Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK


Assalamu'alaikum..
Siapa bunda di sini yang sedang menekuni bisnis atau pernah punya bisnis nih? Tentunya bunda yang sedang menekuni bisnis atau pernah berbisnis sempat merasakan bagaimana ribetnya pencatatan keuangan diminggu-minggu pertama buka usaha, iya nggak? bahkan ribetnya ini sampai ada yang berlanjut ke minggu-minggu setelahnya.

Yaa memang begitu ya bunda resiko memilih jalan berbisnis, kalau tidak telaten dengan bisnis yang sedang kita jalanani, bisa-bisa akan menjadi bom waktu dikemudian hari. Yang mana bom waktu tersebut jika meledak, langsung akan mengakhiri bisnis yang sedang kita jalani. Dan ledakan-ledakan itu akan menyisakan puing-puing hutang atau peninggalan yang berserakan.

Saya sendiri juga punya pengalaman yang tak terlupakan waktu berbisnis. Saat semester akhir kuliah di Semarang, saya dan empat orang teman membuka usaha warung penyet dan laundry. Kita berlima berusaha menjalankan roda bisnis ini hingga mencapai tujuan yang kita cita-citakan yaitu segera mungkin BEP (break even point) atas modal pertama yang sudah dikeluarkan. Tapi berhubung kami semua masih kuliah (meskipun hanya menyelesaikan tugas akhir), akhirnya tim kamipun mulai tidak teratur dalam menata bisnis, keteteran sana-sini termasuk pencatatan keuangan.

Di sekitar kampus memang banyak sekali bisnis baru yang bermunculan saat itu, terutama bisnis kuliner. Dari banyaknya bisnis yang bermunculan tersebut, banyak juga dari mereka yang kemudian gulung tikar karena penjualan tidak dengan yang diharapkan. Begitupun dengan bisnis kami berlima, hiks.

Pencatatan keuangan harian merupakan salah satu kegiatan rutin dan tidak boleh dianggap sepele oleh seluruh pelaku usaha, baik kecil, menengah ataupun besar. Ketidakkonsistenan mencatat transaksi harian, bisa menyebabkan kita tidak mengetahui bagaimana capaian harian kita. Kalau tidak tahu capaian harian, lantas bagaimana kita bisa mengukur target demi target penjualan kita?!

Nah beruntung sekarang ada SPOTS. Apa itu SPOTS? SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari menerima pesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. Jadi SPOTS ini layaknya mesin kasir yang multifungsi dalam bentuk Aplikasi Kasir Online.

Apakah SPOTS ini hanya bisa dipakai untuk tenant atau warung yang bekerjasama dengan GOFOOD-nya GOJEK? Tenang saja, bagi tenant yang belum bermitra dengan GOFOOD atau GOJEK juga bisa menggunakan Aplikasi Kasir Online dari GOJEK ini. Jika ada pembayaran tunai ataupun nontunai selain GOPAY juga akan terekam di riwayat transaksi penjualan.

SPOTS menawarkan Point of Sale (POS), yang mana SPOTS POS merupakan suatu trobosan dalam dunia bisnis untuk urusan pencatatan transaksi keuangan. SPOTS dari GOJEK ini sangat cocok digunakan oleh para foodpreneurs atau pengusaha kuliner seluruh Indonesia.

Terus bagaimana agar bisa menggunakan SPOTS? Untuk bisa menggunakan SPOTS kita harus mendaftar dulu di www.spots.co.id dan emngisi informasi yang diminta. SPOTS memberlakukan biaya pendaftaran sebesar Rp. 290.000 saja. Biaya tersebut sudah termasuk sebuah perangkat komplit yang sudah bisa digunakan untuk usaha. Jadi kita tidak perlu lagi membeli tablet atau printer secara terpisah. Selain biaya pendaftaran, SPOTS juga memberlakukan biaya harian yang tarifnya hanya Rp2.900 per hari untuk semua keuntungannya!

Update :
Per Akhir juni 2019 biaya pendaftaran SPOTS menjadi sebesar Rp. 490.000 saja. Sedangkan biaya hariannya berubah menjadi Rp. 4.900,- (empat ribu sembilan ratus rupiah)


Pentingnya Go Cashless
Akhir-akhir ini tipe pembayaran nontunai sudah merambah keberbagai kegiatan usaha. Bahkan tiap warung atau toko mempunyai beragam cara pembayaran nontunai. Salah satunya adalah pembayaran nontunai dari GOJEK atau biasa dikenal dengan istilah GOPAY. GOPAY menjadi pembayaran nontunai yang sering ditawarkan pelaku usaha. Tak hanya ditawarkan pelaku usaha, GOPAY juga sudah banyak digunakan pembeli. Untuk itu SPOTS hadir dalam rangka menjembatani dan memudahkan pembeli dan penjual dalam melakukan pembayaran nontunai. Membayar dengan nontunai berarti kita juga sudah turut mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang di canangkan Bank Indonesia.

Nah, sekian artikel singkat mengenai aplikasi kasir online SPOTS dari GOJEK. Jika artikel yang berjudul SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan ya bunda. Terima kasih atas kunjungannya.

17 comments for "SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK"

  1. Kisahnya sama kayak saya, kuliah plus jualan akhirnya malah keteterannya dan bubar. Memang bener kalau mau berbisnis tuh harus fokus gak bisa setengah-setengah. Ngomongin soal aplikasi kasir, kayaknya SPOTS udah komplit banget deh fiturnya. Apalagi bisa online dan nerima pesanan lewat go-food. Plus bisa bayar gopay langsung scan lewat layar SPOTS nya.

    ReplyDelete
  2. Salut juga udah merintis bisnis dari kuliah mbaknya. Aku mau mulai bisnis masih maju mundur cantik terus :D

    ReplyDelete
  3. Jaman kuliah dulu sama sekali belum terpikirkan buat bisnis kuliner, sekarang malah pengen banget apalagi sejak ada aplikasi kasir macam SPOTS yang cocok sekali sebagai partner bisnis jadi lebih termotivasi deh :)

    ReplyDelete
  4. Kehadiran SPOTS sangat membantu para pengusaha kuliner dan bikin nyaman para konsumen dalam melakukan pembayaran secara cashless.

    ReplyDelete
  5. Iya nih. Pembayaran nontunai makin meluas ya. Kadang malah lebih murah daripada pembayaran tunai.

    ReplyDelete
  6. Emang GOJEK selangkah lebih maju buat kasih solusi pencatatan transaksi pebisnis kuliner.. Semoga semakin banyak yang pakai deh, biar pelanggan yang suka cashless kaya aku lebih diuntungkan... :-D

    ReplyDelete
  7. Rekapan tahapan yg butuh kejelian dan ketelitian. Makanya mending pake teknologi drpd manual. Jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  8. Whoaa, kalo ada SPOTS beneran sangat memudahkan pengusaha UKM kuliner yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. MEnariknya SPOTS ini, siapapun pelaku UMKM bisa menggunakannya ya Mbak

    ReplyDelete
  10. Sekarang kalau buka usaha kuliner lagi perlu dicoba pake SPOTS ya dek... biar makin mudah dan praktis

    ReplyDelete
  11. Wah keren ini klo buka resto perlu pake Spots

    ReplyDelete
  12. Merintis bisnis makin mudah aja ya dengan adanya app SPOTS

    ReplyDelete
  13. di tempat kerjaku juga pakai spos, padahal jual jasa, kayka periklanan hehe
    tapi memudahkan banget asli :D
    transaksi ga perlu ribet

    ReplyDelete
  14. Ini misal dipakai untuk usaha non-kuliner, bisa enggak mbak? Saya baca dari beberapa temen blogger yang nulis tentang SPOTS ini, kayaknya nyantumin usahanya di dunia kuliner semua :D

    ReplyDelete
  15. Bisa dikatakan,aplikasi keuangan ini sangat membantu ya ..
    Mudah penggunaannya,juga hemat beaya.

    ReplyDelete

  16. https://jasaakuntanfreelance.wordpress.com/2021/08/01/perbedaan-pph-25-dan-pph-29-yang-wajib-anda-ketahu/
    https://jasaakuntanfreelance.wordpress.com/2021/08/01/otomatisasi-pajak-sebagai-bagian-reformasi-pajak/
    https://jasaakuntanfreelance.wordpress.com/2021/08/01/latar-belakang-pemberlakuan-pph-final

    ReplyDelete