Tuesday, June 12, 2018

Masakan Rumah Spesial Khas Ramadhan ala SO GOOD




Assalamu'alaikum sobat semua, bagaimana nih kabar puasanya? Tak terasa besok sudah memasuki akhir Ramadhan mulia. Ada perasaan sedih dan menyesal karena belum bisa beribadah dengan optimal pada Ramadhan kali ini. Targetan-targetan amalan yang sudah dibuat, belum semuanya terlaksana. Ya Allah semoga Engkau berkenan memberikan kesempatan lagi bagi kami untuk meneguk pahala Ramadhan tahun depan, Aaamiin.

Ramadhan yang selalu ku rindu. Bulan terbaik dimana Allah melimpahkan banyak rahmat dan maghfirah. Bulan yang di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan (kurang lebih 83 tahun), yaitu lailatul qadr. Bulan di mana setiap kebaikan yang dilakukan, Allah lipat gandakan pahalanya sampai berkali-kali lipat. Semoga Allah sampaikan kita semua pada Ramadhan tahun depan, Aamiin.

Selain memperbanyak beribadah, salah satu hal yang dikangenin saat Ramadhan adalah menyediakan menu berbuka yang spesial buat keluarga. Saya yang bisa dibilang nggak terlalu rajin dalam hal masak memasak ini, merasa tergerak untuk menyediakan menu yang tak biasa untuk berbuka puasa. Bukan bermaksud untuk berlebih-lebihan, namun saya hanya ingin memuliakan orang yang seharian telah berpuasa, menahan hawa nafsu dari lapar, haus dan syahwatnya. Semoga hal yang sederhana ini bernilai kebaikan yang tinggi dihadapan Allah SWT. Aamiin.

Dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa yaitu saat berbuka dan saat bertemu dengan RabbNya
Semoga dengan menyiapkan hidangan favorit mereka, akan semakin menambah kebahagiaannya.

Nah pada kesempatan kali ini saya mencoba resep masakan rumah khas ramadhan yang simpel, enak, namun spesial dan disukai semua anggota keluarga. Ada apa saja?

1. Chicken Katsu SO GOOD Saus Spesial

Chicken Katsu merupakan makanan favorit suami, anak dan saya tentunya. Biasanya kami membelinya di resto ala jepang gitu. Tapi kali ini saya ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih puas karena bisa menyiapkan sendiri untuk orang terkasih, juga lebih ekonomis tentunya, hehe #TetepPrinsipEmak-emak :D. 

Bahan utama yang digunakkan pada resep kali ini adalah Chicken Katsu SO GOOD. Dengan bahan ini, saya tidak perlu berlama-lama dan bersusah-susah mengolah ayam menjadi chicken katsu, cukup buka bungkusnya, lalu tinggal sreng deh ๐Ÿ˜Š.

Sausnya spesial, saya coba memadukan antara tinta cumi yang gurih dengan kecap asin, mayonnaise dan saus sambal. 

Resep Lengkapnya:

Bahan-Bahan Untuk Membuat Chicken Katsu Saus Spesial
Bahan:
- Chicken Katsu SO GOOD
- Wortel, potong-potong sesuai selera
- Kubis, rajang kasar

Bahan Saus Hitam:
- 1 sendok makan mentega untuk menumis
- 2 siung bawang putih, cincang halus-halus
- ½ siung bawang bombay, rajang kasar
- 1 sendok makan kecap asin asin
- 1 sendok makan tinta cumi-cumi
- 2 sendok makan mayonaise
- 1 sendok makan saus sambal/ cabai 

Cara Membuat:
  • Goreng Chicken Katsu dalam minyak panas dan menggenang sampai berwarna cokelat keemasan, lalu angkat dan tiriskan.
  • Panaskan wajan, masukkan mentega lalu panaskan hingga meleleh. Tumis bawang putih hingga harum dengan api kecil, masukkan kecap asin, aduk rata.
  • Tambahkan bawang bombay dan tinta cumi-cumi lalu aduk hingga bawang bombay menjadi setengah matang. 
  • Angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk, biarkan sampai dingin. Terahir tambahkan mayonnaise dan saus sambal, aduk hingga rata. Jadi deh saus spesialnya ๐Ÿ˜Š
  • Sajikan Chicken katsu saus spesial bersama salad sayuran yang terdiri dari wortel dan kubis.
Chicken Katsu SO GOOD Saus Spesial 

Tara.. Chicken Katsu Saus SO GOOD Saus Spesial siap untuk dinikmati :). 

Gimana? nggak kalah menarik bukan masakan rumahan khas Ramadhan ala SO GOOD ini, dibandingkan dengan Chicken Kastu Resto ?! ๐Ÿ˜Š

2. Nasi Goreng Hitam Sosis Sapi SO GOOD

Resep masakan rumah khas Ramadhan yang kedua adalah Nasi Goreng Hitam Sosis Sapi SO GOOD.

Nasi goreng tentu bukanlah masakan yang asing ditelinga kita. Masakan ini sudah diwariskan secara turun temurun dari zaman nenek moyang kita, sampai saat ini kita masih bisa menikmatinya dan mungkin sampai nanti. 

Namun kalau ditanya, apakah kami bosan dengan masakan ini? Dengan tegas, kami jawab tidak! Bahkan, menu ini sering menjadi obat bagi saya dan suami saat sedang bosan dengan menu-menu harian kami. 

Nasi goreng, menu sederhana yang menjadi salah satu primadona bagi sebagian besar Orang Indonesia. Buktinya, warung nasi goreng selalu rame dengan pembeli. Walaupun dibuat dari bumbu dasar yang sederhana seperti bawang merah, bawah putih, cabe, garam dan kecap, tapi masakan ini selalu spesial bagi keluarga kami. 

Sekarang, selain telur, nasi goreng bisa divariasikan dengan banyak bahan yang lain seperti seafood, babat, ayam, dll. Pada kesempatan kali ini, saya mencoba membuat nasi goreng hitam sosis sapi SO GOOD. Kenapa disebut nasi goreng hitam? Karena nasi goreng yang kami buat berwarna hitam. Warna hitam yang ada pada nasi goreng berasal dari tinta cumi. Biar lebih spesial, saya tambah sosis, telur dan beberapa sayuran.

Saya membuat menu ini, karena suami sangat suka gurihnya tinta cumi dan sosis. Beberapa kali suami membeli setoples sosis, untuk dijadikan sebagai cemilan keluarga dan pelengkap masakan sehari-hari. Kebetulan si kecil yang baru berusia 2 tahun 8 bulan, juga suka sosis ini. 

Saya pilih Sosis SO GOOD karena sudah terkenal, kualitas dan rasanya terjamin, enak dan gurih. Sedangkan tinta cumi, dengan rasa gurih alami yang dimilikinya, menjadikan nasi goreng yang saya buat tak perlu ditambah penyedap rasa lagi. Tinta cumi juga memiliki kandungan zat yang berkhasiat bagi kesehatan.

Resep lengkapnya:

Bahan-bahan Untuk Membuat Nasi Goreng Hitam Sosis Sapi SO GOOD
Bahan:
- Dua piring nasi putih
- Sosis Sapi SO GOOD
- Tinta Cumi-Cumi
- Telur Ayam
- Wortel, potong-potong sesuai selera
- Kubis, rajang kasar
- Timun

Bahan Bumbu:
- 4 siung bawang merah, cincang
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 3 buah cabe rawit/ sesuai selera, rajang kasar
- ½ buah bawang bombay, rajang kasar
- kecap asin, sesuai selera
- kecap manis, sesuai selera 

Cara Membuat:
  • Panaskan minyak, masukkan telur, masak orak-arik lalu pinggirkan ke sisi wajan
  • Tumis bawang merah, bawang bombay dan bawang putih yang sudah dihaluskan hinggaharum, masukkan cabe merah
  • Tambahkan tinta cumi, kecap asin, kecap manis, sosis sapi so good dan sayuran, aduk rata
  • Tambahkan nasi putih, lalu aduk-aduk hingga rata. Lalu angkat dan sajikan selagi hangat :)
Nasi Goreng Hitam Sosis SO GOOD
Gimana sobat, sudah menggugah selera belum nih? Berkat kedua menu ini, kami dibuat serasa lagi makan di resto lo, padahal ini masakan ramadhan khas rumahan :) Pada kedua resep masakan rumah khas Ramadhan kali ini saya menggunakan bahan utama berupa produk SO GOOD. Kenapa saya menggunakan varian SO GOOD siap masak?

Enak dan kaya protein
Saat memilih bahan makanan, biasanya pertimbangan utama yang dipakai adalah rasanya enak, setelah itu kandungan gizinya juga oke. Nah SO GOOD ini terbuat dari bahan-bahan dengan kualitas terbaik dan diproses dengan teknologi tinggi, sehingga bisa menghasilkan rasa yang enak dan kualitas gizi protein yang terjaga utuh saat dihidangkan.

Praktis dan higienis
Cocok banget ni buat emak-emak kaya saya yang masih punya anak balita dan bayi, yang nggak bisa berlama-lama di dapur. Bisa-bisa tangisan mereka pecah karena saya kelamaan masak hiks. Kalau SO GOOD ini kan simpel, tinggal sreng, jadi deh.

Produknya juga higienis, jadi nggak perlu takut terkontaminasi macem-macem. Apalagi kalau punya anak kecil yang pencernaannya masih sensitif, terkontaminasi sedikit saja bisa diare hiks.

Hasil Karya Inovasi Terbaik
Ada berbagai macam produk olahan SO GOOD yang bisa kita pilih sesuai selera kita. Adanya berbagai macam produk olahan SO GOOD, menunjukkan komitmen SO GOOD untuk selalu berinovasi dalam menghasilkan produk-produk daging olahan dengan cita rasa yang tinggi, enak serta mengandung gizi protein yang baik untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang keluarga Indonesia.

Kualitas Terjaga
Produk SO GOOD melewati pemasakan hingga mencapai suhu 170 ๏นพC, selama tidak kurang dari 3 menit, dan langsung dibekukan secara cepat menggunakkan teknologi IQF untuk menjamin kesegaran, kelezatan dan nutrisi kandungan produknya.

Nah itulah beberapa alasan memilih Produk SO GOOD. Sobat tertarik buat mencoba? yuk segera saja dibuat ya. SO GOOD ini bisa dijadikan sebagai hidangan spesial Ramadhan yang tinggal sehari lagi besok, atau sebagai hidangan saat Idul Fitri Jum'at besok :)

Sekian sharing saya tentang Resep Masakan Rumah Khas Ramadhan pada kesempatan kali ini, praktis namun tetap enak dan spesial bukan?! Tak kalah keren pokoknya dengan masakan restoran :) Keluarga bahagia, emakpun dapat pahala..InsyaAllah.

Wassalamu'alaikum..

3 comments:

  1. platingnya ala - ala restoran..ehehe
    cocok buat sarapan juga nih... :)

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Aku penyuka chicken-katsu ..,,eh ada resepnya disini.
    Saos hitamnya ternyata ada tambahan tinta cumi... pantesan enaak.

    ReplyDelete
  3. ah jadi mupeng mbak, kayaknya enak tuh heheh

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.