Tuesday, April 2, 2019

Festival Sejuta Buku Jateng 2019 : Buku Adalah Pandora Ilmu


Assalamualaukum Sobat  semua...
Mau menginfokan saja kalau dalam waktu dekat (besok) akan ada gelaran Festival Sejuta Buku Jateng 2019. Pameran buku lingkup jawa tengah ini rencananya akan diselenggarakan di Kota Semarang Jawa Tengah tepatnya pada tanggal 3 April 2019 hingga 9 April 2019 yang bertempat di Gedung Wanita.

Baca juga : Hadir Kembali Festival Sejuta Buku Jateng 2019 di Gedung Wanita

Dari segi nama kegiatan, pameran buku kali ini berbeda dengan penamaan pameran buku sebelumnya yang sudah rutin digelar dua kali (2x) dalam setahun yang biasanya bertempat di gedung Wanita. Perbedaan judul kegiatan ini dikarenakan ada pihak lain yang ingin bergabung karena punya kegiatan yang serupa.  Yup, setiap pameran buku periode pertama di Semarang, Pemprov jateng juga ambil bagian dalam event pameran buku terbesar di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Seperti warga kota semarang ketahui, sebelumnya memang Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang sudah rutin menyelenggarakan pameran buku sebanyak dua kali dalam setahun. Dimana pelaksanaan pameran yang pertama dilaksanakan sekitar bulan April atau Mei dan pameran buku kedua dilaksanakan sekitar bulan November. Pada periode pelaksanaan pertama di bulan April/ Mei biasanya pameran buku tersebut diberi nama pesta buku murah semarang 2019, sedangkan pelaksanaan pameran pada bulan November diberinama Pesta Semarang Sejuta Buku 2019.  

Baca Juga :  SPOTS, Solusi Pencatatan Transaksi Semua Jenis Usaha dan Bidang Usaha dari GOJEK

Namun ada yang berbeda di periode pertama Pameran buku 2019 ini, dimana dalam pelaksanaannya Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, sehingga hal ini mempengaruhi judul atau nama kegiatan dari pameran buku itu sendiri, Pameran buku yang biasanya diberinama Pesta Buku Murah Semarang 2019 berubah menjadi Festival Sejuta Buku Jateng 2019

Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini akan digelar di Gedung Wanita yang beralamat di Jalan Sriwijaya Nomor 29 Kota Semarang. Gedung Wanita sendiri merupakan tempat langganan pameran buku tiap tahunnya. Sedangkan jam buka dari Festival Sejuta Buku Jawa Tengah 2019 sendiri dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB. Pameran buku kali ini mengambil tema Buku Sebagai Pandora Ilmu.

Adapun informasi kegiatan pameran buku atau pesta sejuta buku semarang 2018 bisa mengunjungi artikel yang berjudul  Pesta Semarang Sejuta buku 2018 di Gelar Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang di adakan di Kampus Undip 

Banyak sekali kegiatan yang akan digelar di Festival Sejuta Buku Jateng 2019. Yang sering langganan sebagai pengisi acara Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini adalah serangkaian perlombaan-perlombaan sebagai berikut ;
  • Lomba Menyanyi SD-SMA
  • Lomba Tari Kreasi Jawa
  • Lomba Ibu Mendongeng
  • Lomba Mewarnai
  • Lomba Rumah Pintar Perpustakaan
  • Lomba Story Telling
  • Lomba Band Pelajar
  • Lomba Stand up Comedy
  • Lomba Menggambar
  • Lomba Review Buku
Perlombaan  diatas dalam rangka memperebutkan Thropy Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu para pemenang tentunya kan diberikan uang pembinaan dan piala sesuai dengan perolehan juaranya.


Festival Sejuta Buku Jawa Tengah 2019 sendiri rencananya akan di buka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo pada tangal 4 April 2019 pukul 08.30 WIB. Selain perlombaan-perlombaan Festival sejuta buku jateng 2019 ini juga akan diisi dengan ;
  • Talkshow Buku by Pocer
  • Parade Pesona Nusantara
  • Pekan Pelajar Masa Kini
  • Stand Komunitas (Reptil, Drone, Buku, StreaatArt)
  • dan Pengisi Acara lainnya


Banyak pengisi acara Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini harapannya akan menjadi daya tarik para pengunjung pameran buku. Rencananya Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini akan menghadirkan 300 Penerbit Nasional dengan mengeluarkan berbagai diskon yang menarik. Pengunjung yang hadir tidak dibebankan tiket masuk alias gratis tiket masuk, hanya membayar parkir saja.

Baca juga
Sekian sedikit informasi terkait agenda rutin Pameran Buku 2019 yang akan di selenggarakan oleh Pemkot Semarang dan Pemprov jateng. Jika artikel yang berjudul Festival Sejuta Buku Jateng 2019 : Buku Adalah Pandora Ilmu ini bermanfaat silakan dibagikan dan disebar luaskan ya Sobats..

Lokasi pameran




No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.