Thursday, January 11, 2018

Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Ala Pasangan Baru

11.1.18 1 Comments

Memiliki keluarga  harmonis tentu menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Namun dalam perjalanannya, ternyata tidak seindah dan semudah yang dibayangkan. Selalu ada pasang surut di sana.

Begitupun dengan kami, awal menikah pernah merasa terseok-seok dalam menyamakan mindset. Perbedaan yang ada, terkadang berujung pada perselisihan. Banyak drama yang terjadi saat itu. Ya, semua berawal dari miscommunication. Suami punya maksud A, eh saya memahaminya B.

Terkadang tanpa terasa, kami saling memaksakan kehendak satu sama lain. Lelah? iya banget! Sampai pada suatu titik kami tersadar, bahwa egoisme ini kalau dipelihara, lama-lama  akan menggerogoti bangunan rumah tangga yang baru kami bangun dalam hitungan tahun ini. Apa si untungnya ?!

Kamipun teringat janji suci yang pernah terucap. Janji suci yang begitu kuat, kokoh dan berat yang lebih dari sekedar janji. Janji suci yang terucap bukan hanya di hadapan manusia tapi di hadapan Allah SWT. Janji suci yang berbuah konsekuensi lahir batin, dunia dan akhirat yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban.

Sekarang saatnya berbenah! tidak perlu lagi membesar-besarkan perbedaan yang ada. Fokus pada kebaikan yang ada pada diri pasangan, terima kekurangan sekaligus kelebihannya. Lalu bersatu untuk menjalankan amanah yang harus kita tunaikan bersama. Kalaupun ada perselisihan, segera komunikasikan, jangan diperpanjang lagi.

Pahami psikologi dan kebutuhan pasangan kita. Tentu berbeda antara laki-laki dan wanita bukan?! Sebagai istri, saya senang apabila cerita saya didengarkan, direspon dengan antusias. Selain itu, saya juga senang dipuji dan diapresiasi. Saya juga butuh ketenangan, kasih sayang dan kata-kata cinta, wkwk.

Sedangkan suami butuh diakui, dihargai posisinya sebagai pemimpin dan butuh kepercayaan dari kita. Suami juga senang jika ditaati, tentu taat dalam kebaikan ya. Terahir, suami senang dilayani dengan baik. Termasuk dilayani hasrat biologisnya, hehe.

Namun saat ingin memberikan pelayanan terbaik, terkadang terkendala dengan kebersihan organ kewanitaan berupa keputihan yang abnormal. Keputihan dengan jumlah berlimpah, berbau, gatal dan berwarna. Tentu hal ini akan membuat pasangan tidak nyaman dan  mengganggu proses reproduksi untuk mendapat keturunan. 

Sayapun pernah mengalami keputihan yang tak biasa ini, terutama saat hamil. Untuk mengurangi rasa gatal, biasanya saya mencoba resep turun temurun dari orang tua yaitu dengan menggunakkan air rebusan daun sirih untuk cebok. Alhamdulillah cukup mengurangi rasa gatal yang mendera saya saat itu.

Sayang, kebiasaan ini harus terhenti karena agak susah nyari daun sirihnya. Minta tetangga ngga enak juga kalau keseringan, hehe. Ngolah daun sirihnya juga enggan. Tapi tenang, saat ini sudah ada solusinya bu ibu. Sudah tersedia air godokan (rebusan) daun sirih dalam bentuk kemasan yang sudah siap pakai lho, jadi lebih praktis.
Resik-V :)
Yaps, sudah ada Resik-V yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan yang tidak biasa. Resik-V godokan sirih merupakan antiseptik alami yang aman  digunakan karena terbuat dari bahan alami. Selain itu, memiliki pH yang sesuai dengan pH vagina sehingga bisa menjaga flora normal yang bermanfaat bagi organ kewanitaan.

Resik-V sudah teruji secara mikrobiologi, yang bisa mengurangi jumlah jamur Candida albicans penyebab keputihan. Produk ini sudah ada sertifikat Halalnya juga dari MUI lho. Oh iya, penggunaan Resik-V ini sangat dianjurkan  menjelang dan saat haid. Dimana kelembaban Miss-V lagi tinggi-tingginya, kondisi yang sangat disukai bakteri, jamur dan teman-temannya.

Cara pakenya juga simpel. Kocok dulu sebelum dipakai lalu tuangkan secukupnya pada telapak tangan, usapkan pada Miss-V dari depan kebelakang, biarkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Rasakan sensasi segar dan wanginya ya moms. Namun apabila dalam pemakaiannya terdapat keluhan, segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter ya.

Terahir, jangan lupa juga jaga kebersihan Miss-V kita ya. Nah itu sobat tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, semoga suami makin lengket dan betah di rumah yaa :). Mari ciptakan surga di dalam rumah kita sendiri moms :)

#ArisanResik #Liputan6com. 

Saturday, January 6, 2018

Inilah 3 Hal Yang Paling Berkesan Bagiku di Tahun 2017

6.1.18 6 Comments
Inilah 3 Hal Yang Paling Berkesan Bagiku di Tahun 2017

Assalamu'alaikum sobat semua, gimana nih kabarnya di tahun yang baru? Semoga tahun 2018, kita akan menjadi pribadi yang beruntung ya sobat. Pribadi yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya dengan capaian-capaian terbaik dalam kehidupan dunia dan akhirat kelak. Mari kita menggapainya dengan kesungguhan, dengan mengerahkan segala daya dan upaya.

Tuesday, December 26, 2017

Cimory On The Valley, Tempat Wisata Yang Tepat Untuk Liburan Keluarga

26.12.17 9 Comments
Assalamu’alaikum sobat semua, liburan panjang begini pada berlibur kemana nih? Sayang-sayangkan kalau terlewat begitu saja, apalagi moment libur yang cukup panjang seperti sekarang, jarang-jarangkan?! Liburan akhir tahun gitu lo :). Bagi kami sebagai perantau, biasanya jauh-jauh hari sebelum libur panjang, ibu bapak udah booking kami untuk pulang kampung, haha. Secara mereka sudah lama memendam rindu terutama sama cucu tercinta :D 

Friday, December 22, 2017

Inilah 7 Bentuk Kasih Sayang Dari Seorang Ibu Biasa Untuk Selalu Dekat Dengan Anaknya

22.12.17 22 Comments

Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia
Lagu Kasih Ibu karya SM. Mochtar ini selalu menggetarkan kalbuku, saat kata demi kata ku dendangkan. Masih kurasakan cinta ibu sampai detik ini, disaat usia tak lagi belia. Perhatiannya, kasih sayangnya terus mengalir deras. Walau raga terpisah ratusan kilometer, tapi sungguh masih kurasakan kehadiran dan uluran tangannya. Yaa, kusadari memang kasih ibu itu tiada batas.

Thursday, November 16, 2017

6 Cara Sederhana Dalam Berinternet Sehat

16.11.17 11 Comments
 
Sumber: infocara-sehat.blogspot.co.id


Asaalamu'alaikum sobat semua..

Menurut sobat seperti apa sih etika dalam berinternet sehat itu? Suka suka, semau saya atau ada aturan tertentu? Pernah ada sodara yang cerita, "Internetan tuh buat refreshing, jangan serius-serius, jadi kalau aku update status yaa bisa jadi benar atau tidak, haha". "Oh gitu yaa", sahut ku.

Wednesday, November 15, 2017

Tuesday, October 31, 2017

Cerita Rumah Impian Masa Depan

31.10.17 4 Comments


@homeandgardennet

Assalamu’alaikum..

Pagi-pagi gini boleh kan yaa berangan-angan punya rumah impian hehe, anggap saja sebagai sebuah cita-cita dan do’a di pagi hari pasca dhuha. semoga ada malaikat yang mengaminkan, Aamiin. Sebenarnya bukan tanpa sebab si sobat, saya berangan-angan sperti ini.

Semua berawal saat MbakDian Nafi dan Mbak Archa Bella, memberi tantangan menulis buat kami di Arisan GandjelRel yang ke-14 ini dengan tema “Ceritakan Detail Rumah Impianmu”. Tak heran tema ini tercetus dari Blogger famous seperti mereka, karena mereka juga seorang arsitektur yang ahli di bidang ini. Oke mb, saya terima dengan senang hati :D.

Sebenarnya saya sangat mensyukuri anugrah rumah yang saya tempati saat ini. Walau tergolong sederhana, sunyi (tidak bising), tetangganya juga baik-baik, dekat rumah tahfidz (belajar al qur’an), dekat mushola, cukup strategis dekat tempat sekolah anak, dll tapi satu yang bikin kurang betah, panas!! Hiks :(. Jangankan musim kemarau, musim hujan pun masih terasa panas. Alhasil kipas angin, AC tak pernah absen menemani kami siang dan malam.
Seperti apa detail rumah yang saya impikan? Yuks ah disimak sobat :)

1.    Tinggal di Daerah yang Adem
    Pengen deh rasanya punya rumah di daerah yang adem kaya di Kota Bogor, Salatiga, Magelang, Temanggung. Ngerasa banget nggak nyaman dengan cuaca di kota yang sekarang, Semarang. Dari pagi-malam, mau hujan atau kemarau ko yaa panas terus rasanya. Apalagi kalau lagi mati lampu, beuh..panasnya ampun-ampunan, keringat rasanya terus ngucurr. Kagak bakalan bisa tidur dah, hiks. Begitu pun pas sodara main pasti komentarnya sama, "panas banget yaa cha?!"..

    Sekarang, si kecil yang baru berumur 2 tahun juga lebih suka tidur di lantai dibandingkan di kasur, walau sudah pake AC sekalipun. Kalau dinasehatin, susah. Akhirnya ta biarkan sampai nyenyak dulu baru ta pindah ke kasur. Kalau di pikir-pikir, AC-an atau Kipasan juga kan kurang baik kan yaa, nggak alami.

2.    Terdapat taman yang bernuansa serba hijau
    Suka sama rumah yang di depannya ada taman yang tertata dan serba hijau deh. Yaa walau pun nggak rajin rapihin sih, hehe. Selain indah jika dipandang mata, juga sehat kan. Secara bisa menghasilkan oksigen dari tanaman tersebut. 
     
Sumber: rumahidolaku.com
Selain dihiasi tanaman juga terdapat kolam ikan, beuh indah banget nuansa alam berpadu air dan hewan air, jadi tambah asri dah :)

3.   Tersedia garasi di Depan Rumah
    Nah garasi juga bagian yang cukup penting ni sobat. Yaa walaupun sekarang kami belum punya    mobil, tapi kami bercita-cita punya mobil suatu saat. Biar hujan nggak kehujanan, panas nggak kepanasan, Aamiin.

    Alhamdulillah rumah kami yang sekarang juga ada garasinya, walau baru di tempati sama motor, hehe. Tapi bermanfaat juga kalau pas keluarga besar main ke rumah. Biasanya bawa kendaraan pribadi jadi nggak harus numpang ke rumah tetangga atau parkir di depan rumah yang bisa ganggu kendaraan lain yang mau lewat, hehe.


4.    Terdapat ruang tamu yang nyaman
    Ruang tamu bernuansa serba hijau yang bisa mengobati kelelahan bagi tamu yang datang.       Berharap dengan ini tamu yang bertandang bisa betah di rumah kami :).
    
Sumber: @homeandgardennet
5.   
Terdapat mushola dalam rumah
    Nah ini cita-cita yang belum terwujud. Punya mushola di dalam rumah. Biasanya kalau sholat masih pindah sana sini. Kadang di kamar tidur, di ruang tamu, di depan tv, tergantung moodnya dan tempat yang bersihnya di mana, hehe.

     Kalau ada mushola kan bisa lebih nyaman dan lebih privasi. Si kecil dilarang bermain kotor-          kotoran di tempat ini, hehe. Selain sebagai tempat sholat juga, mushola ini bisa dijadikan sebagai tempat kita belajar agama seperti mengaji, baca shiroh, dll.

   


 
6.    Terdapat kamar mandi dan tempat mencuci yang bersih 
    Pengen deh punya kamar mandi yang terpisah sama WC biar lebih terjaga kebersihannya. Kamar  mandi yang sekarang masih nyatu sama WC, yaa karena keterbatasan lahan juga si. Pengen punya 2 kamar mandi, 2 WC dan tempat untuk mencuci baju yang cukup luas biar ada space buat tempat wudhu juga. Kan lebih tenang tuh kalau tempat wudhunya nggak nyatu sama KM dan WC, lebih bisa menjaga kebersihan.


7.    Terdapat ruang keluarga yang luas 
    Ruang keluarga sebagai tempat kita berbagi cerita, cinta dan makna kehidupan. Sebagai tempat belajar apa pun itu. Nah di sini juga pengennya ada perpus kecil-kecilan, sambil santai kita juga bisa baca buku-buku kesukaan :).
     
Sumber: @homeandgardennet

     

8.    Terdapat dapur yang menyatu dengan tempat makan
   Dapur dan tempat makan bagi saya seperti romeo and juliet yang harus selalu menyatu. Biar penyajiannya lebih mudah dan aromanya juga tercium di satu tempat, hehe. Pengennya dapur itu menghadap ke luar biar sensasi freshnya dapet :)
    
Sumber: @homeandgardennet
9.  Punya halaman belakang yang luas untuk tempat bermain anak dan tempat menjemur pakaian
     
   Terahir, pengen punya halaman belakang yang luas biar bisa dipake anak bermain sesukanya, mau mainanan air, lari-lari, loncat-loncat, bebas pokoknya :). Kasian selama ini kayanya ruang mainnya terbatas di dalam rumah yang tidak terlalu luas dan kurang eksplorasi, hiks. Mau ta ajak main terus ko yo emaknya nggak rajin, paling sore hari pas makan sore atau ngaji. 

    Bukannya males keluar, tapi kalau udah diajak main suka nggak mau pulang dan rebutan barang sama temennya. Ujung-ujungnya kerjaan emak jadi terbengkalai deh, hiks. Selain buat main, halaman belakang yang luas juga bisa digunakan buat jemur pakaian. Selama ini jemur pakaian di depan rumah, secara ndak ada lahan di belakang rumah, hiks.
    
Sumber: @homeandgardennet
   Walau begitu, saya sangat bersyukur dengan anugrah rumah yang Allah berikan untuk kami sekeluarga. Alhamdulillah masih punya tempat untuk berteduh dengan nyaman. Cerita di atas hanya sebuah harapan tanpa bermaksud mengingkari nikmat yang sudah diberikanNYA saat ini.
   
    Nah itu sobat, ceritaku tentang Rumah Impian di Masa Depan. Kalau rumah impian mu seperti apa?

    Wassalamu'alaikum....

Wednesday, October 18, 2017

5 Hobi Yang Bikin Jiwa dan Fikiran Jadi Sehat

18.10.17 4 Comments
5 Hobi Yang Bikin Jiwa dan Fikiran Jadi Sehat

Assalamu’alaikum Sobat Semua...

Disaat fikiran dan jiwa keruh, apa sih yang biasanya sobat kerjakan untuk mengusir kepenatan ini? Kalau saya, selain ibadah dan mendekatkan diri sama Allah SWT biasanya saya memilih melakukan hobi yang saya suka hehe.

Walau pun hobi yang saya punya belum bisa sepenuhnya produktif, dalam artian bisa menghasilkan sesuatu yang nyata, setidaknya hobi itu bisa menjadikan diri ini positif dalam menjalani hidup, eaa :D.
Apa saja si hobi yang bikin jiwa ini jadi sehat?

1)   Mendengarkan Musik dan Nyanyi
Sejak kecil sudah suka sama yang namanya musik dan berdendang. Dimulai dari lagu kanak-kanak yang didendangkan Trio Kwek-kwek (Leony, Dea Ananda, Alfandy), Joshua, Chikita Meidy, Meisy, Aghnes Monica, dll. Setiap hari ahad pagi agenda wajib yang harus di tongkrongin ya dengerin lagu-lagu ini sambil ikut nyanyi-nyanyi gitu deh hehe.

Lanjut Lagu-lagu yang dibawakan grup band Tahun 1990-an seperti Sheila On 7, Wayang, Dewa 19, Caffein, Element, Padi, Base Jam, Wayang, dll. Beberapa juga saya koleksi kasetnya. Setiap ada waktu luang disela-sela sekolah, biasanya saya setia nyetel kaset-kaset ini atau dengerin radio . Tentu sambil ikutan berdendang ria dong, Alhamdulillah orang rumah tidak ada yang merasa terganggu. Kata sodara suara saya, lumayan lah, hanya tak ada mental buat tampil di depan panggung hihi, jago kandang ceritanya :D.

Saya juga suka lagu-lagunya Ungu, Cokelat, April Lavigne. Lagu-lagu kenangan juga suka, kaya Betaria Sonata, Mayang Sari, Bruri, Krisye, dll. Semuanya pokoknya, asal beraliran pop mellow haha.

Seneng dan puas banget rasanya jiwa ini kalau habis dengerin dan ikutan teriak-teriak nyanyi, serasa tersemangati kembali. Tapi sekarang udah nggak ngikuti perkembangan musik lagi. Tapi masih tetep suka dengerin dan nyanyi-nyanyi saat ngetik tugas hehe. Hampa rasanya tanpa musik. Walau begitu tetap harus diimbangi dengan dengerin dan baca Al Qur’an juga, semoga bisa konsisten :).

2)   Traveling dan Kulineran
Dua hal ini juga saya juga suka banget. Setiap suami ada waktu luang, biasanya langsung saya ajak pergi keluar rumah. Yaa tidak harus jauh-jauh kan Traveling itu. Pergi ke taman kota, naik becak hias sambil foto-foto dan bikin video udah cukup menghibur hati ko J. Pulangnya mampir makan di sepanjang jalan Simpang 5, udah paket lengkap tuh. Traveling memang tidak lengkap tanpa kulineran yaa :D.

5 Hobi Yang Bikin Jiwa dan Fikiran Jadi Sehat
Makan dulu yuks ah :)


Kalau ada rejeki lebih, boleh lah Traveling agak jauh, banyak juga lo manfaat yang diperoleh dari halan-halan ini. Salah satunya, selain semakin mendekatkan ikatan sesama anggota keluarga juga bisa mengenal kuliner daerah setempat :D.

3)   Mengikuti Seminar
Nah ikut seminar juga suka banget, apalagi yang gratisan hehe. Selain dapat ilmu dan pengalaman berharga, juga bisa silaturahiim dan nambah teman baru. Akhir-akhir ini lagi suka ikut seminar parenting, menulis, kesehatan keluarga dan anak.

Rasanya setelah ikut seminar pikiran jadi jernih dan emosi jadi lebih terkendali. Walau efek dari seminar ini hanya bertahan beberapa hari, setelah itu kadang kembali lagi deh hawa-hawa negatifnya. Pada akhirnya, semua harus terus dilatih setiap saat. Tapi tetap menimba ilmu itu tak ada ruginya, karena ilmu adalah bekal. Selanjutnya tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan ilmu tersebut secara konsisten, iya nggak sob?!

4)   Mengajar
Sebenarnya berawal dari basic suka ngomong dan berbagi jadilah hobi suka mengajar ini terbentuk. Walau saat ini hobi ini belum berwujud menjadi profesi yang sesuai dengan jalur pendidikan yang sudah ku tempuh, tapi tetap saja masih jadi hobi.

Sekarang mungkin hanya bisa saya salurkan dengan mengajar anak, suami dan anak-anak orang di Rumah Tahfidz, semoga suatu waktu bisa menjangkau yang lebih jauh, Aamiin.

5)   Mainan Sosial Media
Beuh hobi yang satu ini kayanya nggak produktif banget yaa, banyak waktu kebuang hanya untuk bolak balik buka Fb, WA dan Instagram kalau saya, hiks. Rasanya tangan ko gatel kalau nggak buka kedua medsos ini :).

Yaa ada si manfaatnya, jadi tau ada info job, berita terkini yang viral sampai gosip hiks tapi seringnya melenakan. Sehari bisa berkali kali buka. Update status atau komen-komenan si termasuk jarang, karena saya tipe yang silent reader. Tapi ternyata walau sebatas baca juga memakan waktu lo.

Harusnya bisa ngerjain yang lebih penting malah terlewat mulu. Sampe terkadang batre hp sering low dan bunyi, akhirnya ditegur suami, hehe. “Ade..ade, hpnya dicas dulu toh, ko sampe bunyi kaya begitu”, nasihat suami. Hiks, belum bisa ngatur dan ngendaliin diri ni sob. Next time harus bisa, semangat!

Nah itu Mba Arina dan Mba Ika Puspita, 5 Hobi yang bikin jiwa dan fikiran saya sehat walau ada yang melenakkan si, harus dimanage lagi. Kalau Mba Arina dan Mba Ika tentu punya hobi yang tak kalah menarik dong? Secara dua orang ini adalah blogger ngehits nya Semarang lo. Banyak prestasi yang sudah diraih mereka. Sobat penasaran? Tinggal kepoin aja blognya yaa.

Nah kalau sobat sendiri hobinya apa? Adakah yang sama dengan saya?

Wassalamu’alaikum..


Monday, October 9, 2017

Pelajaran Penting Dari Pengalaman Pertama Melahirkan

9.10.17 2 Comments
Assalamu'alaikum Sobat semua. Melahirkan anak adalah sebuah moment yang dinantikan sekaligus mendebarkan. Rasa rindu ingin bertemu dengan buah hati serta rasa harap, cemas, takut bercampur jadi satu. Itulah kira-kira yang saya rasakan saat menjelang melahirkan anak pertama.