Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hobi yang Menghasilkan

sumber: berkeluarga.id

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaratuh 

 Ada seseorang yang pernah menulis kurang lebih seperti ini "pekerjaan yang paling menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar". Bener juga sih, idealnya kita akan menikmati pekerjaan kita jika sesuai dengan hobi atau sesuatu yang kita senangi. Walaupun pada kenyataannya banyak juga yang bekerja di bidang yang tidak disukai, yang terpenting roda kehidupan tetap berjalan hehe. 

Berbicara tentang hobi yang menghasilkan, sudahkan hobi yang kita lakukan menghasilkan sesuatu? misal menghasilkan cuan hehe, atau yang penting hobi yang kita lakukan sebatas untuk refreshing, healing ? yaa gpp si itu itu juga menghasilkan kebahagiaan, semua dikembalikan ke niat kita masing-masing :). 

Hanya saja tema penulisan kali ini tentang hobi yang menghasilkan jadi focus on the track ya. Saya pribadi belum sampai derajat yang menghasilkan si sebenarnya, hanya pernah mencoba dan terus belajar untuk bisa seperti itu. Dulu sewaktu SMP saya punya hobi nulis  Diary Book. Ceritanya, buku ini buat saya nulis-nulis perasaan yang saya alami sehari-hari seperti curhat tentang pelajaran di sekolah, teman hingga perasaan suka sama orang ea ea. Rasanya setelah nulis diary, plong perasaan saya. Benar memang kalau menulis adalah salah satu cara untuk menyalurkan perasaan secara positif. Buku ini benar-benar saya keep sendiri, jangan sampe dibaca orang lain, malu lah saya hehe. 

Saya tidak pernah berpikir kalau hobi nulis buku diary yang terlihat receh ini, ternyata belasan tahun kemudian bisa menjadi sarana untuk menghasilkan sedikit pundi-pundi rupiah hehe. Iya, setelah bergabung dengan komunitas #BloggerGandjelRel, mengikuti beberapa event-eventnya, Alhamdulillah akhirnya tulisan saya yang masih banyak kekurangan ini bisa menghasilkan hehe. Mulai dari dapat hadiah lomba blog hingga fee menulis artikel, Alhamdulillah rizki minaLLAH dari jalan nulis. Ngga pernah nyangka aja, hobi curhat nulis di buku diary bisa bermuara ke sini. Terimakasih Gandjel Rel, sudah memfasilitasi setiap membernya untuk terus belajar dan menghasilkan karya-karya yang bernilai.

Sayang, saya tidak menekuni dunia kepenulisan ini secara totalitas karena saya memiliki passion lain yaitu mengajar, waktupun akhirnya terbagi. Padahal segala sesuatunya butuh Fokus, Tekun dan Kesungguhan. 

Selain menulis, hobi saya yang lain adalah jualan. Eh sebenarnya bukan hobi ding, ini lebih karena kebutuhan dan adanya peluang untuk menghasilkan hehe. Tapi saya lebih suka jualan di medsos sih dibanding nawarin langsung hehe. Ya itung-itung melatih keterampilan copywriting juga. Dulu awal-awal punya anak, sy lagi suka-sukanya ikut acara parenting, beli-beli buku parenting, dan berujung jualan buku parenting. Niat jualan awalnya pengen kerja dari rumah aja sambil ngasuh anak, anak dapat ASI ekslusif. Lalu ada peluang jualan buku dan saya tertarik, akhirnya saya coba. Pernah juga jualan kurma, jus, produk herbal, kolang kaling, dll. 

Oh iya mungkin saya juga kebawa positifnya euforia wirausaha yang digaungkan di mana-mana. Pernah juga si pas lagi S2, bareng teman-teman buka warung penyetan, laundry, walau hanya bertahan kurang dari 1 bulan :D. Ya gimana ya, semuanya ga pada fokus, manajemen waktu dan prioritas kacau, ilmu juga kurang.  Ada yang sibuk kuliah, ada yang sibuk rapat, ada yang nyabang bisnis lain akhirnya ya bubar jalan wkwkwk. Waktu itu, kita seperti sedang mencari jati diri dalam dunia bisnis. 

Setelah beberapa waktu berlalu, ada dua orang teman saya yang sukses di bisnisnya masing-masing, tapi bukan saya hehe. Semoga sayapun bisa menyusul kesuksesan mereka, dengan bidang yang saya geluti, Aamiin. 

Untuk memulai sesuatu itu tidak mudah dan ternyata bertahan setelah memulai juga jauh lebih tidak mudah. Istiqomah memang berat.

And Now 2023, saya berharap bisa menyeimbangkan semua peran saya baik sebagai pendidik, penjual, dan menulis dan yang utama peran sebagai istri dan ibu. Terkadang ingin melakukan banyak hal, tapi semakin kesini saya semakin sadar, kita butuh Fokus. Bismillah, semoga Allah SWT memudahkan kita untuk menunaikan amanah yang Dia berikan kepada kita. 

Dan setelah memilih jalan yang kita pilih mari kita lakukan dengan sebaik mungkin :)

Sekian, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi saya pribadi (sebagai refleksi) dan bagi yang membaca.

Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Post a Comment for "Hobi yang Menghasilkan"