Wednesday, October 4, 2017

Copywriting: Cara Cerdas Memikat Hati Konsumen Lewat Sebuah Tulisan


Copywriting: Cara Cerdas Memikat Hati Konsumen  Lewat Sebuah Tulisan
Sumber: Hidayah-Art.com
Assalamu'alaikum. Apakah sobat adalah seorang pedagang/ pebisnis yang bergerak di bidang penjualan barang atau jasa? Tentu sudah banyak cara/ strategi yang  dilakukan bukan, supaya barang atau jasa yang sobat jual dilirik dan dibeli oleh konsumen? Bahasa kerennya strategi marketing. Mau tidak mau kalau mau usaha kita berkembang, kita harus memiliki strategi yang jitu, menarik dan berbeda dari hari ke hari.

Di Era Digital seperti sekarang, salah satu cara yang cukup efektif untuk memasarkan produk atau jasa adalah lewat tulisan via internet. Bisa lewat media sosial, website, blog pribadi, you tube, dll. Tentu kualitas tulisan juga harus diperhatikan supaya bisa memikat hati konsumen.

Nah untuk itu penting ni belajar teknik menghasilkan tulisan yang bisa membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan. Respon yang diberikan bisa berupa membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang diinginkan dari tulisan sobat. Teknik ini biasa disebut dengan Copywriting.

Biasanya tulisan yang dihasilkan berupa konten iklan yang soft selling. Maksudnya? Si pembaca akan dibuat tertarik untuk kepo atau membeli produk atau jasa secara halus. Konten tulisan biasanya lebih menonjolkan manfaat dan keunggulan produk/ jasa. Ajakan untuk menggunakan produk/ jasa tersebut dilakukan secara tidak terang-terangan, ajakannya sangat halus :). Sobat pernah baca iklan madu vitabu*** di fb? nah kira-kira seperti itu tulisan Copywriting itu.

Biasanya perusahaan besar memiliki beberapa orang Copywriter yang bertugas menulis Copywriting ini. Bagi para pemula di bidang jual menjual, jangan berkecil hati. Kita sendiri bisa ko belajar menjadi Copywriter yang jempolan, asal mau belajar dan mau ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Bagaimana membuat tulisan Copywriting yang baik?. Alhamdulillah september lalu saya dapat pencerahan dari ahlinya Mbak Wuri Nugraeni, Copywritingnya Indscript Creative. Mbak Wuri memberikan tips menulis tulisan Copywriting.
Copywriting: Cara Cerdas Memikat Hati Konsumen  Lewat Sebuah Tulisan
Belajar Menulis Tulisan Copywriting (Sumber: Hidayah-Art.com)
Mba Wuri memberikan contoh tulisan Copywriting, yuk disimak

TIPS MUDAH MEMILIH SUPLIER 

Tips 1. Cari suplier bisa lewat googling
Tips 2. Cari suplier bisa juga lewat komunitas
Tips 3. Cari suplier pun bisa lewat buku

Maka saya kembangkan menjadi artikel seperti berikut:

Satu, googling. Coba pake kata "suplier produk A", atau "jual grosir produk A", soalnya sekarang banyak kok suplier di internet. Tinggal klik-klik saja. Tapi, kalo tanpa rekomendasi kayanya kurang sreg ya?

Oke, coba cara kedua yaitu tanya di komunitas bisnis. Di komunitas tersebut, pasti ada suplier dong. Atau teman di komunitas bisa kasih rekomendasi suplier juga.

Agar lebih mudah, bisa juga membuka buku bisnis. Cari buku bisnis yang mencantumkan kontak para pebisnis sehingga memudahkan anda dalam mencari suplier. Buka bukunya, terus tinggal hubungi, gampang.

Selain itu, baca buku 99 EMAK PEBISNIS. Ada pilihan 99 bisnis yang siap menjadi suplier anda, lho. Tenang, sudah ada kontaknya juga kok jadi Anda cukup hubungi mereka. Mudah kan?!

*Adakah batasan panjang pendek untuk Tulisan Copywriting ini?. Sebenarnya  tak ada batasan. Semua tergantung kebutuhan. Kalau di kantornya Mbak Wuri, untuk Fanspage biasanya tulisan Copywriting terdiri dari 200-300 kata. Untuk blog, biasanya terdiri dari 300 kata. 

Nah ternyata sebuah tulisan juga memiliki posisi penting untuk memikat hati konsumen juga yaa? Yuks belajar lebih jauh lagi :)


Wassalamu'alaikum..









1 comment:

  1. Saya masih harus banyak latihan untuk menulis. Kalau lama gak latihan rasanya kaku :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.