Thursday, May 11, 2017

, ,

Tana Toraja Tawarkan Wisata Budaya dan Religi Hingga Keindahan Alam



 
source:photobucket.com ratihtianak
Assalamu'alaikum Sobat, liburan begini pada sibuk ngapain ni? Hari libur biasanya identik dengan berwisata ria. Terus sobat biasanya wisata kemana? Kali ini saya mau berbagi tempat wisata yang unik dengan wisata budaya, religi dan alam nya. Tempat wisata yang beda yang mungkin sobat sendiri belum pernah terpikirkan sebelumnya. Kemana tu? Ke Tana Toraja! Destinasi wisata di Indonesia itu luas sob, sangat disayangkan jika sobat hanya terpaku pada destinasi wisata  itu-itu saja. Sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi destinasi wisata lain seperti Tana Toraja yang terletak di Sulawesi ini karena alasan jarak dan waktu. Secara hari gini, sarana transportasi darat maupun udara bisa dengan mudah kita akses sob. Salah satunya Aviastar yang siap mengantarkan sobat ke Tana Toraja. Dengan sekali klik di https://www.traveloka.com/aviastar  jadwal penerbangan Aviastar yang pas sudah bisa sobat temukan.
Terus bagaimana perjalanan menuju Tana Toraja? Tenang, sobat akan terbang bersama Aviastar dari Kota Makassar menuju Bandar Udara Pongtiku yang terletak di Kecamatan Rantetayo. Ada apa saja di Tana Toraja? Disana sobat bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang jarang ditemukan ditempat lain, berikut adalah beberapa destinasi wisata di Tana Toraja.
Destinasi pertama mari kita menuju Ke’te kesu. Disini sobat akan melihat banyak rumah adat yang berjajajar rapi di kiri dan kanan jalan. Tidak jauh dari pemukiman tersebut, terdapat kuburan yang menggantung di tebing dan tau-tau yang ada di balik pagar bangunan batu. Selain kuburan tebingnya, perkampungan ini juga dikenal karena seni ukirnya yang khas. Di sini sangat cocok bagi sobat yang ingin belanja oleh-oleh. Tapi disesuaikan dengan budget yaa sob, jangan sampe kalap lho. hehe.

source:dampangsalenrang.blogspot.com
Tidak jauh dari Ke’te kesu, terdapat destinasi wisata bernama Londa. Destinasi yang satu ini merupakan bebatuan curam dengan sisi makam khas Tana Toraja. Di sini sobat akan melihat peti-peti yang ditata dengan rapi sesuai garis keluarga mereka. Yaa, posisi seseorang di Tana Toraja ini ditentukan oleh marga yang mereka sandang.
Bagi pecinta wisata alam, Destinasi wisata Batu Tumonga wajib dikunjungi. Batu Tumonga terletak di Lereng Gunung Sesean. Destinasi yang memiliki tinggi 1300 dari permukaan laut ini menyuguhkan pemandangan yang indah, sobat bisa melihat hamparan persawahan dan juga Kota Rantepao dari ketinggian. Di Batu Tumonga kamu akan menemukan  batu menhir berjejer dengan tinggi sekitar 2 sampai 3 meter yang berjumlah sekitar 56 batu.
Bagi sobat yang menyukai tantangan dan segala sesuatu yang berbau horor, Destinasi Lemo sangat recommended untuk dikunjungi. Di sini sobat akan disuguhi pengalaman wisata yang sedikit berbeda, dengan percampuran unsur mistis, seni, dan juga budaya. Destinasi wisata Lemo yang dikenal masyarakat Toraja sebagai rumah para arwah. Di Lemo sobat bisa melihat mayat yang ditempatkan di tengah bebatuan curam tanpa penutup sama sekali. Di tempat ini pula di waktu tertentu diadakan upacara Ma Nene, yaitu upacara untuk mengganti pakaian yang dikenakan oleh mayat. Gimana sob, merasa tertantang tidak?

source:indonesiakaya.com
Jika sobat menyukai bangunan yang unik, sobat bisa berkunjung ke Desa Pallawa. Di sana sobat akan menemukan banyak rumah adat yang unik, masyarakat Toraja menamainya Tongkonan. Bangunan-bangunan tersebut dibangun diatas bukit dengan pohon-pohon bambu disekelilingnya. Yang unik dari Tongkonan ini adalah masyarakat adat Desa Pallawa menghiasinya dengan menumpuk tanduk kerbau hingga menjulang tinggi. Wah, bener-bener unik ya sob?!
Tidak hanya menyajikan wisata budaya dan religi, Tana Toraja juga  menyuguhkan wisata alam yang indah. Diantaranya Air Terjun Sarambu Marintang. Air terjun memiliki tujuh tingkat dengan pemandangan persawahan, perbukitan, dan juga hutan. Untuk menuju ke wisata ini, sobat tidak akan kesulitan, karena jalanan yang terbilang bagus dan hanya perlu berjalan kaki sekitar 500 meter.
Selain itu, ada satu lagi destinasi alam bernama Ollon, berlokasi di Lembang Bau, Kecamatan Bonggakaradeng. Dimana dari tempat ini, sobat bisa melihat perbukitan yang indah. Banyak dari wisatawan menjuluki Ollon sebagai lembah Teletubbies dikarenakan bentuknya mirip dengan lokasi film anak-anak tersebut. Terbayang kan sob bagusnya kaya apa?
Gimana sob, sangat seru kan berwisata ke Tana Toraja? Berwisata ke tempat ini benar-benar all in one ya, tidak hanya wisata alamnya saja yang bisa menyegarkan pikiran, namun wisata budaya dan religi nya juga sangat menarik untuk kita nikmati.

Share:  

9 comments:

  1. Di toraja kalau meninggal harus nyembelih kerbau kan ya

    ReplyDelete
  2. Aku pernah ke sana tahun 1998..sekarang udah tambah buagus, lihat foto sepupuku yg habis backpackeran ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren ni mb marita, sudah sampai toraja..ada sodara mb disana?

      Delete
  3. Wiiih seru banget ini kayanya ya Mba, wisata dengan paket komplit. Semoga one day bisa ke sana.

    ReplyDelete
  4. toraja memang kuat memegang budaya dan nuansa magisnya mengundang untuk datang lagi dan datang lagi. pokoknya kepengen lagi kesana deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ika udah pernah kesana? Wah keren :)

      Delete
  5. banyak banget ya tempat2 wisata di indonesia yg indah2 kyk tana toraja ini tapi rodo spooky ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.