Tuesday, February 20, 2018

Sobat Mempunyai Rencana Liburan Impian? Ke Pulau Lombok Saja, Surganya Alam Indonesia


Assalamu'alaikum Sobat semua..menginjak bulan kedua di tahun yang baru ini, lagi pada sibuk apa nih? Adakah yang sedang merencanakan liburan? Lo, liburan hari gini?! Libur sekolah, libur akhir tahun, awal tahun, libur imlek pun sudah lewat, masa mau liburan lagi? Yaa siapa tau punya rencana liburan lagi kedepannya..iya kan?! Sebut saja Liburan Impian hehe.

Semua perlu perencanaan, begitupun dengan Liburan Impian. Masa segitunya? Yaps, saya punya sodara yang cukup rutin mengagendakan liburan keluarga saat liburan sekolah. Liburan keluarga ini merupakan "Family Time", untuk memperkuat hubungan dan ikatan batin diantara anggota keluarga. Tak hanya itu, mereka meniatkan liburan atau traveling atau bepergian atau perjalanan ini untuk ibadah, bertafakur akan CiptaanNya dan memenuhi perintahNya. Amazing kan?!
“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari Rezeki-Nya. Dan hanya kepadaNya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan (Q.S Al Mulk: 15)”
Bagi yang suka bertafakur (memikirkan/ merenungkan) akan ciptaan-Nya, cocok banget ni memilih tempat liburan yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Ngomongin obyek wisata dengan keindahan alam yang paripurna, Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini sangat pas dijadikan pilihan utama. 

Keindahan alam Pulau Lombok  tentu sudah tidak diragukan lagi. Mau menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya, jernih dengan keindahan biota laut yang terlihat jelas dari atas? Mau menikmati air terjun dengan pemandangan alam yang serba hijau disekitarnya? Atau bagi para pendaki, mau menikmati keindahan Gn. Rinjani? Semua ada di pulau ini! :)  Banyak juga destinasi wisata baru yang dikelola masyarakat dan penduduk setempat di sini, jadi dijamin sobat ngga bakal rugi.

Oh iya, Pulau Lombok juga berhasil menyambet penghargaan sebagai pemenang didua kategori yaitu World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang kompetisi dunia  the world halal halal travel summit/ exhbition 2015 (WHTS 15) di Abu Dabi, Uni Emirat Arab (UEA), tanggal 21 Oktober 2015. Ajang ini memperebutkan 14 kategori dan diikuti lebih dari 200 negara lho.
“Lombok adalah Perhiasan Halal Indonesia..”
Dan Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai pemenang ditiga kategori yaitu World’s Best Halal Tourism Destination, World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Family Friendly Hotel.   Sebagai Warga Indonesia, saya turut bangga dan bahagia akan kemenangan ini. Tentu sobat juga dong?!

Lalu seperti apa sih keindahan Pulau Lombok itu? apa saja yang bisa kita nikmati di sana? Ini dia   beberapa tempat yang bisa kita kunjungi saat berwisata di Pulau Lombok.

Taman Nasional Gunung Rinjani
Bagi yang mempunyai hoby mendaki gunung, wajib ni mengunjungi tempat ini. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3762 mdpl. Gunung ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Kalau Semeru punya Ranu Kumbolo, Gunung Rinjani ini punya Segara Anak. Selain itu, ada juga pemandian air panas alami yang letaknya tak jauh dari segara anak.
sumber foto : IndonesiaJalanJalan.com
Segara anak merupakan tempat favorit bagi para pendaki untuk bermalam saat melakukan pendakian. Segara anak merupakan Danau Vulkan dengan kedalaman 230 meter. Awalnya danau ini terbentuk dari kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air hingga berubah menjadi danau. Airnya berwarna biru laut di atas ketinggian 2000 mdpl. 

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan ikon sekaligus magnet wisata utama bagi Pulau Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 km ini dekat dengan Mataram. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan di sini, seperti layaknya di Pantai Kuta Bali seperti bermain pasir, berenang, melihat matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat keindahan karang bawah laut. Selain itu, sobat  juga bisa kulineran di sekitar pantai, dengan menu plecing kangkung dan ayam taliwangnya. Kata teman saya, kangkung di lombok itu kriuk kriuk, enak..hm, jadi penasaran yaa :)
 
sumber foto : anekatempatwisata.com
Gili Trawangan
Gili Trawangan merupakan pulau kecil di sekitar Lombok yang terkenal dengan sebutan ‘’Gili T”. Tempat ini memiliki pemandangan laut yang sangat memukau. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti Snorkeling, melihat keindahan bawah laut berupa beragam ikan yang cantik, terumbu karang yang berwarna warni. Saat berwisata, tak lengkap rasanya kalau ngga belanja, iyaa ngga? Tenang, sobat bisa berbelanja macam-macam souvenir di sekitar pantai ini :). Saking indahnya,  Gili Trawangan kerap disejajarkan dengan Hawai lo..
sumber foto : nationalgeographic.co.id
Narmada
Taman ini cocok dijunjungi bagi sobat yang ingin mengetahui kehidupan para raja di lombok pada masa lalu. Di sini sobat bisa masuk ke sebuah pura yang didalamnya terdapat air suci. Sobat boleh membasuh wajah dan beberapa bagian tubuh di sini.
sumber foto wisatania.com

Tempat ini terkenal dengan keberadaan taman raja seluas hampir 3 hektar. Bangunan ini terkenal dengan sebutan Taman Narmada dibangun sejak tahun 1700 an. Tempat ini terletak di desa Lembuak, sekitar 10 kilometer sebelah timur Mataram. Tempatnya di bawah kaki Gunung Rinjani. 

Didalamnya terdapat kolam tirta (pemandian air sejak zaman dahulu). Terdapat pula pura sebagai replika keagungan Rinjani. Sehingga raja yang sudah sepuh tidak perlu lagi pergi jauh mendaki gunung untuk melakukan berbagai acara kesucian.

Pantai Tangsi
Pantai di Lombok tidak hanya menyuguhkan pantai berpasir putih, tetapi menyediakan juga pesisir yang istimewa. Spesialnya pantai ini menyediakan pantai bewarna merah muda di Lombok Timur yang terkenal dengan sebutan Pink Beach. Warna merah muda ini berasal dari serpihan karang yang bercampur dengan pasir pantai. Fenomena ini termasuk jarang, bahkan hanya terdapat tujuh pantai saja yang memiliki pantai berwarna pink di seluruh dunia.
Sumber foto : batangtrip.wordpress.com
Air Terjun Benang Kelambu
Tak hanya gunung, pantai dan pura, Pulau Lombok juga mempunyai keindahan air terjun di kaki gunungnya. Salah satu air terjun eksotis yang harus sobat kunjungi yaitu Air Terjun Benang Kelambu. Kenapa disebut Air Terjun Benang Kelambu? karena air yang mengalir, layaknya benang tipis berukuran kecil. Air terjun ini terbagi menjadi beberapa aliran bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Oleh karena itu gemercik air yang terdengar halus dapat menenangkan jiwa dan raga. Cocok ni bagi sobat yang ingin bersemedi eh relaksasi diri maksudnya hehe.

Sumber foto : travelingyuk.com
Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep biasa disebut surga tersembunyi karena sangat kental dengan suasana alam yang masih asli. Namun yang harus diperhatikan, trek menuju tempat ini sangat menantang yaitu berupa jalan setapak. Butuh sedikit perjuangan ekstra untuk menuju tempat ini. Sobat akan diajak melewati bebatuan yang licin sebagai pijakan, menyusuri sungai yang berarus lemah yang airnya sangat dingin dan jernih.
sumber foto : dilombok.com
Walau begitu, sobat ngga bakal rugi deh karena di sini sobat akan dimanjakan dengan pemandangan dan suara air terjun yang dikelilingi tebing dengan pohon yang hijau dan rindang. Bisa kebayang kan gimana indahnya? 

Dengan beragam wisata alam yang dimiliki, Lombok sangat cocok untuk menjadi tujuan berwisata sobat selanjutnya. Jangan lupa atur jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary dan kemas barang bawaanmu yaa sobat semua. 

Nah itu sedikit gambaran beberapa tempat yang bisa dikunjungi saat sobat berlibur ke Lombok. Mau tahu lebih detailnya? Sobat bisa baca-baca di Wisata Lombok Blog Traveloka. Banyak info menarik dan penting jika sobat ingin Traveling ke Pulau Lombok. Atau sobat sedang mencari informasi mengenai tempat wisata lain? bisa banget meluncur ke laman blog traveloka yaa.

Oh iya, info penting lainnya, Traveloka juga mempunyai layanan baru yaitu  berupa paket tiket pesawat dan hotel dalam satu paket . Pesan paket pesawat dan hotel secara bersamaan lebih hemat lo dibandingkan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun, enak kan?!

Wassalamu'alaikum..

4 comments:

  1. Udah pernah kesana dan selalu rindu balik lagi. Setuju banget lombok itu surga

    ReplyDelete
  2. Keren mb mun, bener2 momtraveler ni :)

    ReplyDelete
  3. Aku tertarik ke lombok, khususnya gili gilinya

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.