Tuesday, January 31, 2017

Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni

Assalamualaykum sobat?! Setuju tidak kalau dunia blogging bukan hanya sebatas menyalurkan hobi?, tapi juga bisa kita jadikan aktifitas sampingan untuk mencari tambahan rezeki. Hehe, aktifitas emak-emak  kalau sudah dihubungkan dengan rupiah biasanya lebih semangat. iya apa iya? Lumayan kan bisa untuk tambahan beli popok anak. Atau kalau mau peruntungan yang lebih besar, kita bisa mencoba ambil bagian dalam kontes blog yang ada setiap bulannya loh sob.! Kalau menang, bukan hanya bisa buat beli popok, tapi juga bisa buat liburan, nabung, atau beli keperluan yang sempat tertunda lainnya. Kalau menang jangan lupa dizakatin dizakatin 2,5% ya!. Beneran mau mencoba peruntungan dalam kontes blog? Pesertanya jago-jago loh..! Perlu kerja ekstra kalau mau menang.

Nah, dalam kontes blog, tentunya semua peserta berlomba-lomba menyajikan artikel yang menarik untuk dibaca. Seorang emak blogger juga dituntut harus lebih kreatif dalam menyajikan tulisan. Apalagi sekarang banyak artikel yang dilengkapi dengan konten grafis yang bisa mencuri perhatian juri. Untuk mendukung kemampuan grafis, tentu dibutuhkan perangkat yang sudah didukung Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor.  Dukungan intel generasi terbaru akan lebih memudahkan kita jika harus melakukan kerja blogging yang membutuhkan performa yang berat, misal saja harus membuka beberapa software atau aplikasi sekaligus. 

Pentingnya Perangkat Blogging Yang Mumpuni
Dalam melakukan aktifitas blogging, tentunya kita tidak hanya fokus pada apa yang akan kita tuliskan, apalagi jika artikel yang kita buat diikutkan juga pada lomba blog. Membuat artikel merupakan seni bagaimana kita bisa menarik hati pengunjung bukan hanya dengan tulisan utama, tapi juga dengnan konten pendukung lainnya. Artikel yang menarik memiliki kemungkinan besar dibagikan oleh pembacanya, sehingga berpeluang mendapat pelanggan baru yang akan membaca artikel yang kita buat. Dengan begitu akan menaikkan trafik blog kita. 


Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni


Agar aktikel yang kita terbitkan bisa maksimal, setidaknya kita membutuhkan perangkat yang mumpuni. Apalagi jika benar kita akan menambahkan visualisasi gambar yang diolah melalui software tertentu. Untuk bisa membuka software tersebut, butuh perangkat yang handal agar aktifitas yang kita kerjakan lancar tanpa gangguan. Perangkat tersebut bukan hanya untuk mendukung aktifitas desain grafis, tapi juga aktifitas lain yang biasa kita buka secara bersamaan, seperti ;

1. Membuka Office
Seorang blogger ada yang lebih nyaman jika ia menuliskan artikel langsung pada blognya. Tetapi ada juga blogger yang mengetik terlebih dahulu pada lembar kerja office dengan tujuan masing-masing. Ada yang beralasan agar bisa mendapat duplikasi (back up) tulisan langsung, Ada yang beralsan untuk mempermudah membaca ulang tanpa butuh koneksi jaringan. Ada juga yang beralasan lebih nyaman mengetik karena bisa menggunakan perintah singkat (sort cut) untuk mempercepat editing dan pengetikan  tulisan, dimana hal tersebut kadang tidak didapat jika menulis langsung pada blog.

2. Browsing Materi atau Bahan
Siapa bilang kalau hanya sekedar browsing kita butuh perangkat yang mumpuni?. Meskipun kita sudah mempunyai cerita menarik yang akan disajikan dalam blogpost, tetap saja kita akan membuka browser untuk mencari referensi tambahan, agar apa yang disajikan semakin kuat dan meyakinkan. 
Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni
Saat mencari referensi, apakah kita cukup hanya membuka satu tab browser saja? tentu tidak bukan?, saat mencari referensi kita bisa membuka banyak sekali tab dan jika tidak mempunyai perangkat yang kurang mendukung, akan membuat kinerja perangkat lelet dan dampak paling buruknya adalah harus menutup paksa aplikasi atau membuat perangkat kita nge-hang. Jika sudah begitu, kadang akan membuat semangat ngeblog menurun dan kita malas menuntaskan artikel. Lebih gawat lagi kalau dampak buruk tersebut terjadi saat deadline Job review, meski sudah lembur semaleman bisa-bisa tulisan kita tidak dibayar karena tak kunjung selesai.

3. Membuka Software Pendukung
Untuk memaksimalkan kreatifitas visual, seorang blogger perlu belajar terkait sofrware desain grafis. Visualisasi gambar atau info grafis yang ada pada sebuah artikel akan menjadikannya lebih enak dilihat. Secara psikologis, visualisasi gambar punya peran yang besar dalam manarik minat pengunjung pada sebuah blog atau artikel blog. 

Untuk mengolah gambar agar menjadi lebih menarik, tentu kita membutuhkan perangkat yang bisa mengoperasikan software desain grafis dengan baik. Karena untuk bisa menggunakan software desain grafis, perangkat yang digunakan harus mempunyai memori yang besar dan bisa menampilkan grafik yang tajam dan lembut. 

Apalagi jika kita menggunakan software atau aplikasi editing video, tentu harus lebih handal dari pada yang dipakai saat melakukan pekerjaan desain grafis, meski hanya sebatas menambahkan judul diawal atau beberapa tulisan untuk memperjelas video yang akan ditayangkan. 

4. Membuka Hiburan Pendukung
Agar tidak cepat jenuh, beberapa orang mensiasatinya dengan memutar musik. Alunan musik yang dipercaya bisa membuat santai dan bersemangat dalam menyelesaikan tulisan. Jika kebosanan tidak bisa dibendung, kita bisa berhenti sejenak untuk melihat koleksi film pada hardisk atau melalui streaming video online, bisa juga melepas penat dengan membuka game dan memainkannya. 

Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni
Jika kesemua aktifitas diatas dilakukan secara bersamaan, tentunya kita membutuhkan perangkat yang handal untuk bisa menikmati itu semua. Perangkat yang nyaman dibawa keberbagai aktifitas serta desain yang mungil menjadi pilihan saya agar bisa menemani setaip aktifitas. Pilihan itu jatuh pada produk ASUS tepatnya ASUSPRO B8230. Lantas Apa sih keunggulan ASUSPRO B8230?

Keunggulan ASUSPRO B8230
Saya menjatuhkan pilihan pada ASUSPRO B8230 tentunya karena perangkat tersebut saya percayai mampu melakukan berbagai aktifitas secara bersamaan. Melakukan aktifitas blogging dibarengi dengan aplikasi atau software berat sekalipun tidak membuat kinerja perangkat lelet atau cepat panas. Adapun penjelasan lengkap kenapa saya meilih ASUSPRO B8230 adalah sebagai berikut ;


Kemampuan Grafis yang Baik dari Intel dan Hemat Daya
Dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis terbaru yakni Intel® Core™ i7-6500 Processor atau seperti Intel® Core™ i5-6200 generasi keenam atau yang disebut dengan Intel Skylake. Dukungan intel membuat notebook ini mampu membaca grafik dengan baik. Mikroprosesor berkecepatan hingga 3,1GHz dari intel juga terkenal gesit namun tetap hemat daya. Semua disebabkan oleh nilai TDP yang rendah, yakni hanya 15 watt. Selain itu, dengan rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, semakin rendah pula panas yang dihasilkan oleh komponen saat notebook sedang digunakan.

Elegan, Mudah Perawatan dan Penggunaan
Desain yang ramping dan  elegan membuat tampilan ASUSPRO B8230UA ini lebih ciamik. Dengan cover berbahan aluminium yang ringan membuat produk ini tampil semakin kokoh Bobotnya sangat pas untuk dibawa seorang ledies yang mempunyai mobilitas tinggi ataupun emak-emak yang kebiasaannya saat beraktifitas diluar selalu menggendong anak. Backlit pada keyboard memastikan kita dapat mengetik dengan mudah, meski ditempat kurang pencahayaan bahkan dalam kondisi gelap.

Kedalaman tuts keyboard yang mencapai 2mm dan memiliki ergonomis 19.05 mm menjadikan aktifitas mengetik semakin mudah dan nyaman serta jaripun tidak mudah lelah. SensePoint dan tombol touchpad dipisahkan dengan ukuran 50mm memungkinkan untuk kemudahan memilih dan 'scroll' dengan satu tangan. Touchpad yang lebih besar dan intuitif, ideal untuk smart gesture dengan multi-point hanya dengan menggerakkan jari. Smart Gesture ini kompatibel dengan berbagai aplikasi perangkat lunak.
Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni
Bagian bawah yang mudah dilepas sehingga mempermudah perawatan Ram atau SSD ditambah baterai 49WH li-Polymar yang mudah dilepas pula. Sistem operasi yang direkomendasikan sudah sangat familiar dengan para pengguna komputer yaitu Windows 10 pro, dengan begitu akan semakin memudahkan pekerjaan.

Transfer Super Cepat
Dilengkapi dengan USB 3.0 yang menjadi port USB standar menjadikan aktifitas transfer file atau data bisa lebih cepat. USB 3.0 mempunyai kecepatan transfer hingga sepuluh kali (10x) lebih cepat dari USB 2.0.  Fasilitas ASUS USB Charger + dukungan software-nya membaut notebook ini juga berfungsi sebagai powerbank dengan pengisian yang lebih cepat, bahkan ketika tidur / hibernasi mode sekalipun.

Militan dan Tahan Uji
Lulus standar uji militer MIL-STD 810G dan telah melakukan uji tambahan lain untuk beberapa kondisi seperti kekuatan engsel, daya tekan, serta daya jatuh. Kekuatan engselnya sudah teruji bisa melakukan 20.000 siklus  lebih banyak dibandingkan dengan pengujian notebook standar lainnya. Dari segi daya tekan, produk ini mampu menahan tekanan 20% lebih tinggi dari pada notebook biasa. Sedangkan dari ketahanan perangkat saat jatuh, produk ini telah dilakukan pengujian jatuh dua kali (2x) lipat lebih tinggi dibandingkan notebok biasa. Jadi kalau hanya sekedar guncangan mah, insya Allah aman lah.
Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni
Militansi daya baterai juga tidak diragukan, Notebook ini cocok untuk menemani jam kerja yang panjang apalagi saat kita sedang bepergian diluar seperti melakukan liputan. Ketahanan baterainya memungkinkan kita bisa nyisil tulisan saat meliput acara. Dibekali  dengan baterai yang dapat bertahan 8 jam,3-cell 49W berbahan Li-Polymer  dan mudah dilepaskan, membuat kita tak lagi was-was kehabisan baterai saat acara belum selesai.

Standar Keamanan Tingkat Tinggi
Teknologi biometrik memungkinkan kita melakukan login super cepat. Pemindaian sidik jari juga bisa mencegah akses data yang tidak sah. Sensor yang digunakan  tidak terlalu dipengaruhi oleh kondisi permukaan kulit, jadi aman saat tangan basah setelah ngemil gorengan ataupun karena kapalan, hehe! Dilengkapi dengan Intel vPro prosesor memungkinkan kita melakukan kontrol jarak jauh notebook untuk dapat mendiagnosa atau memperbaiki masalah dan melindungi notebook kita. . Teknologi tersebut juga mempercepat Modul Absolute Persistence tertanam ke dalam BIOS  yang memungkinkan keamanan Absolute Computrace

Modul TPM (opsional) menyediakan keamanan ditingkat hardware yang lebih tinggi sedangkan BIOS booting password user menawarkan perlindungan ke Kensington lock slot. Trusted Platform Module (TPM) adalah sebuah chip hardware terintegrasi pada motherboard untuk mengenkripsi data sehingga mengurangi risiko membaca password tanpa izin dan enkripsi kunci untuk data sensitif. Lapisan tambahan keamanan ini memungkinkan notebook untuk menjalankan aplikasi lebih aman, membuat transaksi, dan komunikasi lebih dapat dipercaya. TPM memberikan keamanan lebih kuat dari yang disampaikan oleh BIOS, sistem operasi, atau aplikasi non-TPM. Ketika digunakan bersama dengan paket perangkat lunak keamanan secara opsional, TPM menyediakan peningkatan keamanan sistem secara keseluruhan, kemampuan proteksi file, dan perlindungan email / perlindungan privasi.

Dilengkapi pula dengan smart card reader yang merupakan sistem kemanan lain yang menjamin identifikasi pengguna yang tepat dan otentikasi untuk penyimpanan data dan pengolahan aplikasi. Pengguna dapat menggunakannya untuk login atau untuk otorisasi transaksi online.

Konektor daya akan memberikan peringatan pesan jika konektor tidak terpasang dengan benar untuk melindungi notebook Anda. Konektivitas tanpa batas memungkinkan untuk mudah plug-and-play dengan peralatan lain seperti HDTV dan proyektor.

Dilengkapi dengan ASUS Busines Manager yang akan meningkatkan keamanan dan mempermudah penglolaan pada notebook kita seperti :
  • Mengontrol penggunaan daya notebook
  • Update ke driver terbaru untuk kinerja yang lebih baik
  • Mengelola keamanan seperti USB lock dan ASUS FingerPrint
  • Backup & Recovery untuk melindungi data penting
  • Mengelola hotspot untuk memberikan layanan jaringan nirkabel
  • mengelola perlindungan HDD
Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni

Bagi emak-emak seperti saya yang selalu membawa sikecil saat ada acara diluar, ASUSPRO B8230 menjadi pilihan yang pas kalau harus dibarengi juga dengan membawa notebook, makanan anak, mainan anak dan barang-bawaan lainnya.  Kalau kamu milih notebook yang seperti apa sob?!
Pentingnya Memiliki Perangkat Blogging Yang Mumpuni

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog ASUS yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan ASUS Indonesia.

13 comments:

  1. Asus memang cocok banget buat para blogger ya Mba. Keren....

    ReplyDelete
  2. yayaya... kalau B8230 ini lbh imut jadi lbh praktis untuk dibawa-bawa ya mak :)

    ReplyDelete
  3. wuih... standar militer. Berari ini produk luar biasa dari asus. Kayaknya yg dirumah kalo diganti sama yg ini ndak nolak

    ReplyDelete
  4. Pengen deh ganti laptop asus ini biar ngeblog makin asyik n semangat

    ReplyDelete
  5. Speknya bikin mupeng.. Ada harga memang ada rupa. Lebih mumpuni lagi kalo layarnya bisa dilepas dan bisa touchscreen

    ReplyDelete
  6. paling penting buat aku itu browsing dan buat bikin desain, keren ah aplikasinya gak berat..

    ReplyDelete
  7. pentingnya punya perangkat yang mumpuni itu biar bisa naik level pro :D

    ReplyDelete
  8. Laptop asus ku pernah jatuh, bikin hatiku ikut jatuh. Alhamdulillah gpp, hihii

    ReplyDelete
  9. Bakalan wuswuswuuus ya ini ngeblognya klo punya piranti yg mumpuni.

    ReplyDelete
  10. asus memang sangat kece kalau buat kerja..

    ReplyDelete
  11. Kalau perangkat blogingnya komputer atau laptop pasti blognya lebih ok..
    Karena dari dulu saya blogging malah menggunakan ponsel..

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.