Monday, May 29, 2017

3 Menu Makanan Favorit Saat Ramadhan



Assalamu’alaikum Wr.Wb 
Sobat, tak terasa Ramadhan sudah memasuki hari ketiga yaa. Semoga kita senantiasa diberi kekuatan iman dan fisik untuk menjalani ibadah di bulan yang penuh barokah ini, Aamiin. Sadar ataupun tidak saat Ramadhan, ada tiga hal yang harus kita penuhi nutrisinya secara seimbang yaitu akal, hati dan jasad. Nutrisi akal berupa ilmu, hati berupa dzikir dan ibadah harian serta nutrisi fisik berupa makanan dan minuman. 

Fisik yang sehat itu modal utama. Kerasa banget pas Ramadhan tahun lalu, sempat cuti satu minggu puasa karena sakit. Terlepas sakit itu adalah ujian, setelah ditelusuri penyebabnya karena makanan. Udah tau ndak tahan pedas, eh masih aja makan yang terlalu pedas, bersantan lagi. Ditambah imunitas tubuh lagi turun, jadi deh penyakit. Saya terkena infeksi lambung pas itu.

Tahun ini mesti hati-hati milih menu makanan. Ndak mau dong sehari saja terlewat puasanya, sayang-sayang pahalanya yang berlipat lipat terlewat begitu saja. Ngomongin makanan favorit, sebenarnya ndak beda jauh menunya dengan hari-hari biasa. Hanya yang menjadikan spesial yaa moment Ramadhannya ini, iya ndak? Moment berbuka, setelah menahan lapar, haus dan hawa nafsu seharian itu yang menjadikannya terasa nikmat :).
  .
Apa saja menu favorit keluarga kami? Tiga menu teratas jatuh kepada:

1.    Cumi Saos Tiram


Saya dan suami penyuka seafood, terutama cumi-cumi ini. Dagingnya yang kenyal, kuah tinta hitamnya yang endeuuzzz, benar-benar bisa memanjakkan lidah kami tiada henti, hehe. Jadi saat mencuci cumi, tintanya jangan sampai kebuang yaa. Gimana cara masaknya? Mudah InsyaAllah.

Bahan:
-  Cumi-Cumi
-  Bawang merah
-  Bawang putih
-  Cabe merah
-  Cabe setan
-  Lada
-  Gula garam secukupnya
-  Salam, sereh, jahe, lengkuas, memarkan
-  Saos Tiram
-  Saos Tomat 

Cara memasak:
-  Haluskan bawah merah, bawang putih, cabe merah, cabe setan.  
- Setelah bumbu halus, tumis bumbu sampai harum.
-  Tambahkan gula, garam, lada
-  Tambahkan daun salam, sereh, jahe dan lengkuas yang sudah dimemarkan
- Tambahkan air, biarkan sampai mendidih, masukkan Cumi-Cumi.
-  Terahir tambahkan saus tiram dan saus tomat. Tunggu sebentar, cobain rasanya, kalau sudah pas, angkat.

Gimana sob, mudah kan?

2.    Sop Iga Kacang Merah
sumber: https://cookpad.com
Mungkin sobat ndak asing sama makanan yang satu ini. Makanan yang simpel bahan dan buatnya, namun tetap enak dan bergizi yakni Sop. Biar lebih spesial kali ini ditambahkan Iga dan Kacang Merah.

Bahan:
-  Iga Sapi
-  Wortel, potong-potong
-  Kentang, potong-potong
-  Daun Kol
-  Kacang Merah, rendam sampai mengembang
-  Seledri dan Daun Bawang
-  Tomat, potong-potong
-  Bumbu halus: bawang putih, bawang merah, lada halus, gula garam. 

Cara memasak:
-  Rebus iga sampai empuk
-  Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis sebelumnya kedalam rebusan iga
-  Masukkan wortel, kacang merah dan kentang. Masak hingga sayur setengah matang lalu masukkan daun kol. Masak hingga matang. Cek rasa.
-  Terahir masukkan potongan tomat, seledri dan daun bawang, masak sebentar.

Biar lebih sedap, sajikan sayur ini dengan taburan bawang merah goreng, hm benar-benar sedap :).

3.    Gorengan

Bagi kami, gorengan menjadi makanan favorit dari masa ke masa. Dari sejak kecil sampai sekarang sudah berkeluarga. Tidak lengkap rasanya kalau ndak ada menu yang satu ini, minimal sehari sekali lah hehe. Sempat mau diet dari minyak-minyakan, tapi hanya bertahan hitungan hari udah ndak kuat, hiks.

Aku suka mendoan, suami suka bakwan jagung. Cara buatnya gampang, pasti semua sudah pada tau yaa. Mau yang praktis tinggal beli tepung bumbu yang sudah jadi. Kalau mau buat manual juga gampang. 

Tinggal haluskan ketumbar, bawang putih, lalu tambahkan garam. Masukkan bumbu halus tadi pada tepung terigu dan tepung beras, kasih air secukupnya. Campurkan tempe atau jagung kedalam adonan, tinggal goreng, beres deh :).

Nah itu sobat, 3 menu favorit keluarga kami saat Ramadhan. Hm..nikmat banget rasanya pas berbuka dengan menu ini. Ssttt..tapi walau senikmat apapun, jangan sampai berlebihan ya sob makannya hehe. Karena sejatinya Puasa itu untuk memuliakan jiwa bukan memuliakan perut. Aku juga masih belajar ni buat ngerem makan ndak berlebihan pas buka puasa, hehe. 

Terimakasih Mbak Wati dan Mbak Ika untuk temanya yang menarik ini. Yuks sobat berbagi menu favorit, siapa tau bisa tukeran, biar Ramadhan kali ini lebih berwarna menunya :).

Wassalamu'alaikum Wr.Wb



16 comments:

  1. Sopnya seger bingiiit...aku juga suka cumi apa daya dokter melarang huhu..

    ReplyDelete
  2. Mupeng sup iganya icha kayaknya seger yaah dimakan pas buka

    ReplyDelete
  3. Gorengan itu emang susah dihindari ya. Saya suka mendoan, risol, bakwan. Suami sy suka tahu isi :-)

    ReplyDelete
  4. Saya lumayan suka seafood juga mbak, tapi kalau lawannya iga pasti lebih pilih iga karena mengolahnya lebih mudah daripada seafood. Kalau seafood sih mending beli aja :)

    ReplyDelete
  5. semuanya aku suka, terutama gorengan aduh susah banget ngeremnya..pdhal bikin endut, selamat berpuasa mbak

    ReplyDelete
  6. Cumiiiii 😍😍.. suka banget kl dibumbu cabe ijo. Blm pernah nyobain saos tiram siy, bisa dijadikan list deh!

    ReplyDelete
  7. Jadi ngiler deh, btw maksh ya mbk resepnya. hihihi

    Salam kenal y mbk.
    ditunggu kunjungannya di blog saya. hehe

    ReplyDelete
  8. Yg cumi itu aku sering bikin mbak. Anakku suka bange seafood :) enak emang si cumi ini, kadang ku crispy, tapi meledak2 pas nggoreng :)

    ReplyDelete
  9. sop iga kacang merah itu favorit banget, bukan bulan puasa pun keluargaku suka banget makan ini :)

    ReplyDelete
  10. Aku pun suka sop iga kacang merah yummy☺

    ReplyDelete
  11. Belum pernah bikin sop iga kacang merah,Mbak. Paling bikin sop biasa pake sosis dan bakso. Perlu dicoba nih. Menggiurkan banget. Hihi.

    Makasih ya Mbak Icha sudah ikut meramaikan arisan blog kedua ini.

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen masak cumi juga deh.
    Tapi hampir dua minggu ini, jarang masak pedas.
    Demi si bungsu juga bisa tetap nyaman makan dan bisa berpuasa penuh.

    Ijin contek resep masakan cuminya yaaa..

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.