Friday, October 11, 2019

Menjelajahi Taman Bermain Bersama Traveloka Xperience

11.10.19 6 Comments
Assalamu'alaikum Sahabat, sepakat nggak kalau masa anak-anak adalah masanya bermain? Yaps, mata anak-anak saya selalu berbinar ketika saya ajak mereka untuk bermain. Cukup saya ajak mereka jalan-jalan keliling perumahan, lihat kucing, burung, sambil bercerita kesana kemari, mereka sudah sangat bahagia. Sampai-sampai agenda bermain yang sederhana ini selalu menjadi hal yang dinanti-nantikan oleh mereka, karena seringnya saya mengurung mereka berdua di rumah hehe...

Ya memang seringnya saya hanya mengajak mereka bermain saja di rumah, dengan menyediakan mainan-mainan dan buku-buku yang menurut kami sesuai dengan usia mereka. Tapi lama-lama mereka bosan. Apalagi seiring dengan bertambahnya umur, anak membutuhkan tingkat eksplorasi yang lebih, ruang yang lebih luas, obyek yang lebih variatif. Bermain, bagi mereka memang bukan hanya sebatas bermain. Ada proses belajar di sana, belajar mengenal dan menghafal sesuatu yang sebelumnya belum mereka tahu. Mereka lagi mengenal dunia, dengan caranya sendiri.

Menyalurkan Expresi si Kecil di Taman Bermain

Daya ingin tahu yang tinggi terekspresikan dengan kaki dan tangan yang selalu ingin bergerak, mulut yang selalu ingin mengoceh, Itulah mereka anak-anak. Namun terkadang orang dewasa mengartikan hal tersebut menjadi hal-hal yang berbeda dan unfaedah, anak  yang hiperaktif lah, anak yang tidak bisa anteng, anak rewel lah, dsb. Bahkan terkadang kamipun khilaf melakukan hal yang sama, Astaghfirullah...! Padahal, ketahuilah bahwa saat semua organ tubuh mereka aktif bergerak, hal itu sangat baik untuk perkembangan motorik halus dan kasar mereka.

Untuk menyalurkan kebutuhan mereka akan bermain, biasanya di waktu weekend kami mengajak mereka ke taman bermain yang agak jauh dari rumah. Yaa selain untuk mengajak mereka bermain, juga itung-itung family time, mencari suasana baru, penyegaran hati dan fikiran :)


Si Kaka begitu menikmati bermain kuda-kudaan :)

Biasanya kalau sudah di tempat ini, anak-anak akan susah diajak pulang hihi. Bisa berjam-jam kami di tempat ini, bermain dari satu arena ke arena yang lain. Orang tuanya udah lelah, eh anak-anak masih asyik ajah 😁

Kaka dan Adek main Rumah-rumahan :)
Oh ya, kalau biasanya kita pesan tiket masuk buat ke taman bermain ini di tkp, sekarang ada yang lebih praktis lo nggak harus antri, nggak harus nyiapin uang receh dulu. Terus lewat apa? Lewat Aplikasi Traveloka. Apalagi sekarang ada menu baru Traveloka Xperience yang menyediakan pilihan tempat bermain yang beragam. Bagi yang belum pasang di ponsel, kamu tinggal unduh aplikasinya di Play Store atau App Store, terus tinggal klik klik deh. Gampang kan?!
Giliran si adek nih yang bereksplorasi :)
Melatih Interaksi Sosial di Tempat bermain :)
Salah satu manfaat dengan mengajak anak-anak ke taman bermain, anak-anak jadi terlatih interaksi sosialnya dengan teman sebayanya. Jadi mereka terlatih untuk tidak takut sama orang. hehe.


Kaka Gowes gowes dulu yaa sob :)

Selain itu, dengan mengajak anak pergi ke taman bermain juga dapat memperkuat bonding dengan anak. Anak senang, orang tuapun senang 😊. Sekarang ini ada banyak alternatif taman bermain yang teman-teman bisa pilih, bisa indoor atau outdoor mau dalam kota atau luar kota. Pesan tiketnya bisa lewat Traveloka Xperience, ada banyak pilihan di sana. Selain taman bermain, ada banyak tempat yang bisa menjadi alternatif. Ada apa saja sih di Traveloka Xperience?

Traveloka Xperience, Menu Serba Ada Dari Traveloka

Tadi sudah menyinggung Traveloka Xperience, apa sih Traveloka Xperience itu?! Traveloka Xperience adalah nama baru dari salah satu menu pada aplikasi Traveloka yang dulu bernama Aktivitas dan Rekreasi. Ragam yang ditawarkan dalam menu Aktivitas dan Rekreasi kini semakin banyak. Semuanya disuguhkan dalam rangka untuk mewujudkan pengalaman yang lebih seru dalam menikmati aktifitas sehari hari ataupun liburan. Untuk memudahkan pengguna aplikasi dalam memilih kebutuhannya, Traveloka Xperience membagi kategori produknya kedalam 12 kategori sebagai berikut;

1. Spa dan Kecantikan

Selain belanja, ini nih yang wanita suka. Menanjakan diri dengan perawatan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Spa dan Kecantikan adalah kamar khusus bagi para wanita untuk bisa santai dan bisa eksis, baik untuk acara pribadi ataupun acara kantor. Pilihan yang ditawarkanpun beragam, mulai dari rias wajah, perawatan rambut, alis, hingga pijat refleksi.

Tampilan screenshot kategori Spa dan Kecantikan di aplikasi Traveloka

2. Atraksi

Tak pelu bingung seseruan dengan teman, kerabat dan keluarga, karena Traveloka Xperience menyediakan beragam atraksi yang bisa dinikmati bersama orang dekat atau orang tercinta. Baik suguhan lokal kedaerahan ataupun event nasional, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tampilan screenshot kategori Atraksi di aplikasi Traveloka

Atraksi Traveloka Xperience menyajikan beragam pilihan mulai dari taman hiburan, taman air, alam dan binatang, museum dan galeri, serta objek Wisata.  Jadi, semua yang seru terangkum di Atraksi.

3. Taman Bermain

Traveloka menyediakan referensi taman bermain untuk dewasa dan anak-anak. Sehingga banyak alternatif akhir pekan yang bisa kita pilih melalui aplikasi Traveloka. Jika taman bermain yang ada di kota sendiri sudah semua disambangi, cobalah untuk berlibur di taman bermain yang ada di luar kota yang sudah Traveloka tawarkan kepada kita. Pada menu Traveloka Taman Bermain, bukan hanya menjual tiket berbagai taman bermain, tetapi juga bisa mengisi saldo kartu taman bermain yang akan kita kunjungi.

Tampilan screenshot kategori Taman Bermain di aplikasi Traveloka

Nah kategori nih yang saya ceritakan diawal. Bagaimana kita sebagai orang tua memberikan waktu kepada anak-anak kita untuk bermain sendiri, mengekspresikan kaki dan tangannya pada aktivitas yang baik. Aktivitas yang lebih mengasah kemampuan diri serta interaksi sosialnya. Bukankah mengajak anak ke taman bermain ini sekaligus menyegarkan hati dan fikiran orang tua dari aktivitas kesehariannya?!

4. Event

Kalau di Atraksi tempat kita seseruan yang kita sendiri bisa terlibat langsung didalamnya, di Event ini kita bisa memanjakan diri dengan menjadi penonton setia pada pagelaran musik, seni dan pertunjukan lain yang kita suka. Bisa juga mendukung langsung jagoan atau artis yang kita sukai dengan melihat penampilannya langsung didepan mata kita.

Tampilan screenshot kategori Event di aplikasi Traveloka

5. Bioskop

Nonton film terbaru atau mau booking film presale juga bisa dilakukan di Traveloka. Traveloka Xperience memberikan pengalaman nonton yang mudah dan tanpa antri. Kita bisa memilih kursi film yang akan ditonton lewat aplikasi. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa memesan film yang sedang tayang hari ini dan 5 hari setelahnya. Kalau tiket pada jam yang akan kita pesan habis, kita bisa pilih jam lainnya. Bioskop Traveloka menyediakan pembelian tiket menonton untuk CGV, Cinemaxx, dan Flix di berbagai kota di Indonesia. 
Tampilan screenshot kategori Bioskop di aplikasi Traveloka

6. Hiburan

Tempat lain untuk mencari keseruan adalah di kategori hiburan. Banyak pilihan aktivitas yang ditawarkan mulai dari nyanyi-nyanyi bareng (karaoke), permainan memecahkan misteri atau asah otak (escape room), gokart dan ice skating, hingga permainan yang berhubungan dengan kolam yang sudah bisa dinikmati di kota-kota populer Indonesia. Dengan Traveloka Xperience, menyiapkan rencana kegiatan untuk liburan ke luar kota dijamin jauh lebih mudah!
Tampilan screenshot kategori Hiburan di aplikasi Traveloka


7. Makanan dan Minuman

Urusan perut memang tidak dapat dipisahkan saat traveling. Hati senang tapi perut kelaparan jadinya tidak bisa menikmati liburan. Nah, Manu Makanan dan minuman ini sangat cocok berkolaborasi dengan para pelancong yang bingung mau makan apa dan mau makan dimana. Tinggal pilih menu Manakan dan Minuman, maka aplikasi akan memberikan saran makanan apa yang bisa kita nikmati disekitar. Tak hanya itu, pesan lewat Traveloka bisa bebas antri karena ada antrian khusus bagi yang pesan lewat Traveloka (Easy Access). Beli voucher makan juga bisa, bahkan banyak yang memberikan potongan harga untuk voucher makan..
Tampilan screenshot kategori Makanan dan Minuman di aplikasi Traveloka

8. Olahraga

Biar makin pede dengan tubuh sendiri, olahraga itu penting. Traveloka Xperience menawarkan beragam pilihan olahraga, dari yang kena matahari sampai olahraga sambil ngadem diruangan AC. Dari mulai olahraga ringan hingga olahraga berat (ekstrim) semuanya ada di Traveloka.

Tampilan screenshot kategori Olahraga di aplikasi Traveloka

Traveloka Xperience menawarkan kemudahan melalui fitur Olahraga. Beberapa kegiatan olahraga yang bisa kita pilih di antaranya berenang, fitness, panjat dinding, bela diri, hingga loncat trampolin. Jadi bakar kalori nggak harus dengan cara ribet ya!

9. Kursus dan Workshop

Menu ini memberikan kita banyak pilihan atau saran kegiatan yang mungkin bisa kita pelajari lebih dalam. Kursus dan Workshop Traveloka hadir khusus untuk yang ingin mendalami hobi yang terpendam seperti menari, memasak, kelas kecantikan dan kursus-kursus lainnya.  Kursus yang ditawarkan bukan hanya untuk orang dewasa, tapi banyak juga kelas anak-anak.

Tampilan screenshot kategori Kursus & Workshop di aplikasi Traveloka

10. Pelengkap Travel

Liburan keluar negeri bingung dengan povider telekomunikasi saat sudah di negara tujuan? Tenang, Traveloka Xperience akan menjadi solusi atas kebingungan yang ada. Paket internet saat ini masih menjadi kebutuhan yang penting dalam berkomunikasi, karena banyak yang bisa dilakukan dengan paket data (internet) dari pada pulsa biasa. Traveloka memahami itu dan tidak ketinggalan memasukkan produk internet saat diluar negeri ke menu Traveloka Xperience.

Tampilan screenshot kategori Pelengkap Travel di aplikasi Traveloka

Pelangkap travel dari traveloka Xperience ini menawarkan paket internet kencang saat kita sudah berada di negara tujuan, Mau piknik atau perjalanan dinas ke Asia atau Eropa bisa beli paket dan kartu sim sementaranya di Traveloka. Disini juga bisa sewa kimono, jasa fotografer, penyambutan bandara, menikmati ruang tunggu bandara dan lainnya.

 11. Transportasi

Kalau di Menu Pelengkap Travel kita bisa disambut saat berada di bandara, di menu transportasi ini kita bisa diantar dan dijemut dengan transportasi pribadi yang nyaman dari bandara. Bukan hanya itu saja, disini juga menyediakan kartu sakti yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran transportasi umum di tujuan wisata. Ada juga kartu sakti yang bisa digunakan untuk pembayaran masuk ke lokasi wisata.

Tampilan screenshot kategori Transportasi  di aplikasi Traveloka

Menu ini akan memudahkan kita dalam memilih transportasi di tujuan wisata, apalagi tujuan wisata luar negeri yang kadang kita masih meraba raba naik apa dan bayar berapa. Sehingga disini menyediakan tiket terusan kereta api dan bus di luar negeri, bus tour keliling kota, hingga penyewaan sepeda dan segway dengan durasi tertentu

12. Tur

Traveloka Xperience menyediakan pilihan paket wisata yang akan membuat liburan menjadi semakin bermakna. Tidak jarang ketika kita liburan sendiri, kita bingung mau kemana dulu setelah kita tiba daerah wisata yang punya spot wisata yang tidak sedikit. Tur Traveloka Xperience ini bisa menjadi solusi untuk menjadikan waktu berlibur lebih efektif karena kita sudah punya jadwal tetap dan mendapat pemandu wisata berpengalaman.

Tampilan screenshot kategori Tur di aplikasi Traveloka

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai 12 kategori yang ada di Traveloka Xperience. Setelah menyimak 12 kategori diatas, sudah siapkan untuk melakukan #XperienceSeru agar mendapatkan pengalaman seru bersama Traveloka Xperience? 

Keunggulan Traveloka Xperience

Kenapa harus menggunakan Traveloka Xperience kalau kita bisa langunsung pesan sendiri lewat telepon atau langsung pesan tiket dilokasi?! Kalau itu yang ditanyakan, jawabannya dikembalikan pada selera masing-masing. Tapi bagi saya sendiri, kenapa harus memesan di Traveloka, karena punya banyak keuntungan dari pada pesan saat sudah dilokasi atau lewat telepon.

Jika ada yang baru pertama melakukan pemesanan melalui Traveloka, tenang, tak usah panik. Karena Traveloka akan siap sedia melayani pelanggan selama 24 jam. Selain itu, Traveloka juga menawarkan kemudahan pada penggunanya, mulai dari kemudahan memilih pesanan, kemudahan konfirmasi pesanan, kemudahan pembayaran dan kemudahan pelayanan.

Kemudahan Memilih Pesanan

Aplikasi Traveloka dibuat khusus untuk memudahkan penggunanya dalam memesan sesuatu melalui aplikasi Traveloka. Mulai dari tampilan yang nyaman dan menarik, tata letak yang memudahkan untuk pindah dari satu menu ke menu yang lain dan sebagainya. Sehingga pengguna bisa betah dan nyaman berlama-lama. Selain itu, kapan lagi bisa pesan tanpa antri panjang, mending waktu buat ngantri di gunakan buat kegiatan lain yang lebih penting.

Kemudahan Konfirmasi Pesanan

Tak perlu khawatir akan mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan saat kita menanyakan pesanan kita yang sudah dipesan lewat Traveloka. Karena semua transaksi sukses akan segera dikirimkan ke penyedia layanan dan mereka akan langsung menerbitkan e-tiket untuk kita. Jadi bisa dipastikan pesanan kita sudah masuk dan terkonfirmasi pada penyedia layanan. Karena cepatnya proses tersebut, Traveloka menamakan konfirmasi ini dengn konfirmasi instan.

Kemudahan Pembayaran

Sebagai bentuk pelayanan yang prima dalam hal pembayaran, Traveloka menyediakan beragam konfirmasi pembayaran mulai dari transfer manual, atm atapun pembayaran melalui vitual account yang bisa dibayarkan melalui pada beragam bank. Selain pembayaran lewat bank, pembayaran juga bisa melalui minimarket, kartu kredit dan e-wallet. Jika menghendaki pembayaran beberapa hari setelah pemesanan bisa juga menggunakan travelokaPay.




Gimana? Masih ragu memesan lewat Traveloka Xperience? Masih ragu untuk melakukan #XperienceSeru bersama Traveloka?

Sekian dulu cerita yang bisa saya bagikan. Kalau tulisan yang berjudul Menjelajahi Taman Bermain Bersama Traveloka Xperience ini bermanfaat, boleh kok untuk dibagikan.

Wassalamualaikum....

Tuesday, September 17, 2019

Apa saja kandungan air alkali

17.9.19 2 Comments

Assalamualaikum Sobat realitarelita.com...

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air atau cairan, metabolism di dalam tubuh juga bisa berjalan dengan baik jika air di dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Air merupakan kebutuhan penting yang dibutuhkan tubuh manusia di dalam segala jenis kegiatan yang dilakukan manusia, hal tersebut juga berarti bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa air. Salah satua air mineral yang kini sedang banyak di gemari karena manfaatnya yang sangat banyak yaitu air alkali. 

Meningkatnya popularitas air alkali akhir-akhir ini tidak terlepas dari khasiat yang dimilikinya. Memang, masih terdapat perdebatan mengenai seberapa besar dampak positif air alkali untuk tubuh. Adanya perdebatan tersebut tidak membuat orang menjadi takut untuk mencoba air alkali. Karena meskipun belum bisa dibuktikan fungsi air alkali cukup banyak dikarenakan kandungan yang ada di dalam air alkali sendiri. Air alkali mengandung ph yang tinggi dan mineral yang cukup banyak. Beberapa mineral yang ada didalam air alkali sendiri yaitu : 

1. Magnesium. Mineral ini berperan merubah makan menjadi energi dan bekerja untuk menjaga otot, saraf, jantung, dan ginjala tetap berfungsi normal. 

2. Kalsium. Mineral satu in tentu tidak asing. Kalsium berperan memperkuat tulang dan mendukung sistem peredaran darah yang sehat. 

3. Potasium. Mineral ini membantu menjaga relaksasi dan kontraksi otot dimana kedua hal tersebut sangat penting pada area di sekitar jantung. Selain itu potasium membantu pencernaan dan pengeluaran cairan. 

4. Sodium. Sodium memiliki 3 peran. Ke-3 peran tersebut adalah mengontrol tekanan darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan memengaruhi pergerakan otot. 

Adanya 4 kandungan yang bermanfaat tersebut membuat mengkonsumsi air alkali bagus untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya, tubuh dan organ-organ di dalamnya selalu berusaha bekerja untuk membuat kondisi pH dalam tubuh tersebut seimbang. Tidak boleh ada sesuatu yang berlebihan. Hal tersebut akan membuat munculnya ketidakseimbangan yang akan berdampak pada kesehatan tubuh dan kerja organ yang terganggu. 

Air alkali memegang peranan penting dalam mempercepat proses keseimbangan tersebut. Selain itu, dengan mengkonsumsi air alkali juga membuat Anda senantiasa menjaga kadar asam tubuh agar terus seimbang dan sehat. Manfaat air alkali untuk kesehatan sangatlah banyak jadi untuk tunggu apa lagi, ayo segera konsumsi air alkali maka kamu akan menikmati banyak keuntungan dari kandungan mineralnya. 

Nah, jika artikel yang berjudul Apa saja kandungan air alkali ini bermanfaat, jangan lupa untuk dibagikan atau disebarkan kepada yang lain juga. Terima kasih atas kunjungannya.

Tuesday, September 3, 2019

Cerita Hikmah: Seni Menikmati Hidup

3.9.19 2 Comments
www.realitarelita.com

Assalamualaikum Sobat realitarelita.com...

Suatu pagi aku bertemu seorang kakek yang sedang menjemur burung-burung peliharaannya di depan bangunan sekolah. Aku pun penasaran dengan aktifitas si Kakek. Setelah aku melihatnya lebih teliti, ternyata ada banyak burung yang beliau pelihara dan burungnya tidak sejenis. Mungkin sekitar 15 ekor ada kayaknya untuk keseluruhan. 

Awalnya aku menyangka burung yang sedang di jemur si kakek adalah burung yang diperjual belikan alias si kakek ini jualan burung hias dan burung kicau. Aku pun penasaran dan memberanikan diri untuk bertanya. Setelah kutanya, ternyata burung-burung yang ia jemur adalah burung peliharaannya semua. Beliau memelihara burung hanya sebatas hoby dan untuk menghibur dirinya, kata beliau "sudah tua mau ngapain lagi". Tapi tidak semua orang tua memiliki kesibukan khusus seperti kakek ini. 

Mungkin beberapa orang akan berfikir, "ngapain capek-capek ngurus burung, banyak lagi jumlahnya, nambah-nambahin kerjaan saja! Kasian si kakek sudah tua, mending waktunya dipakai untuk istirahat". 

Tapi kalau kita mau berfikir positif, bukankah hal tersebut merupakan cara dan pilihan si kakek tersebut untuk menikmati hidup? Kenapa uga orang lain yang harus ambil pusing? Selama aktifitas si kakek tidak mengganggu orang ain?!

Ini hanya persoalan berbeda cara pandang seseorang terhadap kebiasaan si kakek. Beda kacamata kita memandang, akan menjadi beda pula cara kita mengungkapkan isi atau perasaan. Yang menurut kita capek, sia-sia tapi menurut beliau justru hal tersebut adalah sesuatu yang sangat membahagiakan hatinya bukan?

Aktifitas apa yang lebih mengasyikkan dari pada mengerjakan sebuah hoby?! Ya, itulah apa yang sudang diperbuat si kakek, yaitu menikmati hobi, meski harus tiap hari nyemprotin tu burung yang jumlahnya banyak, ngasih makan yang kadang nilainya tidak sedikit, bersihin kandang dari kotoran, sering ganti wadah air minum, pagi dikeluarin untuk di jemur, malam dimasukin ke rumah agar tidak diambil orang dan aktifitas lain yang menyertainya.

Jadi teringat, Aku juga punya kakak yang suka banget sama ayam. Beliau sangat telaten mengurus ayam-ayamnya layaknya mengurus bayi atau anaknya sendiri. Ayam tersebut kalau ada si kakak bisa tiap hari dimandikan, tiap hari dikasih vitamin seperti minyak ikan, vitamin lainnya, Diurusin dan dikasih obat kalau sakit, dikelambui, pokoknya banyak aktifitas yang dilakukan si Kakak kepada si Ayam. Bahkan saat kakak bekerja di luar kota, tak lupa ia selalu menelepon dan berpesan tentang ayamnya. Tak jarang yang pertama ditanyakan yaa kabar ayamnya, bukan kabar isrinya. Sampai-sampai sang istri kadang cemburu sama si Ayam.. hihi lucu ya...., cemburu ko sama ayam katanya. Tapi ya gitu, memang pantas kok di cemburuin.

Wajar juga sih, kitapun kalau ada suami yang lebih memperhatikan barang kepunyaannya atau hewan peliharaannya akan merasa demikian, karena itu adalah fitrah perempuan. 

Ada lagi orang yang suka banget naik gunung. Sampai semua gunung pernah di daki, suka menikmati keindahan alam katanya. Kalau Aku pribadi jujur Aku kapok naik gunung hihi..  Capek, Kaki seolah mau copot, deregdeg baik di medan turunan atau tanjakan.

Paling hikmah yang bisa aku ambil dengan mendaki gunung Aku jadi lebih sering beristighfar karena kadang tanpa diduga menemui kondisi-kondisi darurat kaya licin, banyak pohon tumbang, banyak batu besar yang bisa saja tanpa sengaja bikin kita tergelincir. Apalagi kalau sudah nggak kuat naik, ndelor sambil istigfar terus-terusan. Oh iya sama yang enaknya ya kalau sudah sampai puncak dan duduk sejenak, kemudian berdiri melihat pemandangan sekitar. Maa Syaa Allah indah sekali rasanya pemandangan dari atas gunung. Bagaimana indahnya syurga kalau di dunia saja ada yang sindah ini.

Tapi begitulah memang.. Setiap orang mempunyai caranya tersendiri untuk menikmati hidup. Lalu bagaimana dengan kita? Yaa semoga saja kita sudah bisa menemukan cara untuk menikmati hidup kita, karena tak jarang ada juga orang yang merasa belum tahu bagaimana dia menikmati hidupnya. Apapun itu, semoga saja kita bisa menikmati hidup kita dengan sesuatu yang lebih bermakna, sesuatu yang bisa membawa kemanfaatan untuk banyak orang dan meniatkannya untuk ibadah :)

Segera temukan cara menikmati hidup jika belum tahu cara atau jalannya. Jangan sampai menyesal karena di dunia ini kita tidak menikmatinya, padahal fasilitasnya sudah Allah bentangkan untuk kita. Lebih baik lagi nikmati hidup yang membuat Allah ridho dengan kita, jangan memilih yang menjerumuskankita pada jurang kehancuran atau malah mendatangkan murka Allah

Selamat menikmati hidup, Di drfat di Semarang, tanggal 6 July 2019. Di publikasikan di Semarang tanggal 3 September 2019

Jika artikel yang berjuduk Cerita Hikmah: Seni Menikmati Hidup ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebar luaskan. terimakasih atas kunjungannya..

Wednesday, July 17, 2019

Mengurus Kartu Sim Indosat yang Hilang di Galeri Indosat CSB Mall Cirebon

17.7.19 2 Comments
Assalamualaikum Sobat realitarelita.com...

Sudah masuk bulan Dzulqodah, tapi peristiwa di awal syawal tak masih membekas, apalagi ada pemicu yang membuat ku ingat tentangnya (susah move on). Insiden yang mengakibatkan smartphone kesayangan saya hilang, walaupun hanya ditinggal beberapa detik saja. Akibat dari kejadian itu, mau tidak mau saya harus mengurus kartu ke Galeri Indosat untuk dapat mengaktifkan kembali nomor saya yang hilang. Tentunya data-data yang disimpan di kartu sim nggak bisa dipulihkan seperti sedia kala. Beberapa pesan konvensional dan beberapa nomor telepon yang masih disimpan di kartu sim harus dikhlaskan karena tidak bisa terback-up otomatis.

Baca Juga : Cerita Malam Takbiran ; Ceroboh bisa mengakibatkan Hilangnya Ponsel



Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi pengalaman ketika saya mengurus kartu sim (sim card) indosat 4G yang baru dengan masih menggunakan nomor lama di Galeri Indosat yang ada di pusat kota Cirebon, tepatnya di Cirebon Super Block (CSB) Mall. Salah satu mall besar yang ada di kota Cirebon. Bisa dipastikan jika musim liburan atau akhir pekan banyak pengunjung mall yang berasal dari luar kota cirebon, khusunya daerah wilayah 3 Cirebon seperti Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab Indramayu dan Kab. Cirebon sendiri.

Saking Besarnya CSB Mall, banyak tenant yang membuka cabang di CSB mall, salah satunya adalah customer care Indosat atau yang biasa disebut dengan galeri indosat. Di galeri Indosat ini, pengguna kartu milik indosat seperti kartu Im3, mentari dan matrix bisa melakukan konsultasi seputar permasalahan kartu yang dipakai, seperti kartu hilang, kartu tidak terbaca di ponsel, kartu tidak muncul sinyal atau permasalahan lainnya. 

Bagi yang ingin mengurus kartu hilang di galeri Indosat CSB Mall, syarat wajib yang harus dipersiapkan diantaranya adalah ; 

1. KTP Asli, dan

2. Uang Tunai

Dua syarat tersebut wajib dipenuhi kalau kita ingin mengaktifkan kembali kartu indosat yang hilang atau ingin mengupgrade kartu lama kita menjadi kartu berteknologi 4G atau kartu 5G di galeri Indosat.

KTP digunakan untuk memverifikasi dengan data yang sudah terekam pada sistem data pelanggan Indosat. Jadi kalau tidak bawa kartu identitas ya permohonan tidak bisa dilanjutkan. Jika tidak ada KTP bisa dicoba dengan kartu pelajar ataupun Surat Izin mengemudi (SIM).

Setelah saya menyodorkan KTP kepada petugas, petugas langsung mengecek data diri saya dan  beberapa saat kemudian langsung memberikan kartu baru kepada saya. Prosesnya nggak ada 2 menit, cepet banget pokoknya. Nah setelah itu petugas menginfokan, bahwa sebenarnya dalam proses pengurusan atau penggantian kartu uang hilang itu tidak ada biaya sama sakali alias free, hanya saja pihak galeri memberlakukan cross selling dengan cara pemohon membeli sejumlah pulsa tertentu yang akan diisikan di nomor indosatnya. Ya jadi balik ke kita lagi pulsanya, tanpa ada potongan untuk jasa pengurusan kartu baru.

Cross Selling ini hampir diberlakukan disemua provider telekomunikasi. Ketika ada seorang pelanggan yang mengurus kartu hilang atau kartu rusak atau upgrade kartu, petugas akan memberlakukan cross selling atau pembelian silang karena kita telah dibantu dalam mengurus kartu untuk diupgrade atau mengurus kartu yang rusak atau hilang.

Jadi uang tunai yang menjadi syarat wajib tersebut akan kita gunakan sebagai biaya cross selling yang diterapkan oleh galeri indosat. Mengenai cross seling ini, ada provider di daerah lain yang memberlakukan cross seling senilai 150 ribu rupiah yang nantinya pelanggan akan diisikan pulsa sejumlah 150.00

Baik lah sekian dulu sesi curhati kali ini.. Semoga bisa menjadi referensi sobat semuanya. Jika artikel yang berjudul Mengurus Kartu Sim Indosat yang Hilang di Galeri Indosat CSB Mall Cirebon ini bermanfaat, sangat dibolehkan untuk dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya sobat...

Tuesday, June 25, 2019

Cerita Malam Takbiran ; Ceroboh Bisa Mengakibatkan Hilangnya Ponsel

25.6.19 0 Comments

Assalamualaikum sobat realitarelita.com...

Tak terasa sekarang kita sudah dipenghujung bulan syawal. Sudah khatamkah puasa 6 hari dibulan syawalnya sobat? Yang sudah selesai semoga mendapat keutamaan seperti yang Rasulullah sabdakan, dan yang belum selesai semoga bisa menuntaskan puasa syawalnya sebelum bulan dzulqodah datang, agar bisa juga mendapat keutamaan yang rasulullah sabdakan.

Baca Juga : Mengurus Kartu Sim Indosat yang Hilang di Galeri Indosat CSB Mall Cirebon

Seperti yang sudah kita ketahui mengenai keutamaan puasa 6 hari dibulan syawal biasanya berpedoman pada hadist "Barangsiapa yang berpuasa (di bulan) Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya (melanjutkannya) dengan (puasa sunnah) enam hari di bulan Syawal, maka (dia akan mendapatkan pahala) seperti puasa setahun penuh.” [HR. Muslim 1164]. 

Puasa 6 harinya kalau menurut jumhur ulama (pendapat kebanyakan/ mayoritas ulama) tidak harus 6 hari berturut-turut, asalkan dilaksanakan di bulan sayawal dan diniatkan puasa 6 hari dibulan syawal, insyaAllah sudah termasuk bagian dari puasa 6 hari syawal seperti yang disabdakan.

Terus pertanyaan selanjutnya, harusnya kita meng-qodho puasa ramadhan dulu atau puasa 6 hari syawal dulu sih?!  Kalau itu jawabannya  tergantung masing-masing, lebih nyamannya seperti apa. Tapi karena bulan syawal itu berbatas hari, mending utamakan puasa syawal dahulu, baru setelah tuntas syawalnya kita lanjutkan dengan bayar qodho puasa ramadhan. hal ini juga berlaku bagi puasa lain yang berbatas waktu, seperti puasa asyura, puasa arofah dan puasa khusus lainnya, yang puasanya hanya bisa dilaksanakan dibulan atau hari tertentu bisa didahulukan dari pada mengqodho puasa ramadhan. Kita berdoa saja masih diberi umur untuk bisa menuntaskan puasa ramadhan yang pernah tertinggal.

Pada artikel kali ini sebenarnya ingin menceritakan cerita malam takbiran dengan subtema cerita hilangnya ponsel di malam lebaran. Agak horor-horor gimana gitu tema artikelnya. Karena ndak nyangka saja itu ponsel bisa hilang dimalam takbiran.

Pencurian di Malam Takbiran (Malam Lebaran)

Pencurian ini terjadi tepat selepas shalat maghrib saat kita baru selesai berbuka di hari terakhir ramadhan. Seperti biasa, selepas berbuka kami bersantai sejenak didepan rumah sambil ngobrol bersama keluarga yang lain. Saat itu pas ada kakak yang sengaja main, karena mau jemput anak-anak agar bisa menyaksikan takbir keliling. Pokoknya setiap ada hiburan yang bisa disaksikan anak-anak, sebisa mungkin budhe nyamperin anak-anak. Makasih Budhe sudah ajak main Kak kamila dan Dek Khalif..

Setelah perbincangan selesai, duo krucilpun dibawa sama BuDhe nya untuk diajak mengikuti takbir keliling selepas isya. Malam itu bertepatan dengan malam hari raya, dimana setiap mushola atau majlis taklim biasanya punya kafilah sendiri untuk mengerahkan masa dengan segala atributnya dan mengumandangkan takbir disepanjang jalan.

Kami pun masuk kedalam ambil kunci motor. Mumpung si krucil ada yang ngajak main, saya dan suami  berencana pergi keluar cari martabak telor. Sebelum masuk kedalam, memang ada 2 ponsel yang tergeletak di sompang yang ada diluar. Sompang sendari dalam bahasa daerah sini adalah tempat duduk memanjang yang dibuat dari kayu atau bambu.

Sebenarnya, saat semuanya hendak masuk kedalam,  ibu sudah mengingatkan kami untuk membawa hape yang ada di sompang, dan sayapun dengan sigap mengambil ponsel tersebut. Tapi setelah sudah menyalakan mesin motor dan suami menanyakan ponselnya yang saya amankan, ternyata disaku baju hanya ada 1 ponsel saja, yang ada hanya ponsel suami, ponsel saya sendiri tidak ada disaku gamis.

Untuk memastikan keberadaan ponsel tersebut, sayapun menanyakan kembali ke beberapa keluarga yang tadi duduk-duduk bersama kami. Mereka menyangkanya memang sudah diambil/ dibawa semua, karena ibu tadi sudah menyuruh demikian. Karena tidak ada yang tahu, sayapun tambah panik karena barang kesayangan itu tidak ada dirumah. Saya pun menyusul si kecil, siapa tahu memang kebawa sama si kakak. Saya dan suamipun pergi ketempat Budhe dan ternyata si kakak tidak membawa hape.  Yah, kalau sudah ditangan orang lain, sangat kecil kemungkinan untuk kembali.

Rumah Pinggir Jalan dan Ramai Lalulalang, Rawan Pencurian

Perlu diketahui, rumah mertua memang tepat berada di gang yang menjadi lalu lintas orang lokal, pendatang atau peziarah yang hendak mandi ke sumur keramat sunan gunungjati atau ingin shalat di masjid agung sunan gunungjati. Rumah ibu mertua hanya berjarak 50 meter saja dari masjid. Jadi bisa dibilang jalannya tidak pernah sepi, tiap menitnya pasti ada saja yang lewat. Dan jika ada barang yang tergeletak atau tertinggal didepan rumah akan cepat menjadi rebutan oknum yang tidak bertanggung jawab.
Ingat pencurian itu ada bukan hanya karena ada niat, tapi juga karena ada kesempatan
Oh iya, sehari sebelumnya adik ipar juga kehilangan hape. Ia baru sadar saat ia sudah berada dirumah selepas buka bersama dengan teman-temannya. Tapi beberapa bulan yang lalu, adik ipar juga pernah kehilangan smartphone Samsungnya yang baru dipakai bebeapa pekan saja. Kejadiannya persis seperti saya, tergeletak di sompang depan rumah, lengah sedikit sudah raib itu barang. 

Yang memprihatinkan lagi, ada tamunya ibu yang baru ambil uang tunai di ATM sebesar 5.000.000,- (lima juta rupiah), saat makan diwarung ibu, tasnya dia tidak jaga baik-baik hanya diletakkan disampingnya saja. Setelah selesai makan dan hendak melanjutkan perjalanan ke masjid, ia pun panik karena tas disampingnya yang berisi uang itu raib. 

Nah, jadi pelajaran memang, karena depan rumah merupakan tempat lalu lalang siapapun, kami pun harus lebih hati-hati jika menaruh barang didepan rumah, terutama tas dan barang-barang elektronik. Rumah ibu memang selalu terbuka saat jualan. Bahkan saat ibu berada dikamar untuk berbaring menghilangkan sedikit lelah, pintu itu selalu terbuka lebar. Tak jarang juga ada tamu yang masuk kedalam meminta aliran listrik untuk mengisi baterai ponselnya yang habis.

Pintu Rumah Terbuka 24 jam

Sayapun masih kepikiran itu hape, mana laporan PR kakak selama liburan harus dilaporkan via grup whatsapp yang ada di ponsel lagi! Belum hal-hal penting lain yang ada diponsel seperti kontak, kumpulan foto dan beberapa chat penting yang belum dibackup, dan file atau dokumen penting lain baik dimemori internal ataupun dimemori eksternal.

Saat itu saya masih sangat berharap, di malam hari raya tersebut, si pemegang hape saya mengetuk rumah dan mengembalikan ponsel saya, karena pintu rumah terbuka lebar dan buka 24 jam. Disamping karena bapak bertugas menjadi pengurus RT yang rumahnya dugunakan untuk menerima dan menyalurkan zakat fitrah hingga larut malam. Juga biasa dipakai adik dan teman-temannya untuk begadangan hingga fajar menjelang.

Find My Device Tak Bisa Menemukan Ponsel Yang Hilang

Saat itu suami langsung login email yang dipake saya diponsel android yang hilang. Suami berusaha melacak posisi ponsel dengan modal akun email yang dipakai untuk login OS android. Pesan whatsapp yang pernah dikirimpun masih centang satu, dihubungi juga tidak ada sahutan berarti sepertinya posisi ponsel dalam keadaan mati atau sudah langsung direset ke pengaturan pabrik.

Suami juga menginstal Google Temukan Perangkat Saya (Find My Device), tapi memang percuma. Alat itu bekerja jika ponsel dalam keadaan hidup dan paket datanyapun aktif. Jika ponsel dalam keadan mati, atau posisi hidup tapi paket data di non aktifkan maka pencarianpun tidak akan bekerja. Bisa dibilang percuma saja tidak bisa melacak ponsel yang hilang. Karena ponsel atau akun google akan mengirimkan posisi ponsel berdasarkan GPS google yang memerlukan internet.

Atau jika ponsel nyala dan data internet nyala, tetap kita akan kesulitan melaacak, karena akurasi lokasi itu bisa sampai 5-25  meter. Jadi ketika kita berada dititik yang persis seperti posisi yang dilaporkan tetap akan kesulitan. Tapi jika memang aktif dan kita berada di dekat ponsel yang hilang, melalui aplikasi find my device, kita bisa membunyikan perangkat yang hilang agar posisi ponsel yang akurat bisa diketahui. 

Kabar Baik Yang Meleset

Menjelang subuh suami mencoba login ke pengaturan akun google dan berusaha melacak keberadaan ponsel lewat histori google maps atau GPS google. ternyata posisinya terdeteksi di daerah Klayan. Klayan sendiri merupakan nama desa yang ada di kecamatan gunungjati. Lokasi terakhir yang muncul pada pukul 04.15 WIB. Habis solat subuh suami langsung menyambangi lokasi terkahir tersebut dan ternyata nihil. Lokasi yang menjadi titik terakhir adalah kebun pisang dan jalan buntu. Dan jika sudah begini susah untuk bisa kembali.

Akhirnya perlahan saya mencoba mengikhlaskan. Benar saja, siang hari dihari raya email saya sudah tidak aktif di device ponsel yang hilang. Dalam pengaturan email udah tidak ada daftar perangkat ponsel yang aktif dipakai oleh email tersebut. Pada tampilan aplikasi find my devise juga perangkat saya ikon layarnya sudah tidak menyala lagi.

Pesan WA juga masih centang sampai saya urus kartu baru di galeri Indosat CSB Mall Cirebon. Untung saja galeri indosat yang ada di Mall tidak libur, jam bukanya sama seperti jam buka mall itu sendiri. Besoknya kami agendakan untuk ngurus penggantian kartu yang hilang.

Baca Juga : Mengurus kartu Indosat yang Hilang di Galeri Indosat CSB Mall Cirebon

Sementara ponselnya saya pake ponsel cadangan suami. Bersyukur suami masih punya serep ponsel android dari smartfren. Ponsel itu ia dapatkan dari program promo tebus murah ponsel Andromax 100ribu bagi pelanggan yang mempunyai kartu smartfren CDMA dan mendapat SMS promo dari smartfren. Saat itu CDMA akan dinonaktifkan dan migrasi ke VOLTE atau 4GLTE smartfren, jadi untuk mempertahankan pelanggan, smartfreen jor joran mengadakan promo mengganti ponsel CDMA bagi pelanggan smartfren.

Baca Juga:
-  Stok Adnromax A Dibatasi, ini promo pengganti yang ditawarkan oleh Smartfren
Cara Mudah Agar Nomor Smartfren Kita Mendapatkan SMS Promo Potongan Harga Dari Smartfren

Setelah dapat kartu baru dan aktif, barulah pesan lama yang pending pada masuk. Alhamdulillah masih ada percakapan yang terback-up meskipun tidak semuanya. Percakapan 3 hari terakhir belum sempat terbackup karena akun whatsapp sendiri disetting memback- up otomatis seminggu sekali.

Nah itulah sedikit cerita sedih di malam lebaran. Jika artikel yang berjudul Cerita Malam Takbiran ; Ceroboh bisa mengakibatkan Hilangnya Ponsel ini bermanfaat boleh kok dibagikan atau disebarluaskan, untuk jadi perhatian dan kewaspadaan bagi yang lain. terimakasih atas kunjungannya.

Saturday, May 11, 2019

Manfaat Sabun Food Grade untuk Mencuci Perlengkapan Makan Bayi

11.5.19 3 Comments
Assalamualaikum bunda...
Semua sepakat kan ya kalau sabun cuci sangat dibutuhkan saat membersihkan piring kotor dan perlengkapan rumah tangga lainnya?!. Namun, jangan gunakan produk sabun cuci sembarangan. Sebab, sabun akan menjangkau peralatan makan Bunda dan berdampak pada kesehatan penggunanya. Apalagi untuk membersihkan perlengkapan makan bayi yang harus dijamin aman. Daya tahan tubuh si kecil biasanya masih rentan, salah sedikit memberikan apa-apa pada si kecil termasuk penggunaan sabun untuk memcuci peralatan atau perlengkapan makannya sangat berisiko bagi si kecil.

Nah, tahukah Bunda, bahwa produk sabun cuci food grade sangat disarankan untuk membersihkan perlengkapan makan si kecil? Agar saluran cernah si kecil tidak terkontminasi dari zat-zat yang seharusnya tidak masuk pada si kecil. Berikut ini akan diulas beberapa manfaat penggunaan sabun food grade untuk Bunda.

Mengandung Bahan Baku yang Aman untuk Bayi

Sebagai seorang ibu, tentu Bunda tidak mau apabila si kecil akan terserang penyakit akibat pemilihan sabun cuci yang salah. Nah, salah satu sebab sabun cuci salah tersebut dipengaruhi  oleh bahan baku yang tidak aman. Untuk itu, sabun food grade adalah solusi yang tepat. Salah satu manfaat penggunaan produk ini adalah jaminan bahwa perlengkapan makan bayi akan aman. Sebab, bahan baku sabun ini sangat aman untuk bayi alias tidak berbahaya. Sebagai contohnya yaitu Bottle Nipple & Accesories Cleanser dari Sleek Baby. Produk ini sudah terbukti secara dermatologi aman bagi kulit bayi sekaligus kulit Ibu saat mencuci. Satu lagi, Bottle Nipple & Accesories Cleanser dari Sleek Baby ini bebas dari paraben lho.

Mampu Mencuci Lebih Bersih

Selain terbukti aman karena tidak mengandung bahan baku yang berbahaya, produk pencuci foodgrade Bottle Nipple & Accesories Cleanser dari Sleek Baby ini juga mampu mencuci perlengkapan makan bayi menjadi lebih bersih lho! Ketahuilah, salah satu faktor penggunaan produk pencuci foodgrade ini dapat mencuci lebih bersih karena mengandung formula yang kental. Selain mencuci lebih bersih, formula kental juga efektif mencuci lebih cepat dan membunuh bakteri jahat.
Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap

Masalah bau tak sedap sering dialami Ibu ketika mencuci perlengkapan makan si bayi. Nah, kini Ibu tidak perlu khawatir karena produk pencuci foodgrade dari Sleek Baby dapat mengusir bau tak sedap dengan kandungan stain removal formulanya. 

Yuk mulai lengkapi kebutuhan si bayi dengan gunakan sabun pencuci perlengkapan makan yang tepat!

Nah sekian sahring tipis-tipis terkait tips memilih sabun cuci yang tepat untuk si kecil, khususnya untuk mencuci perlengkapan atau peralatan makannya. Jika artikel yang berjudul Manfaat Sabun Food Grade untuk Mencuci Perlengkapan Makan Bayi ini bermanfaat, silakan di bagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya.

Thursday, May 9, 2019

Cara Mudah Menghitung Denda Pajak Kendaraan Motor

9.5.19 1 Comments

Assalamualaikum Bunda..
Urusan membayar pajak motor dan memperpanjang STNK haruslah dilakukan bagi siapa pun yang memiliki kendaraan bermotor. Ya meskipun tidak harus pemilik kendaraan yang harus mengurusnya secara langsung. Jika sibuk atau belum ada waktu luang, pemilik kendaraan bisa minta bantuan kepada saudara, tetangga atau orang lain yang bisa kita mintain bantuan. 

Jangan sampai deh kita telat ngurus yang begituan, karena jika pemilik atau pengendara motor telat melakukan pembayaran pajak, maka siap-siap saja akan mendapatkan denda pajak motor. Jika kita bisa membayar pajak secara rutin dan tepat pada waktunya, maka kita akan lolos ketika dilakukan pemeriksaan serta tidak akan mendapatkan surat tilang, dengan syarat fisik kendaraannya lengkap sesuai aturan. 

Ada beberapa masyarakat yang membayar pajak tepat waktu, ada juga para masyarakat yang masyarakat yang tidak membayar pajak dengan tepat waktu. Ada beberapa orang yang tidak mengetahui, bahwa membayar pajak dapat dilakukan secara online sekarang ini. bahkan kita pun juga bisa melakukan perhitungan untuk membayar biaya denda pajak yang terlambat. Dengan demikian, maka kita dapat memperhatikan ketentuan umum seperti berikut ini:
  • Besar kecilnya denda kendaraan bermotor tergantung pada kendaraan yang dimiliki. Selain  besaran denda kendaraan bermotor berbeda, tentunya  besaran biaya pajak pun juga akan berbeda.
  • Denda akan diberikan apabila 1-2 hari dari keterlambatan denda yang telah dibayarkan. Jadi telat maksimal 2 hari tidak dikenakan denda. Denda akan diberlakukan di hari ketiga.
  • Apabila kendaraan bermotor telat 1 minggu, maka biaya denda akan dihitung 1 bulan.
  • Apabila pajak telat selama 1 bulan maka akan dihitung 2 bulan, meskipun keterlambatan 1 bulan lebih dari 1 hari sekalipun.
  • Apabila pembayaran pajak terlambat 1 tahun, maka perhitungan denda akan dikalikan 12 kali per 12 bulan.
Itulah perhitungan pembayaran pajak yang harus dibebankan kepada pengguna motor yang mengalami keterlambatan dalam pembayaran pajak. Melihat denda yang diberikan tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah bukan? Bahkan hal ini pun justru akan lebih memberatkan diri kita jika mengalami keterlambatan dalam pembayaran pajak.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita membayar pajak tepat pada waktunya dibandingkan dengan kita harus membayar denda pajak yang justru lebih banyak. Peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah ini pun berguna sebagai cara untuk menyadarkan masyarakat pengguna jalan agar bisa taat pada pajak. Pembayaran pajak tepat waktu akan jauh lebih murah dibandingkan dengan  pembayaran cicilan untuk pembelian rumah minimalis. Sehingga pastikan kita tidak sampai telat dalam pembayaran pajak.

Sekian dulu sharing artikel tentang denda dan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Jika artikel yang berjudul Cara Mudah Menghitung Denda Pajak Kendaraan Motor ini bermanfaat, silakan disebarluaskan atau dibagikan. Terima kasih atas kunjungannya.

Monday, April 15, 2019

SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK

15.4.19 15 Comments

Assalamu'alaikum..
Siapa bunda di sini yang sedang menekuni bisnis atau pernah punya bisnis nih? Tentunya bunda yang sedang menekuni bisnis atau pernah berbisnis sempat merasakan bagaimana ribetnya pencatatan keuangan diminggu-minggu pertama buka usaha, iya nggak? bahkan ribetnya ini sampai ada yang berlanjut ke minggu-minggu setelahnya.

Yaa memang begitu ya bunda resiko memilih jalan berbisnis, kalau tidak telaten dengan bisnis yang sedang kita jalanani, bisa-bisa akan menjadi bom waktu dikemudian hari. Yang mana bom waktu tersebut jika meledak, langsung akan mengakhiri bisnis yang sedang kita jalani. Dan ledakan-ledakan itu akan menyisakan puing-puing hutang atau peninggalan yang berserakan.

Saya sendiri juga punya pengalaman yang tak terlupakan waktu berbisnis. Saat semester akhir kuliah di Semarang, saya dan empat orang teman membuka usaha warung penyet dan laundry. Kita berlima berusaha menjalankan roda bisnis ini hingga mencapai tujuan yang kita cita-citakan yaitu segera mungkin BEP (break even point) atas modal pertama yang sudah dikeluarkan. Tapi berhubung kami semua masih kuliah (meskipun hanya menyelesaikan tugas akhir), akhirnya tim kamipun mulai tidak teratur dalam menata bisnis, keteteran sana-sini termasuk pencatatan keuangan.

Di sekitar kampus memang banyak sekali bisnis baru yang bermunculan saat itu, terutama bisnis kuliner. Dari banyaknya bisnis yang bermunculan tersebut, banyak juga dari mereka yang kemudian gulung tikar karena penjualan tidak dengan yang diharapkan. Begitupun dengan bisnis kami berlima, hiks.

Pencatatan keuangan harian merupakan salah satu kegiatan rutin dan tidak boleh dianggap sepele oleh seluruh pelaku usaha, baik kecil, menengah ataupun besar. Ketidakkonsistenan mencatat transaksi harian, bisa menyebabkan kita tidak mengetahui bagaimana capaian harian kita. Kalau tidak tahu capaian harian, lantas bagaimana kita bisa mengukur target demi target penjualan kita?!

Nah beruntung sekarang ada SPOTS. Apa itu SPOTS? SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari menerima pesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. Jadi SPOTS ini layaknya mesin kasir yang multifungsi dalam bentuk Aplikasi Kasir Online.

Apakah SPOTS ini hanya bisa dipakai untuk tenant atau warung yang bekerjasama dengan GOFOOD-nya GOJEK? Tenang saja, bagi tenant yang belum bermitra dengan GOFOOD atau GOJEK juga bisa menggunakan Aplikasi Kasir Online dari GOJEK ini. Jika ada pembayaran tunai ataupun nontunai selain GOPAY juga akan terekam di riwayat transaksi penjualan.

SPOTS menawarkan Point of Sale (POS), yang mana SPOTS POS merupakan suatu trobosan dalam dunia bisnis untuk urusan pencatatan transaksi keuangan. SPOTS dari GOJEK ini sangat cocok digunakan oleh para foodpreneurs atau pengusaha kuliner seluruh Indonesia.

Terus bagaimana agar bisa menggunakan SPOTS? Untuk bisa menggunakan SPOTS kita harus mendaftar dulu di www.spots.co.id dan emngisi informasi yang diminta. SPOTS memberlakukan biaya pendaftaran sebesar Rp. 290.000 saja. Biaya tersebut sudah termasuk sebuah perangkat komplit yang sudah bisa digunakan untuk usaha. Jadi kita tidak perlu lagi membeli tablet atau printer secara terpisah. Selain biaya pendaftaran, SPOTS juga memberlakukan biaya harian yang tarifnya hanya Rp2.900 per hari untuk semua keuntungannya!

Update :
Per Akhir juni 2019 biaya pendaftaran SPOTS menjadi sebesar Rp. 490.000 saja. Sedangkan biaya hariannya berubah menjadi Rp. 4.900,- (empat ribu sembilan ratus rupiah)


Pentingnya Go Cashless
Akhir-akhir ini tipe pembayaran nontunai sudah merambah keberbagai kegiatan usaha. Bahkan tiap warung atau toko mempunyai beragam cara pembayaran nontunai. Salah satunya adalah pembayaran nontunai dari GOJEK atau biasa dikenal dengan istilah GOPAY. GOPAY menjadi pembayaran nontunai yang sering ditawarkan pelaku usaha. Tak hanya ditawarkan pelaku usaha, GOPAY juga sudah banyak digunakan pembeli. Untuk itu SPOTS hadir dalam rangka menjembatani dan memudahkan pembeli dan penjual dalam melakukan pembayaran nontunai. Membayar dengan nontunai berarti kita juga sudah turut mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang di canangkan Bank Indonesia.

Nah, sekian artikel singkat mengenai aplikasi kasir online SPOTS dari GOJEK. Jika artikel yang berjudul SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan ya bunda. Terima kasih atas kunjungannya.

Tuesday, April 2, 2019

Festival Sejuta Buku Jateng 2019 : Buku Adalah Pandora Ilmu

2.4.19 0 Comments

Assalamualaukum Sobat  semua...
Mau menginfokan saja kalau dalam waktu dekat (besok) akan ada gelaran Festival Sejuta Buku Jateng 2019. Pameran buku lingkup jawa tengah ini rencananya akan diselenggarakan di Kota Semarang Jawa Tengah tepatnya pada tanggal 3 April 2019 hingga 9 April 2019 yang bertempat di Gedung Wanita.

Baca juga : Hadir Kembali Festival Sejuta Buku Jateng 2019 di Gedung Wanita

Dari segi nama kegiatan, pameran buku kali ini berbeda dengan penamaan pameran buku sebelumnya yang sudah rutin digelar dua kali (2x) dalam setahun yang biasanya bertempat di gedung Wanita. Perbedaan judul kegiatan ini dikarenakan ada pihak lain yang ingin bergabung karena punya kegiatan yang serupa.  Yup, setiap pameran buku periode pertama di Semarang, Pemprov jateng juga ambil bagian dalam event pameran buku terbesar di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Seperti warga kota semarang ketahui, sebelumnya memang Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang sudah rutin menyelenggarakan pameran buku sebanyak dua kali dalam setahun. Dimana pelaksanaan pameran yang pertama dilaksanakan sekitar bulan April atau Mei dan pameran buku kedua dilaksanakan sekitar bulan November. Pada periode pelaksanaan pertama di bulan April/ Mei biasanya pameran buku tersebut diberi nama pesta buku murah semarang 2019, sedangkan pelaksanaan pameran pada bulan November diberinama Pesta Semarang Sejuta Buku 2019.  

Baca Juga :  SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK

Namun ada yang berbeda di periode pertama Pameran buku 2019 ini, dimana dalam pelaksanaannya Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, sehingga hal ini mempengaruhi judul atau nama kegiatan dari pameran buku itu sendiri, Pameran buku yang biasanya diberinama Pesta Buku Murah Semarang 2019 berubah menjadi Festival Sejuta Buku Jateng 2019

Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini akan digelar di Gedung Wanita yang beralamat di Jalan Sriwijaya Nomor 29 Kota Semarang. Gedung Wanita sendiri merupakan tempat langganan pameran buku tiap tahunnya. Sedangkan jam buka dari Festival Sejuta Buku Jawa Tengah 2019 sendiri dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB. Pameran buku kali ini mengambil tema Buku Sebagai Pandora Ilmu.

Adapun informasi kegiatan pameran buku atau pesta sejuta buku semarang 2018 bisa mengunjungi artikel yang berjudul  Pesta Semarang Sejuta buku 2018 di Gelar Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang di adakan di Kampus Undip 

Banyak sekali kegiatan yang akan digelar di Festival Sejuta Buku Jateng 2019. Yang sering langganan sebagai pengisi acara Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini adalah serangkaian perlombaan-perlombaan sebagai berikut ;
  • Lomba Menyanyi SD-SMA
  • Lomba Tari Kreasi Jawa
  • Lomba Ibu Mendongeng
  • Lomba Mewarnai
  • Lomba Rumah Pintar Perpustakaan
  • Lomba Story Telling
  • Lomba Band Pelajar
  • Lomba Stand up Comedy
  • Lomba Menggambar
  • Lomba Review Buku
Perlombaan  diatas dalam rangka memperebutkan Thropy Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu para pemenang tentunya kan diberikan uang pembinaan dan piala sesuai dengan perolehan juaranya.


Festival Sejuta Buku Jawa Tengah 2019 sendiri rencananya akan di buka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo pada tangal 4 April 2019 pukul 08.30 WIB. Selain perlombaan-perlombaan Festival sejuta buku jateng 2019 ini juga akan diisi dengan ;
  • Talkshow Buku by Pocer
  • Parade Pesona Nusantara
  • Pekan Pelajar Masa Kini
  • Stand Komunitas (Reptil, Drone, Buku, StreaatArt)
  • dan Pengisi Acara lainnya


Banyak pengisi acara Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini harapannya akan menjadi daya tarik para pengunjung pameran buku. Rencananya Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini akan menghadirkan 300 Penerbit Nasional dengan mengeluarkan berbagai diskon yang menarik. Pengunjung yang hadir tidak dibebankan tiket masuk alias gratis tiket masuk, hanya membayar parkir saja.

Baca juga
Sekian sedikit informasi terkait agenda rutin Pameran Buku 2019 yang akan di selenggarakan oleh Pemkot Semarang dan Pemprov jateng. Jika artikel yang berjudul Festival Sejuta Buku Jateng 2019 : Buku Adalah Pandora Ilmu ini bermanfaat silakan dibagikan dan disebar luaskan ya Sobats..

Lokasi pameran




Saturday, March 30, 2019

Jangan Salah, Inilah Perawatan Wajah yang Benar untuk Para Cowok!

30.3.19 1 Comments
www.realitarelita.com

Assalamualaikum Sobats..
Siapa yang tidak mendambakan kulit yang sehat dan bersih sepanjang hari? Itu bukan hanya keinginan kaum hawa saja tetapi kaum adam juga menginginkan hal yang sama. Tetapi bagi pria, untuk mempunyai kulit yang sehat dan bersih itu mempunyai langkah berbeda dari pada wanita. Karena ada beberapa hal yang membedakan dari keduanya, untuk pria memang lebih cenderung berminyak, kasar dan lebih tebal dari pada wanita. Tidak heran produk perawatannya juga beda dengan para wanita.

Baca Juga :  SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK

Sudah ada banyak sekali jenis produk perawatan wajah laki-laki yang ada dipasaran, muncul dengan berbagai merek serta keunggulan yang berbeda. Meskipun begitu, ternyata dalam prakteknya masih ada saja pria yang melakukan perawatan salah. Akhirnya bukan malah kulit wajah tambah kinclong, malah tambah berjerawat, terbakar atau memerah. Ada beberapa hal yang perlu dihindari agar penggunaan produk memberikan hasil maksimal seperti:

1. Kurangi mandi dengan air panas.
Memilih untuk menggunakan air hangat saat mandi merupakan hal yang biasa, bahkan sering dilakukan apalagi saat cuaca dingin. Tetapi untuk kesehatan kulit ternyata hal itu tidak baik, apalagi jika sering berendam pada air panas yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik.

2. Pilih pembersih praktis.
Penggunaan produk perawatan wajah juga menjadi salah satu yang cukup penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Tetapi perlu diperhatikan, seperti dikatakan diatas jika wanita dan pria mempunyai jenis kulit berbeda. Tetapi tenang, varian produk Nivea men hadir khusus dengan formula yang disesuaikan dengan kulit pria.

3. Pilih produk sesuai jenis kulit.
Meskipun ada banyak produk dipasaran, bukan berarti Anda bisa sembarangan menggunakan produk. Nah, pastikan Anda paham permasalahan kulit yang produk yang tepat seperti apa. Apapun masalah kulit Anda bisa gunakan Nivea mens facial foam yang dapat menyerap keringat.

Pada dasarnya ada banyak sekali cara-cara mudah untuk tetap menjaga kesehatan kulit wajah dan juga kebersihan secara tepat. Jika Anda penasaran seperti apa saja produk varian dari Nivea Mens bisa langsung kunjungi https://www.niveamen.co.id/panduan-perawatan-kulit/wajah/Local/id/rawat-kulit-pria-NIVEA-Men yang menyediakan informasi lengkap. Disana Anda akan mendapatkan beragam produk dengan informasi manfaat atau kandungan didalamnya. Jadi untuk apa lagi kebingungan, langsung saja percayakan pada produk Nivea Men sekarang juga!

Sekian sedikit tips tentang perawatan wajah pria. Jika artikel yang berjudul Jangan Salah, Inilah Perawatan Wajah yang Benar untuk Para Cowok! ini bermanfaat, silakan dibagikan ya Sobats.
Wassalamualaykum..

Asyiknya Bermain Bola Saat Hujan

30.3.19 1 Comments
Assalamualaikum Sobats..
Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga populer hampir di seluruh penjuru dunia, mulai dari anak-anak, remaja, pemuda, bapak-bapak hingga kakek-kakek menggemari olahraga bola sepak ini.  Tak hanya di golongan kaum ada, bahkan kaum hawa pun banyak yang berminat dengan olah raga yang satu ini. Sehinga banyak bermunculan klub-klub sepak bola yang di gawangi oleh perempuan.

Entah kenapa perebutan satu bola sepak oleh 20 pemain mendapat perhatian yang sangat besar oleh hampir seluruh masyarakt dunia. Buktinya world cup selalu menjadi trending di hampir semua lini media massa disetiap perhelatannya. Tak hanya world cup, bahkan pertandingan anar kampungpun selalu banyak peminatnya.

Memainkan sepak bola tidak mengenal musim, hujan atau kemarau permainan ini tetap bisa dimainkan. Walaupun sebenarnya bermain bola saat hujan mengguyur sepertinya akan lebih seru, apalagi bagi anak-anak. Turunnya hujan yang tidak bisa diprediksi menambah semangat untuk bermain bola. Ketika bermain bola dan hujan turun secara tiba-tiba merupakam momen yang ditunggu-tunggu. Lapangan yang tidak panas namun berlumpur lebih menarik dibandingkan dengan lapangan panas dan berdebu. Cipratan air dan lumpur menambah semangat para bocah untuk bermain si kulit bundar ini. Apalagi jika sudah berhasil memasukan gol ke gawang lawan, bayang-bayang murka orang tua sirna sudah. Ya meski kalau pulang main bola saat hujan anak kecil ada yang was-was akan sambutan orang tua ketika sampai rumah.

Permainan bola ala kampung ini tidak memiliki seragam, sehingga dibuat suatu peraturan khusus untuk membedakan antara tim yang satu dengan yang lainnya. Kapten masing-masing tim melakukan suit, tim yang kalah biasanya melepas baju baik itu sebagian ataupun semua baju atau dengan peraturan tim yang kalah tidak boleh pakai sepatu. Namun dari semua peraturan yang paling menarik adalah tentang penguasaan lapangan dan permainan bola. Penguasaan lapangan dan permainan pastinya akan didominasi oleh sang pemiliki bola, karena jika pemilik bola tidak senang maka permainan akan segera berakhir. Intinya jangan pernah mengecewakan si empunya bola jika permainan masih ingin berlangsung. Y begitulah khas nya anak anak jika sedang bermain.

Sayangnya terkadang hobi satu ini terhambat ketika mempunyai luka terbuka, karena selain perih jika terkena air, luka yang terpapar air yang belum tentu bersih bukan tidak mungkin akan memperlambat proses penyembuhan luka bahkan menimbukan infeksi. Beruntung sekali, saat ini hansaplast memiliki produk plester transparan tahan air. Jadi luka tidak menjadi halangan untuk bermain bola sambil hujan-hujanan, ataupun melakukan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan air karena kini sudah ada plester luka anti air

Memang banyak produk plester dipasaran, dari mulai plester koyo (penghangat) atau plester luka, Dari mulai desain yang biasa hingga berwarna -warni atau bergambar untuk menarik perhatian anak-anak. Dari mulai lecet sepatu hingga hingga luka lainnya. Dan kini sudah hadir inovasi plester luka anti air, yang dapat melindungi luka dari aktifitas yang bersinggungan dengan air.

Kembali lagi pada paparan awal, lalu kapan terakhir kali kalian bermain bola saat hujan bersama kawans? Jika artikel yang berjudul Asyiknya Bermain Bola Saat Hujan ini bermanfaat silakan dibagikan ya sobats.