Sunday, October 9, 2016

, , ,

27 Hal Ini Yang Harus Bunda Persiapkan Untuk Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati Ke Dunia



Kelahiran sang  buah hati merupakan sesuatu yang sangat dinanti bagi setiap pasangan, terlebih jika yang dinanti adalah anak yang pertama. Saking senangnya, saya dan suami saat itu udah ndak sabar untuk segera membeli perkap bayi yang dibutuhkan. Kalau ndak salah usia kehamilan saya waktu itu baru 6 bulan. Pas saya cerita ke ibu kalau mau beli perkap bayi, ibu malah bilang "nanti aja belinya kalau udah deket, gampang tinggal datang ke toko, nanti ibu anter". Memang waktu itu saya berencana mau lahiran dikampung, jadi ibu menyarankan seperti itu. Tapi saya dan suami udah pengen banget segera beli tu barang-barang. Mulailah saya dan suami bikin list barang-barang yang perlu dibeli terlebih dahulu dengan panduan buku yang sudah kami beli sebelumnya. Setelah kita me-list semua barang, kita terkaget-kaget, ternyata banyak juga ya barang yang mesti dibeli. Apalagi saat itu bertepatan dengan ramadhan menjelang lebaran, banyak kebutuhan lain yang mesti dibeli. Akhirnya sebagai solusinya kita mulai dah cari-cari  diskon perlengkapan bayi murah he..he, biar semua kebutuhan bisa terbeli saat itu

Buat list barang itu penting lho bunda, biar nanti pas beli kita ndak bingung karena saking banyaknya barang yang mesti dibeli. Selain itu menjaga kita juga biar ndak beli macem-macem, khususon bagi emak-emak yang biasanya lapar mata..hihi. Jangan lupa juga selain me-list barangnya, list juga jumlahnya yaa bunda, disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Nah, kira-kira apa aja si yang mesti dibeli untuk sang buah hati tercinta?

1. Pakaian Bayi
Jika bunda mau membeli pakaian bayi, pilihlah pakaian yang berkancing depan. Hal ini akan memudahkan bunda dalam memakaikan dan menggantinya kembali. Pengalaman anak saya ndak sabaran saat dipakaikan baju, kalau terlalu lama atau bolongan baju nyangkut dikepala biasanya nangis ndak betah. Selain itu baju berkancing depan memudahkan  kita saat mau skin to skin dengan anak kita, terutama setelah imunisasi DPT 1, 2 dan 3 yang menyebabkan suhu tubuh anak naik. Skin to skin antara bunda dan anak , akan membantu menurunkan suhu tubuhnya. 

Oh iya, ada dua tipe pakaian yang mesti dibeli yaa bunda. Pertama pakaian lengan pendek dan celana pendek. Bagi bayi yang tinggal didaerah panas, dianjurkan punya baju ini  biar bayi ndak kepanasan. Tapi baiknya kita juga beli pakaian lengan panjang dan celana panjang, buat jaga-jaga saat musim hujan kaya sekarang ini. Pilihlah pakaian yang berbahan halus dan alangkah baiknya sebelum digunakan dicuci dulu biar aman dan nyaman saat dipake bayi.

2. Bedong Bayi
Menurut bunda perlu ndak kita beli bedong? Bedong ini fungsinya untuk menghangatkan tubuh bayi. Bagi bayi yang lahir pas musim hujan atau bayi yang tinggal didaerah dingin, bedong ini penting bunda. Kata orang jaman baheula mah, bayi itu mesti dibedong minimal usia 0-1 bulan, supaya kaki dan tangannya lurus. Kalau menurut saya pribadi, fungsi bedong ini lebih untuk menghangatkan tubuh bayi si. Bunda bingung atau belum bisa membedong bayi? Tenang, sekarang sudah tersedia bedong instan bunda. Tapi kalau mau yang manual boleh juga kok:)
Bedong Instan (Sumber: MatahariMall.com)
3. Sarung Tangan dan Kaki
Sarung tangan penting ni bunda, selain untuk menghangatkan, bisa juga untuk melindungi bayi saat kuku-kuku nya panjang. Saya pribadi pas awal-awal belum berani buat motongin kuku tangan dan kaki jari anak saya, jadi untuk lebih amannya saya milih dipakein sarung tangan ini saja. Saat itu yang berani motongin kuku suami, tapi suami pulang kampung seminggu sekali. Tapi kadang juga suami lupa motongin kuku anak kami. Amazingnya, pertumbuhan kuku bayi juga cukup cepat lho layaknya orang dewasa.
Sumber: MatahariMall.com

4. Perlak Bayi
Perlak ini penting bagi bunda yang tidak memakaikan diapers bagi si bayi, biar pas dede pipis ndak kena kasur atau kursi. Seperti saya pas di kampung halaman, ibu saya lebih sreg kalau cucunya pakai popok kain saja seperti saya dan kaka adek saya. Ibu membelikan 1 perlak yang menutupi semua kasur, terus saya sama suami beli 2 perlak kecil. Perlak kecil ini diperlukan biar bisa pindah-pindah tempat , entah ke ruang depan atau tengah.

5. Popok Kain
Bagi bunda yang lebih sreg pakai yang alami alami, popok kain ini penting untuk dibeli. Biasanya karena awal-awal, kulit bayi masih sensitif, takut ruam jadi beberapa bunda lebih nyaman bayinya memakai popok kain ini. Jika ini adalah pilihan bunda, bunda mesti siap buat nyuci popok segunung *halah, karena intensitas pipis bayi masih sering. Alhamdulillahnya saya habis lahiran kemarin tinggal di rumah ibu, jadi ada yang bantu nyuci. Kalau sendiri..hadeuh kayanya belum bisa deh, masih hati hati sama luka jahitan yang banyak :(. Tapi Kalau bunda mau hemat yaa baiknya pakai popok kain ini.

6. Diapers
Ini pilihan alternatif lain, kalau bunda ndak mau pake popok kain. Bagi bunda yang hidup merantau, hidup mandiri ndak ada si bibi yang bantuin, pilihan ini lebih mudah, efektif dan efisien. Habis pake tinggal buang, tapi kekurangannya bunda ndak bisa go green deh plus boros. Saya sarankan, kalau mau beli diapers perhatikan juga kualitasnya yaa bund. Anak saya umur 11 bulan pernah ruam pake diapers jenis tertentu, terus ganti dengan merk lain Alhamdulillah ndak lagi. Saat ruam segera obati dan cari merk diapers yang lain yaa. Pas anak kami ruam, kami coba mengoleskan minyak burung but-but diarea ruamnya.

7. Clodi (Cloth Diapers)
Alternatif lain lagi selain menggunakan popok kain dan diapers adalah menggunakan Clodi. Clodi ini bisa tahan sampai 4 jam untuk menampung pipis bayi, setelah itu bisa dicuci dan dipakai kembali. Ini pilihan cerdas bagi bunda yang mau hemat, ndak mau terlalu banyak cucian dan mau go green tentunya. Tapi kelemahannya kalau pas musim hujan gini, ni clodi lama keringnya karena bahannya tebel.
Clodi (Cloth Diapers)

8.   Selimut Bayi
Selimut merupakan salah satu barang yang lekat dengan bayi terutama saat tidur. Apalagi pas awal-awal kelahiran, bayi sering sekali tidur, sehari bisa nyampe belasan kali. Nah selimut ini buat menghangatkan tubuh bayi. Apalagi pas bayi saya  lahir, cuaca lagi tidak bersahabat, panasnya pol-polan, mau tidak mau kita kipas anginan terus. Biar ndak terlalu dingin, anak saya ta pakekan selimut. Kadang selimut ini  saya pake buat alas ompol juga hihi, jadinya multi fungsi kan yaa :)

9.   Gurita
Gurita ini biasanya digunakan saat pusar bayi belum puput. Setelah mandi  pusar akan ditutup kasa yang sebelumnya sudah dikasih iodine povidone. Nah dengan memakai gurita, kasa ini jadi bisa tetap nempel dipusar bayi. Pasca pusar puput, gurita udah boleh ndak dipake lagi. Biasanya kita mengenal gurita itu dengan banyak tali yang harus dipakai, sekarang sudah ada gurita instan lho bunda. Cukup direkatkan, gurita sudah terpakai. mudah kan? tapi kalau bunda masih nyaman dengan gurita manual oke oke aja sih yaa :)
Gurita dengan Perekat (Sumber: MatahariMall.com)
 
10. Kelambu  
Kelambu ini berfungsi untuk melindungi bayi dari nyamuk, lalat dan teman-temannya. Apalagi sekarang banyak anak yang terkena DBD, kita bener-bener kudu waspada. Pas anak saya berusia 2 bulan, waktu itu lagi musim lalat, banyak lalat yang masuk rumah dan mengganggu si kecil. Kadang saya juga ndak bisa menungguinya setiap saat untuk mengusir tu lalat, jadi senjata utama yang saya pake adalah kelambu. Saya punya 1 kelambu lipat yang bisa saya bawa kemana-mana. Saya juga punya 1 kelambu besar yang bisa dipasang dikamar, tapi sampe sekarang belum ta gunakan.
 
11. Jaket Bayi
Jaket bayi ini sangat kepake saat kita bepergian keluar rumah, wabil khusus bagi yang kemana-mana naik motor seperti saya. Saat mau bepergian pake motor jaket, kaos kaki, celana panjang, jilbab plus selimut menjadi hal yang wajib digunakan oleh anak.
 
12. Topi Bayi
Saat awal-awal bayi baru lahir, topi atau ciput menjadi salah satu atribut cukup penting untuk digunakan. Apalagi kalau mau bawa bayi halan-halan disekitar lingkungan rumah. Selain untuk melindungi bagian ubun-ubun bayi yang masih lembek, topi ini juga bisa menghangatkan serta mempercantik dan memperganteng bayi lho. Bahkan saya pas di kampung, nenek selalu mewanti-wanti saya untuk memakaikan topi untuk anak saya walau itu lagi di rumah, biar anget katanya. Padahal cuaca saat itu lagi panas-panasnya, kadang saya ndak nuruti juga permintaan nenek *maaf yaa nek.
 
13. Kaos kaki
 Kaos kaki juga penting bagi bayi kita, apalagi kalau mau keluar rumah. Bayi masih sensitif dengan cuaca dingin, bisa-bisa kehilangan banyak energi jika nanti kedinginan. Kata orang tua dan teman, bagian tubuh bayi yang penting untuk ditutupi terutama saat bepergian adalah kepala dan kaki. Tapi saat ini sudah ada pakaian bayi yang satu paket langsung nutupin kaki bayi yaa, jadi lebih simpel kalau bunda punya pakaian ini.
 
14. Washlap
Bagi saya orang tua baru, washlap ini bermanfaat pas awal-awal mandiin bayi. Waktu itu saya belum berani nyabunin bayi di bak mandi, takut licin dan kepleset. Akhirnya bayi saya ta basuh dan sabuni dulu dengan washlap setelah itu baru ta bilas di bak mandi. Washlap ini juga bisa digunakan saat didede ndak mandi karena sakit yaitu buat membersihkan dan mengeringkan tubuh bayi. Saya juga pernah memakainya untuk mengompres bayi saat suhu tubuhnya tinggi. Bener-bener multifungsi pokoknya :)
Washlap
15. Peralatan mandi
Peralatan mandi yang dibutuhkan yaitu bak mandi, shampo dan sabun khusus bayi. Ada berbagai merek shampo dan sabun bayi yang bisa bunda gunakan, silahkan disesuaikan dengan kulit bayi karena ada beberapa bayi yang kurang cocok dengan jenis sabun tertentu. Kalau bayi saya Alhamdulillah cocok semua. Waktu itu banyak yang ngado sabun dan shampo dan semuanya  saya coba dan Alhamdulillah cocok semua.

16. Tisu basah dan tisu kering
Tisu basah dan tisu kering penting banget untuk membersihkan bayi saat selesai BAK dan BAB. Pilih Tisu basah yang tidak mengandung Alkohol yaa bund *eh tapi hampir semua tisu basah bayi emang ndak mengandung alkohol ding. Dulu pas bayi saya baru lahir, awalnya saya pakai kapas biasa yang dibasahi air buat bersihin si baby tapi lama-lama kurang sabar dengan intensitas BAK yang sering akhirnya pake tisu basah instan juga. Kata dokter/ bidan saya si amannya pake yang alami dengan kapas yang dibasahi tadi. Alhamdulillahnya bayi saya cocok pake yang tisu basah instan ini :)

17. Kasa Sterile
Kasa sterile penting untuk menutupi pusar bayi pas belum puput. Kasa ini digunakan setelah bayi mandi dipagi dan sore hari. Kasa ini juga bisa digunakan untuk membersihkan lidah bayi yang putih tebal karena ASI. Selain itu, kasa ini juga bermanfaat buat bunda lho, terutama bagi bunda yang mengalami luka jahitan. Kasa dikasih Iodine Povidone kemudian taruhlah diarea jahitan pada vagina, InsyaAllah akan cepat kering. Bunda bisa mendapatkan kasa ini di Apotik, Bidan atau Swalayan terdekat yaa.
Kasa Sterile
18. Tempat pakaian bayi
Saya pribadi saat itu lebih nyaman menggunakan keranjang bayi dibandingkan lemari khusus bayi. Kenapa? dengan menggunakan keranjang ini, popok lebih mudah diambil dan digunakan apalagi dengan  intensitas BAK yang masih sering. Koleksi pakaian juga belum terlalu banyak saat itu. Tapi memang kekurangannya rawan terkena debu si bund. Kalau ada rezeki berlebih, bolehlah bunda beli almari bayinya :)
 
19. Termometer
Alat ini wajib bunda punya yaa bund. Suhu bayi sering naik turun tak terduga. Siang dingin tetiba malam panas. Apalagi kalau habis imunisasi DPT 1, 2 dan 3, selang berapa jam habis imunisasi suhu tubuh anak meninggi. Kalau ada termometer kita bisa ukur suhunya dan kita bisa melakukan tindakan terbaik. Kalau suhunya < 38.5 °C, bayi bunda cukup diberikan ASI yang banyak, kompres atau skin to skin tapi kalau suhunya > 38.5 °C, maka sebaiknya bunda memberinya obat penurun panas yaa.
Termometer
20. Sisir
Siapa bilang yang butuh cakep itu orang dewasa aja? Bayi juga keles he..bayi juga kan ada rambutnya bunda, jadi mesti dirapihkan. Usahakan sisir bayi terpisah dengan sisir orang dewasa yaa, takutnya tertular jamur penyebab ketombe, kan kasian bayi kitanya.
 
21. Iodine Povidone 
Bahan ini sangat berguna sebagai antiseptik saat pusar bayi sebelum puput/ belum kering. Selain itu juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka jahitan bunda.
 
22. Gunting Kuku Bayi
Kuku bayi cepat sekali panjang lho bunda, dan bahaya nya kalau bayi menggaruk area wajah atau area tubuh yang lain dengan kuku panjangnya tersebut. Pernah anak saya kukunya cukup panjang terus garuk-garuk area wajah dan akhirnya lecet-lecet, kasian banget. Makanya penting banget untuk secara teratur memotong kuku pake gunting kuku bayi tentunya biar lebih aman dipakenya. Bunda bisa dapatkan gunting ini di toko peralatan bayi yaa.
23. Gendongan Bayi
Bunda bisa menggunakan gendongan bayi yang manual (jarit) atau yang instan. Saya udah memakai keduanya. Dulu pas masih di rumah ibu, saya menggunakan yang manual berupa jarit. Pas nyampe semarang ada yang ngasih gendongan instan, ternyata nyaman juga apalagi buat pergi-pergi jadi ndak perlu benerin lagi karena copot. Bagi ibu yang suka bawa motor sendiri kemana-mana, ada lho gendongan khususnya namanya Baby Wrap. Saya pernah dipinjemin guru ngaji saya biar saya bisa mobile kemana-mana. Jadi bukan lagi menjadi halangan buat bunda untuk tetap beraktivitas kemana-mana, tapi tetep mesti memperhatikan kondisi bayi juga tentunya.
Gendongan Instan

Baby Wrap
24. Minyak Telon dan Bedak
Sebenernya dua hal ini bisa bunda beli ataupun tidak si, tapi kalau saya pribadi memakai ke-2 hal ini. Dulu pas awal-awal saya termasuk taat sama aturan kesehatan yang tidak membolehkan penggunaan bedak karena ditakutkan mengganggu sistem pernapasan dan bisa menyebabkan iritasi kulit. Tapi kesini-kesini karena ada masukan dari keluarga, yang katanya "masa bayi ndak bau wangi"?, "sepertinya ada yang kurang kalau ndak pake bedak", akhirnya saya luluh juga tapi dengan memperhatikan kondisi kulit anak juga. Kalau minyak telon sendiri saya menggunakannya untuk menghangatkan tubuh bayi plus biar wangi juga. Alhamdulillah kulit anak saya cocok memakai ke-2 bahan ini.

25. Kasur Mini
Bagi saya pribadi kasur mini ini cukup dibutuhkan, biar bisa pindah-pindah tempat untuk mencari suasana baru. Biar bundanya juga bisa melakukan aktivitas lain seperti nonton tv, ngobrol, masak, cuci piring, dll. Sekarang ada juga lho kasur mini yang dilengkapi mainan diatasnya biar bayi terhibur. Tapi biasanya, si bayi akan mulai bisa melihat pas usia 2 bulanan, ndak apa-apalah buat investasi kedepannya yaa.
Sumber: MatahariMall.com
26. Stroller
Stoller bisa penting atau ndak, tergantung kebutuhan masing-masing dan kondisi kantong bunda juga. Kemarin-kemarin saya liat seorang bunda yang sedang ikut seminar, terus bayi nya bobo dan diletakin di stroller, jadi bundanya bisa nyatet dan ndak pegel gendong bayi selama acara. Stroller ini juga sangat bermanfaat saat bunda mengajak buah hati berwisata atau sekedar jalan-jalan di kompleks rumah lho.
Sumber: MatahariMall.com
27. Mainan
Mainan dibutuhkan saat bayi mulai bisa melihat, yaitu sekitar usia 2 bulanan. Mainan ini berguna untuk merangsang indera penglihatan dan pendengaran bayi bunda dengan warna, bentuk dan suara yang beraneka ragam. Dulu anak saya senang sekali, pas pertama kali dibelikan mainan sama ua nya di kampung halaman.
MatahariMall.com
 
Nah, itulah beberapa hal yang bisa bunda persiapkan untuk kelahiran buah hati ala realitarelita.com. Ndak harus sama ko bunda, ambil yang menurut bunda penting dan bermanfaat saja. Belinya jangan mepet-mepet HPL yaa bunda, kita kan ndak tau kapan tepatnya bayi kita lahir. Bunda bisa beli semua perlengkapan diatas di toko bayi langganan bunda atau kalau ndak ada waktu atau sudah ndak kuat pergi-pergi jauh, bisa juga membelinya secara online. Kebetulan sekarang lagi ada diskon gede-gedean lho di MatahariMall.com. Bunda bisa lihat-lihat dulu barangnya di portal resminya yaa, pilihannya lengkap dan bisa sambil bersantai ria tentunya tanpa perlu keluar rumah.

Oke bunda, sharing nya dicukupkan dahulu yaa, next time InsyaAllah disambung lagi dalam tema yang berbeda.
Share:  

12 comments:

  1. Banyak ya kebutuhan bayi. Baiknya dicicil sebelumnya ya mb.

    ReplyDelete
  2. Dulu aku juga pakai Mbak nyak telon mbak. Tapi ternyata kalau dari ahli kesehatan gak boleh pakai. Bismillah aja deh ya.

    Dari semua perlengkapan di atas ada beberapa yang nggak aku beli mbak. Kayak stroller tuh di sini masih jarang sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba,sy jg pake akhirnya tu minyak telon. stroller hukumnya mubah si mba..he

      Delete
  3. Kecil-kecil siiihhh... tapi keluar uangnya banyak. Hehehe..
    Itu juga yang aku rasain dulu mba. Apalagi liat barang2 mungil lucu gitu, rasanya pengen dibeli semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, emak-emak biasa lapar mataa..he

      Delete
  4. Wawawa jadi pengen punya bayi lagi hihiji

    ReplyDelete
  5. ayo mba program lagi, mb medina udah besar lho..he..he

    ReplyDelete
  6. ayo mba program lagi, mb medina udah besar lho..he..he

    ReplyDelete
  7. Baru sabtu kemarin aku belanja pwrlengkapan bayi mbak..udh 9th lalu jd sampe.toko bingung mo beli apa hahaha untunh ditoko udh ada list nya tgp beberapa item aja yg blm dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallah mba muna, semoga lancar semuanya yaa mba. Aamiin

      Delete
  8. noted... diarsipkan untuk periode terdekat :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.