mengikuti Seminar
Nah ikut seminar juga suka banget, apalagi yang gratisan hehe. Selain dapat ilmu dan pengalaman berharga, juga bisa silaturahiim dan nambah teman baru. Akhir-akhir ini lagi suka ikut seminar parenting, menulis, kesehatan keluarga dan anak.

Rasanya setelah ikut seminar pikiran jadi jernih dan emosi jadi lebih terkendali. Walau efek dari seminar ini hanya bertahan beberapa hari, setelah itu kadang kembali lagi deh hawa-hawa negatifnya. Pada akhirnya, semua harus terus dilatih setiap saat. Tapi tetap menimba ilmu itu tak ada ruginya, karena ilmu adalah bekal. Selanjutnya tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan ilmu tersebut secara konsisten, iya nggak sob?!

4)   Mengajar
Sebenarnya berawal dari basic suka ngomong dan berbagi jadilah hobi suka mengajar ini terbentuk. Walau saat ini hobi ini belum berwujud menjadi profesi yang sesuai dengan jalur pendidikan yang sudah ku tempuh, tapi tetap saja masih jadi hobi.

Sekarang mungkin hanya bisa saya salurkan dengan mengajar anak, suami dan anak-anak orang di Rumah Tahfidz, semoga suatu waktu bisa menjangkau yang lebih jauh, Aamiin.

5)   Mainan Sosial Media
Beuh hobi yang satu ini kayanya nggak produktif banget yaa, banyak waktu kebuang hanya untuk bolak balik buka Fb, WA dan Instagram kalau saya, hiks. Rasanya tangan ko gatel kalau nggak buka kedua medsos ini :).

Yaa ada si manfaatnya, jadi tau ada info job, berita terkini yang viral sampai gosip hiks tapi seringnya melenakan. Sehari bisa berkali kali buka. Update status atau komen-komenan si termasuk jarang, karena saya tipe yang silent reader. Tapi ternyata walau sebatas baca juga memakan waktu lo.

Harusnya bisa ngerjain yang lebih penting malah terlewat mulu. Sampe terkadang batre hp sering low dan bunyi, akhirnya ditegur suami, hehe. “Ade..ade, hpnya dicas dulu toh, ko sampe bunyi kaya begitu”, nasihat suami. Hiks, belum bisa ngatur dan ngendaliin diri ni sob. Next time harus bisa, semangat!

Nah itu Mba Arina dan Mba Ika Puspita, 5 Hobi yang bikin jiwa dan fikiran saya sehat walau ada yang melenakkan si, harus dimanage lagi. Kalau Mba Arina dan Mba Ika tentu punya hobi yang tak kalah menarik dong? Secara dua orang ini adalah blogger ngehits nya Semarang lo. Banyak prestasi yang sudah diraih mereka. Sobat penasaran? Tinggal kepoin aja blognya yaa.

Nah kalau sobat sendiri hobinya apa? Adakah yang sama dengan saya?

Wassalamu’alaikum..


3 comments:

  1. Kok jadi penasaran gimana carany ngajar di rumah tahfidz, hehe..

    ReplyDelete
  2. Sama mbak aku juga hobi traveling, kulineran dan nyanyi-nyanyi biar stress ilang :D

    ReplyDelete
  3. Kalo aku nonton tv mba, nyari film yg asik sambil nyemil ... trus jarum timbangan lari ke kanan haha

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.