Friday, March 30, 2018

Ternyata Ini yang Menyebabkan Ponsel Xiaomi Redmi Pro Cepat Panas


Assalamualaykum Sobats... Melanjutkan seri postingan tentang ponsel cerdas, kali ini akan sedikit mengulas tentang Smartphone Xiaomi. Ponsel China yang sudah punya nama besar di Indonesia. betul apa betul? Siapa yang nggak tahu hp Xiaomi?

Xiaomi merupakan salah satu vendor ponsel yang menguasai pasar gadget saat ini. Ada banyak smartphone yang diproduksi oleh Xiaomi laris manis dipasaran, salah satunya adalah Smartphone Xiaomi Redmi Pro. Ponsel ini terkenal karena memiliki dual camera yang akan memanjakan Sobats yang sangat suka mengambil foto ataupun video, baik selfie, wefie ataupun ngevlog. Tapi ponsel yang bisa dibeli di toko online ini juga bisa mengalami masalah yang biasa ditemukan pada ponsel merek lain, yaitu cepat panas.

Ada beberapa alasan yang membuat ponsel ini menjadi cepat panas, sehingga penggunaan baterai juga semakin boros. Alasan pertama adalah penggunaan kamera. Saat Sobat menggunakan ponsel pintar, kebanyakan untuk mengambil gambar dan atau video sampai berulang kali dengan harapan mendapatkan kualitas yang bagus. Bahkan jika sobat termasuk orang yang kerap mematikan dan menghidupkan ponsel, berarti Sobats juga melakukan hal bisa menjadi penyebabkan ponsel menjadi cepat panas. Apalagi ponsel ini memiliki dual camera seperti Xiaomi Redmi Pro ini.

Redmi Pro memiliki 2 kamera utama (kamera belakang) dengan perpaduan kamera 13 Mp dan 5 Mp. Masing-masing kamera baik sekunder ataupun utama dilengkapi dengan sensor yang berbeda yang akan menyebabkan gambar jepretan menjadi semakin tajam dan detail. Dual camera yang digunakan di ponsel Xiaomi ini menghasilkan jepretan seperti efek bokeh yang tidak kalah dengan jepretan dari DSLR.

Kedua adalah kondisi sinyal yang lemah. Tidak bisa dipungkiri, walaupun ponsel pintar dari Xiaomi ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE, namun tidak semua tempat yang ada di Indonesia memungkinkan Sobats untuk bisa internetan dengan kondisi jaringan yang stabil. Tidak jarang, koneksi tersebut naik turun dan bahkan tidak ada sama sekali, sehingga menyebabkan ponsel harus bekerja ekstra untuk mendapatkan sinyal yang membuat smartphone ini cepat panas.

Ketiga adalah penggunaan yang tidak wajar. Misalnya Sobats menggunakan Xiaomi Redmi Pro ini untuk bermain game dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut tidak hanya menyebabkan suhu ponsel menjadi lebih cepat panas, namun juga meningkatkan kemungkinan ponsel tersebut mengalami masalah pada aplikasi yang digunakan misalnya terjadi lagging. Karena hal tersebut, sebaiknya saat Sobats bermain game, beri jeda untuk ponsel tersebut beristirahat agar bisa menormalkan suhunya.


Keempat adalah penggunaan banyak aplikasi yang sedang berjalan di background. Ada jenis aplikasi yang berfungsi untuk mengelola sistem yang ada di smartphone, karena aplikasi tersebut memang sudah terinstal dari bawaan dan tidak dapat untuk diuninstall. Penggunaan aplikasi yang berjalan di background menyebabkan ponsel memakan atau menggunakan kapasitas RAM yang tidak sedikit. karena hal tersebut membuat ponsel menjadi terbebani, sehingga suhu ponsel menjadi tidak normal dan mudah panas.

Penyebab lainnya yang membuat Xiaomi Redmi Pro cepat panas adalah:

  1. Penggunaan widget di home screen yang berlebihan. Karena hal tersebut akan menyebabkan kinerja RAM menjadi terbebani sehingga suhu meningkat dan baterai terkuras.
  2. Memainkan ponsel ketika sedang dilakukan charging. Tidak sedikit yang menggunakan ponsel saat sedang diisi baterainya, misalnya agar permainan tersebut cepat selesai dan menyebabkan Sobats bisa dengan cepat melanjutkan hal yang lain misalnya dengan bermain game yang lain. Akan tetapi cara tersebut justru bisa menyebabkan baterai menjadi semakin panas dan bisa mempengaruhi CPU serta GPU. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, bisa menyebabkan ponsel Sobats menjadi cepat rusak.
  3. GPS yang masih aktif. Terkadang setelah menggunakan GPS, Sobat lupa untuk menonaktikan atau sengaja untuk terus mengaktifkan GPS, sehingga menyebabkan suhu ponsel cepat panas dan baterai cepat habis.
  4. MIUI yang belum di perbarui karena versi lama bisa saja masih terdapat bugs yang mempengaruhi kerja ponsel.
Nah Sobats, itu beberapa hal yang bisa membuat baterai hp jadi cepat panas. Saya rasa hal ini berlaku umum untuk ponsel yang lain. Jadi Sobats harus pintar dalam melakukan managemen penggunaan ponsel agar ponsel tidak cepat panas. 

Jika artikel Ternyata Ini yang Menyebabkan Ponsel Xiaomi Redmi Pro Cepat Panas dirasa bermanfaat, silahkan bisa dibagikan atau di sebarluaskan. Terimakasih atas kunjungannya.

6 comments:

  1. aku pake hp merek ini, lumayan dapat tips, makasih ya

    ReplyDelete
  2. wah baru tau penggunaan kamera juga ternyata cukup ngaruh.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah pakai hp ini, lumayan juga ya ternyata mbak ☺

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah pakai hp ini, lumayan juga ya ternyata mbak ☺

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalo ada hape Xiaomi. Kudet banget aku. Nice info mbak.

    ReplyDelete
  6. Thanks for sharing mbak. Infonya kuteruskan ke adikku yg pake Xiaomi

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.