Sunday, June 28, 2020

Tempat Covid Test Surabaya yang Mudah dan Lebih Menjaga Privasi


Data pertanggal 29/06 diakses dari https://lawancovid-19.surabaya.go.id/
Covid Test hari ini menjadi tes kesehatan yang sedang populer. Apalagi bagi seseorang yang akan melakukan aktifitas ke luar kota, meskipun aturan beberapa daerah berbeda terhadap aturan wajib membawa surat keterangan bebas covid. Biasanya yang mewajibkan adalah daerah dengan aktifitas keluar masuk orang yang sama seperti DKI Jakarta.

Surabaya misalnya. Sempat viral disebut sebaagi zona hitam akibat lonjakan kasus covid yang tinggi dan terus meningkat. Bisa jadi orang yang akan keluar ataupun masuk ke Kota Pahlawan harus sudah melakukan tes,  baik tes corona dengan rapid ataupun tes corona dengan metode swap yang hasilnya dituangkan dalam selembar kertas yang biasa disebut surat keterangan bebas covid.

Surabaya memang akhir-akhir ini menjadi sorotan akibat tingginya kasus positif virus corona 2019. Sampai-sampai orang namor satu di negeri ini berkunjung ke surabaya dan memberikan arahan khusus terkait pengurangan persebaran virus corona.

Tanggal 23 Juni 2020, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19,  Doni Monardo memberikan arahan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur di Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur.  Selang dua hari setelah itu, Presiden Joko Widodo pada Kamis, 25 Juni 2020 berangkat ke Provinsi Jawa Timur guna melakukan kunjungan kerja. 

Kunjungan keduanya merupakan bentuk perhatian khusus pemerintah pusat dalam upaya menekan penyebaran virus corona di Surabaya dan daerah lainnya di Provinsi Jawa Timur. Bahkan Pak Presiden menargetkan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansyah, dalam 2 pekan harus ada hasil yang baik dari kerja-kerja gugus tugasnya dalam menghentikan laju persebaran virus corona.

Dikutip dari tirto.id (26/06), kenapa Ibu Kota Jawa Timur ini disambangi langsung bapak presiden salah satunya karena Jawa Timur ini menempati urutan pertama dalam hal rasio kematian akibat virus corona. Jadi dalam hal jumlah kasus positif memang masih dibawah DKI Jakarta, tapi Tapi dalam hal rasio kematian akibat covid-19, Jatim ini menjadi jawaranya. Tapi tahukah anda bahwa tanggal 28/06 Jawa Timur sudah mengalahkan DKI untuk jumlah kasus pitif covidnya?

Berdasar laporan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tanggal 26 Juni, kasus kematian tertinggi  berasal dari Jawa Timur dengan 183 jiwa. Jumlah kasus meninggal di Jawa Timur menjadi 750 (7,28 persen), lebih tinggi dari angka kematian DKI Jakarta 602 (5,78 persen) dan persentase kematian nasional 5,25 persen.
 
Baca juga : Anak Anda Mual? Waspada, Jangan-jangan Terjadi Masalah Serius Ini!

Penyubang angka tersebar dari kasus kematian ataupun kasus positif covid19 di Jawa Timur adalah Kota Surabaya. Sehingga sudah sewajarnya warga surabaya atau warga non surabaya yang hendak berkunjung ke Surabaya harus lebih waspada dan berhati-hati.
Ringkasan covid global dan lokal via google search (26/06)

Bagi warga Surabaya yang penasaran apakah terpapar virus corona atau tidak, tidak ada salahnya jika berinisiatif melakukan covid tets. Tapi saya sarankan tidak menggunakan covid test surabaya gratis yang difasilitasi pemerintah jika kondisi tubuh merasa kurang sehat. Karena jika terindikasi reaktif setelah melakukan tes, maka data anda anda akan masuk ke dinas kesehatan dan sudah menyandang predikat Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau bisa saja langsung naik status menjadi (Pasien Dalam Pemantauan) PDP. Jadi jika ada anggaran, lakukan tes dengan biaya sendiri saja.

Bingung mencari tempat tempat mandiri untuk Covid Test Surabaya ? kalian bisa mencari lewat online alat rapid test sendiri, atau jika sekalian butuh konsultasi yang lebih privat, bisa menggunakan jasa rapid test yang ada di Halodoc.  

Halodoc sendiri merupakan aplikasi kesehatan yang dapat membantu kita menemukan banyak sekali artikel seputar kesehatan, mencari dokter umum dan spesialis terdekat, membeli obat serta janjian dengan dokter rumah sakit. Cukup dengan mengunduh apikasi Halodoc dan memasangnya di smartphone, maka kita sudah mempunyai asisten kesehatan mandiri, cukup mudah dan lebih privasi bukan?

Baiklah sekian dulu informasi umum mengenai virus corona di surabaya. Jika artikel yang berjudul Tempat Covid Test Surabaya yang Mudah dan Lebih Menjaga Privasi   bermanfaat, silakan dibagiakan dan disebarluaskan. Terimakasih atas kunjungannya.

1 comment:

  1. Salam kenal, Bagus tulisannya silakan kunjungi balik,

    https://www.afrezazeilfahmiazis.com/?m=1

    ReplyDelete

Terima kasih telah sudi berkunjung. Jika berkenan mohon tingalkan komentar terkait tulisan atau tampilan blognya. Jika dirasa info ini bermanfaat dan ingin berlangganan silahkan follow blog saya ya. Tolong jangan meninggalkan link hidup. Semoga bermanfaat.