Sunday, October 9, 2016

Lakukan 9 Tips Cerdas Ini Sebelum Bunda Pergi Belanja



Assalamu'alaikum..
Bunda punya rencana belanja kebutuhan harian dalam waktu dekat ini? Apa yang biasanya bunda siapkan selain uang? Saya pribadi seringnya langsung berangkat aja dah tu ke toko, tanpa merencanakan secara detail sebelum-sebelumnya. Hanya berbekal gambaran barang-barang yang ada diotak dan uang didompet langsung dah saya cus kesana. Alhasil seringnya lapar mata, barang yang seharusnya ndak dibeli malah dibeli, akhirnya budget anggaran meningkat. Nah gimana bisa hemat coba? Bener-bener mesti diubah kebiasaan kaya begini ni. Akhirnya saya mulai belajar berhemat mulai sekarang. Salah satu caranya sebelum belanja, saya searching dulu, lagi ada promo ndak di toko langganan dekat rumah saya. Siapa tau kan pas lagi ada promo barang yang mau saya beli. Alhamdulillah nya toko langganan saya udah punya situs online, jadi memudahkan saya untuk mengecek harga  promo barangnya. Tinggal masuk situs alfamartku, kita bisa lihat harga promo barang-barang yang ada disana.

Ada beberapa tips yang mesti bunda lakukan sebelum bunda belanja kebutuhan rumah tangga, diantaranya:
1. Buat daftar barang yang mau dibeli
Sebelum membuat daftar barang yang mau dibeli, bunda cek terlebih dahulu barang-barang yang sudah habis  seperti misalnya sabun, shampo, pasta gigi, sikat gigi, detergen, sabun cuci piring, pembersih lantai, bumbu masak, diapers, produk perawatan wajah dan tubuh dll. Baiknya bunda sekalian beli barang-barang ini dalam jumlah yang banyak biar lebih hemat. Biasanya kalau kita beli barang yang sama dalam jumlah yang banyak, harganya jauh lebih murah karena ada potongan-potongan disana sini. Selain itu juga buatlah daftar barang untuk kebutuhan 1-2 bulan kedepan. Adanya daftar barang, membantu kita untuk tetap fokus pada kebutuhan yang mau kita beli saat itu. Cara ini juga untuk meminimalisir akan munculnya keinginan-keinginan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

2. Cek harga promo barang disitus toko tersebut
Setelah bunda mendaftar barang apa saja yang mau dibeli, saatnya bunda cek harga promo di situs toko yang mau bunda tuju, siapa tau ada barang yang mau bunda beli diharga promo tersebut. Tapi dengan catatan, toko tersebut ada situs online nya ya bunda he. Selain harga promo biasanya ada info kontes/ lomba yang bisa bunda ikuti juga, lumayan lho hadiahnya sangat menggiurkan. Ada juga info program yang bisa kita ikuti disana. Walau sebenarnya kita bisa membaca tempelan-tempelan harga promo di toko tersebut atau beberapa ada yang dipasang di price list nya atau kadang pelayannya juga memberitahu tapi kelebihannya kalau kita liat-liat di rumah  dulu, kita punya waktu lebih dan bisa lebih teliti. Pas disana kita tinggal ambil barang yang dibutuhkan. Gampang kan bunda? Saya seneng banget kalau nemuin harga promo disana sini apalagi barang-barang tersebut merupakan barang pokok seperti Diapers, Minyak Goreng, Tisu Basah, dll. Dapet promo harga soft drinks & snack  juga seneng, beli dua gratis satu, beli dua harganya Rp.10.000, sangat menyenangkan bukan? Makanya yu buruan cek harga promonya :)
Situs Harga Promo
3. Bawa Uang Sesuai Kebutuhan 
Bunda sebaiknya membawa uang sesuai dengan budget anggaran yang udah ditetapin tadi  yaa bund biar ndak tergoda buat beli beli yang lainnya. Tapi amannya dilebihkan sedikit uangnya, takutnya ada harga barang yang naik, kan berabe kalau uangnya kurang he..he. Boleh ndak kita beli sedikit barang yang sangat diinginkan seketika itu? ya boleh-boleh saja, asal kebutuhan utamanya udah tercukupi yaa bund.
Bawa Uang Sesuai Kebutuhan
4. Membandingkan harga barang antar toko yang ada
Kalau bunda mau beli barang dalam jumlah yang banyak, baiknya bunda melakukan survey harga terlebih dahulu buat perbandingan. Ini sering dilakukan sama suami saya. Salut saya sama beliau sampe hafal harga barang antara toko satu dengan toko yang lainnya. Tapi walau begitu, bunda jangan lupa perhatikan kualitasnya juga yaa. Kalau selisih harganya sedikit tapi kualitasnya lebih baik, mendingan kita milih barang yang agak mahal tapi lebih bagus. Pernah saya beli diapers yang harganya murah meriah, tapi setelah dipake kulit anak saya ruam-ruam. Alhamdulillah setelah ganti merk lain ndak lagi ruam, berarti ini kualitas diapersnya yang perlu diperhatikan.

5. Mengecek Kembali Resi Yang Dikasih Kasir 
Point ini penting banget bunda, pernah saya mengecek resi pembayaran, ko harga antara di harga barang di display dengan resi pembayaran berbeda? Akhirnya suami saya yang protes, dan memang benar ada kesalahan. Ternyata harga barang yang ada di display belum diperbaharui dengan harga terbaru..tapi kasirnya baik ko, cepet tanggap dan minta maaf. Yaa namanya juga manusia, kadang khilaf berbuat salah.
Cek Resi Pembayaran sebelum Pulang
6. Langsung Pulang setelah Belanja
Pengalaman saya pribadi kalau mampir-mampir ke tempat lain, biasanya saya akan naksir barang-barang ditempat tersebut dan ujung-ujungnya beli. Pernah suatu hari saya berencana membeli beras merah, buah dan sayur buat MPASI anak saya. Nah disamping toko beras ada toko mainan dan toko baju. Akhirnya saya mampir, niatnya mau lihat-lihat saja, eh akhirnya beli juga hiks.``

7. Mencatat Pengeluaran Belanja
Resi pembayaran jangan hanya disimpan atau malah dibuang yaa bunda. Kita catat kembali dibuku khusus pengeluaran biar kita bisa evaluasi pengeluaran belanja bulanan kita. Ini penting buat perencanaan belanja kedepan, biar lebih tepat dan hemat tentunya :)
8. Lakukan langkah-langkah sebelumnya secara disiplin dan konsisten 
Usahakan langkah-langkah yang sudah kita bahas pada point 1-7 tadi bisa dilakukan secara konsisten dan disiplin yaa bunda. Jangan hanya semangat diawal-awal, tapi setelahnya ndak dilaksanakan. Suami istri harus saling mengingatkan satu sama lain tentunya. Semoga konsistensi dan kedisiplinan ini lama-lama akan membudaya dalam diri kita yaa bunda. Aamiin.

9. Evaluasi Bersama Suami
Point terahir adalah evaluasi berasama suami tercinta. Setiap program perlu ada evaluasi untuk mengetahui seberapa sukses kah program tersebut. Disana ada kritik, saran, masukan tentunya buat perbaikan kedepannya.

Yaa, mungkin itu dulu sharing kita pada hari ini yaa bunda, semoga ada manfaat yang dapat diambil, sampai jumpa lagi dikesempatan yang lain yaa. Wassalamu'alaikum..


Baca Juga:

27 Hal Ini Yang Harus Bunda Persiapkan Untuk Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati Ke Dunia
 



14 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Ada roti kesukaan saya yg cuma ada di alfa ini
    Roti sisir dan semir
    Coba deh mbak

    ReplyDelete
  3. Tips nya perlu dicatat mba. Apalagi kalo ada belanja sll ada tiga bocah yang ngikutin. :)
    Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener, kalau anak2nya udah ngerti jajan ujiannya beda lagi yaa mba hap :)klw saya blm merasakan, anak msh 11 bulan
      sama2 mba hap :)

      Delete
  4. Yang paling penting emang bawa daftar belanjaan ya Mba.

    ReplyDelete
  5. tipsnya bermaanfaat bgt buat anak kosan kaya saya hihih :)

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. @Dini : iya mba, sama2. sy pribadi ngerasain jd anak kos, biasanya asal suka langsung beli *tapi itu sayah :)

    ReplyDelete
  7. Punya kartu ponta bisa lebih untung lagi loh...

    ReplyDelete
  8. Aku tuh enggak pernah ngelist barang belanjaan, gg ngeliat promo juga
    butuh yaa langsung belanja...
    dan gitu, ujung2nya nniatnya ngeluarin segini malah jadi segitu... haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba kadang begitu aku jg mba..he..he

      Delete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.