Friday, February 23, 2018

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatiakan Oleh Ibu Hamil dan Ibu Yang Sedang Merencanakan Kehamilan


Sumber: Vemale.com
Assalamu'alaikum..
Berbahagialah menjadi perempuan karena perempuan adalah makhluk pilihan Allah, yang memiliki tugas untuk melanjutkan kehidupan manusia. Perempuan menjadi kepanjangan tanganNya dalam meneruskan generasi (Bidan Mugi Rahayu)
Mengandung, melahirkan dan menyusui adalah kodrat seorang perempuan, dimana tugas ini tidak bisa diwakilkan kepada laki-laki. Melanjutkan estafet kehidupan manusia, sungguh merupakan tugas yang sangat mulia. Walau pada akhirnya, tidak semua perempuan Allah takdirkan untuk mengemban amanah merawat dan mendidik sang buah hati. 

Namun, selagi ruh masih bisa menggerakkan tubuh kita, rasa optimisme dan semangat berusaha harus senantiasa membara untuk bisa memiliki sang buah hati. Tentu tanpa melupakan do'a dan tawakkal pada sang pemilik jiwa. Kemarin pas saya mengikuti senam hamil, saya ketemu seorang ibu yang sedang mengandung anak pertama setelah 15 tahun menanti. Subhanallah, sebuah penantian yang panjang, tentu bukan sebuah hal yang mudah bukan?! 

Saya selalu terharu mendengar kisah perjuangan ibu-ibu yang tak pernah lelah untuk pantas diamanahi momongan. Berbagai cara agar cepat hamil , mereka lakukan. Yaa memang benar adanya, wilayah kita sebagai manusia hanyalah dengan terus berusaha, terus berdo'a dan berserah diri. Hasilnya? Kita serahkan pada Allah saja.

Semangat terus pokoknya bagi para ibu yang sedang menjalankan program hamil. InsyaAllah, Allah melihat usaha ibu semua. Semoga akan segera diberi amanah anak pada waktu yang terbaik yaa, Aamiin Yaa Rabbal'alamin. 

Menjaga kesuburan juga tak kalah penting dalam menjalankan program kehamilan. Dulu saya rajin makan kecambah, pernah juga minum susu untuk program kehamilan, bahkan teman saya ada yang yang mengkonsumsi As.Folat dan Vit.E. Vitamin E 400 IU yang terkandung dalam SANO-E katanya bisa meningkatkan kualitas sperma laki-laki dan memperbaiki lapisan dinding lahir untuk persiapan kehamilan. 

Bagi ibu yang sedang menjalankan program kehamilan, untuk lebih mantapnya, silahkan berkonsultasi dengan dokter kandungan yaa.
SANO-E, Untuk Menjaga Kesuburan

Bagi yang sedang diberi kesempatan untuk mengandung, yuks dijaga baik-baik kehamilannya. Dimulai dengan menjaga kesehatan jiwa dan raga ibu. Kesehatan jiwa sangatlah penting. Ibu yang bahagia selama mengandung, InsyaAllah janin yang ada dalam rahim ibu juga turut merasakan. Jadi selagi hamil, minimalisir hal-hal yang bisa memacu stress, upayakan supaya terus bahagia yaa :)
Makanan Sehat Ibu Hamil (Sumber: pixabay)
Kesehatan jasmani juga tak kalah penting. Ibu hamil harus memperhatikan apa yang ia makan. Walau pada prakteknya tidak semudah teori yang disampaikan. Apalagi pada trimester awal, seringnya mual, nafsu makan menurun dan akhirnya males makan. Terkadang lihat nasi saja sudah mual, bau bumbu masakan saja sudah hoek-hoek hiks, subhanallah nikmatnya ibu hamil :). 

Tapi upayakan kita jangan menyerah pada kondisi ini, paksakan untuk bisa makan! Cari alternatif makanan peganti yang membuat kita berselera kembali untuk makan, demi sang buah hati. Misal nasi diganti singkong, ubi atau roti sebagai sumber karbohidrat. Daging ayam diganti ikan-ikanan sebagai sumber protein hewani. Perbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral.

Oh iya, walaupun saat hamil tak ada pantangan untuk makan apapun, tapi tetap jangan berlebihan yaa. Pengalaman, pernah tuh ngidam durian, terus makan kebanyakan, habis itu kepala pusing gleyengan. Habis itu agak kapok ngga mau makan lagi selagi hamil. Berdasarkan referensi ternyata buah ini mengandung alkohol, jadi sedikit saja kalau mau nyoba. 

Pernah juga pengen jengkol, padahal udah lama banget ngga makan karena ngga suka baunya. Lah pas hamil ko yo pengen. Saya akhirnya beli di warteg beberapa buah. Padahal makan hanya 3 biji, eh langsung klenger waktu itu, hiks ngga lagi-lagi dah. Begitupun Buah Nanas atau Nangka, kalau kepengen, jangan banyak-banyak ya.

Terus jangan makan makanan yang masih mentah terutama daging. Takutnya terinfeksi bakteri yang ada pada daging tersebut. Makan sate juga upayakan sate yang mateng yaa, dan jangan sering-sering, sedikit saja. Kalau mau makan sayuran mentah, upayakan dicuci sebersih mungkin.

Selain menjaga asupan nutrisi, untuk menjaga kesehatan jasmani, ibu hamil juga dianjurkan untuk berolah raga secara rutin, tapi yang ringan-ringan saja yaa misal jalan kaki. Ini nih yang jarang saya lakukan, padahal udah tau teorinya, hm dasar pemalas hiks. Bisa juga melakukan senam hamil saat trimester tiga, beberapa kali saya juga pernah mengikuti. Lumayan bisa mengurangi pegal-pegal yang saya alami. Kepengen ikut yoga tapi belum kesampean, next time semoga bisa yaa.
Terahir, ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke faskes terdekat atau faskes pilihan keluarga. Pemerintah sendiri mewajibkan, pemeriksaan bumil dilakukan minimal selama 4 kali. Satu kali saat usia kandungan (uk)  sebelum 3 bulan, satu kali saat uk 4-6 bulan, dua kali saat uk 7-9 bulan.

Tingginya angka kematian ibu dan bayi pada tahun 2016 khususnya di Jateng, membuat pemerintah setempat waspada untuk menanggulangi ini. Untuk itu, pemerikasaan rutin sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Pemeriksaan rutin apa saja yang dilakukan selama kehamilan?

Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya, pengukuran tinggi badan satu kali selama kehamilan. Penimbangan berat badan (bb) dimana bb bumil sejak bulan ke-4, dianjurkan selalu ada pertambahan paling sedikit 1 kg/ bulan. Pengukuran tekanan darah (tensi darah), apabila tekanan darah lebih besar atau sama dengan 140/90 mmHg dimungkinkan ada faktor resiko hipertensi. Pengukuran lingkar lengan atas, pengukuran tinggi rahim, penentuan letak janin dan perhitungan denyut jantung janin.

Selain pemeriksaan di atas, juga dilakukan tes laboratorium untuk mengecek golongan darah, status hemoglobin untuk mendeteksi ibu hamil memiliki animea/ tidak. Tes HBsAg untuk mendeteksi kemungkinan bayi kuning saat lahir. Tes darah juga berfungsi untuk mendeteksi penyakit menular seperti HIV pada ibu hamil. Tes hemoglobin dilakukan dua kali selama kehamilan yaitu pada trimester satu dan tiga.

Saat pemeriksaan juga ada proses konseling terkait apa-apa saja yang harus ibu lakukan selama hamil. Kitapun bisa menyampaikan berbagai keluhan selama hamil kepada tenaga kesehatan. Jadi kalau ada keluhan atau hal-hal yang bikin ragu, jangan malu untuk bertanya yaa?!

Oh iya kita juga akan dikasih Buku Pink, buku panduan ibu hamil saat periksa. Buku ini sangat mencerahkan banget pokoknya, asal rajin dibaca tentunya :)

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatiakan Oleh Ibu Yang Akan dan Sedang Hamil
Ini Buku Pink, KTPnya Ibu Hamil :)

Selain itu, pasca pemeriksaan juga kita akan diresepkan vitamin untuk menunjang proses kehamilan. Vitamin yang diberikan pada tiap trimesternya beda-beda, sesuai kebutuhan janin. Ada Asam Folat, minyak ikan, Kalsium (Ca), penambah darah, Vitamin C. Yaa walau begitu, asupan makanan alamiah jangan dilupakan juga karena supplement yang disebutkan di atas hanya sebagai tambahan. Tetep pola makan dengan gizi seimbang adalah yang utama yaa bu.

Nah itu beberapa hal yang harus diperhatikan bagi ibu yang akan berencana dan sedang menikmati proses kehamilan. Apapun Takdir yang sedang kita jalani sekarang, nikmati dan jalankan saja dengan sebaik mungkin ya bu ibu. InsyaAllah semua ada hikmahnya dan setiap orang punya ujian dan anugerahnya masing-masing. Satu hal yang harus diyakini, Takdir Allah itu InsyaAllah yang terbaik buat kita, tetap semangat yaa?!

Wassalamu'alaikum..


















4 comments:

  1. Wah ilmu baru nih, terlebih lagi untuk yang belum menikah :)

    ReplyDelete
  2. Cocok smua nih mba ichaaa.. ak jg uda nglakui semua yg diatas. Dan yg terutama dan ga boleh ketinggalan yaitu banyak2 doa yaaa. Terutama aku punya rasa2 trauma gt. Tapi jd tenang kl banyak2 doa. Hehee... semangat terus yaa. Semoga kita diberi kesehatan kelancaran dan keselamatan sampai waktu launching baby nya tiba. Aaamiiin

    ReplyDelete
  3. aku sedang mengandung mba semoga lahiran nanti bisa lancar aamiin dan sama aku juga puinya buku pink itu :)

    ReplyDelete
  4. terimakasih kak sudah berbagi, bisa jadi acuan ketika nanti berkeluarga hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.