Monday, January 29, 2018

AMD Ciptakan Processor Generasi ke 7 (AMD 7th Gen APU 2017) Yang Lebih Bertenaga

Assalamualaikum Sobat..! Di artikel kali ini saya akan sedikit menceritakan prosesor AMD kgenerasi ke 7 pada sobat semuanya. Prosesor terbaru AMD ini baru dirilis tahun 2017 kemarin loh... Bagi yang ingin membeli Personal Computer (PC) baik desktop ataupun notebook mungkin tulisan ini bisa menjadi pertimbangan sobat sebelum menentukan PC mana yang akan dibeli. Yuk, langsung disaimak saja ya..!!


Baca Juga :  Mitos Yang Harus Di Rubah Terhadap Processor AMD

Sudah tidak asingkan kan Sob dengan AMD yang merupakan kepanjangan dari Advanced Micro Device?. AMD merupakan perusahan teknologi komputer ternama yang bermarkas di  Sunnyvale, California, USA. AMD konsisten menghasilkan processor dan kartu grafis handal yang dapat diterima pasar global. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan tetap beroperasi hingga sekarang. Jadi kurang lebihnya sudah berkiprah selama 49 tahun. Selisih berapa ya dengan umur Sobat semua?

AMD dikenal selalu menghadirkan Notebook atau PC bersepesifikasi tinggi namun dilepas dengan harga yang sangat terjangkau. Emang AMD ini tahu bener dah apa yang diingnkan oleh komsumen, murah dan berkualitas. AMD pun selalu berinovasi untuk menyempurnakan produknya agar tetap bisa bersaing  dengan memperhatikan perilaku pasar. Sehingga AMD pun sangat rajin mengupdate software agar performa tetap baik seiring berjalannya waktu.

Tahu nggak Sob? Pada tahun 2017 AMD telah memperkenalkan AMD Generasi ke 7 loh?!. AMD generasi ke 7 atau AMD 7th  Gen APU 2017 ini masih ditenagai oleh APU yang bisa mengkombinasikan kinerja CPU (Central Processing Unit) dengan GPU (Graphics Processing Unit), dimana kinerja keduanya diringkas dalam 1 processor. Kombinasi ini menghasilkan teknologi luar biasa dan tentunya mempunyai banyak kelebihan.


Perpaduan kinerja CPU dan GPU seperti otak kiri dan otak kanan pada manusia. CPU sebagai “Otak” yang mengolah aplikasi sehari-hari termasuk mengatur operasi sistem. Sedangkan GPU  sebagai “Otak” yang mengatur grafis, display dan juga multimedia. Perpaduan tersebut akan menjadikan kinerja processor yang lebih cepat dan efisien serta bisa mengerjakan berbagai pekerjaan sekaligus. Kerenkan Sob!!

Hebatnya lagi, AMD generasi ke 7 memungkinkan penggunanya melakukan multitasking atas pekerjaan yang sedang dilakukan. Pekerjaan harian mulai dari menjalankan aplikasi office, email, web browsing, streaming dan pekerjaan lain  bisa dilakukan sekaligus tanpa menurunkan performa perangkat.

Radeon™ Grafis yang Hebat dari AMD 7th Gen APU
AMD 7th  Gen APU 2017 terbaru dilengkapi dengan grafis  Radeon™ yang mengusung arsitektur Graphic Core Next (GCN), dimana sudah mendukung beragam fitur untuk bermain game terkini. Adanya Radeon™ menjadikan AMD 7th  Gen APU 2017 bisa diandalkan juga untuk multimedia, memainkan game mainstream atau game online serta melakukan editing foto atau video. 

AMD 7th Gen APU dengan kartu grafis RadeonTM  mempunyai kemampuan hingga 53% performa grafis yang lebih baik dibandingkan kompetitor. Peningkatan kinerja grafis dalam game E-sports terkenal seperti DOTA 2, League Of Legend dan CS:GO bisa sampai dengan 38% lebih baik dibandingkan APU generasi sebelumnya.

 

Penggunaan AMD 7th  Gen APU 2017  bisa  meningkatkan performa sistem lebih dari 2% dan peningkatan performa olah grafis lebih dari 5% jika menggunakan 7th Gen APU A9-9420 atau 7th Gen APU A10-9620P dibanding menggunakan 7th Gen APU A9 atau 7th Gen APU A10 versi sebelumnya.

Radeon™ Pada generasi ke 7 mempunyai keunggulan khususnya saat sedang bermain game karena didukung fitur yang luar biasa  seperti :
  1. Dukungan Radeon™ ReLive : Rekam dan bagikan momen terbaik saat bermain game dengan fitur Radeon™ ReLive ke situs streaming terkemuka seperti Youtube atau Twitch tanpa penurunan performa yang berarti. Untuk bisa menggunakan fitur ini pengguna cukup melakukan  instalasi driver Radeon™ Software Crimson
  2. Frame Rate Target Control : Sobat bisa mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama saat bermain game dengan membatasi jumlah frame rate yang dihasilkan kartu grafis menggunakan fitur Frame Rate Target Control. Alhasil selain daya tahan lebih lama, suhu juga bisa lebih terjaga.
  3. Visual Super Resolution : Sobat bisa mendapatkan kualitas tampilan seperti di layar resolusi tinggi menggunakan fitur Virtual Super Resolution, sehingga pengalaman gaming akan jauh lebih menyenangkan dengan kualitas tampilan yang lebih baik.
  4. Vulkan™ and DirectX®12 Ready : Menggunakan notebook bertenaga AMD 7th Gen APU sangat menguntungkan jika Sobat ingin memainkan game terbaru di masa mendatang, karena prosessor 7th Gen APU sudah kompatibel dengan game atau aplikasi berbasis API modern DirectX® 12 dan Vulkan™.

Hadirkan Multimedia Kelas Premium
Bagi pengguna AMD 7th Gen APU yang mempunyai hobi menonton  film, AMD Generasi ke 7 APU A9 dan A10 2017 terbaru telah mendukung pemutaran video 4K berbasis HEVC dengan lancar dan mulus. Dengan begitu, untuk menikmati kualitas video yang bagus, cukup dengan menghubungkannya layar monitor yang telah mendukung resolusi 4K. 4K loh Sob, bisa ditebak kan sebaguis apa kualitas tayangannya?!

 

Selain mendukung HEVC (H.265),  AMD 7th Gen APU 2017 juga telah mendukung pemutaran konten video dengan format VP9 terbaru yang nantinya akan banyak digunakan pada berbagai website atau aplikasi streaming video terkemuka dunia. Dengan adanya dukungan multimedia modern terkini, desktop atau notebook bertenaga AMD 7th Gen APU tentunya sangat cocok untuk Sobat semua yang menginginkan kualitas multimedia tinggi dengan konsumsi data yang rendah saat menonton video online favorit. 

Performa Yang Handal
Untuk mendapatkan tambahan performa saat bermain game, Sobat bisa mengaktifkan fitur Dual Graphics pada desktop atau notebook AMD dengan cara mengaktifkan grafis terintegrasi APU dan kartu grafis diskrit yang tersedia dalam notebook secara bersamaan. Tak hanya itu, Sobat juga bisa menikmati tampilan lebih luas saat bermain game menggunakan teknologi AMD Eyefinity. Teknologi ini memungkinkan untuk menggabungkan lebih dari satu monitor menjadi satu tampilan luas beresolusi tinggi.
 
Dari segi multimedia, 3D serta aplikasi sehari-hari, AMD 7th Gen APU juga telah mendukung fitur AMD APP yang menghadirkan akselerasi grafis untuk performa yang lebih baik dan telah didukung oleh banyak aplikasi terkenal.

 

AMD 7th Gen APU  mampu meningkatkan performa komputasi sampai dengan 56% lebih tinggi dibandingkan dengan AMD APU mobile yang berumur 2 tahun lalu. Dengan begitu, Sobat bisa mendapatkan pengalaman menggunakan perangkat notebook lebih responsif. Peningkatan performa sebesar 52% juga dihadirkan oleh core arsitektur “Excavator” yang tentu lebih tinggi dibandingkan core arsitektur “Streamroller” yang diluncurkan tahun yang lalu.

Lebih Hemat Daya untuk Segala Aktivitas
Selain menghadirkan peningkatan yang cukup signifikan dalam hal performa, AMD 7th Gen APU juga hadirkan efisiensi daya yang lebih baik. Sobat bisa menonton video resolusi 1080p tanpa harus takut cepat kehabisan daya. Dengan begitu, Sobat bisa menonton video favorit lebih lama berkat peningkatan efisiensi daya hingga 41% lebih hemat dibandingkan generasi sebelumnya. Secara keseluruhan, AMD 7th Gen APU menghadirkan peningkatan performance/watt sebesar 38% dibandingkan notebook generasi sebelumnya.

Fitur Disrete VGA pada BIOS membuat APU mampu bekerja sesuai dengan program yang sedang dijalankan. Dengan begitu AMD generasi ke 7 ini akan lebih optimal dan lebih hemat baterai serta mampu menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan generasi APU sebelumnya.


Kesimpulan
Ringkasnya, AMD APU generasi ke-7 yang lebih dikenal dengan 7th Gen APU ini menawarkan banyak fitur unggulan untuk tenagai notebook andalan Anda, diantaranya adalah:
  1. Bekerja Lebih Cepat, Bermain Lebih Lama : AMD 7th Gen APU memberikan peningkatan pada performa gaming lebih baik hingga 38%. Disampinmg itu AMD 7th Gen APU mampu melakukan efisiensi daya hingga 36%. Hal ini menjadikan AMD 7th Gen APU lebih hemat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
  2. Grafis dan Visual yang Lebih Memukau : Dengan notebook bertenaga AMD 7th Gen APU Sobat bisa merasakan pengalaman bermain game lebih mulus. Dukungan RAM terbaru DDR4 serta fitur AMD Dual Graphics bisa meningkatkan performa grafis ditambah lagi AMD 7th Gen APU sudah dilengkapi dengan grafis Radeon TM. Untuk multimedia, dukungan teknologi HEVC yang sudah tersemat pada APU memungkinkan Sobat untuk bisa merasakan pengalaman menonton video favorit beresolusi 4K.
  3. Utamakan Performa Diatas Segalanya : Didukung dengan teknologi AMD Turbo Core, membuat prosesor ini secara otomatis tingkatkan kinerja secara real-time dalam penggunaan aplikasi sehari-hari.

Sebenarnya masih banyak sih yang ingin disampaikan mengenai AMD APU generasi ke-7 ini. Tapi semoga bisa meringkas yang benar-benar dibutuhkan oleh sobat semua. Kalau kita tengok penjelasan yang ada di www.amd-id.com, banyak sekali artikel yang mengulas AMD APU generasi ke-7 secara rinci, bahkan sampai pada pengujian masing -masing perangkat yang menggunakan prosesor ini yang sudah beredar di pasaran.

Demikian ulasan singkat mengenai prosesor AMD generasi ke 7 APU atau AMD 7th Gen APU 2017. Jika artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan. Terimakasih sudah berkenan mampir di blog saya.

Wassalamualaykum..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.