Monday, April 15, 2019

SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK


Assalamu'alaikum..
Siapa bunda di sini yang sedang menekuni bisnis atau pernah punya bisnis nih? Tentunya bunda yang sedang menekuni bisnis atau pernah berbisnis sempat merasakan bagaimana ribetnya pencatatan keuangan diminggu-minggu pertama buka usaha, iya nggak? bahkan ribetnya ini sampai ada yang berlanjut ke minggu-minggu setelahnya.

Yaa memang begitu ya bunda resiko memilih jalan berbisnis, kalau tidak telaten dengan bisnis yang sedang kita jalanani, bisa-bisa akan menjadi bom waktu dikemudian hari. Yang mana bom waktu tersebut jika meledak, langsung akan mengakhiri bisnis yang sedang kita jalani. Dan ledakan-ledakan itu akan menyisakan puing-puing hutang atau peninggalan yang berserakan.

Saya sendiri juga punya pengalaman yang tak terlupakan waktu berbisnis. Saat semester akhir kuliah di Semarang, saya dan empat orang teman membuka usaha warung penyet dan laundry. Kita berlima berusaha menjalankan roda bisnis ini hingga mencapai tujuan yang kita cita-citakan yaitu segera mungkin BEP (break even point) atas modal pertama yang sudah dikeluarkan. Tapi berhubung kami semua masih kuliah (meskipun hanya menyelesaikan tugas akhir), akhirnya tim kamipun mulai tidak teratur dalam menata bisnis, keteteran sana-sini termasuk pencatatan keuangan.

Di sekitar kampus memang banyak sekali bisnis baru yang bermunculan saat itu, terutama bisnis kuliner. Dari banyaknya bisnis yang bermunculan tersebut, banyak juga dari mereka yang kemudian gulung tikar karena penjualan tidak dengan yang diharapkan. Begitupun dengan bisnis kami berlima, hiks.

Pencatatan keuangan harian merupakan salah satu kegiatan rutin dan tidak boleh dianggap sepele oleh seluruh pelaku usaha, baik kecil, menengah ataupun besar. Ketidakkonsistenan mencatat transaksi harian, bisa menyebabkan kita tidak mengetahui bagaimana capaian harian kita. Kalau tidak tahu capaian harian, lantas bagaimana kita bisa mengukur target demi target penjualan kita?!

Nah beruntung sekarang ada SPOTS. Apa itu SPOTS? SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari menerima pesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. Jadi SPOTS ini layaknya mesin kasir yang multifungsi dalam bentuk Aplikasi Kasir Online.

Apakah SPOTS ini hanya bisa dipakai untuk tenant atau warung yang bekerjasama dengan GOFOOD-nya GOJEK? Tenang saja, bagi tenant yang belum bermitra dengan GOFOOD atau GOJEK juga bisa menggunakan Aplikasi Kasir Online dari GOJEK ini. Jika ada pembayaran tunai ataupun nontunai selain GOPAY juga akan terekam di riwayat transaksi penjualan.

SPOTS menawarkan Point of Sale (POS), yang mana SPOTS POS merupakan suatu trobosan dalam dunia bisnis untuk urusan pencatatan transaksi keuangan. SPOTS dari GOJEK ini sangat cocok digunakan oleh para foodpreneurs atau pengusaha kuliner seluruh Indonesia.

Terus bagaimana agar bisa menggunakan SPOTS? Untuk bisa menggunakan SPOTS kita harus mendaftar dulu di www.spots.co.id dan emngisi informasi yang diminta. SPOTS memberlakukan biaya pendaftaran sebesar Rp. 290.000 saja. Biaya tersebut sudah termasuk sebuah perangkat komplit yang sudah bisa digunakan untuk usaha. Jadi kita tidak perlu lagi membeli tablet atau printer secara terpisah. Selain biaya pendaftaran, SPOTS juga memberlakukan biaya harian yang tarifnya hanya Rp2.900 per hari untuk semua keuntungannya!


Pentingnya Go Cashless
Akhir-akhir ini tipe pembayaran nontunai sudah merambah keberbagai kegiatan usaha. Bahkan tiap warung atau toko mempunyai beragam cara pembayaran nontunai. Salah satunya adalah pembayaran nontunai dari GOJEK atau biasa dikenal dengan istilah GOPAY. GOPAY menjadi pembayaran nontunai yang sering ditawarkan pelaku usaha. Tak hanya ditawarkan pelaku usaha, GOPAY juga sudah banyak digunakan pembeli. Untuk itu SPOTS hadir dalam rangka menjembatani dan memudahkan pembeli dan penjual dalam melakukan pembayaran nontunai. Membayar dengan nontunai berarti kita juga sudah turut mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang di canangkan Bank Indonesia.

Nah, sekian artikel singkat mengenai aplikasi kasir online SPOTS dari GOJEK. Jika artikel yang berjudul SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan ya bunda. Terima kasih atas kunjungannya.

9 comments:

  1. Kisahnya sama kayak saya, kuliah plus jualan akhirnya malah keteterannya dan bubar. Memang bener kalau mau berbisnis tuh harus fokus gak bisa setengah-setengah. Ngomongin soal aplikasi kasir, kayaknya SPOTS udah komplit banget deh fiturnya. Apalagi bisa online dan nerima pesanan lewat go-food. Plus bisa bayar gopay langsung scan lewat layar SPOTS nya.

    ReplyDelete
  2. aku juga sudah menggunakan layanan dari SPOTS ini, dan benar2 bermanfaat buat bisnis ku.

    ReplyDelete
  3. Salut juga udah merintis bisnis dari kuliah mbaknya. Aku mau mulai bisnis masih maju mundur cantik terus :D

    ReplyDelete
  4. Jaman kuliah dulu sama sekali belum terpikirkan buat bisnis kuliner, sekarang malah pengen banget apalagi sejak ada aplikasi kasir macam SPOTS yang cocok sekali sebagai partner bisnis jadi lebih termotivasi deh :)

    ReplyDelete
  5. Kehadiran SPOTS sangat membantu para pengusaha kuliner dan bikin nyaman para konsumen dalam melakukan pembayaran secara cashless.

    ReplyDelete
  6. Iya nih. Pembayaran nontunai makin meluas ya. Kadang malah lebih murah daripada pembayaran tunai.

    ReplyDelete
  7. Emang GOJEK selangkah lebih maju buat kasih solusi pencatatan transaksi pebisnis kuliner.. Semoga semakin banyak yang pakai deh, biar pelanggan yang suka cashless kaya aku lebih diuntungkan... :-D

    ReplyDelete
  8. Mau mulai bisnis tuh kadsng kepentok malesnya bikin pembukuan harian dan tetek bengeknya, tapi dengan adanya spots memudahkan banget ya dan mengurangi beban kerjanya

    ReplyDelete
  9. Rekapan tahapan yg butuh kejelian dan ketelitian. Makanya mending pake teknologi drpd manual. Jadi lebih mudah.

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.