Wednesday, April 11, 2018

Cara Yang Tepat Dalam Mengajarkan Adab Pada Anak Usia Dibawah 7 Tahun

11.4.18 10 Comments

Assalamu'alaikum..

Sebenarnya tulisan ini merupakan tulisannya Ust. Harry Santosa dengan sedikit perubahan sesuai  dengan kondisi yang saya alami. Materi ini penting banget bagi siapa saja yang ngebet untuk mengajarkan adab bagi anaknya yang berusia di bawah 7 tahun. Mari kita merenung bersama :) Oh ya sebelumnya saya mau sedikit memperkenalkan sang penulisnya dulu ya. Jadi Ust. Harry Santosa ini merupakan pakar parenting, lebih khususnya dibidang pendidikan anak berbasis fitrah dan akhlak. 

Sebagai orang tua, tentu kita menginginkan anak kita tumbuh menjadi anak yang disiplin, mandiri, berakhlak baik bukan? Tapi saat kita menginginkan semua itu terjadi secara cepat dan kilat disaat usianya masih dini, ternyata itu kurang tepat moms.

Tulisan ini sekaligus mengingatkan saya yang sering khilaf dan salah saat mendidik anak untuk menjadi beradab, diusianya yang baru menginjak 2,5 tahun. Astaghfirullah, maafkan ummimu ini nak. Jujur saya pribadi merasa tertampar dengan tulisanUst.Harry ini. Mari kita simak, mungkin sobat di sini ada yang pernah baca atau mendengarnya.

Kata Ust. Harry, anak usia di bawah 7 tahun fitrahnya baru tumbuh merekah, jadi harus hati-hati dalam menanamkannya. Utamakan cinta dalam mendidiknya. Menurut para psikolog, usia anak di bawah 7 tahun adalah masanya pra latihan, pra operasional. Anak belum punya tanggung jawab  baik moral apalagi sosial

Dalam islam, Allah saja baru memerintahkan anak untuk sholat saat usianya mencapai 7 tahun bukan sejak dini. Karena Allah tahu, tidak ada anak di bawah 7 tahun yang menyukai gerakan formal dan tertib. Oleh karena itu betapa pentingnya merawat imaji-imaji keindahan anak di bawah usia 7 tahun. Pada usia ini, Imaji dan abstraksi anak sedang dalam masa puncak. Untuk itu sangat penting bagi kita para orang tua untuk bermain, bercanda dan membahagiakan hati anak kita.


Rasulullah SAW bersabda:
"Siapa yang memiliki anak, hendaklah ia bermain bersamanya dan menjadi sepertinya. Siapa yang menggembirakan hati anaknya, maka ia bagaikan memerdekakan hamba sahaya. Siapa yang bergurau (bercanda) untuk menyenangkan hati anaknya, maka ia bagaikan menangis karena takut kepada Allah ‘Azza wa Jalla" 

MasyaAllah, saya jadi merenung dan menyesal. Sepertinya saya pribadi lebih banyak ngomel biar anak memilki adab , dibanding menyenangkan hatinya, hiks. Lalu pertanyaannya, boleh ngga kita mendidiknya untuk beradab, mandiri dan disiplin?


Tentu saja boleh! Mendidik dengan menumbuhkan antusias, gairah, cinta, dll. Mendidik dengan memperhatikan tahapan usia, kematangan, perasaan, fikiran dan sifatnya. Mendidik dengan bijak, kreatif, cinta sekaligus logika (nalar) agar tidak mencederai fitrahnya. 

Caranya bagaimana?

1. Inspirasikan, Imajikan dan teladankan indahnya perilaku baik melalui kisah-kisah indah maupun secara langsung

Jangan paksa anak untuk melakukan kebaikan jika sedang tidak mau, karena mereka belum memiliki kesadaran akan nilai. Namun di waktu yang nyaman dan menyenangkan, perbanyak menginspirasi dan meneladankan. Misalnya ajaklah anak membereskan mainan dengan bermain. Ini akan jauh lebih berkesan bagi anak, daripada dengan cara-cara instan.

Saya merasa tertampar nih pada point ini. Saya sering meminta anak membereskan mainan dengan memerintah, memaksa dan kalau ngga mau juga maka saya akan mengancam seperti: "ka, kalau kaka ngga mau beresin mainan, kalau ummi jalan-jalan, ummi ngga mau ajak kaka lagi". "Ka, kalau kaka makannya ngga habis, ummi ngga mau ngasih eskrim", dll.

Duh, saya ko tega amat yaa. Eh tapi bukannya jahat si, jujur saya hanya ngga punya stok sabar yang banyak dan saya kurang kreatif untuk memerintah dengan cara yang menyenangkan. So PR saya, temukan cara-cara yang menyenangkan dan ampuh itu.


2. Salurkan potensi energinya dan sifat uniknya, jangan membenturkannya dengan akhlak dan adab

Misalnya anak yang cerewet dimarahi padahal bisa jadi ini potensi anak yang suka berkomunikasi. Ini juga pernah saya alami. Anak saya yang pertama  hobinya berceloteh. Suatu waktu saat adeknya tidur terlelap eh dia bicara terus akhirnya saya omelin karena takut ganggu adeknya :(.  

Baiknya, jika anak suka berkomunikasi (cerewet) beri tugas yang banyak bicara, misalnya beri panggung untuk bercerita dan berkisah, dengarkan dengan antusias. Beri jadwal menyapa nenek dan kakek, mengantarkan makanan atau undangan ke tetangga dll. Lihatlah betapa antusias dan gerak semangatnya ketika menjalaninya. Noted!


3. Banyaklah berempati dengan menggali perasaannya. Berhenti menggunakan kacamata kita dalam menyerap maksud perilaku anak, gunakanlah kacamata anak. 

Ingatlah, setiap perilaku anak yang nampak nakal adalah jeritan hati anak yang tak bertemu jalan keluarnya, maka tangkaplah maknanya, bacalah binar atau redup matanya, amati gestur tubuhnya dan temukan kebutuhannya dan solusinya. 

4. Dahulukan pesan kebaikan, bukan pesan keburukan
Misal jika anak naik meja makan, daripada berteriak, "jangan nakal, jangan naik, nanti jatuh, nanti kotor..." . Sebaiknya katakan "nak, meja itu untuk makan ya sayaang, kaki kamu untuk jalan di lantai atau jalan ke masjid".

Dengan ini, anak akan mengingat kebaikan lebih banyak dan akan lebih berkesan daripada keburukan. 

5. Adabkan anak dengan cinta, sehingga dia akan cinta pada adab

Temukan cara dan waktu yang tepat untuk membuatnya bergairah pada kebaikan

Anak di bawah usia 7 tahun yang terlalu cepat diadabkan dengan cara-cara yang tidak alamiah (shortcut), maka kelak kita akan temukan anak yang tidak beradab karena mereka menangkap kesan buruk tentang adab, lalu membenci adab sepanjang hidupnya. Naudzubillahimindzalik..

Ingatlah bahwa adab bukan tentang disiplin dan etika, namun tentang perbuatan yang berderajat dan bermartabat indah yang sesuai dengan fitrah manusia.. 

Semoga tulisan Ust. Harry ini menjadi renungan bagi kita bersama untuk menjadi orang tua yang lebih baik. Dan semoga Allah S.W.T memudahkan kita untuk menerapkan ilmu ini, Aamiin..

Wassalamu'alaikum..

Monday, April 9, 2018

Ada Apa Dengan Anak Usia 2-3 Tahun?

9.4.18 7 Comments
Sumber: Pixabay

Assalamu'alaikum..
Adakah bunda di sini yang memiliki anak usia 2-3 tahun? Suka gemes ngga bu ngelihat tingkah polanya yang terkadang berlebihan seperti sering teriak, sebentar-sebentar nangis, kalau dilarang seperti malah disuruh?! Kalau saya si iyes, sampe rasanya mulut ini pengen ngomel terus, hehe (niatnya nasehatin sih ) :).

Ada saja ulahnya yang bikin gemess, hehe. Udah gitu kalau dinasehatin seringnya bilang "emong, ngga mau!". Beuh langsung deh tersulut buat ngomel-ngomel hiks.

Sudah berusaha buat stay cool dengan mengingat beberapa petuah yang pernah ku dapat dari teman, atau baca buku dan internet seperti: " jangan terlalu memasang target untuk anak batita/ balita". "Otak anak belum sempurna, jangan samakan dengan pemikiran orang dewasa ya"."Jangan marahi anak, karena bisa memutus perkembangan sel-sel syarafnya", dll. Sejenak ku tersadar akan kesalahanku, tapi ketika anak berbuat hal-hal yang tak terduga lagi, mulai deh tersulut kembali emosiku. Astaghfirullah. Sabar itu memang tidak mudah pemirsah.

Nah salah satu cara buat bersabar sama tingkah pola anak di usia ini, sebelumnya ada beberapa karakteristik yang harus kita pahami pada anak usia 2-3 th ini. Apa saja?


1. Suka Meniru
Anak adalah peniru ulung. Meniru apapun yang dia lihat dan dengar dari orang-orang yang berinteraksi dengannya. Mulai meniru dari kata-kata, ekspresi wajah, sampai perbuatan seperti menyetrika baju, bantu jemur pakaian, nyapu, nyuci, dll. 

Kalau pas niru yang baik-baik sih seneng-seneng saja ya. Nah kalau niru yang kurang baik ini yang berabe, hehe. Benar adanya, jadi orang tua itu memang harus senantiasa belajar dan berbenah diri untuk menjadi pribadi lebih baik dari hari kehari.

2. Kemampuan bahasa berkembang pesat
Pada usia ini, anak mulai bisa mengerti frase, kata sifat dan makin banyak kosa kata baru. Awalnya hanya bisa mengucap kata perkata yang belum bisa dipahami secara jelas. Lama lama mulai bisa mengucap frase bahkan kalimat. Bahkan bisa menyanyikan lagu anak anak yang sederhana secara lengkap seperti burung kaka tua, cicak-cicak di dinding :).

Apalagi anak saya, sepertinya kalau bangun maunya bicara terus. Main yaa sambil ngomong, apapun itu, sekalipun ngga ada temannya, hehe. Ko yo ada saja yang dia ucapkan yaa :D. Alhamdulillah, siapa tahu si kaka memang bakatnya di sisi komunikasi, bisa diplomat, public speakers, motivator handal, dll..Aamiin

3. Suka bermain dengan teman sebayanya
Saya pribadi termasuk sangat jarang mengajak anak bermain di luar, seringnya malah tutupan di rumah, hehe. Malesnya kalau sekali saya ajak main ko yo ngga mau pulang, hiks. Kalau ada temannya depan rumah, langsung tuh si kecil manggil-manggil dan minta keluar. Tapi walau saya jarang mengajaknya keluar, saya tetap mengalokasikan waktu buatnya untuk bermain dengan teman sebayanya si. Misalnya di sore hari, saat saya ngajar ngaji, si kecil saya bawa. Kebetulan ada teman sebanya di sana, si kecil asyik bermain dan saya bisa tenang mengajar.

Sering juga setelah ayahnya pulang kerja di sore hari, si kecil akan diajak bermain dengan tetangga sambil menyuapinya makan. Kalau pas weekend, kita ajak si kecil ke play ground. Saat liburan tiba, kita pulang kampung, kita biarin tuh si kecil main dengan sodara-sodaranya tanpa batas. Atau bahkan saat ada keluarga ke rumah, biasanya si kecil akan mengajak kakek neneknya, uanya muter-muter keliling kompleks perumahan buat bermain, hehe.

4. Ego individual mulai tumbuh
Anak usia 2-3 tahun seolah-olah terlihat menjadi lebih keras kepala dan egois. Tapi tenang, ini adalah normal. Seperti yang saya katakan sebelumnya, anak pada usia ini mulai bisa menolak apa-apa yang kita minta darinya. Misalnya saat kita minta dia mandi, makan, dengan spontan anak akan bilang bilang "emong/ ngga mau!". Atau saat kita melarangnya berbuat sesuatu, anak menjadi lebih terkesan membangkang, hiks. Ditambah lagi dia menjadi lebih sering berteriak dan nangis :(.

Saya kerasa banget dengan perubahan ego si kecil setelah usianya dua tahun. Dimana sebelumnya anak terasa lebih mudah diatur dan nurut, kesini-kesini ko semakin terkesan mbangkang dan menolak hampir semua yang saya katakan. Jujur saya sering tersulut emosi. Ternyata setelah baca artikel, hal ini normal. Bahkan kata seorang psikolog, kelak ketika sudah beranjak dewasa, ego ini akan bermanfaat buatnya, dengan ego yang dimilikinya, anak akan memiliki prinsip yang kuat (bisa menempatkan diri, kapan berkata iya dan tidak).

Bersabarlah, mungkin sekarang kita belum bisa melihat hal yang positif dari tingkah polanya, mungkin sekarang kita belum bisa melihat dan merasakan buahnya yang manis..tapi yakinlah Allah menciptakan manusia dengan keistimewaan masing-masing..Semoga kelak dia akan menjadi pribadi yang membanggakan dan membawa keberkahan, Aamiin
Positifnya, tumbuhnya ego individual ini menjadikan anak ingin mencoba banyak hal sendiri seperti mandi sendiri, sikat gigi sendiri, pakai baju sendiri, makan sendiri, dll. Satu sisi seneng sih tapi kadang gemes juga kalau pas mau mandi sendiri eh ngga mau sabunan, kurang bersih, akhirnya saya bantu dan dia menangis kenceng, beuh :(. Atau pas makan sendiri, makanannnya berceceran dimana-mana, makannya diemut dan ngga habis-habis, akhirnya saya tawarkan bantuan buat nyuapin eh dianya malah nangis, hiks.

Benar juga apa yang dikatakan teman saya, kalau punya anak kecil itu turunkan standar keidealisan kita. Ngga mungkin kan yaa kita menerapkan standar kebersihan kita kepada anak batita/ balita kita?! Justru saat si kecil ingin melakukan apa-apa sendiri, inilah saat yang tepat untuk menanamkan kemandirian, menanamkan kebiasaan hidup yang baik kepada si kecil . Tapi sebelumnya kita harus bisa memanage mindset dan kesabaran kita dulu tentunya :)

5. Belum bisa mengerti perasaan orang lain
Nah ini hal yang harus kita pahami sebagai orang tua, supaya kita tidak menjudge anak dengan hal-hal yang negatif, seperti pelit saat dia ngga mau berbagi sesuatu, ngga tau diri saat dia mengakui barang orang lain sebagai miliknya atau terkesan biasa saja saat kita sedih dan menangis. Ingat, anak diusia ini cenderung hanya mau melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginannya. Maka tak jarang, orang tua melabelinya " anak ko semaunya sendiri?!". Memang inilah masanya ..:)

Pada usia 2-3 tahun adalah fase yang tepat untuk menstimulasi anak untuk menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri dan memiliki inisiatif serta mampu bersosialisasi dengan teman. Dr. Sofia Hartati (Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD)
Nah ini sedikit sharing dari saya, dengan menulis tema ini bukan berarti saya sudah lulus ujian kesabaran dalam mengurus anak diusia emas yang butuh banyak energi ini. Tapi ini menjadikan saya belajar kembali, sebagai pengingat diri yang sering khilaf dan sebagai self healing juga sebenarnya. Semoga bermanfaat :)

Baca Juga: Cara Yang Tepat Dalam Mengajarkan Adab Pada Anak Usia Dibawah 7 Tahun

Wassalamu'alaikum..

Friday, March 30, 2018

Ternyata Ini yang Menyebabkan Ponsel Xiaomi Redmi Pro Cepat Panas

30.3.18 6 Comments

Assalamualaykum Sobats... Melanjutkan seri postingan tentang ponsel cerdas, kali ini akan sedikit mengulas tentang Smartphone Xiaomi. Ponsel China yang sudah punya nama besar di Indonesia. betul apa betul? Siapa yang nggak tahu hp Xiaomi?

Xiaomi merupakan salah satu vendor ponsel yang menguasai pasar gadget saat ini. Ada banyak smartphone yang diproduksi oleh Xiaomi laris manis dipasaran, salah satunya adalah Smartphone Xiaomi Redmi Pro. Ponsel ini terkenal karena memiliki dual camera yang akan memanjakan Sobats yang sangat suka mengambil foto ataupun video, baik selfie, wefie ataupun ngevlog. Tapi ponsel yang bisa dibeli di toko online ini juga bisa mengalami masalah yang biasa ditemukan pada ponsel merek lain, yaitu cepat panas.

Ada beberapa alasan yang membuat ponsel ini menjadi cepat panas, sehingga penggunaan baterai juga semakin boros. Alasan pertama adalah penggunaan kamera. Saat Sobat menggunakan ponsel pintar, kebanyakan untuk mengambil gambar dan atau video sampai berulang kali dengan harapan mendapatkan kualitas yang bagus. Bahkan jika sobat termasuk orang yang kerap mematikan dan menghidupkan ponsel, berarti Sobats juga melakukan hal bisa menjadi penyebabkan ponsel menjadi cepat panas. Apalagi ponsel ini memiliki dual camera seperti Xiaomi Redmi Pro ini.

Redmi Pro memiliki 2 kamera utama (kamera belakang) dengan perpaduan kamera 13 Mp dan 5 Mp. Masing-masing kamera baik sekunder ataupun utama dilengkapi dengan sensor yang berbeda yang akan menyebabkan gambar jepretan menjadi semakin tajam dan detail. Dual camera yang digunakan di ponsel Xiaomi ini menghasilkan jepretan seperti efek bokeh yang tidak kalah dengan jepretan dari DSLR.

Kedua adalah kondisi sinyal yang lemah. Tidak bisa dipungkiri, walaupun ponsel pintar dari Xiaomi ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE, namun tidak semua tempat yang ada di Indonesia memungkinkan Sobats untuk bisa internetan dengan kondisi jaringan yang stabil. Tidak jarang, koneksi tersebut naik turun dan bahkan tidak ada sama sekali, sehingga menyebabkan ponsel harus bekerja ekstra untuk mendapatkan sinyal yang membuat smartphone ini cepat panas.

Ketiga adalah penggunaan yang tidak wajar. Misalnya Sobats menggunakan Xiaomi Redmi Pro ini untuk bermain game dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut tidak hanya menyebabkan suhu ponsel menjadi lebih cepat panas, namun juga meningkatkan kemungkinan ponsel tersebut mengalami masalah pada aplikasi yang digunakan misalnya terjadi lagging. Karena hal tersebut, sebaiknya saat Sobats bermain game, beri jeda untuk ponsel tersebut beristirahat agar bisa menormalkan suhunya.


Keempat adalah penggunaan banyak aplikasi yang sedang berjalan di background. Ada jenis aplikasi yang berfungsi untuk mengelola sistem yang ada di smartphone, karena aplikasi tersebut memang sudah terinstal dari bawaan dan tidak dapat untuk diuninstall. Penggunaan aplikasi yang berjalan di background menyebabkan ponsel memakan atau menggunakan kapasitas RAM yang tidak sedikit. karena hal tersebut membuat ponsel menjadi terbebani, sehingga suhu ponsel menjadi tidak normal dan mudah panas.

Penyebab lainnya yang membuat Xiaomi Redmi Pro cepat panas adalah:

  1. Penggunaan widget di home screen yang berlebihan. Karena hal tersebut akan menyebabkan kinerja RAM menjadi terbebani sehingga suhu meningkat dan baterai terkuras.
  2. Memainkan ponsel ketika sedang dilakukan charging. Tidak sedikit yang menggunakan ponsel saat sedang diisi baterainya, misalnya agar permainan tersebut cepat selesai dan menyebabkan Sobats bisa dengan cepat melanjutkan hal yang lain misalnya dengan bermain game yang lain. Akan tetapi cara tersebut justru bisa menyebabkan baterai menjadi semakin panas dan bisa mempengaruhi CPU serta GPU. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, bisa menyebabkan ponsel Sobats menjadi cepat rusak.
  3. GPS yang masih aktif. Terkadang setelah menggunakan GPS, Sobat lupa untuk menonaktikan atau sengaja untuk terus mengaktifkan GPS, sehingga menyebabkan suhu ponsel cepat panas dan baterai cepat habis.
  4. MIUI yang belum di perbarui karena versi lama bisa saja masih terdapat bugs yang mempengaruhi kerja ponsel.
Nah Sobats, itu beberapa hal yang bisa membuat baterai hp jadi cepat panas. Saya rasa hal ini berlaku umum untuk ponsel yang lain. Jadi Sobats harus pintar dalam melakukan managemen penggunaan ponsel agar ponsel tidak cepat panas. 

Jika artikel Ternyata Ini yang Menyebabkan Ponsel Xiaomi Redmi Pro Cepat Panas dirasa bermanfaat, silahkan bisa dibagikan atau di sebarluaskan. Terimakasih atas kunjungannya.

Thursday, March 22, 2018

Ini Dia Perbedaan Antara Samsung J5 2015, 2016 dan 2017

22.3.18 2 Comments
credit image : mobilefun.co.uk
Assalamualaikum...

Hay Sobat.. setelah sebelumnya saya mengulas tentang jenis laptop tertentu, kali ini saya akan sedikit mengulas tentang ponsel. Khususnya ponsel besutan dari Samsung. Sudah familiar kan ya dengan merk ponsel pintar tersebut? Tipe yang akan menjadi pembahasan kali ini adalah samsung J5 dari masa ke masa.

Sebagai salah satu vendor smartphone terbesar di dunia, Samsung di tahun 2017 kembali mengeluarkan hp Samsung J5 yang merupakan perbaikan atau versi baru dari seri yang sama yang pernah dikeluarkan di tahun 2015 dan 2016. Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan dari ponsel yang memiliki harga berkisar 2-3 jutaan ini, baik saat beli di toko online ataupun di toko smartphone terdekat yang ada di sekitar kita.

Persamaan dari ketiga jenis smartphone milik Samsung tersebut adalah resolusi ponselnya. Baik seri tahun 2015, 2016 ataupun 2017, J5 milik Samsung memiliki resolusi 720 x 1280 px dan menggunakan jenis layar super AMOLED Capacitive. Sudah jelas, dengan resolusi HD tersebut membuat output gambar dan warna menjadi lebih maksimal. 

Namun, untuk ukuran layarnya, ketiganya (Samsung J5  seri tahun 2015, 2016 ataupun 2017) memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah, J5 versi 2016 dan 2017 memiliki layar 5.2” dengan kerapatan layar ~282 ppi, sedangkan untuk jenis Galaxy J5 tahun 2015, layarnya hanya 5” namun memiliki merapatan layar yang lebih besar yaitu ~294 ppi.

Persamaan kedua dari 3 jenis ponsel pintar (smartphone) tersebut adalah kamera yang dipergunakan. Ketiganya kompak menggunakan kamera belakang dengan resolusi 13MP, resolusi tersebut tentu bisa menangkap gambar yang lebih baik dan jernih. Kamera Samsung J5 dilengkapi dengan autofocus dan juga LED Flash, dengan begitu ponsel pintar ini memungkinkan kita untuk bisa menangkap gambar walaupun di tempat yang kurang cahaya.

Persamaan lainnya dari Samsung J5 versi tahun 2015, 2016 dan 2017 adalah:
  1. Memori eksternal yang dipergunakan maksimal adalah sebanyak 256 GB. Masing-masing ponsel tersebut memiliki persamaan dan perbedaan untuk memori internalnya. J5 versi 2016 dan 2017 sama-sama memiliki memori internal sebesar 16 GB sedangkan versi 2015 hanya punya 8GB walaupun versi lain punya memori internal sebesar 16 GB.
  2. Jaringan internet. Ketiga jenis smartphone galaxy dari Samsung tersebut sudah dilengkapi dengan jaringan LTE namun yang membedakannya adalah kecepatan dari jaringan 4G LTE tersebut dimana versi 2017 memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan 2 versi sebelumnya.
  3. Adanya FM Radio yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan radio jika Anda bosan mendengarkan playlist yang ada di ponsel Anda.

Sedangkan perbedaan dari ketiga jenis ponsel dari Samsung tersebut pada dimensinya. J5 versi 2015 memiliki dimensi 142. X 71.8 x 7.9 mm dengan berat 146 gr. Versi 2016 berukuran 145.8 x 72.3 x 8.1 mm dengan berat 159 gr. Sedangkan versi 2017 memiliki dimensi 146.2 x 71.3 x 8 mm dan berat 160 gr.

Perbedaan yang lainnya dari Samsung J5 untuk versi 2015, 2016 dan 2017 adalah:
  1. RAM yang dipergunakan versi 2016 dan 2017 menggunakan RAM 2 GB sedangkan versi 2015 menggunakan RAM 1,5 GB.
  2. Komponen sistemnya. Versi 2015 menggunakan processor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dengan chipset Qualcomm MSM8916 dan kartu grafis Adreno 306. Versi 2016 menggunakan kartu grafis yang sama dengan versi 2015 yaitu Adreno 306 namun menggunakan processor Quad-core 1.3 Ghz Cortex A53 dan chipset Snapdragon 410. Sedangkan versi 2017, processor yang dipergunakan sudah Octa-core 1.6 GHz cortex A53 dengan chipset 7870 dan kartu grafis Mali T830MP2.
  3. OS yang dipergunakan. Versi 2015 menggunakan OS Android Lollipop yang bisa di-upgrade ke marshmallow, versi 2016 menggunakan OS v6.0 Marshmallow sedangkan 2017 menggunakan OS Android v7.0 Nougat.
  4. Baterai yang dipergunakan. J5 2015 menggunakan baterai removable Li-ion 2600 mAh, J5 2016 berbaterai non-removable Li-Ion 3100 mAh dan J5 2017, non removable battery Li-Ion 3000 mAh.

Nah itulah sobat sedikit ulasan yang berkaitan dengan Perbedaan Antara Samsung J5 2015, 2016 dan 2017 Jika ulasan atau artikel ini dirasa bermanfaat, boleh banget untuk bagikan atau disebar luaskan. Terimakasih atas kunjungannya. 

Tuesday, March 20, 2018

Cerita Pengalaman Melahirkan Anak Kedua: Skenario Allah Jauh Melebihi Rencana Manusia :)

20.3.18 4 Comments
Assalamu'alaikum..

Kamis, 8 Maret 2018 pukul 06.40 merupakan hal yang bersejarah bagiku. Alhamdulillah dengan normal dan selamat, lahirlah anak ke-2 kami ke dunia ini. Yaa, Alhamdulillah Allah masih memberikan kesempatan lagi bagiku untuk hidup kembali setelah melalui perjuangan cukup panjang, masa hamil dan melahirkan. Kata seorang ust., seorang ibu yang melahirkan anaknya, maka ia diibaratkan seperti terlahir kembali ke dunia  layaknya seorang bayi yang masih suci, Allahu'alam.

Monday, March 19, 2018

Tips Mengajarkan Anak Toilet Training

19.3.18 0 Comments

Sumber: Dreamstime.com

Assalamu'alaikum..

Adakah bunda di sini yang sedang mengajarkan toilet training pada anak? Kalau iya, toss ah, kita samaan berarti :) Sebenarnya saya pribadi sudah start sejak bulan Januari 2018 sih, tepatnya saat si kaka berusia 2 tahun 3 bulan. Sekarang kaka sudah menginjak 2 tahun 5 bulan. Tapi masih belum bisa sepenuhnya dikatakan berhasil sih. Yaa walau begitu, banyak perkembangan positif yang terjadi pada kaka.

Thursday, March 1, 2018

Menikmati Wisata Kekinian Bareng Keluarga di Old City 3D Trick Art Museum Kota Lama Semarang

1.3.18 6 Comments

Wefie Kekinian Bareng Keluarga di Old City 3D Trick Art Museum Kota Lama Semarang

Assalamu'alaikum Sobat Semua..
Momen bareng keluarga selalu menjadi hal yang spesial bagi saya. Ingin rasanya selalu mengabadikan setiap detik yang berjalan, sebagai sebuah dokumentasi yang kelak akan menjadi kenangan yang indah. Tak heran kalau isi galeri hape saya penuh dengan foto-foto si kecil, suami dan momen bareng keluarga kecil. Dikit dikit cekrek, dikit dikit cekrek habis itu upload di medsos, hehe. Entah ini hoby atau karena kebawa zaman yaa?:)

Friday, February 23, 2018

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatiakan Oleh Ibu Hamil dan Ibu Yang Sedang Merencanakan Kehamilan

23.2.18 4 Comments

Sumber: Vemale.com
Assalamu'alaikum..
Berbahagialah menjadi perempuan karena perempuan adalah makhluk pilihan Allah, yang memiliki tugas untuk melanjutkan kehidupan manusia. Perempuan menjadi kepanjangan tanganNya dalam meneruskan generasi (Bidan Mugi Rahayu)
Mengandung, melahirkan dan menyusui adalah kodrat seorang perempuan, dimana tugas ini tidak bisa diwakilkan kepada laki-laki. Melanjutkan estafet kehidupan manusia, sungguh merupakan tugas yang sangat mulia. Walau pada akhirnya, tidak semua perempuan Allah takdirkan untuk mengemban amanah merawat dan mendidik sang buah hati. 

Namun, selagi ruh masih bisa menggerakkan tubuh kita, rasa optimisme dan semangat berusaha harus senantiasa membara untuk bisa memiliki sang buah hati. Tentu tanpa melupakan do'a dan tawakkal pada sang pemilik jiwa. Kemarin pas saya mengikuti senam hamil, saya ketemu seorang ibu yang sedang mengandung anak pertama setelah 15 tahun menanti. Subhanallah, sebuah penantian yang panjang, tentu bukan sebuah hal yang mudah bukan?! 

Saya selalu terharu mendengar kisah perjuangan ibu-ibu yang tak pernah lelah untuk pantas diamanahi momongan. Berbagai cara agar cepat hamil , mereka lakukan. Yaa memang benar adanya, wilayah kita sebagai manusia hanyalah dengan terus berusaha, terus berdo'a dan berserah diri. Hasilnya? Kita serahkan pada Allah saja.

Semangat terus pokoknya bagi para ibu yang sedang menjalankan program hamil. InsyaAllah, Allah melihat usaha ibu semua. Semoga akan segera diberi amanah anak pada waktu yang terbaik yaa, Aamiin Yaa Rabbal'alamin. 

Menjaga kesuburan juga tak kalah penting dalam menjalankan program kehamilan. Dulu saya rajin makan kecambah, pernah juga minum susu untuk program kehamilan, bahkan teman saya ada yang yang mengkonsumsi As.Folat dan Vit.E. Vitamin E 400 IU yang terkandung dalam SANO-E katanya bisa meningkatkan kualitas sperma laki-laki dan memperbaiki lapisan dinding lahir untuk persiapan kehamilan. 

Bagi ibu yang sedang menjalankan program kehamilan, untuk lebih mantapnya, silahkan berkonsultasi dengan dokter kandungan yaa.
SANO-E, Untuk Menjaga Kesuburan

Bagi yang sedang diberi kesempatan untuk mengandung, yuks dijaga baik-baik kehamilannya. Dimulai dengan menjaga kesehatan jiwa dan raga ibu. Kesehatan jiwa sangatlah penting. Ibu yang bahagia selama mengandung, InsyaAllah janin yang ada dalam rahim ibu juga turut merasakan. Jadi selagi hamil, minimalisir hal-hal yang bisa memacu stress, upayakan supaya terus bahagia yaa :)
Makanan Sehat Ibu Hamil (Sumber: pixabay)
Kesehatan jasmani juga tak kalah penting. Ibu hamil harus memperhatikan apa yang ia makan. Walau pada prakteknya tidak semudah teori yang disampaikan. Apalagi pada trimester awal, seringnya mual, nafsu makan menurun dan akhirnya males makan. Terkadang lihat nasi saja sudah mual, bau bumbu masakan saja sudah hoek-hoek hiks, subhanallah nikmatnya ibu hamil :). 

Tapi upayakan kita jangan menyerah pada kondisi ini, paksakan untuk bisa makan! Cari alternatif makanan peganti yang membuat kita berselera kembali untuk makan, demi sang buah hati. Misal nasi diganti singkong, ubi atau roti sebagai sumber karbohidrat. Daging ayam diganti ikan-ikanan sebagai sumber protein hewani. Perbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral.

Oh iya, walaupun saat hamil tak ada pantangan untuk makan apapun, tapi tetap jangan berlebihan yaa. Pengalaman, pernah tuh ngidam durian, terus makan kebanyakan, habis itu kepala pusing gleyengan. Habis itu agak kapok ngga mau makan lagi selagi hamil. Berdasarkan referensi ternyata buah ini mengandung alkohol, jadi sedikit saja kalau mau nyoba. 

Pernah juga pengen jengkol, padahal udah lama banget ngga makan karena ngga suka baunya. Lah pas hamil ko yo pengen. Saya akhirnya beli di warteg beberapa buah. Padahal makan hanya 3 biji, eh langsung klenger waktu itu, hiks ngga lagi-lagi dah. Begitupun Buah Nanas atau Nangka, kalau kepengen, jangan banyak-banyak ya.

Terus jangan makan makanan yang masih mentah terutama daging. Takutnya terinfeksi bakteri yang ada pada daging tersebut. Makan sate juga upayakan sate yang mateng yaa, dan jangan sering-sering, sedikit saja. Kalau mau makan sayuran mentah, upayakan dicuci sebersih mungkin.

Selain menjaga asupan nutrisi, untuk menjaga kesehatan jasmani, ibu hamil juga dianjurkan untuk berolah raga secara rutin, tapi yang ringan-ringan saja yaa misal jalan kaki. Ini nih yang jarang saya lakukan, padahal udah tau teorinya, hm dasar pemalas hiks. Bisa juga melakukan senam hamil saat trimester tiga, beberapa kali saya juga pernah mengikuti. Lumayan bisa mengurangi pegal-pegal yang saya alami. Kepengen ikut yoga tapi belum kesampean, next time semoga bisa yaa.
Terahir, ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke faskes terdekat atau faskes pilihan keluarga. Pemerintah sendiri mewajibkan, pemeriksaan bumil dilakukan minimal selama 4 kali. Satu kali saat usia kandungan (uk)  sebelum 3 bulan, satu kali saat uk 4-6 bulan, dua kali saat uk 7-9 bulan.

Tingginya angka kematian ibu dan bayi pada tahun 2016 khususnya di Jateng, membuat pemerintah setempat waspada untuk menanggulangi ini. Untuk itu, pemerikasaan rutin sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Pemeriksaan rutin apa saja yang dilakukan selama kehamilan?

Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya, pengukuran tinggi badan satu kali selama kehamilan. Penimbangan berat badan (bb) dimana bb bumil sejak bulan ke-4, dianjurkan selalu ada pertambahan paling sedikit 1 kg/ bulan. Pengukuran tekanan darah (tensi darah), apabila tekanan darah lebih besar atau sama dengan 140/90 mmHg dimungkinkan ada faktor resiko hipertensi. Pengukuran lingkar lengan atas, pengukuran tinggi rahim, penentuan letak janin dan perhitungan denyut jantung janin.

Selain pemeriksaan di atas, juga dilakukan tes laboratorium untuk mengecek golongan darah, status hemoglobin untuk mendeteksi ibu hamil memiliki animea/ tidak. Tes HBsAg untuk mendeteksi kemungkinan bayi kuning saat lahir. Tes darah juga berfungsi untuk mendeteksi penyakit menular seperti HIV pada ibu hamil. Tes hemoglobin dilakukan dua kali selama kehamilan yaitu pada trimester satu dan tiga.

Saat pemeriksaan juga ada proses konseling terkait apa-apa saja yang harus ibu lakukan selama hamil. Kitapun bisa menyampaikan berbagai keluhan selama hamil kepada tenaga kesehatan. Jadi kalau ada keluhan atau hal-hal yang bikin ragu, jangan malu untuk bertanya yaa?!

Oh iya kita juga akan dikasih Buku Pink, buku panduan ibu hamil saat periksa. Buku ini sangat mencerahkan banget pokoknya, asal rajin dibaca tentunya :)

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatiakan Oleh Ibu Yang Akan dan Sedang Hamil
Ini Buku Pink, KTPnya Ibu Hamil :)

Selain itu, pasca pemeriksaan juga kita akan diresepkan vitamin untuk menunjang proses kehamilan. Vitamin yang diberikan pada tiap trimesternya beda-beda, sesuai kebutuhan janin. Ada Asam Folat, minyak ikan, Kalsium (Ca), penambah darah, Vitamin C. Yaa walau begitu, asupan makanan alamiah jangan dilupakan juga karena supplement yang disebutkan di atas hanya sebagai tambahan. Tetep pola makan dengan gizi seimbang adalah yang utama yaa bu.

Nah itu beberapa hal yang harus diperhatikan bagi ibu yang akan berencana dan sedang menikmati proses kehamilan. Apapun Takdir yang sedang kita jalani sekarang, nikmati dan jalankan saja dengan sebaik mungkin ya bu ibu. InsyaAllah semua ada hikmahnya dan setiap orang punya ujian dan anugerahnya masing-masing. Satu hal yang harus diyakini, Takdir Allah itu InsyaAllah yang terbaik buat kita, tetap semangat yaa?!

Wassalamu'alaikum..


















Tuesday, February 20, 2018

Sobat Mempunyai Rencana Liburan Impian? Ke Pulau Lombok Saja, Surganya Alam Indonesia

20.2.18 4 Comments

Assalamu'alaikum Sobat semua..menginjak bulan kedua di tahun yang baru ini, lagi pada sibuk apa nih? Adakah yang sedang merencanakan liburan? Lo, liburan hari gini?! Libur sekolah, libur akhir tahun, awal tahun, libur imlek pun sudah lewat, masa mau liburan lagi? Yaa siapa tau punya rencana liburan lagi kedepannya..iya kan?! Sebut saja Liburan Impian hehe.

Semua perlu perencanaan, begitupun dengan Liburan Impian. Masa segitunya? Yaps, saya punya sodara yang cukup rutin mengagendakan liburan keluarga saat liburan sekolah. Liburan keluarga ini merupakan "Family Time", untuk memperkuat hubungan dan ikatan batin diantara anggota keluarga. Tak hanya itu, mereka meniatkan liburan atau traveling atau bepergian atau perjalanan ini untuk ibadah, bertafakur akan CiptaanNya dan memenuhi perintahNya. Amazing kan?!
“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari Rezeki-Nya. Dan hanya kepadaNya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan (Q.S Al Mulk: 15)”
Bagi yang suka bertafakur (memikirkan/ merenungkan) akan ciptaan-Nya, cocok banget ni memilih tempat liburan yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Ngomongin obyek wisata dengan keindahan alam yang paripurna, Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini sangat pas dijadikan pilihan utama. 

Keindahan alam Pulau Lombok  tentu sudah tidak diragukan lagi. Mau menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya, jernih dengan keindahan biota laut yang terlihat jelas dari atas? Mau menikmati air terjun dengan pemandangan alam yang serba hijau disekitarnya? Atau bagi para pendaki, mau menikmati keindahan Gn. Rinjani? Semua ada di pulau ini! :)  Banyak juga destinasi wisata baru yang dikelola masyarakat dan penduduk setempat di sini, jadi dijamin sobat ngga bakal rugi.

Oh iya, Pulau Lombok juga berhasil menyambet penghargaan sebagai pemenang didua kategori yaitu World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang kompetisi dunia  the world halal halal travel summit/ exhbition 2015 (WHTS 15) di Abu Dabi, Uni Emirat Arab (UEA), tanggal 21 Oktober 2015. Ajang ini memperebutkan 14 kategori dan diikuti lebih dari 200 negara lho.
“Lombok adalah Perhiasan Halal Indonesia..”
Dan Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai pemenang ditiga kategori yaitu World’s Best Halal Tourism Destination, World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Family Friendly Hotel.   Sebagai Warga Indonesia, saya turut bangga dan bahagia akan kemenangan ini. Tentu sobat juga dong?!

Lalu seperti apa sih keindahan Pulau Lombok itu? apa saja yang bisa kita nikmati di sana? Ini dia   beberapa tempat yang bisa kita kunjungi saat berwisata di Pulau Lombok.

Taman Nasional Gunung Rinjani
Bagi yang mempunyai hoby mendaki gunung, wajib ni mengunjungi tempat ini. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3762 mdpl. Gunung ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Kalau Semeru punya Ranu Kumbolo, Gunung Rinjani ini punya Segara Anak. Selain itu, ada juga pemandian air panas alami yang letaknya tak jauh dari segara anak.
sumber foto : IndonesiaJalanJalan.com
Segara anak merupakan tempat favorit bagi para pendaki untuk bermalam saat melakukan pendakian. Segara anak merupakan Danau Vulkan dengan kedalaman 230 meter. Awalnya danau ini terbentuk dari kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air hingga berubah menjadi danau. Airnya berwarna biru laut di atas ketinggian 2000 mdpl. 

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan ikon sekaligus magnet wisata utama bagi Pulau Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 km ini dekat dengan Mataram. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan di sini, seperti layaknya di Pantai Kuta Bali seperti bermain pasir, berenang, melihat matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat keindahan karang bawah laut. Selain itu, sobat  juga bisa kulineran di sekitar pantai, dengan menu plecing kangkung dan ayam taliwangnya. Kata teman saya, kangkung di lombok itu kriuk kriuk, enak..hm, jadi penasaran yaa :)
 
sumber foto : anekatempatwisata.com
Gili Trawangan
Gili Trawangan merupakan pulau kecil di sekitar Lombok yang terkenal dengan sebutan ‘’Gili T”. Tempat ini memiliki pemandangan laut yang sangat memukau. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti Snorkeling, melihat keindahan bawah laut berupa beragam ikan yang cantik, terumbu karang yang berwarna warni. Saat berwisata, tak lengkap rasanya kalau ngga belanja, iyaa ngga? Tenang, sobat bisa berbelanja macam-macam souvenir di sekitar pantai ini :). Saking indahnya,  Gili Trawangan kerap disejajarkan dengan Hawai lo..
sumber foto : nationalgeographic.co.id
Narmada
Taman ini cocok dijunjungi bagi sobat yang ingin mengetahui kehidupan para raja di lombok pada masa lalu. Di sini sobat bisa masuk ke sebuah pura yang didalamnya terdapat air suci. Sobat boleh membasuh wajah dan beberapa bagian tubuh di sini.
sumber foto wisatania.com

Tempat ini terkenal dengan keberadaan taman raja seluas hampir 3 hektar. Bangunan ini terkenal dengan sebutan Taman Narmada dibangun sejak tahun 1700 an. Tempat ini terletak di desa Lembuak, sekitar 10 kilometer sebelah timur Mataram. Tempatnya di bawah kaki Gunung Rinjani. 

Didalamnya terdapat kolam tirta (pemandian air sejak zaman dahulu). Terdapat pula pura sebagai replika keagungan Rinjani. Sehingga raja yang sudah sepuh tidak perlu lagi pergi jauh mendaki gunung untuk melakukan berbagai acara kesucian.

Pantai Tangsi
Pantai di Lombok tidak hanya menyuguhkan pantai berpasir putih, tetapi menyediakan juga pesisir yang istimewa. Spesialnya pantai ini menyediakan pantai bewarna merah muda di Lombok Timur yang terkenal dengan sebutan Pink Beach. Warna merah muda ini berasal dari serpihan karang yang bercampur dengan pasir pantai. Fenomena ini termasuk jarang, bahkan hanya terdapat tujuh pantai saja yang memiliki pantai berwarna pink di seluruh dunia.
Sumber foto : batangtrip.wordpress.com
Air Terjun Benang Kelambu
Tak hanya gunung, pantai dan pura, Pulau Lombok juga mempunyai keindahan air terjun di kaki gunungnya. Salah satu air terjun eksotis yang harus sobat kunjungi yaitu Air Terjun Benang Kelambu. Kenapa disebut Air Terjun Benang Kelambu? karena air yang mengalir, layaknya benang tipis berukuran kecil. Air terjun ini terbagi menjadi beberapa aliran bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Oleh karena itu gemercik air yang terdengar halus dapat menenangkan jiwa dan raga. Cocok ni bagi sobat yang ingin bersemedi eh relaksasi diri maksudnya hehe.

Sumber foto : travelingyuk.com
Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep biasa disebut surga tersembunyi karena sangat kental dengan suasana alam yang masih asli. Namun yang harus diperhatikan, trek menuju tempat ini sangat menantang yaitu berupa jalan setapak. Butuh sedikit perjuangan ekstra untuk menuju tempat ini. Sobat akan diajak melewati bebatuan yang licin sebagai pijakan, menyusuri sungai yang berarus lemah yang airnya sangat dingin dan jernih.
sumber foto : dilombok.com
Walau begitu, sobat ngga bakal rugi deh karena di sini sobat akan dimanjakan dengan pemandangan dan suara air terjun yang dikelilingi tebing dengan pohon yang hijau dan rindang. Bisa kebayang kan gimana indahnya? 

Dengan beragam wisata alam yang dimiliki, Lombok sangat cocok untuk menjadi tujuan berwisata sobat selanjutnya. Jangan lupa atur jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary dan kemas barang bawaanmu yaa sobat semua. 

Nah itu sedikit gambaran beberapa tempat yang bisa dikunjungi saat sobat berlibur ke Lombok. Mau tahu lebih detailnya? Sobat bisa baca-baca di Wisata Lombok Blog Traveloka. Banyak info menarik dan penting jika sobat ingin Traveling ke Pulau Lombok. Atau sobat sedang mencari informasi mengenai tempat wisata lain? bisa banget meluncur ke laman blog traveloka yaa.

Oh iya, info penting lainnya, Traveloka juga mempunyai layanan baru yaitu  berupa paket tiket pesawat dan hotel dalam satu paket . Pesan paket pesawat dan hotel secara bersamaan lebih hemat lo dibandingkan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun, enak kan?!

Wassalamu'alaikum..