Tuesday, April 24, 2018

Kamera Smartphone: Dual Kamera Tidak Selalu Lebih Mumpuni Dari Single Kamera, Mau Tahu Alasannya?


Assalamu'alaikum Sobat semua..
Kali ini saya mau sharing tentang kamera pada smartphone ni. Pada sepakat ya kalau kamera merupakan salah satu fasilitas pada smartphone yang memiliki arti penting bagi sobat zaman now. Apalagi hobi jeprat jepret atau selfie. ya nggak?! hehe

Sobats di sini punya smartphone yang dual kamera atau single kamera? Sudah tahu belum ni masing-masing fungsinya? Smartphone dengan single kamera memiliki kondisi dimana smartphone hanya memiliki satu lensa saja. Sebaliknya, pada dual kamera, smartphone dibekali dengan dua lensa di kamera belakang. Biasanya smartphone jenis ini ditawarkan untuk orang yang menyukai hal fotografi.

Smartphone dual kamera memang sering ditawarkan sebagai keunggulan sebuah smartphone. Namun sebenarnya, kenyataannya tidak selalu seperti itu. Ada juga kok smartphone single kamera tapi kualitasnya seperti dual kamera, contohnya OPPO F7 ini. OPPO F7 memiliki single kamera pada kamera belakangnya.


Kamera yang dilengkapi dengan dua lensa biasanya menawarkan beberapa kelebihan yaitu mempunyai sensor lebih besar, berfungsi untuk zooming, serta menawarkan fotografi dengan menggunakan metode fokus yang lebih. Tapi, apakah kita benar-benar membutuhkan hal ini?


Menurut saya aspek dual kamera tersebut bisa dikatakan sebagai gimmick semata. Pasalnya, jika ada smartphone yang bisa memberi fungsi yang sama dengan single kamera, lantas untuk apa memilih yang dual kamera. Karena bagi saya yang awam ini, dual kamera tentu butuh pengaturan yang lebih apabila ingin difungsikan. Sedangkan saya adalah tipe orang yang ingin serba praktis, Hehehe.


Bagi saya, OPPO F7 dengan single kameranya sudah sangat cukup bagus untuk hal fotografi. Meskipun hanya memiliki single kamera, tetapi OPPO F7 juga memiliki beberapa fitur lebih yang mendukung kinerja kameranya. Diantaranya yaitu, A.I (Artificial Intelligence) Beauty 2.0, A.I Scene Recognition, Vivid Mode, Cover Shot Feature dan ada fitur Bokeh juga yang bisa menghasilkan foto dengan efek depth-of-field atau efek memainkan fokus. Wah Amaziing yaa?!


Nah, kira-kira sama saja ya aspek fungsionalnya OPPO F7 single kamera dengan smartphone lain yang dual kamera. Bahkan malah kamera OPPO F7 lebih baik daripada yang dual kamera karena spek kamera OPPO F7 sudah memakai CMOS sensor HDR Sony IMX 576 di kamera depannya yang berukuran 25 megapixel, dan sensor HDR Vector di kamera belakangnya.


Ditambah lagi dengan kecanggihan A.I- nya yang bisa menyeimbangkan saturation, kontras, maupun beautify secara otomatis, kamera OPPO F7 adalah yang terbaik menurut saya dibandingkan smartphone lainnya di saat ini. 

Jadi, sekarang kita dapat informasi baru ya, bahwasanya dual kamera tidak selalu lebih unggul dari single kamera. Sobat penasaran? Silahkan dicoba :)

Wassalamu'alaikum..

8 comments:

  1. Keren kameranya Oppo nih, jadi pengen beli :)

    ReplyDelete
  2. Meski single kamera tapi ada fasilitas keren untuk kamera depannya. Bikin hasil foto makin cetar ya mba

    ReplyDelete
  3. cakep juga oppo ya apalagi yang merah..

    ReplyDelete
  4. Pernah foto selfie pake oppo, dan aku jadi keliatan tjakeup...hihi

    ReplyDelete
  5. Mupeng banget OPPo yang ini. Aku pakai yang F1s aja mnrtku sdh oke, apalagi yang ini. . ��

    ReplyDelete
  6. Dulu pernah nyoba motret pakai oppo tapi lupa seri berapa dah lama sih.

    ReplyDelete
  7. Mau dooong difoto pake Oppo F7 iniiii.... *looohhh :))

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka kamera smartphone OPPO mbak, dan memang bagus hasilnya. Nice sharing mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.