Tuesday, December 3, 2019

Anak Anda Mual? Waspada, Jangan-jangan Terjadi Masalah Serius Ini!


Assalamualaykum  sobat realita relita..

Tumbuh kembang anak yang lancar sampai dengan dewasa merupakan keinginan dari setiap orang tua, bener apa bener?!. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tidak ada orang tua yang mau jika anaknya mengalami masalah kesehatan atau sakit. Meskipun itu hanya sakit panas, mual ataupun muntah yang bisa. Apapun yang menyebabkan si kecil tidak enak badan, meskipun itu hal sepele pasti akan membuat khawatir orang tua terutama si ibu.

Agar lebih tetang dengan masalah kesehatan yang dialami anak atau si kecil, orang tua dituntut untuk lebih paham tentang gejala awal jika si kecil mengalami penurunan daya tahan tubuh seperti flu, demam, batuk, pperut kembung dan tanda-tanda lainnya agar tidak mengalami kepanikan saat terjadi gangguan kesehatan pada anak meskipun hanya sepele.

Mual ataupun muntah dan demam pada anak itu bisa terjadi akibat berbagai hal, orang tua jangan langsung panik. Pastikan terlebih dahulu mual yang dialami oleh anak tersebut disebabkan karena masalah kesehatan apa. Coba ingat-ingat kembali yang dilakukan si kecil dalam seharian ini sebelum ia terserang demam atau mual. 

paracetamol mungkin obat penurun panas yang familiar di telinga ibu-ibu, tapi tidak semua ibu-ibu mengenal obat domperidone. Dipasaran ternyata ada obat yang namanya domperidone yang dikenal untuk mengatasi mual. Obat domperidone ini dapat digunakan untuk anak maupun dewasa. Tetapi anak jangan diberi obat tersebut jika mual yang dialami akibat beberapa hal berikut:

1. Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan ataupun minuman setiap hari.
2. Makan yang berlebih dan langsung beraktivitas banyak seperti jungkir balik.
3. Mual akibat perjalanan darat, laut, udara dan lainnya.
4. Mual karena alergi sesuatu makanan yang bisa saja diatasi tanpa perlu menggunakan obat.

Pada dasarnya memang banyak sekali tanda mual yang terjadi pada anak digolongkan sebagai banyak sekali masalah pencernaan atau kesehatan pada anak. Bahkan obat demam berdarah anak saja ada yang mengatasi rasa mual sehingga tetap memberikan kenyamanan. Seperti yang diketahui jika BDB yang tidak segera diatasi dapat juga membuat pasien mengalami mual, muntah, panas, bahkan lemas tidak berdaya akibat hal tersebut. Makanya jangan langsung berikan anak obat yang kurang dipahami jika belum mengetahui jenis penyakit yang menyerang anak.

Pastikan sudah berkonsultasi dengan tenaga kesehaan khususnya dokter sebelum memberikan obat pada anak. Apalagi jika ingin memberikan obat yang perlu dengan pengantar atau resep dokter. Alij-alih ingin cepat sembuh, malah makin menjadi dan tambah parah.

Pertolongan pertama pada anak yang mengalami masalah seperti gangguan kesehatan merupakan salah satu hal yang tepat. Tetapi akan menjadi tidak tepat ketika orang tua memilih jenis obat yang kurang pas. Ini artinya bisa saja anak akan mengalami masalah yang lebih parah lagi, pahami dosis, kegunaan, efek samping sampai dengan keamanan dari obat tersebut sebelum digunakan untuk anak Anda.

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai mual pada anak, dan tidak semua obat mual itu tepat sasaran. Pastikan dulu penyebab mualnya itu apa, jangan asal kasih obat. Karena anak kita buka kelinci percobaan atau tempat eksperimen orang tua dalam menangani masalah kesehatan.

Jika artikel yang berjudul Anak Anda Mual? Waspada, Jangan-jangan Terjadi Masalah Serius Ini! bermanfaat. Silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya.

1 comment:

  1. kalu mual biasanya disertai dengan pusing, banyak anak rewel gegara ini, menjadikan orang tua menjadi panik.

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.