Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mudah Membuat Bawang Goreng Kriuk ala Rumahan

 



Assalamu'alaikum 

Temans apakah kamu penyuka bawang goreng? Kalau aku si yess. Sedep aja gitu kalau makanan dikasih bawang goreng, bikin nanduk nambah nasi, duh gagal diet jadinya😅

Terus kalian masuk teams yang buat sendiri atau beli bawang goreng kriuk? Kalau aku sih seringnya beli hehe. Gimana ya,pengennya tinggal makan ☺ Padahal dulu kalau ortu panen, sering dikasih bawang goreng dan akhirnya banyak ya busuk karena masak juga ga banyak porsinya, dan sering moody juga😅

Entah kenapa diri ini belum terpanggil untuk membuat bawang goreng endeus seperti bawang goreng kemasan yg enak itu. Seringnya goreng hanya pas bikin sop aja buat taburaan di atasnya. 

Sampai akhirnya ada tantangan menulis #1W1PGandjelRel dengan tema Bawang Goreng, jadi merasa terpanggil untuk menulis tentang Tips Mudah Membuat Bawang Goreng Kriuk yang Enak. Ga mau dong buat tulisan asal copas aja, pengennya by experience biar jadi pelajaran juga☺

Ahirnya mulailah bebikinan, mumpung masih ada stok bawang merah di dapur. Langkah pertama tentunya tanya mbah google dulu hehe. Orang zaman sekarang tuh sebenernya sangat dimudahkan sama teknologi, asal ada kemauan aja. Tapi tantangannya apa? mager dan konsumerisme, apa-apa pengennya praktis alias beli hehe. 

Oke lanjut ya. Berdasarkan sumber yg saya lihat, tips membuat bawang goreng sebagai berikut:

1. Kupas bawang goreng, lalu potong tipis-tipis supaya renyah nantinya.


2. Tambahkan sedikit garam, lalu ratakan. Diamkan selama 5 menit. Selain untuk menambah rasa, pemberian garam juga dapat menyerap air dan getah yang ada pada garam.

3. Campurkan sedikit tepung maizena pada potongan bawang merah. 

4. Panaskan minyak dengan api 🔥 kecil, masukkan potongan bawang merah tadi ke dalam minyak. Jangan lupa untuk di bolak balik supaya tidak gosong. 

5. Setelah berwarna keemasan, angkat dan tiriskan bawang goreng sampai dingin. 

6. Setelah dingin, masukan bawang goreng kedalam wadah dan tutup rapat supaya tidak melempem. 

7. Bawang goreng bisa dinikmati 😊

Alhamdulillah hasil experiment kali ini not bed lah, walau agak telat ngangkat dari minyak (baca: tll cokelat). Alhamdulillah nsi kecil pun yang tadinya anti bawang merah, dia suka makan sama bawang goreng ini :). 

Oke Next bikin lagi, pas stok bawang merah banyak😊

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat yaa 😊


Wassalamu'alaikum.. 


 


Post a Comment for " Tips Mudah Membuat Bawang Goreng Kriuk ala Rumahan "