Wednesday, November 15, 2017

Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V

Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V

Assalamu'alaikum..
Merawat keluarga itu seperti layaknya merawat tanaman, harus disiram, diberi pupuk, disiangi dari gulma dan semuanya harus dikerjakan secara telaten, betul tidak? Begitu juga dengan keluarga, supaya keluarga tetap harmonis harus dirawat secara telaten dan perawatannya bukan insidental tapi setiap waktu.

Sebagai perempuan, secara tidak sadar kita dituntut untuk bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Yaa sebagai istri, ibu, anak dan anggota masyarakat. Banyak peran yang harus kita jalankan, baik sebagai manager keuangan keluarga, koki, kegiatan sosial, merawat dan mendidik anak, merawat dan menyenangkan suami, hehe. Kompleks kan?.

Kalau kata guru ngaji saya dulu, point utama dalam merawat keharmonisan keluarga itu adalah keridhoan suami atas apa yang kita lakukan. Ridho suami ini yang harus kita cari. Tentu setiap suami memiliki keridhoan yang berbeda-beda, jadi jangan suka menyamakan yaa. Contohnya nih, suami saya nggak nuntut banyak hal soal kecantikan fisik saya, yang penting saya bisa menjaga kebersihan tubuh dan terlihat rapih, ea :). Jadi saya nggak perlu tuh repot-repot  dandan pake ini itu, hehe. Kalau saya dandan pake lipstik saja malah suami bilang aneh, cantikan yang natural, katanya 😀.

Berbicara tentang kebersihan tubuh, ternyata tak hanya ngomongin kebersihan bagian tubuh yang terlihat saja lho, tetapi juga bagian yang tak terlihat. Saya beruntung banget bisa dapat ilmu ini pas acara Arisan Resik Hijup dan Blogger semarang #HIJUPmeetupsemarang pada Hari Sabtu (28/10), bertempat di Verve Bistro and Coffe Bar Semarang. Banyak ilmu yang saya dapat, yang bikin seru lagi, arisan kali ini kita ngomongin all about perempuan dan keluarga harmonis. Cocok nih buat keluarga muda seperti saya.

Ada dua pembicara yang menginspirasi pada kesempatan kali ini. Pertama, Mbak Fitri Aulia sharing tentang bisnis dan keluarga harmonis. Mbak Fitri adalah seorang Fashion Designer dan Owner brand Kivitz. Kivitz merupakan brand Fashion Muslimah Indonesia yang berdiri sejak tahun 2010.

"Dengan hadirnya Brand KIVITZ, muslimah masih bisa tampil cantik tanpa meninggalkan pakaian syar'inya yaitu tidak ketat, tidak transparan, tidak ngepas tubuh, tidak menyerupai laki-laki dan menggunakkan hijab yang menutup dada", tutur beliau.

Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Mbak Fitri Aulia Sharing tentang Bisnis & Keluarga Harmonis
Sudah 7 tahun beliau bersama suaminya menjalankan bisnis ini. Sang suami memegang peran sebagai manager sekaligus marketing. Wah senengnya bisa bareng-bareng terus sama suami yaa. Walau begitu, tetep harus profesional kata Mba Fitri. Ada saatnya bekerja, ada saatnya bermesra*n, eaa :).

Walau begitu, apa pun posisinya, selalu tempatkan suami sebagai Qowwam (pemimpin) tentunya. Senantiasa bertutur dan bersikap lembut kepada suami. Terutama saat menjadi pemimpin keluarga. Kita berupaya untuk taat, tentu taat dalam kebenaran dan kesabaran. Karena Ridho Allah terletak pada Ridho Suami.

Kunci menjadi keluarga harmonis tidak hanya terletak pada satu pihak saja, tapi kedua belah pihak, baik suami maupun istri. Dimana dalam sebuah keluarga harus ada kata "saling" dalam segala hal. Saling memahami, saling mengerti, saling menerima, dan saling membahagiakan tentunya.

Nah ngomongin "saling membahagiakan" ini, ada peran penting yang menjadi tugas utama kita sebagai istri. Tugas utama yang tak bisa digantikkan oleh siapapun. Apa itu? melayani kebutuhan biologis, hehe, jangan tabu ya.

Dalam agama islam, kebutuhan ini adalah kebutuhan fitrah bagi pasangan suami istri. Fitrah untuk mendapatkan keturunan, untuk membentengi diri dari godaan syaithon, untuk mengikatkan jiwa dalam satu ikatan yang padu ikatan ilahiyah yang tak hanya terkait hanya sebatas fisik.  Bahkan menyalurkan hasrat seksual pada pasangan yang sah termasuk bagian dari salah satu sedekah terbaik, enak bukan? hehe.

Namun terkadang saat ingin memberikan pelayanan terbaik, ada kendala yang mengganjal yaitu masalah kebersihan area kewanitaan. Masalah bau, gatal dan keputihan. Yaa tidak semua perempuan mengalami ini si. Tapi berdasarkan hasil penelitian, 75 % perempuan Indonesia pernah mengalami keputihan minimal satu kali dalam hidupnya (news.detik.com).
Organ Reproduksi Perempuan (Sumber: dosenbiologi.com)
Nah kalau udah kena keputihan, bukan saja membuat kita tidak optimal melayani suami, tetapi juga bisa mengganggu fungsi reproduksi untuk mendapatkan keturunan. Dulu saya pernah mengalami keputihan parah saat hamil anak pertama. Warnanya yang seharusnya bening atau putih berubah menjadi hijau, jumlahnya banyak membentuk gumpalan jeli disertai aroma tidak sedap dan gatal yang tak tertahankan sampai akhirnya iritasi Miss-V, hiks 😢.

Akhirnya selama hampir 9 bulan saya harus bolak balik periksa mulai dari tingkat puskesmas, cek sekret vagina di laboratorium sampai dokter kandungan. Dan benar saja, saya di diagnosis awal kena bakteri, terakhir hasil lab. menunjukkan saya terinfeksi jamur.
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Hasil Lab. saya didiagnosa kena bakteri dan jamur, hiks

Sebagai pengobatan, Saya diresepkan obat yang dimasukkan lewat vagina, diresepkan antibiotik dan anti jamur yang aman buat ibu hamil.  Saya takut kalau tidak segera diobati akan mempengaruhi kehamilan saya saat itu. Katanya keputihan yang tidak normal bisa menyebabkan ketuban pecah dini (KPD). Naudzubillahimindzalik 😭

Selain melalui pengobatan medis, waktu itu saya juga menggunakan cara tradisional untuk mengurangi rasa gatal yaitu menggunakkan air rebusan daun sirih yang masih hangat. Saya minta daun sirihnya dari tetangga lalu saya rebus. Alhamdulillah cukup bisa mengurangi rasa gatal saat itu.

Sebenarnya keputihan itu menjadi hal yang wajar apabila tidak disertai perubahan warna, tidak menggumpal, tidak disertai bau yang menyengat dan gatal-gatal. Keputihan secara hormonal biasanya terjadi menjelang menstruasi, saat hamil dan saat masa subur.


Agak deg-degan juga pas mau mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), masalah keputihan masih belum selesai (masih dalam proses pengobatan). Alhamdulillah, Qodarullah dede bayi bisa lahir dengan selamat, sehat dan normal H-2 HPL tanpa didahului ketuban pecah dini. Setelah kejadian ini, saya sangat berhati-hati dalam menjaga keresikan organ intim saya.
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Mbak Yuna Eko Kristina, merekomendasikan Pembersih Vagina yang Aman
Setelah Mbak Fitri Aulia selesai ngomongin bisnis dan keluarga harmonis, di sesi kedua giliran Mbak Yuna Eko Kristina selaku Senior Public Relations PT Kino Indonesia berbagi tips seputar kebersihan organ kewanitaan. Mbak Yuna memberikan rekomendasi alternatif cara membersihkan Miss-V yang aman. Penjelasan yang disampaikan Mbak Yuna membuat saya semakin paham bagaimana menjaga kebersihan organ intim perempuan.

"Sebagai perempuan kita harus bisa merawat bagian tubuh yang terlihat maupun yang tak terlihat seperti organ intim yang memiliki peran vital dalam proses reproduksi kedepannya"
"Perempuan harus rajin resik-resik. Dimulai dari membersihkan bagian luar organ  intim kewanitaan secara teratur, dari depan ke belakang terutama saat menstruasi dan setelah berhubungan seksual. Sangat penting menjaga kebersihan Miss-V selama menstruasi ini. Beliau juga menyarankan supaya jangan menggunakkan pembalut terlalu lama, karena pembalut bisa menyerap darah. Sehingga bisa menjadi media bagi pertumbuhan bakteri dan akhirnya menyebabkan ruam dan iritasi"
"Gunakan celana dalam berbahan katun yang tidak mudah lembab dan cepat kering. Gunakkan pakaian longgar. Sebelum menggunakkan celana dalam, upayakan Miss-V dalam kondisi kering. Sebagai penyempurna ikhtiar, sobat bisa gunakan Antiseptik Alami berupa Godokan Daun Sirih yang sudah terkemas dan siap pakai seperti Resik-V Godokan Sirih."
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Taraa..ini dia Resik-V Godokan Sirih :)
Dulu, sebelum tau ada produk Resik-V, saya merebus sendiri daun sirih lho, lalu menggunakkan air godokan daun sirih untuk #mengatasikeputihan, mengurangi gatal-gatal dan bau tak sedap pada organ kewanitaan. Berhubung nggak punya tanamannya sendiri dan nggak rajin masaknya, akhirnya nggak rutin dan berhenti pake, hiks *dasarpemalas.
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Resik-V Godokan Sirih, Antiseptik Alami :)
Nah sekarang sudah ada yang lebih praktis dan aman berupa air godokan daun sirih yang terdapat pada Resik-V. Jadi kita nggak perlu lagi susah-susah nyari daun dan merebusnya, hehe. Kalau ada yang simpel ngapain ribet, iyaa nggak? hehe. Kenapa memilih Resik-V untuk merawat organ kewanitaan?

-  Resik-V Godokan Sirih merupakan anti septik alami yang terbuat dari air rebusan daun sirih. #Manfaatdaunsirih sebagai pembersih organ kewanitaan ditopang oleh kandungan minyak atsiri yang terdapat didalamnya.

- Resik-V Godokan Sirih berfungsi untuk membersihkan dan memelihara kesehatan area kewanitaan, membantu mencegah dan mengatasi #keputihan, gatal- gatal , serta mengatasi bau tidak sedap.

- Teruji secara mikrobiologi, membantu mengurangi jumlah Jamur Candida albicans penyebab keputihan

-  Resik-V memiliki pH yang sesuai dengan pH Vagina, tidak terlalu asam ataupun basa. Sehingga bisa mempertahankan flora normal (kadar bakteri baik) yang bermanfaat bagi organ kewanitaan.

- Selain aman dan praktis, Resik-V ini sudah mendapat sertifikat halal dari MUI, Alhamdulillah
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Resik-V Godokan Sirih, Praktis dan Aman Digunakan :)
Bagaimana cara pakenya? Gampang bingits :). Kocok sebelum digunakan, tuangkan secukupnya pada telapak tangan, usapkan pada area kewanitaan dan bilas hingga bersih. Kesan pertama saya pas pertama kali buka, hm...wangi banget baunya :).

Tapi kalau dalam proses pemakaiannya terdapat keluhan yang kurang menyenangkan, segera hentikan dan konsultasikan sama dokter yaa sob karena pada akhirnya cocok-cocokan juga si yaa. Ikhtiar terahir, untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, alangkah baiknya jika setahun sekali kita melakukan pap smear yaa sob :).


Terimakasih Mbak Fitri dan Mbak Yuna atas ilmunya, tinggal dipraktekkan ni supaya keluarga tetap harmonis :)
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Peralatan Hand and Brush Lettering

Selesai sharing, ada acara yang tak kalah seru yaitu kami diajak belajar Hand and Brush Lettering. Tentunya setelah perut kami dibuat kenyang dulu sama panitia, biar fokus belajarnya, hehe. Kami dipandu oleh kakak-kakak yang tergabung dalam komunitas Semarang Coret.

Saya sendiri sebenarnya masih asing, apa itu Hand and Brush Lettering. Tapi bismillah, ikutin aja alurnya, hehe. Ternyata oh ternyata setelah dijalani, Hand and Brush Lettering adalah seni membuat huruf dengan indah.

Kami disodorkan peralatan seperti layaknya peralatan menggambar saat SD dan SMP dulu. Ada pensil, penghapus, kuas, cat cair, kertas gambar, panduan membuat huruf. Awalnya saya keteteran mengikuti aturan, saat mengawali membuat huruf :(
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Berjuang menggoreskan kuas :)
Bingung pas harus membuat garis tipis saat naik dan garis tebal saat turun, kaku pegang kuas, ragu-ragu pas nyemplungin ke cat cair. Sampai harus ganti kertas hingga tiga kali, hiks. Sampai masnya harus bolak-balik mengajari, hehe. Maaf yaa mas, tolong dimaklumi :D Tapi lama kelamaan mulai bisa juga, ala bisa karena biasa dan akhirnya saya bisa menghasilkan karya amatiran, lumayan lah, hehe.
Untuk Kaum Hawa, Inilah Tips Merawat Keluarga Harmonis Ala HIJUP dan Resik-V
Taraa..hasil goresan kuas saya :)
Saya sangat beruntung sekali bisa mengikuti acara #HIJUPevent ini. Selain bisa silaturahiim sama temen-temen blogger semarang, dapat ilmu dari dua pembicara kece, belajar ketrampilan baru tentang hand and brush lettering, akhirnya juga kenal dengan HIJUP..horee :) Penting ini bagi yang suka belanja seperti saya, hehe.

Sobat semua sudah pada tau HIJUP kan? Saya kasih bocoran ya, HIJUP itu, Islamic Fashion e-commerce pertama di Indonesia yang juga dikenal sebagai toko online hijab fashion. Toko online ini menjual berbagai macam kebutuhan muslimah, seperti busana, hijab, jilbab, mukena. Selain perlengkapan di atas, juga tersedia berbagai aksesoris seperti bros, tas, sepatu, dll. Semua item ini bisa sobat pilih di HIJUP yang mengusung konsep online mall.

Nih salah satu koleksi busana di HIJUP.com, saya mupeng banget dari pertama liat :). Gamis dengan model sederhana tapi elegan, busui friendly dengan kancing depannya, warna abu-abu warna kesukaan, ada tali tengah cocok buat saya yang big size hehe dan pas dikantong tentunya :). Mau tahu koleksi yang lainnya? Langsung cuss ke HIJUP.com ajah yaa..

HIJUP.com
Hadirnya HIJUP, kini menjadi alternatif bagi para muslimah untuk lebih leluasa dalam bergaya menggunakan hijab dan busana muslim dengan aneka bentuk dan model yang beragam. Tentunya, HIJUP selalu mengikuti trend terbaru lho.

Kali ini ada kabar gembira dari HIJUP ni sob. Ada voucher potongan belanja sebesar 50.000 yang bisa sobat gunakan, setiap pembelanjaan sebesar 250.000 di HIJUP.com. Caranya? Gampang banget, tinggal klik banner di bawah ini dan gunakan kode voucher: HIJUPBMUSEMARANG saat akan melakukan pembayaran. Yuks gunakan kesempatan ini segera?! jangan sampe nyesel lho nanti..


https://www.hijup.com/id/?utm_source=blogger&utm_medium=RelitaAprisa


Nah itu sobat, keseruan kami di acara #HIJUPbloggersmeetup yang diselenggarakan oleh HIJUP dan Resik-V. Alhamdulillah kami banyak tercerahkan di sini mulai dari tema keluarga, fashion muslimah hingga hand lettering. Semoga bisa menemukkan kesempatan seperti ini lagi di lain waktu..Aamiin

 Wassalamu'alaikum...

2 comments:

  1. Duh HIJUP itu emang bagus-bagus banget ya koleksinya.. bikin mupeng :D

    ReplyDelete
  2. Asyik ya dapet banyak benefit dari acara ini termasuk voucher belanja.. siapa yang nggak heppi coba :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.