Wednesday, July 26, 2017

Prestasi Terbaik Pulau Bali di Mata Dunia

Assalamu'alaikum Sobat semua...! Sehat sehat kan ya. Pada kesempatan kali ini, saya mau ngomongin tentang Pulau Dewata Bali ni sob. Saya pribadi lagi kepengen banget ni traveling ke pulau dewata, semoga suatu saat ada kesempatan untuk menginjakkan kaki di sana, Aamiin.


Tentu sobat semua tidak asing lagi dengan Pulau Bali, Pulang yang sangat eksotik. Bali merupakan primadona pariwisata Indonesia yang banyak disoroti oleh turis-turis dari berbagai belahan dunia. Tak heran jika Bali menjadi Primadona, karena Bali memiliki seluruh aset penting yang diperlukan untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Bali memiliki wisata bahari yang beragam, pemandangan pegunungan yang asri, budaya yang unik dan menonjol, sampai fasilitas pariwisata yang memadai. Makanya tak heran jika Pulau Dewata memiliki banyak prestasi yang diakui dunia.

Ngomongin prestasi Bali yang mendunia, berikut saya sadurkan daftar prestasi pulau Bali di mata dunia, baik yang baru atau pernah di dapat beberapa tahun lalu yang bisa membuat bangga seluruh masyarakat Indonesia.

Bali Menjadi Destinasi Wisata Terbaik Di Dunia
Prestasi paling menonjol dan terbaru yang diberikan untuk Bali adalah pulau terbaik di dunia tahun 2017. Penghargaan ini diberikan oleh TripAdvisor melalui ajang Travellers’ Choice Award 2017 bulan Maret kemarin. 

Pemilihan Bali sebagai pulau terbaik di dunia didasari atas kemampuan Pulau Bali  menghadirkan liburan menarik baik untuk relaksasi maupun petualangan. Dengan begitu, pulau Bali berhasil mengalahkan kota-kota lain seperti London, Paris, Roma, New York, Crete, Barcelona, Siem Reap, Praha Phuket, Istanbul, Jamaika, Hoi An, St Petersburg, Roatan, Marrakech, Ambergris Caye, Rio de Janeiro, St Maarten, Playa Del Carmen, Dubai, Grand Cayman, Kathmandu, Bora-bora, Cusco yang masing-masing menempati peringkat dua sampai 25 secara berurutan. Benar-benar Amazing yaa sob?!

Ternyata, penghargaan pulau terbaik dari TripAdvisor ini bukanlah satu-satunya lho. Sebuah majalah pariwisata internasional, Conde Nest (CN) Traveller pun memberikan penghargaan sejenis. Penghargaan ini diberikan di Moskow, Rusia pada tahun 2016 dalam rangka Conde Nest Traveller Luxury Travel Fair. Di ajang ini, Bali mengalahkan destinasi wisata kelas dunia lainnya seperti Maldives, Phuket, hingga Santorini.

Bali juga menjadi yang terbaik di ajang Destinasian Readers Choice Award (DRCA) 2017 di Singapura. Penghargaan ini bahkan menjadi yang ke-12 kalinya secara berturut-turut. Sedangkan di tahun 2015, Travel + Leisur menempatkan Bali ke dalam jajaran 10 pulau terbaik di dunia bersama pulau Galapagos, Maldives, Tasmania, Santorini, Moorea. Maui, Kauai, Great Barrier Reef, dan Malta. MasyaAllah yaa sob, prestasi membanggakan yaa?!

Bali Memiliki Restoran Terbaik di Dunia
Di tahun 2016, restoran Locavore di Ubud masuk ke dalam jajaran 25 restoran fine dinning terbaik di dunia. Penghargaan ini diberikan oleh TripAdvisor pada ajang Travellers’ Choice Award 2016. Ini artinya, restoran Locavore berhak disejajarkan dengan restoran terbaik lainnya di berbagai belahan dunia seperti Martin Berastageu di Perancis, L’Auberge de I’ill di Spanyol, Alinea di Amerika Serikat, Funky Gourmet di Yunani, Est di Australia, TRB di Tiongkok, La Colombe di Afrika Selatan, I Latina di Argentina, Da Vittorio di Itali, Adam’s di Inggris, dan masih banyak lagi.

Kalau dunia saja bisa ditaklukan, maka Asia pun sama. Restoran Locavore pun dinobatkan sebagai 1 dari 30 restoran terbaik di Asia.

Bali Memiliki Desa Terbaik di Dunia
Gelar ‘ter’ di dunia yang diperoleh Pulau Dewata juga ada di pedesaan. Desa Panglipuran yang berada di kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli dijuluki sebagaii 1 dari 3 desa paling bersih di dunia bersama Giethoorn di Belanda dan Mawlynnong di India.

Desa yang namanya di ambil dari kata ‘Pangeling pura’ ini adalah tempat Suci untuk mengenang para leluhur. Desa ini sangat merepresentasikan adat-istiadat Bali. Pura-pura berdiri di sana sini. Masyarkat pun sangat memegang teguh falsafah yang dibawa para leluhur, salah satunya adalah ‘Tri Hita Karana’. 
Desa Panglipuran (credit by: hipwee)
Falsafah Tri Hita Karana mengajarkan penduduk untuk hidup secara harmonis dengan sesama manusia, lingkungan, dan Tuhan. Maka tak heran kalau penduduk di sini sangat ramah, senantiasa menjaga lingkungan, dan selalu menjalankan ajaran agamanya. Faktor keharmonisan dengan lingkungan inilah yang menjadikan Panglipuran sebagai salah satu desa terbaik di dunia karena sangat bersih.

Bali Memiliki Waterpark Terbaik di Dunia
Untuk bisa merasakan waterpark terbaik di dunia, kamu tidak perlu lagi repot-repot pergi ke Amerika Serikat atau Dubai. Hal ini karena Waterboom Bali yang berada di Tuban, Kuta, sudah dinobatkan sebagai 1 dari 10 waterpark terbaik di dunia di ajang TripAdvisor Travellers’ Choice Award 2016. Ini bukanlah gelar yang diperoleh secara sembarangan karena gelar ini merupakan hasil dari review yang diberikan oleh para traveller selama 12 bulan terakhir.
credit by: phinemo.com
Waterboom Bali hanya kalah dari Siam Park di Spanyol yang menempati peringkat pertama. Namun, Waterboom Bali ini jelas menempati posisi yang lebih baik dari Aquaventure Waterpark di Dubai, Uni Emirat Arab, Disney’s Thypoon Lagoon Waterpark, Amerika Serikat, Beach Park. Brasil, Wild Wadi Waterpark, Uni Emirat Arab, Disney’s Blizzard Beach Waterpark, Amerika Serikat, Aquaventure Waterpark at Athlantis Paradise Island, New Previdence Island, Yas Waterworld Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan Hot Park, Brasil yang masing-masing menempati urutan 3 sampai 10.

Saya sebagai WNI sangat bangga terlahir dengan prestasi luar biasa yang didapat oleh Pulau Bali. Kamu sendiri gimana? Bagi yang belum berkunjung kesana, semakin penasaran bukan dengan keindahan pulau ini?
Jadi tidak harus pergi ke luar negeri kan untuk bisa merasakan sensasi wisata terbaik di dunia?! Karena Indonesia punya Bali yang bisa memberikan sensasi itu. Belum lagi masih banyak destinasi wisata kelas dunia lainnya seperti Raja Ampat dan Taman Nasional Komodo. 

Bagaimana caranya untuk bisa merasakan sensasi wisata kelas dunia ini? kamu cukup cari tiket pesawat promo ke Bali. Untuk mencari harga tiket pesawat dan daftar Hotel di Bali, kamu bisa kunjungi Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. Yuk ah manfaatin harga promonya :). Kapan lagi bisa menikmati keindahan Pulau Bali sekaligus bisa berhemat seperti ini?!

Wassalamu'laikum...

20 comments:

  1. Bangga banget sama Bali. Bangga banget jadi turunan orang Bali. Hidup Bali, semoga selalu bisa mempertahankan adat istiadat dan segala kebaikan di dalamnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah, ada orang Bali mampir sini, makasih yaa mba..saya jg bangga sbg WNI :)

      Delete
  2. Wa'alaikumsalam, Relita! Pas baca ini langsung tertarik nyobain waterpark nya, sebagai orang indonesia kok rasanya kurang jalan ya karena baru tau waterpark ini haha ampun deh. Langsung coba cek di google maps lewat 360 view dan makin mau kesana! Terimakasih udah sharing ini!

    Mampir juga yuk! diansaurs.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Hrs diakuin, bali memang hebat kalo pariwisatanya.. Komplit, dr pantai, sampe gunung ada di sana.. Hotel2nya jg bersaing banget saking banyaknya kali yaaa.. Makanya aku seneng kalo cari hotel di bali, yg bintang 5 pun hrgnya msh terjangkau dibanding hotel kls yg sama di jakarta :D

    ReplyDelete
  4. bersyukur kepada Allah swt telah dianugerahi bumi Indonesia yang begitu indah.. sudah seharusnya rasa syukur kita diwujudkan dengan takwa.. alhamdulillah

    ReplyDelete
  5. Sebagai warga Bali, aku banggaaahhhh,
    Semoga preatasi2 ini ttp terjaga

    ReplyDelete
  6. 5 tahun saya tinggal di Bali. Emang enak banget kalau buat liburan, tapi kalau sudah tinggal disana sehari-hari jadi biasa aja :)
    Sekarang saya tinggal di Finlandia, jadi kerasa kangennya sama kehidupan di Bali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaah, jadi pengen mb tinggal disana :D

      Delete
  7. Aku tinggal di Bali 6bulan belum pernah ke desa Panglipuran 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalau balik lagi mampir y mb, hehe

      Delete
  8. memang bali itu sudah mendunia ya

    ReplyDelete
  9. Aku udah tiga kali ke Bali, tapi belum pernah ke desa Panglipuran. Kesana terakhir anak2 masih balita. Pengen kesana lagi sekeluarga

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.